10 Rekomendasi Universitas Terbaik di Balikpapan

Dipublikasikan oleh pandu.pamungkas ∙ 23 January 2024 ∙ 5 menit membaca

Kamu mencari universitas terbaik di Balikpapan yang sesuai dengan minat dan bakatmu? Di Balikpapan ada banyak universitas yang bisa jadi wadah jenjang pendidikan kuliahmu, lho. Kamu bisa pilih, mulai dari negeri hingga swasta. 

Nah, kalau kamu memiliki rumah eksklusif di Balikpapan dan tinggal di perumahan di Balikpapan, kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan nama-nama perguruan tinggi berikut. Namun, tentunya kamu membutuhkan informasi detail mengenai universitas tersebut, bukan? 

Tak perlu bingung, langsung saja cek daftarnya berikut ini. 

Rekomendasi Universitas Terbaik di Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota metropolitan di Kalimantan Timur. Kota ini merupakan pusat perekonomian dan pendidikan di Kalimantan Timur. Bukan hanya makanan khasnya saja yang enak, Balikpapan juga banyak perguruan tinggi yang berdiri di Balikpapan, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Berikut adalah rekomendasi universitas terbaik di Balikpapan berdasarkan berbagai faktor, termasuk akreditasi, peringkat, reputasi, dan fasilitas:

1. Universitas Balikpapan

Universitas di Balikpapan
(ayokuliah.id) 

Rekomendasi universitas yang pertama adalah Universitas Balikpapan (UNIBA). Universitas ini merupakan universitas swasta yang berdiri pada tahun 1981. Di dalamnya ada sekitar 8 fakultas dengan 13 program studi dengan akreditasi B. Untuk lebih lengkapnya mengenai proses pendaftar bisa dilihat melalui website resminya di http://www.uniba-bpn.ac.id

Alamat: Jalan Aipda K.S, Tubun, Gunung bahagia, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur 

2. Institut Teknologi Kalimantan

Institut Teknologi Kalimantan
(itk.ac.id) 

Institut Teknologi Kalimantan merupakan salah satu perguruan tinggi yang cukup baru di Balikpapan. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 2014. Di dalamnya terdapat 5 jurusan yaitu, matematika dan teknologi informasi, sains, teknologi pangan dan kemaritiman, teknologi industri, dan teknik sipil. 

Alamat: Jalan Soekarno Hatta KM 15, Balikpapan, Kalimantan Timur

3. Universitas Tridharma

Universitas Tridharma adalah satu universitas tertua di Balikpapan. Universitas ini berdisi sejak tahun 1978. Di universitas ini ada 4 fakultas, yaitu Ekonomi, Ilmu Sosial dan Politik, Hukum, dan Teknik. Kamu tertarik masuk di universitas tertua ini? Yuk, daftar ke laman websitenya. 

Alamat: Jalan AW, Syahrani, No. 7, Batu Ampar, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur

Baca juga: 20 Tempat Wisata Menarik di Balikpapan untuk Liburan Keluarga

4. Politeknik Negeri Balikpapan

Universitas di balikpapan
(poltekba.ac.id) 

Nah, kalau kamu ingin masuk ke perguruan tinggi yang berorientasi langsung pada dunia kerja, Politeknik Negeri Balikpapan bisa jadi pilihannya. Politeknik ini merupakan perguruan tinggi swasta yang telah berdiri dari tahun 2011. 

Alamat:Jalan Soekarno Hatta KM 8, Balikpapan, Kalimantan Timur

5. Akademi Kebidanan Bhakti Indonesia Balikpapan

Ingin mencari sekolah kebidanan di Balikpapan? Ada Akademi Kebidanan Bhakti Indonesia Balikpapan yang bisa jadi referensinya. Sekolah ini berada di naungan dikti. Yuk, wujudkan impian kamu menjadi bidan yang berkompeten di perguruan tinggi ini. 

Lokasi: Jalan Patimura Perum Sosial No. 25, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 

6. Universitas Mulia 

(universitasmulia.ac.id) 

Rekomendasi universitas di Balikpapan selanjutnya adalah Universitas Mulia. Perguruan tinggi ini terbilang masih muda karena baru berdiri tahun 2018. Di universitas ini terdapat beberapa fakultas umum yang banyak diminati.

Beberapa fakultas yang ada, misalnya fakultas ilmu komputer, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas humaniora dan kesehatan. 

Lokasi: Jalan Etjen Z, A. Maulani No. 9 Kelurahan Damai Bahagia, Balikpapan Selatan Kalimantan Timur

Baca juga: 20 Tempat Nongkrong Seru di Balikpapan

7. STT Migas

(sttmigas.ac.id) 

STT Migas atau Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas merupakan sebuah sekolah tinggi yang berfokus pada bidang minyak dan gas. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 2003 dengan jurusan teknik. 

Di sekolah ini terdapat beberapa program studi seperti teknik geologi, teknik industri, teknik perminyakan, teknik instrumentasi elektronika dan teknologi pengolahan minyak dan gas. 

Lokasi: KM.8, Jl. Kesatriaan Jl. Soekarno Hatta No.KM, RW.08, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan

Baca juga: 5 Rekomendasi Dokter Kandungan di Balikpapan

8. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Balikpapan

Kalau kamu ingin melanjutkan bersekolah di ilmu keagamaan di Balikpapan (STITBA), kamu bisa mengunjungi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Balikpapan. 

Sekolah ini merupakan perguruan tinggi swasta yang menyediakan pendidikan keislaman. Ada beberapa jurusan yang tersedia, seperti, pendidikan agama islam, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, dan pendidikan islam anak usia dini. 

Jalan: Mulawarman Gg Arjuna RT 10 Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur

9. Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Balikpapan

(tribunnews.com) 

Rekomendasi universitas di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Balikpapan. Universitas ini memiliki beberapa jurusan komputer dan informatika yang banyak diminati. Setelah lulus, kamu bisa langsung memiliki beberapa keahlian di bidang komputer. 

Lokasi: Jalan A.W Syahrini No. 4 Km 3,5 Batu Ampar, Balikpapan Utara

Baca juga: 10 Rekomendasi Pantai yang Indah di Balikpapan

10. STIE Madani Balikpapan

Sekolah Tinggi di Balikpapan yang terakhir yang bisa jadi referensinya adalah STIE Madani Balikpapan. Sekolah ini memiliki jurusan andalan yaitu jurusan ekonomi. Ada Akuntansi dan Manajemen. 

Sekolah ini juga termasuk sekolah yang legendari yang sudah berdiri sejak tahun 16 Mei 1995. Hingga saat ini sekolah ini masih memiliki banyak peminat. Kunjungi website http://stiemadani.ac.id untuk melakukan pendaftaran. 

Lokasi: Jalan Kapten Piere Taendean No. 60 Gunung Pasir, Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Mall Terbaik di Balikpapan

Source Feature Image: Universitas Balikpapan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.