Pinhome

Uncategorized

Trik Jitu Mengeluarkan Kelelawar dari Atap Rumah Anda

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Jika suasana rumah gelap, maka memungkinkan apabila ada kelelawar yang bersarang karena pada dasarnya kelelawar pemakan buah atau codot memang suka bersaranng di atap rumah yang gelap. Munculnya kelelawar yang bersarang dalam rumah menjadi pemicu terganggunya kenyamanan penghuni rumah, dan juga kelelawar pemakan buah tersebut pastinya akan memakan buah dari tanaman yang ada di depan rumah. Untuk mengeluarkan kelelawar tersebut, ada beberapa hal yanng bisa dilakukan, yaitu:

1. Memanfaatkan suara katak

Suara katak atau kodok dianggap cara yang paling ampuh untuk mengelarkan kelelawar yang bersarang di atap rumah. Pada dasarnya, kelelawar sangat tidak menyukai tempat yang terang dan suara katak. Kelelawar tidak akan betah berlama-lama jika ada suara katak yang menganggu ketenangan mereka. Oleh karena itu, trik jitu pertama untuk mengusir kelelawar adalah memanfaatkan suara katak.

2. Membakar belerang

Selain suara katak, kelelawar juga tidak menyukai bau belerang. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengusir katak. Caranya, bakarlah belerang menjelang malam di atap rumah sehingga kelelawar tidak lagi bersarang di atap tersebut. Jika Anda memiliki pohon buah yang menjadi incaran kelelawar, bakarlah belerang tepat di bawah pohon tersebut agar kelelawar tidak memakan buah yang ada pada pohon depan rumah Anda. Walaupun membakar belerang di bawah pohon yang berbuah ampuh mengusir kelelawar, tapi jika angin berhembus kencang maka sis-sia saja cara ini dilakukan karena asap belerang tidak langsung naik ke atas pohon tempat si kelelawar bersarang.

3. Menambal jalur keluar masuk kelelawar

Cara ini bisa dilakukan walaupun cukup ribet. Cara ini cukup ampuh untuk mengusir kelelawar dari atap rumah karena kelelawar tidak lagi mempunyai kalan untuk masuk ke dalam rumah dan menjadikan atap sebagai sarangnya.

4. Memasang lampu yang terang

Hal lain yang tidak disukai kelelawar adalah tempat yang terang. Untuk itu, cara selanjutnya untuk mengeluarkan kelelawar dari atap adalah memasang lampu yang terang di atap rumah. Dengan sendirinya kelelawar akan pergi jika lampu di atap rumah dinyalakan sepanjang malam.

5. Memasang jaring yang digunakan sebagai perangkap

Jaring digunakan agar kelelawar terperangkap pada jaring tersebut. Caranya adalah pasanglag sebuah jaring di bagian yang menjadi tempat keluar masuknya kelelawar pada atap rumah. Anda bisa membeli jaring perangkap ini di toko bangunan atau toko penyedia kebutuhan rumah.

6. Mengolesi atap rumah dengan terasi

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan kelelawar dari atap rumah adalah mengolesi bagian yang sering dihinggapi kelelawar dengan terasi. Bau terasi akan membuat kelelawar tidak betah, sehingga dengan mengolesi terasi pada atap rumah, kelelawar tidak akan bersarang di atap lagi.

7. Menggunakan insektisida

Bau lain yang tidak disukai oleh kelelawar selain bau belerang dan terasi adalah bau insektisida. Cobalah untuk menggantung insektisida pada atap atau menyemprotkannya sedikit sehingga kelelawar tidak akan bersarang lagi di tempat tersebut.

Cara-cara diatas bisa Anda lakukan jika ada kelelawar yang bersarang di atap rumah atau bersarang di pohon buah depan rumah. Trik tersebut sudah dibuktikan dan dianggap sangat jitu mengusir kelelawar.

Tags :

Bagikan Artikel