Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Serba Guna, Inilah Alasan Kamu Harus Jadikan Kapur Barus Sahabat Barumu!

Lifestyle

Serba Guna, Inilah Alasan Kamu Harus Jadikan Kapur Barus Sahabat Barumu!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Harganya murah dan mudah didapat, biasanya kita memakai kapur barus di lemari baju ataupun kamar mandi untuk mengusir kehadiran hama-hama yang tak diinginkan, seperti rayap ataupun kecoa. Manfaatnya yang sangat ampuh mengusir hama seringkali membuat kita berpikir, kalau kapur barus atau kamper ini beracun untuk hama, apakah ia juga membahayakan kesehatan kita?

Sebenarnya wajar kalau kita khawatir akan bahaya kimiawi dari kapur barus. Selama ini kita menaruh bola-bola pestisida ini di pojokkan laci, lemari pakaian hingga kamar mandi. Secara otomatis terbayanglah resiko paparan zat kimia dari pengharum ruangan ini. Tapi, sebenarnya benda penuh manfaat ini tidak semenyeramkan yang kita duga.

Menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), kapur barus tidak berbahaya bagi kesehatan manusia dan sangat aman digunakan untuk keperluan mengusir hama sehari-hari. Sekadar informasi, kamper atau kapur barus berasal dari potongan kayu batang pohon Cinnamomum camphora yang banyak tumbuh di daerah Barus, provinsi Sumatera Barat. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, pohon kamper ini semakin langka sehingga kapur barus yang kebanyakan kita temui sekarang adalah buatan sintetis, hasil kombinasi dari minyak terpentin dan berbagai zat kimia lainnya. Asalkan digunakan sesuai keperluan, kapur barus tidak akan memberikan dampak negatif bagi kita.

Meskipun begitu, kita ada beberapa saran aman untuk Pins, nih:

1. Jauhkan kapur barus dari jangkauan anak-anak, khususnya jika di rumah kamu ada balita yang mudah penasaran dan gampang menelan berbagai benda yang bentuknya menarik dan berwarna-warni.

2. Hindari meletakkan kapur barus pada lemari pakaian bayi. Bayi tidak seharusnya terkena paparan kapur barus, jadi kamu tidak perlu menggunakan kamper sebagai pewangi lemari pakaiannya. Ada beberapa zat kimia tertentu yang bisa dengan mudahnya memecah sel darah merah dan kemudian meningkatkan kadar bilirubin dalam darah si buah hati tercinta.

3. Kamu mempunyai kulit sensitif? Sebaiknya taruhlah kapur barus dalam sebuah wadah dan bungkus dengan tissue. Langkah ini akan meminimalisir paparan kapur barus langsung ke pakaian kamu. Potensi reaksi alergi atau reaksi iritasi kulit pun akan jauh berkurang.

4. Jangan terlalu lama menghirup aroma kapur barus demi terhindarnya kamu dari bahaya resiko gangguan kesehatan. Gunakan secukupnya dan juga jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan tersayang ya.

Baca juga: 5 Fungsi Kapur Barus Yang Harus Kamu Ketahui

Tapi jangan keburu takut, Pins. Selain tindakan preventif yang sebaiknya kita ambil, ada banyak banget manfaat kapur barus yang berguna bagi keperluan sehari-hari, lho!

1. Kamu punya masalah dengan gangguan tikus di sekitar rumahmu? Kapur barus bisa Pins gunakan untuk menghalau hewan pengerat menyebalkan ini agar dia menjauh. Kamu hanya perlu menempatkan kapur barus ini di daerah dekat tanaman seperti di kebun atau area tertentu yang tempatnya tersembunyi.

2. Kamper juga bisa mencegah terjadinya karatan pada benda-benda perak. Pins cukup menyimpan perabotan perak kamu kedalam satu tas yang kemudian diisi dengan satu atau dua butir kapur barus.

Korosi pada peralatan makan perak dapat dicegah dengan kapur barus

3. Saat Pins membersihkan rumah dengan menggunakan vacuum cleaner, Pins bisa menambahkan beberapa butir kapur ke dalam vacuum cleaner. Zat-zat aktif yang terkandung dalam kapur barus bisa membunuh kutu, hama atau serangga yang ada.

4. Manfaat kapur barus tidak terbatas pada pengusiran hama dan serangga saja, kamper juga bisa digunakan sebagai bahan aktif untuk mengobati berbagai penyakit kulit, meningkatkan fungsi organ-organ pernafasan dan juga meredakan rasa sakit.

Tahukah kamu, kapur barus juga digunakan dalam bahan pembuatan obat. Bisa dibilang, kapur barus adalah terpentin yang seringkali dipakai dalam pembuatan krim, obat oles dan lotions. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak kamper didapatkan dari sebagian dari kayu kamper yang telah diproses melalui penguapan distilasi. Hasilnya, bahan ini bisa dipakai untuk meredakan rasa sakit, iritasi dan sensasi gatal. Kamper juga bisa dipakai untuk obat yang berkhasiat meringankan nafas mampet dan peradangan ringan.

Kapur barus mempunyai bau dan rasa yang sangat kuat dan begitu mudah terserap oleh kulit kita. Meskipun terbuat dari terpentin, kapur barus masih sangat aman untuk kita gunakan sehari-hari asalkan cara pemakaiannya benar. Tetap akan ada efek samping kalau Pins memakai kapur barus dalam dosis tinggi. Jangan pernah menelan kapur barus atau mengaplikasikannya di atas kulit yang pecah-pecah karena kamper akan berubah menjadi zat beracun.

Nah, selain untuk fungsi praktis sehari-hari. Manfaat kapur barus juga bisa kita rasakan untuk kecantikkan dan kesehatan badan kita :

1. Merawat kulit

Kamper banyak dipakai sebagai salah satu kandungan produk lotion

Berbagai produk lotion dan krim mengandung kamper yang ampuh digunakan untuk meredakan berbagai iritasi kulit dan sensasi gatal. Berbagai bahan yang terkandung dalam kapur barus pun mampu merawat dan menyembuhkan penyakit kulit dengan kandungan anti bakteri dan anti jamur. Pada tahun 2015, beberapa penelitian menemukan kayu barus dapat mengobati luka, mengurangi keriput yang disebabkan ultraviolet, obat anti aging, meningkatkan kadar kolagen dan tingkat keelastisitas kulit.

2. Meredakan rasa sakit
Mengoleskan ekstrak kamper kepada kulit dapat membantu kita meringankan sensasi sakit dan peradangan. Beberapa studi kecil – kecilan menemukan fakta bahwa bahan – bahan yang terkandung dalam kapur barus seperti kamper, mentol, minyak essential dari cengkeh dan kayu putih dapat membantu meringankan rasa sakit tingkat sedang jika disemprotkan ke sendi, bahu dan punggung dalam jangka waktu 14 hari. Belum lagi kamu bisa merasakan sensasi segar dan menghangatkan saat mengaplikasikannya, jadi rasa sakit Pins bisa berkurang.

3. Menyembuhkan luka bakar
Balsem dan krim yang terbuat dari kamper dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar nih Pins. Biasanya balsem dan krimnya terdiri dari kayu kamper, minyak wijen dan madu untuk membantu meringankan proses penyembuhan luka bakar.

4. Meringankan radang sendi
Dalam beberapa produk pereda radang sendi, kamper dianggap sebagai bahan yang paling efektif dalam meringankan sensasi rasa sakit, peradangan dan pembengkakan. Sensasi hangat dan menyejukkan secara otomatis akan muncul setelah Pins mengaplikasikan obat krim pereda radang sendi sehingga kamu bisa agak teralihkan perhatiannya dari sensasi sakit yang sedang dirasakan.

5. Meringankan jamur di kaki
Kandungan anti jamur yang ada dalam kayu kamper dapat menguntungkan Pins jika mau menyingkirkan jamur kaki. Beberapa penelitian dari tahun 2011 menyebutkan kamper yang juga mengandung kayu putih dan mentol bisa mengobati jamur di kaki secara efektif. Hal ini disimpulkan dari hasil penelitian yang menyebutkan ada 15 dari 18 orang yang menunjukkan reaksi penyembuhan yang positif setelah memakai obat selama 48 minggu.

Nah, itu dia Pins, berbagai manfaat dari kapur barus. Sebelum membeli pastikan untuk melihat gambar kapur barus agar kamu mendapatkan kualitas terbaik ya!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel