Wisata di Kuningan yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 16 March 2022 ∙ 4 menit membaca

Jawa Barat memiliki destinasi wisata yang memukau. Satu diantaranya bisa ditemukan di daerah Kuningan. Wisata di Kuningan bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga. Berikut ini terdapat rekomendasi yang bisa dikunjungi. Ini deretan lengkapnya!

1. Bukit Panembongan

Pertama, ingin menikmati nuansa bukit yang indah? Kunjungi Bukit Panembongan. Objek wisata yang satu ini siap menyajikan spot foto yang memukau. Dijamin para pengunjung betah berlama-lama menikmati panoramanya yang khas.

bukit panembongan

Setiap pengunjung berkesempatan menikmati indahnya alam Kuningan dari Gardu Pandang. Jika tertarik, cukup mengeluarkan budget sekitar 5.000 rupiah saja. Untuk bisa berfoto di Gardu Pandang, akan dikenakan biaya 2000 rupiah. Harga yang terlalu murah untuk membayar keindahan yang berharga.

2. Cibulan

Berikutnya, wisatawan bisa berkunjung ke Cibulan. Satu di antara objek wisata lainnya yang khas di Kuningan. Objek yang satu ini memiliki tujuh sumur yang lokasinya tepat di kaki Gunung Ciremai.

cibulan

Konon, lokasi wisata ini merupakan salah satu petilasan dari Prabu Siliwangi. Masyarakat mempercayai sumur yang ada sebagai tempat bersuci Prabu Siliwangi. Terkesan kental dengan adat dan budaya, Cibulan bisa menjadi destinasi wisata sejarah untuk anak dan keluarga. HTM obyek wisata ini di hari biasa 18.000-20.000 dan di akhir pekan 20.000-22.000.

3. Gedung Perundingan Linggarjati

Masih kental dengan sejarah, Kuningan menyajikan Gedung Perundingan Linggarjati. Sebuah jejak sejarah yang penting terjadi di era pasca-proklamasi. Tempat yang satu ini menjadi saksi bisu dari perjuangan pahlawan Indonesia.

gedung linggarjati

Jika hendak berkunjung ke gedung ini, wisatawan bisa sekaligus menikmati Taman Nasional dari Gunung Ciremai. Pasalnya, lokasinya cukup berdekatan. Sesampainya di gedung tua ini, pengunjung akan menyaksikan langsung furniture asli yang kaya akan budaya.

Tersedia pula foto terkait Perundingan Linggarjati. Untuk bisa memasuki gedung, pengunjung akan dikenakan tarif 2000 rupiah saja. Selanjutnya, pengunjung bisa menikmati wisata sejarah yang tersedia.

4. Kebun Raya Kuningan

Selain Bogor, Kuningan juga memiliki kebun raya. Destinasi wisata yang cukup jauh lokasinya dari pusat Kuningan. Tepatnya berada di bagian Utara Gunung Ciremai. Hamparan pepohonan serta taman berhias bunga bisa dinikmati setiap pengunjung.

kebun raya kuningan

Beragam fasilitas juga tersedia dan bisa dinikmati dengan tiket 10.000 rupiah per-orangnya. Jika pengunjung berasal dari Cirebon, maka perjalanan pun akan lebih dekat dan mudah terjangkau.

5. Pemandian Sangkanhurip

Ingin membuat tubuh lebih rileks? Pengunjung bisa singgah di Pemandian Sangkanhurip. Satu di antara pemandian yang memiliki air panas. Air yang mengalir bermuasal dari Gunung Ciremai.

pemandian sangkanhurip

Ketersediaan air panas di sana mengandung belerang. Tidak heran banyak pengunjung yang menggunakannya untuk melawa penyakit kulit. Tersedia kolam terbuka yang bisa dinikmati dengan budget 9.000 rupiah. Namun, jika ingin ruangan yang lebih eksklusif, bisa membayar tarif 30.000 rupiah.

Pemandian ini bisa ditemukan 14 Km dari pusat Kuningan. Rute menuju lokasi cukup terjangkau, dan lebih mudah dengan adanya rute sebagai petunjuk. Destinasi wisata yang satu ini selain menyejukkan juga bisa membuat kulit tubuh lebih sehat.

6. Telaga Biru

Ingin menghilangkan penat pikiran? Coba kunjungi obyek wisata di Kuningan Telaga Biru yang berada di Cicerem. Objek wisata yang bisa ditemukan di tengah hutan yang rimbun. Pemandangan yang disuguhkan siap me-refresh pikiran dari lelahnya kerja.

telaga biru

Telaga yang begitu mempesona ini tersembunyi di wilayah Desa Kaduela, yang berada 30 Km dari pusat Kuningan. Nikmati jalan setapak yang dihiasi dengan pohon rimbun di sekitarnya. Terdapat saung untuk makan yang bisa dinikmati di tepian danau. Tersedia pula sepeda air yang ditarif dengan harga 5000 rupiah.

7. Telaga Remis

Tidak hanya Telaga Biru, Kuningan juga menyajikan Telaga Remis yang menyejukkan. Berada di kawasan Desa Kaduela, sekitar lereng Gunung Ciremai. Objek wisata alam yang satu ini menyajikan telaga dengan air yang tampak hijau. Warna hijau yang dihasilkan merupakan pantulan dari pepohonan yang rimbun.

telaga remis

Para pengunjung bisa berjalan sembari menikmati telaga yang indah dan sejuk. Jika tidak mau kelelahan, pengunjung bisa menggunakan sepeda air untuk berkeliling. Pengunjung hanya perlu membayar 7500 untuk HTM, dijamin liburan pun akan lebih mengesankan.

8. The Mountain Recreation Park

Wisatawan bisa banget berkunjung dengan keluarga tercinta ke The Mountain Recreation Park. Sebuah objek wisata yang menyajikan beragam wahana bermain. Lokasinya bisa ditemukan di kawasan Cipari.

recreation park

Beragam fasilitas bisa dinikmati, mulai dari destinasi alam, kolam renang, ATV, area taman dan banyak lagi yang lainnya. Deretan pohon hijau di perbukitan tampak indah dan memanjakan mata.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, pastikan antara jam 09.00 – 17.00 WIB. Adapun biaya masuknya mencapai 25.000 rupiah per-orang. Jika hendak bermain di pesawat terbang, pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar 7.500 rupiah saja.

Demikianlah ulasan terkait wisata di Kuningan yang bisa dikunjungi. Mulai dari destinasi alam hingga sejarahnya sangat tepat untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Selain berlibur ria, juga memberikan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan untuk anak.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia