BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia Rekomendasi Ukuran Pipa Air Bersih untuk Hunianmu
0
0

Ini Dia Rekomendasi Ukuran Pipa Air Bersih untuk Hunianmu

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 7, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Kamu khawatir tentang ukuran pipa air bersih untuk rumah Kamu? Cari tahu ukuran pipa air minum yang direkomendasikan! Saat mendesain rumah impian Kamu, Kamu perlu merencanakan saluran air bersih dengan cermat. Air bersih dialirkan melalui pipa air yang biasanya terbuat dari bahan polivinil klorida (PVC).

Perlu ditegaskan sekali lagi bahwa pemasangan pipa air sangat penting untuk menjamin kenyamanan rumah. Perencanaan pemasangan pipa yang tepat menjamin ketersediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan penghuni rumah. Untuk mencapai hal ini, perlu ditentukan ukuran pipa PVC yang tepat untuk suplai air.

Namun, pipa dengan diameter berbeda mempunyai kegunaannya masing-masing. Jadi, berapa inci pipa penjernihan air yang bisa saya gunakan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ulasan kali ini akan membahas tentang diameter atau ukuran pipa penjernihan air yang direkomendasikan oleh berbagai sumber. Jangan sampai rumah Kamu kekurangan air bersih ya!

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Cara menentukan Diameter Pipa Air Bersih

Sebelum melanjutkan kepada rekomendasi ukuran pipa, berikut adalah cara Kamu menentukan ukuran pipa air:

1. Kebutuhan Debit Air

Source : Pixabay

Tujuan dari persyaratan drainase secara keseluruhan adalah untuk memastikan bahwa sumber air setempat tersedia. Kebutuhan air minum di suatu daerah tergantung pada  jumlah penduduk di daerah tersebut dan tingkat konsumsinya. Dalam hal jumlah penduduk, kita perlu mempertimbangkan 10 tahun ke depan karena ini  sesuai dengan usia perencanaan SPAM.

Berdasarkan petunjuk teknis pelaksanaan pembangunan SPAM, kebutuhan air minum sebanyak 30 liter per orang per hari, koefisien aliran 1,1, koefisien kehilangan air  20%.

2. Data Perhitungan

Beberapa metode dapat digunakan untuk menentukan diameter pipa. Salah satunya  berdasarkan pedoman teknis pelaksanaan pengembangan SPAM. Variabel yang dibutuhkan adalah nilai kemiringan atau gradien hidrolik dan panjang jaringan air yang dibutuhkan. Jika perbedaan ketinggian ini kurang dari 100 meter, maka tidak diperlukan BPT.

Apabila perbedaan ketinggian ini melebihi 100 meter, maka BPT harus dipasang pada lokasi yang sesuai yaitu 100 meter di atas titik terendah.

Rekomendasi Ukuran Pipa Air Bersih

Source : Pixabay

Berikut ini rekomendasi ukuran pipa untuk air bersih rumah kamu:

Diameter Pipa PVC 1 Inch

Source : Pixabay

Sebaiknya gunakan pipa PVC berukuran 1 inci untuk saluran air murni yang mengalir dari akuarium atau PAM ke rumah. Diameter ini cocok untuk benda padat dan bertekanan tinggi untuk mengalirkan cairan tanpa tercampur.

Pipa PVC merupakan pilihan tepat untuk menunjang instalasi air bersih di rumah Kamu. Pipa HDPE lebih direkomendasikan untuk jarak jauh karena tersedia dalam bentuk gulungan dengan penggunaan sambungan yang minimal.

Diameter Pipa PVC ½ Inch

Pipa PVC ukuran 1/2 inch cocok untuk cabang penyaluran air dari saluran pembuangan utama hingga kran dan sambungan pipa. Diameter ini cocok untuk ukuran pipa air kamar mandi dan ukuran pipa keran. Namun ada pula yang menggunakan pipa air murni yang berukuran 1/2 dari seluruh peralatan penyedia airnya.

Jika ingin mencapai hal tersebut, Kamu perlu berhati-hati dengan kekuatan tekanan air yang keluar dari setiap kran. Pipa tidak dapat menahan tekanan air dari PDAM atau sumur dalam dan tidak boleh bocor. Pipa ukuran 2 inchi ke atas kini banyak digunakan untuk pipa pembuangan.

Jenis dan Ukuran Pipa untuk Instalasi Air Panas

Apabila Kamu ingin memasang sistem air panas di rumah, Kamu perlu memperhatikan jenis pipa yang  digunakan. Kamu tidak dapat menggunakan pipa PVC pada peralatan air panas Kamu sendiri. Kamu dapat memilih pipa yang terbuat dari PERT (polietilen dengan peningkatan ketahanan panas) khusus untuk air panas. Selain  ringan, pipa jenis ini juga tahan panas hingga  96 derajat Celcius. Lalu besar kecilnya pipa air juga dapat mempengaruhi aliran air panas. StKamur minimum untuk pemipaan di dalam bak mandi adalah 25mm.

Tips Perencanaan Distribusi Air Bersih

Source : Pixabay

Pemasangan sistem penjernihan air hendaknya dilakukan secara merata berdasarkan  jumlah kamar mandi yang akan dibangun. Untuk mencapai distribusi air yang lebih merata, pasanglah paling sedikit dua saluran utama yang terpisah untuk kamar mandi dan area pelayanan.

Untuk memperlancar penggunaan air bersih, disarankan agar kamar mandi utama dilengkapi dengan saluran air tersendiri tanpa  cabang ke saluran air lainnya. Alasannya adalah jika kamar mandi lain menyalakan kerannya pada saat kamar mandi utama sedang digunakan, maka air bersih akan dialirkan ke kamar mandi utama dan tekanan air  tidak akan turun.

Untuk jaringan pipa penjernihan air  bertekanan tinggi, sebaiknya pilih produk SNI dengan harga pipa PVC murah. Bahan ini tahan korosi, kuat, ringan, serta mudah disambung dan dirawat.

Itulah dia rekomendasi dari ukuran pipa bersih yang cocok buat rumah Kamu! Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download