Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Inilah Lingkungan Rumah Yang Cocok Untuk Perkembangan Anak

Properti

Inilah Lingkungan Rumah Yang Cocok Untuk Perkembangan Anak

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah merupakan tempat yang nyaman bagi setiap penghuninya. Selain untuk tempat tinggal, rumah juga dapat melindungi penghuninya dari cuaca di luar rumah. Rumah yang baik adalah rumah yang dapat memberikan hal positif bagi orang-orang yang ada di dalam rumah tersebut. Tidak terkecuali bagi anak-anak. Rumah dapat menjadi tempat yang sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang anak.

Baca Juga: 

Praktisi pendidikan anak dari Kidzsmail Foundation, Idzma Mahayattika menyatakan bahwa tumbuh kembang anak akan dipengaruhi oleh nilai-nilai yang diajarkan keluarga di lingkungan rumah. Lingkungan tempat tinggal juga sangat berperan penting bagi perkembangan anak tersebut. Berikut ini ada beberapa ulasan lingkungan rumah yang cocok bagi perkembangan anak, diantaranya :

Pilih yang Ada Tempat Bermain

Tempat bermain merupakan pilihan yang cocok untuk perkembangan anak. Pilihlah lingkungan rumah yang memiliki tempat bermainnya. Namun tempat bermain juga harus aman dari kecelakaan atau orang asing. Idzma menambahkan bahwa taman bermain yang aman yaitu tidak dekat dengan jalan raya dan aman bagi orang asing yang tidak dikenal anak atau orang tua. Sebaiknya orang tua mengajarkan pada anak untuk menolak ajakan dari orang asing yang tidak dikenalnya. Selain itu orang tua juga dapat mengajarkan mengenai bagian tubuh mana yang tidak boleh disentuh oleh orang lain.

Baca Juga: Tips Memilih Lokasi Rumah

Anak Membutuhkan Teman Sebayanya

Menurut Idzma lingkungan rumah yang baik untuk perkembangan anak adalah yang terdapat anak seusia dengan mereka. Hal tersebut akan membuat anak dapat melakukan sosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Anak dapat bermain dengan teman sebayanya dan kemampuan sosialisasi anak juga akan menjadi baik. Efek yang akan timbul bila tidak ada teman sebayanya adalah mereka akan mengenal hal-hal yang belum tepat di usianya. Seperti merokok, pacaran, dan lainnya.

Dekat dengan Fasilitas Tempat Belajar

Lingkungan rumah pendukung perkembangan anak lainnya adalah yang dekat dengan fasilitas sekolah atau tempat belajar. Pilihlah tempat belajar yang dekat dengan tempat tinggal Anda agar suasana hati dan pikiran anak juga masih segar, karena jika tempat belajarnya jauh, anak akan capek dan bosan karena perjalanan jauh. Jika tempat belajar anak jauh dari rumah, maka anak akan susah dalam membagi waktu bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya di lingkungan sekitar rumah.

Lingkungan yang Heterogen

Banyak orang yang beranggapan bahwa lingkungan rumah yang homogen dapat memberikan pengaruh positif bagi perkembangan anak. Menurut Idzma, lingkungan homogen belum terbukti memberikan pengaruh yang signifikan bagi tumbuh kembang anak. Justru lingkungan rumah yang heterogen dapat memberikan pembelajaran bagi anak untuk mengenal lingkungan sekitarnya.

Itulah beberapa lingkungan yang cocok bagi perkembangan anak. Orang tua diharapkan lebih memperhatikan lingkungan sekitar rumah, karena proses perkembangan anak tidak hanya didapat dari dalam rumah namun di luar rumah juga dapat berpengaruh.

Baca Juga: 

Tags :

Bagikan Artikel