Info Area

Banda Aceh

Banda Aceh

Banda Aceh merupakan ibu kota dari provinsi Aceh yang terletak di bagian paling utara Indonesia. Selain itu, wilayah ini juga disebut sebagai kota Islam yang paling tua di Asia Tenggara. Tak berhenti di situ, kota besar ini juga menjadi pusat serta tumpuan berbagai lini bisnis dan perekonomian di Sumatera. Sokongan dan kegiatan di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya juga dipusatkan di ibu kota ini.

Masih berkesinambungan karena menjadi kota Islam tertua di Asia Tenggara, di Kota Banda Aceh juga memiliki banyak landmark yang menjadi saksi bisu dan peninggalan sejarah dari masa ke masa. Mulai dari Kesultanan Aceh Darussalam yang dulunya adalah kerajaan Islam terbesar di dunia, kolonialisme Belanda, kemerdekaan Indonesia, konflik pemerintahan, dan bencana tsunami yang terjadi pada 2004 silam.

Di Banda Aceh sendiri fasilitas yang disediakan oleh pemerintah kotanya juga terbilang lengkap. Mulai dari pendidikan dari tingkat dasar hingga tinggi, fasilitas kesehatan dalam format rumah sakit hingga puskesmas, hingga tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan indah. Semua sarana dan prasarana itu bisa dinikmati oleh penduduk 270 ribuan jiwa yang tercatat di Badan Pusat Statistik per 2020 lalu.

Jumlah penduduk di atas terbilang tidak terlalu padat mengingat luas kotanya sendiri adalah kurang lebih 61,36 km2. Dengan wilayah ini, para investor properti bisa menemukan celah potensi yang besar untuk mengembangkan bisnis tersebut. Karena banyak kegiatan dipusatkan di Banda Aceh, kebutuhan tempat tinggal yang layak juga diperlukan dan dicari oleh warga lokal maupun perantau yang tinggal sementara di sana. Kamu bisa mulai memikirkan akan menjadikan uang dinginmu dikembangkan dalam bentuk tanah, rumah, maupun unit apartemen.

Tertarik membeli rumah di Banda Aceh?

Populasi270.328 jiwa (2020)
Luas Wilayah61,36 km2
Plat kendaraanBL

Seputar Banda Aceh

Daftar Kecamatan

Fasilitas Umum di Banda Aceh