BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Cara Mengusir Kelelawar di Rumah dengan Jitu
0
0

12 Cara Mengusir Kelelawar di Rumah dengan Jitu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengusir kelelawar di rumahtop-right-banner

Jika suasana rumah gelap, maka memungkinkan kelelawar bersarang karena pada dasarnya kelelawar pemakan buah atau codot memang suka bersarang di atap rumah yang gelap. Munculnya kelelawar yang bersarang dalam rumah menjadi pemicu terganggunya kenyamanan penghuni rumah. Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengusir kelelawar di rumah.

Gunakan aplikasi Pinhome untuk menemukan Rumah Ekslusif yang jauh dari serangan kelelawar. Tersedia informasi rumah baru di Jember, kontrakan di Batu hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence.

Cara Mengusir Kelelawar di Rumah

Kelelawar juga merupakan binatang pemakan buah yang membuat tanaman Pins tidak bisa dimakan. Lalu seperti apa cara mengusir kelelawar di rumah?

1. Memanfaatkan Suara Katak

cara mengusir kelelawar di rumah
Source : Pixabay

Suara katak atau kodok dianggap cara yang paling ampuh untuk mengelarkan kelelawar yang bersarang di atap rumah. Pada dasarnya, kelelawar sangat tidak menyukai tempat yang terang dan suara katak.

Kelelawar tidak akan betah berlama-lama jika ada suara katak yang mengganggu ketenangan mereka. Oleh karena itu, trik jitu pertama untuk mengusir kelelawar adalah memanfaatkan suara katak.

Baca juga: Desain Ruang TV Keluarga Kecil Tapi Nyaman

2. Membakar Belerang

cara mengusir kelelawar di rumah
Source : Pixabay

Selain suara katak, kelelawar juga tidak menyukai bau belerang. Hal ini bisa Pins manfaatkan untuk mengusir katak.

Caranya, bakarlah belerang menjelang malam di atap rumah sehingga kelelawar tidak lagi bersarang di atap tersebut. Jika Pins memiliki pohon buah yang menjadi incaran kelelawar, bakarlah belerang tepat di bawah pohon tersebut agar kelelawar tidak memakan buah yang ada pada pohon depan rumah.

Walaupun membakar belerang di bawah pohon yang berbuah ampuh mengusir kelelawar, tapi jika angin berhembus kencang maka sis-sia saja cara ini dilakukan karena asap belerang tidak langsung naik ke atas pohon tempat si kelelawar bersarang.

3. Menambal Jalur Keluar Masuk Kelelawar

Cara ini bisa dilakukan walaupun cukup ribet. Cara ini cukup ampuh untuk mengusir kelelawar dari atap rumah karena kelelawar tidak lagi mempunyai kalan untuk masuk ke dalam rumah dan menjadikan atap sebagai sarangnya.

4. Memasang Lampu yang Terang

cara mengusir kelelawar di rumah
Source : Pixabay

Hal lain yang tidak disukai kelelawar adalah tempat yang terang. Untuk itu, cara selanjutnya untuk mengeluarkan kelelawar dari atap adalah memasang lampu tidur yang terang di atap rumah. Dengan sendirinya kelelawar akan pergi jika lampu di atap rumah dinyalakan sepanjang malam.

Baca juga: 7 Cara Membuat Ruang Keluarga Tema Industrial yang Kekinian

5. Segera Panen Buah yang Matang

Jika ada pohon buah di dekat rumahmu dan buahnya sudah matang, segera panen. Bau manis dari buah yang matang dapat menarik kelelawar untuk mendekat. Ingat untuk mencabut ranting pohon setelah memanen agar tidak terlalu rimbun, karena cabang dan ranting yang rimbun dapat menjadi sarang kelelawar.

6. Tutup Lubang dan Celah Pada Dinding Rumah

Source : thearchitecturedesigns

Cara ampuh lainnya untuk mengusir kelelawar adalah dengan menutup atap yang bolong. Kelelawar menyukai tempat yang gelap dan lembap, sehingga jika mereka menemukan celah di atap rumah, mereka akan dengan mudah masuk dan berdiam di dalamnya.

Untuk menghindari hal ini, ceklah bagian atap rumah dan sudut-sudut lain yang bercelah. Jika ada lubang yang besar, segera perbaiki. Hal ini akan menghalau kelelawar untuk berdiam di dalam rumah.

7. Menggunakan Kapur Barus

Mengusir kelelawar juga dapat dilakukan dengan menggunakan kapur barus. Benda ini murah dan mudah didapat, dan sangat tidak disukai oleh kelelawar.

Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan kapur barus di tempat-tempat yang sering didatangi oleh kelelawar. Pins juga dapat meletakkan kapur barus dalam plastik yang sudah dilubangi dan menggantungkannya di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh kelelawar. Wangi kapur barus yang menyengat akan mengusir kelelawar pergi.

Baca juga: 8 Barang Idaman untuk Wujudkan Rumah Impian

8. Menggunakan Kayu Manis

Source : Pxhere

Kayu manis merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir kelelawar. Aroma kayu manis dapat mengusir kelelawar karena mereka tidak menyukainya.

Pins dapat menyimpan potongan kayu manis di dalam rumah untuk mengusir kelelawar. Kayu manis dapat digantung di atas pintu atau di tempat-tempat yang sering didatangi oleh kelelawar.

9. Gantung Cermin di Loteng

Gantung cermin di loteng dapat digunakan sebagai cara untuk mengusir kelelawar. Kelelawar memiliki sistem navigasi yang dikenal sebagai “ekolokasi” yang memungkinkan mereka untuk mendeteksi objek di sekitarnya dengan menggunakan suara yang dikeluarkan.

Cermin dapat memantulkan suara yang dikeluarkan oleh kelelawar, membuat mereka merasa tidak nyaman dan menghindari area tersebut. Cara menggunakannya adalah dengan menempatkan beberapa cermin di loteng atau di tempat yang sering didatangi oleh kelelawar.

Cermin dapat digantung dengan tali atau diikat pada sudut-sudut loteng. Pastikan cermin ditempatkan dengan arah yang sesuai agar cahaya matahari dapat memantulkan suara kelelawar kembali ke tempat asal suara.

Namun, perlu diingat bahwa metode ini mungkin tidak efektif untuk semua jenis kelelawar dan juga tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya cara untuk mengusir kelelawar. Sebaiknya digabungkan dengan metode lainnya untuk meningkatkan efektivitasnya.

Baca juga: Penting! 6 Tips Agar Terhindar dari Mafia Tanah

10. Memasang Jaring yang Digunakan Sebagai Perangkap

Source : Aliexpress

Jaring digunakan agar kelelawar terperangkap pada jaring tersebut. Caranya adalah pasanglag sebuah jaring di bagian yang menjadi tempat keluar masuknya kelelawar pada atap rumah. Pins bisa membeli jaring perangkap ini di toko bangunan atau toko penyedia kebutuhan rumah.

11. Mengolesi atap Rumah dengan Terasi

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan kelelawar dari atap rumah adalah mengolesi bagian yang sering dihinggapi kelelawar dengan terasi. Bau terasi akan membuat kelelawar tidak betah, sehingga dengan mengolesi terasi pada atap rumah, kelelawar tidak akan bersarang di atap lagi.

12. Menggunakan Insektisida

Source : Blibli

Bau lain yang tidak disukai oleh kelelawar selain bau belerang dan terasi adalah bau insektisida. Cobalah untuk menggantung insektisida pada atap atau menyemprotkannya sedikit sehingga kelelawar tidak akan bersarang lagi di tempat tersebut.

Cara mengusir kelelawar di rumah diatas bisa Pins lakukan jika ada kelelawar yang bersarang di atap rumah atau bersarang di pohon buah depan rumah. Trik tersebut sudah dibuktikan dan dianggap sangat jitu mengusir kelelawar.

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Keluarga, Cantik, Unik, dan Nyaman!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bumi Aroepala dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download