20 Lokasi Wisata di Pemalang yang Seru untuk Liburan

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana ∙ 22 April 2022 ∙ 6 menit membaca

Ada banyak wisata di Pemalang yang wajib dikunjungi jika kamu sedang berada di sana. Tempat wisata ini letaknya tak jauh dari beberapa perumahan di Pemalang. Oleh karenanya bisa dikatakan bahwa destinasi di Kabupaten Pemalang ini mudah dijangkau kendaraan. Walau ada pula yang hidden gems.

Bagimu yang sedang berada di sana, yuk kunjungi wisata di Pemalang ini. Destinasi wisata alamnya cukup lengkap lo! Ada pantai, air terjun, dan bahkan telaga.

1. Rainbow Rafting

tempat wisata di pemalang
(Visit Jawa Tengah)

Buatmu yang ingin mengisi waktu liburan dengan menjajal olahraga ekstrem serta memicu adrenalin, coba datang ke Rainbow Rafting. Jarak tempat ini hanya sekitar satu jam dari pusat kota.

Arung jerang yang ditawarkan di sini terbagi dalam dua trek, yaitu enam dan sembilan kilometer. Selama rafting kamu akan didampingi oleh guide jadi tak perlu khawatir selama menjajalnya.

2. Curug Sibedil

tempat wisata di pemalangan
(Wikipedia)

Curug Sibedil berada di lembah Gunung Slamet. Curug ini memiliki air terjun yang berjejer, mulai dari yang ukurannya kecil hingga cukup besar. Meski begitu debit airnya tak telalu deras sehingga masih bisa digunakan untuk berenang.

3. Pantai Widuri

tempat wisata di pemalang
(Liputan6)

Di sebut Pantai Widuri karena letaknya yang ada di Desa Widuri, Kecamatan Pemalang. Pantai ini memiliki jembatan kayu yang memjorok ke arah laut. Spot inilah yang menjadi favorit wisatawan karena bisa dipakai untuk foto-foto.

4. Kedung Bunder

tempat wisata di Pemalang
(Wisata Pemalang)

Kedung Bunder bisa dibilang sebagai hidden gems dari Kabupaten Pemalang. Di sini kamu bisa menikmati segarnya percikan dari dua air terjun yang jernih. Pemandangan yang cantik pas untuk menjadi latar fotomu.

5. Bukit Tangkeban

tempat wisata di Pemalang
(Wisata Info)

Bukit Tangkeban berada di ketinggian 1250 mdpl. Dari bukit ini Pins bisa melihat pemandangan Gunung Slamet yang indah dan gagah. Terdapat pula beberapa wahana bermain yang bisa dicoba, seperti outbound dan camboard.

6. Hutan Mangrove Mojo

tempat wisata di Pemalang
(Pixabay/ Foto hanya ilustrasi)

Hutan mangrove ini punya luas sekitar 410 hektar. Di sini ada berbagai macam varietas mangrove yang tumbuh dengan baik, seperti api-api, pedada, dan bakau. Selain menikmati asrinya pohon mangrove kamu pun bisa menyusui sungai comal yang masih satu lokasi dengan hutan ini. Bahkan bisa juga menyewa perahu dayung untuk 30 menit lo.

7. Goa Gunung Wangi

tempat wisata di Pemalang
(Perpusda Jateng)

Goa Gunung Wangi berbentuk gugusan lima goa yang cukup luas dan dalam. Kelima goa ini memiliki nama berbeda, yaitu Goa Pengantin, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Bandung, Goa Gunung, dan Goa Siluman. Di atas goa terdapat stalaktit indah yang membuatmu makin menarik.

8. Mata Air Moga

tempat wisata di Pemalang
(Tribun News Wiki)

Tempat ini juga dikenal dengan nama Pemandian Moga. Di sini kamu bisa bermain air yang asalnya langsung dari mata air Gunung Slamet. Tak hanya segar tapi airnya pun jernih sehingga aman diminum.

9. Kedung Bening

tempat wisata di Pemalang
(Wisata di Pemalang)

Kedung Bening adalah air terjun yang berada di hulu sungai dengan air berwarna hijau dan diapit dinding bebatuan. Konon kedung ini berasal dari erosi batuan akibat guyuran hujan yang tak kunjung berhenti.

10. Telaga Rengganis

tempat wisata di Pemalang
(Detik Travel)

Tempat wisata di Pemalang ini juga dikenal dengan nama Land Above the Clouds atau negeri di atas awan. Telaganya berhadapan langsung dengan pohon pinus yang hampir diselimuti kabut setiap hari. Walau begitu hal inilah yang menjadi daya tarik tempat ini. Sebab pemandangan di sekitar telaga jadi nampak lebih indah.

11. Kebun Teh Semugih

tempat wisata di Pemalang
(Pikiran Rakyat)

Kebun Teh Semugih berlokasi di Kecamatan Moga. Kebun teh ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Di sini kamu bisa berkeliling kebun serta melihat langsung proses memetik hingga mengolah daun teh di pabriknya. Setelah capatk berkeling, bisa pula mampir di Cafe Semugih sembari menyerut teh yang hangat.

12. Pantai Joko Tingkir

tempat wisata di Pemalang
(Visit Jawa Tengah)

Berada tak jauh dari pusat Kabupaten Pemalang ada satu pantai yang bisa dikunjungi, yaitu Pantai Joko Tingkir. Pantai ini memiliki banyak pohon cemara di sekelilingnya. Pada sore hari kamu bisa menikmati matahari terbenam dari bawah pohon ini.

13. Curug Bengkawah

tempat wisata di Pemalang
(Tribun News)

Curug Bengkawah memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan aliran air yang cukup deras. Hal tersebut membuat curug tak boleh dipakai berenang. Namun tak perlu khawatir karena pengelola tempat ini justru memanfaatkannya untuk rafting.

14. Bukit Kukusan

tempat wisata di Pemalang
(Kompasiana)

Tempat wisata ini populer di kalangan masyarakat Pemalang. Dari tempat ini Pins bisa melihat pemandangan Gunung Slamet dengan jelas. Bahkan pada malam hari pemandangan Pemalang pun nampak jelas dari tempat ini.

15. Widuri Water Park

tempat wisata di Pemalang
(iNews Jateng)

Buatmu yang suka main air silakan mampir ke Widuri Water Park. Tiket masuk di tempat ini terbilang murah, tak sampai Rp 100.000. Meski begitu wahana air yang ditawarkan cukup banyak. Salah satu yang terkenal yaitu Seluncur Boomerang setinggi 13 meter.

16. Telaga Silating

tempat wisata di Pemalang
(Wisata di Pemalang)

Telaga ini mulanya digunakan sebagai pemandian umum, tapi kini fungsinya hanya untuk wisata. Suasana di telaga ini masih cukup asri dan sejuk. Pas untukmu yang pengin bersantai.

17. Curug Barong

tempat wisata di Pemalang
(Detik Travel)

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Keunikan dari curug ini yakni letaknya yang berada di celah dua bukit hijau. Aliran air di sini cukup tenang sehingga kamu bisa bermain atau berenang dengan nyaman.

18. Bukit Samoan

tempat wisata di Pemalang
(Sikidang)

Bukit Samoan berada di ketinggian 1622 mdpl. Bukit ini merupakan salah satu lokasi favorit untuk menikmati sunrise yang indah dengan Gunung Slamet sebagai latarnya. Untuk dapat menikmati sunrise di bukit ini, kamu bisa berkemah dengan mendirikan tenda di puncaknya.

19. Curug Cipendok

tempat wisata di Pemalang
(Liputan6)

Curug ini memiliki kolam yang jernih yang berada di bawah air terjun setinggi delapan meter. Walau cukup tinggi tapi aliran airnya tidak terlalu deras sehingga kamu bisa bermain atau berfoto di sini.

20. Bukit Melogi Cinta

tempat wisata di Pemalang
(Jateng Daily)

Tempat wisata di Pemalang banyak dikunjungi oleh keluarga atau anak muda yang suka berfoto. Pasalnya pemandangan di bukit ini cukup indah karena terlihat banyak pepohonan.

Nah itu tadi 20 tempat wisata di Pemalang yang bisa dikunjungi. Beberapa di antara masih jarang diketahui oleh wisatawan lo!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.