Pinhome

  • Blog
  • Infografis
  • Tips Jitu Membakar Kalori Lewat Pekerjaan Rumah Tangga

Infografis

Tips Jitu Membakar Kalori Lewat Pekerjaan Rumah Tangga

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 2 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Siapa sangka, berbagai pekerjaan rumah tangga ternyata juga bisa menjadi sarana untuk berolahraga dan membakar kalori? Selain rumah menjadi lebih rapi, badan juga bisa tambah sehat. Ada beberapa kegiatan rumah tangga yang dapat digunakan sebagai sarana membakar kalori. Contohnya saja kegiatan-kegiatan berikut ini.

Pinhome – Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, untuk menjaga kesehatan tubuh, kita juga perlu berolahraga. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan dalam menjaga kebugaran tubuh, mulai dari olahraga ringan hingga yang berat dan menguras tenaga. Kegiatan olah tubuh juga bisa dilakukan di mana saja, seperti di taman, sarana kebugaran, bahkan di dalam rumah sekalipun. Tidak perlu peralatan yang canggih, membakar kalori di dalam rumah bisa dilakukan dengan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Berolahraga di Rumah

(Shutterstock)

Tidak harus pergi ke pusat kebugaran atau ke luar rumah untuk berolahraga, di rumah pun kita tetap bisa berolahraga. Jenis olahraga yang dilakukan juga tidak perlu spesifik, bahkan pekerjaan rumah sehari-hari juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk membakar kalori. Apa saja aktivitas rumah tangga yang bisa dilakukan untuk membakar kalori? Berikut di antaranya :

  • Membersihkan Lantai dengan Penyedot Debu (jumlah kalori yang dibakar = 180 kkal
  • Mengepel Lantai (jumlah kalori yang dibakar = 200 kkal)
  • Membersihkan dan Mengganti Karpet (jumlah kalori yang dibakar = 180 kkal)
  • Mengelap dan Membersihkan Jendela (jumlah kalori yang dibakar = 125 kkal)
  • Mengecat Rumah (jumlah kalori yang dibakar = 210 kkal)
  • Memangkas Rumput Liar di Kebun (jumlah kalori yang dibakar = 185 kkal)
(Pinhome)

Untuk membakar jumlah kalori pada masing-masing kegiatan di atas, dibutuhkan waktu rata-rata kurang lebih 30 menit.

Manfaat Berolahraga untuk Kesehatan Tubuh

(Patinews)

Olahraga adalah cara paling sederhana dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, masih banyak orang yang mengabaikannya. Padahal, dengan berolahraga tubuh dapat lebih aktif bergerak dan badan akan terasa lebih bugar dan sehat. Dengan begitu, kita akan lebih kebal dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang ada.

Kegiatan berolahraga tidak mengenal umur. Mulai dari anak-anak hingga lanjut usia sebaiknya memang harus rutin berolahraga supaya badan tetap sehat. Berolahraga tentunya memiliki segudang manfaat baik, beberapa di antaranya, seperti:

Badan Tetap Sehat dan Kuat Hingga Lanjut Usia

(Riddle Village)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, olahraga tidak memandang umur. Apalagi untuk para lansia, melakukan kegiatan olahraga bisa memberikan efek positif terhadap tubuh. Bagi para lansia, olahraga ringan, seperti jalan santai, berenang, senam lansia, dan bersepeda sudah terbukti membuat badan menjadi lebih segar dan bugar.

Olahraga untuk lansia juga memiliki manfaat dalam memperkuat otot, tulang, dan sendi serta dapat mencegah demensia atau kepikunan. Bila tidak mampu melakukan kegiatan olahraga seperti di atas, sebaiknya lakukan gerakan-gerakan ringan secara rutin walaupun berada di dalam rumah agar tubuh tetap bugar.

Mencegah Osteoporosis

(Medical News Today)

Osteoporosis biasanya dialami oleh orang-orang berusia lanjut. Namun, tidak menutup kemungkinan juga menyerang anak-anak muda bila tidak menjaga kesehatan tubuh sejak dini. Berolahraga terbukti dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan, seperti jalan kaki, senam aerobik, bola basket, dan sepak bola dapat menguatkan otot, tulang, dan sendi sehingga tidak mudah terserang osteoporosis. Agar tulang lebih kuat lagi, sebaiknya dibarengi dengan memperbanyak konsumsi vitamin D dan kalsium.

Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

(EMC)

Mungkin belum banyak yang tahu jika berolahraga secara rutin, minimal 3 kali seminggu, ternyata dapat memperkuat otot jantung. Tidak hanya itu, aliran darah juga menjadi lebih lancar, meningkatkan kadar HDL, dan menurunkan kadar LDL. Dengan rutin berolahraga, maka penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung bisa dicegah sejak dini.

Menjaga Tekanan Darah

(Honest Docs)

Rutin berolahraga juga dapat mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Nah, pada penderita hipertensi sendiri, rajin berolahraga bisa menurunkan tekanan darah dan membuatnya tetap stabil. Sungguh bermanfaat sekali ya, Pins. Olahraga yang cocok dilakukan bagi penderita diabetes di antaranya adalah yoga, jalan santai, berenang, bersepeda, dan jogging.

Menstabilkan Gula Darah

(Health Detik)

Bagi penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2 sangat disarankan untuk rutin berolahraga. Hal ini karena kegiatan olah tubuh dapat mengendalikan kadar gula di dalam darah agar tetap stabil. Olahraga juga bisa mencegah resistensi insulin dalam tubuh yang menjadi penyebab diabetes.

Menjaga Berat Badan

(Topend Sports)

Pins, pastinya sudah paham jika berolahraga juga dapat menjaga berat badan tetap ideal. Ini karena rutin melakukan berbagai aktivitas fisik dapat memperkecil jaringan lemak pada tubuh sehingga berat badan dapat diturunkan dan terjaga tetap stabil. Maka dari itu, penting untuk rutin berolahraga dan ditambah dengan konsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk dapat mencegah obesitas pada tubuh.

Manfaat Berolahraga untuk Kesehatan Mental

(Alodokter)

Berolahraga tidak hanya menyehatkan jasmani saja, tetapi juga dapat menyehatkan mental. Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental, seperti :

Mencegah Stres

(Halodoc)

Olahraga dapat mencegah stres dan depresi. Rutin berolahraga dapat mengurangi produksi hormon adrenalin, kortisol, dan norepinefrin yang memicu terjadinya stres dan depresi. Sementara itu, produksi hormon dopamin dan serotonin meningkat sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

Tidur Lebih Nyenyak

(Lifestyle Kompas)

Aktivitas olahraga ternyata membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Tidur dapat lebih nyenyak asalkan tidak berolahraga menjelang tidur. Pastikan juga untuk menerapkan sleep hygiene agar tidur lebih berkualitas.

Memperbaiki Mood

(Lifestyle Kompas)

Sering merasa bad mood? Atau suasana hati yang tidak karuan? Cobalah berolahraga untuk memperbaiki suasana hati. Karena berolahraga juga dapat meningkatkan hormon endorfin dan serotonin yang dapat membuat mood menjadi lebih baik. Pilih jenis olahraga yang disukai agar suasana hati bisa lebih bahagia.

Itu dia, Pins beberapa manfaat olahraga dan beragam jenis aktivitas untuk membakar kalori sambil bersih-bersih serta membereskan rumah. Apakah kamu sudah sering melakukannya?

_____

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel