Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 8 Cara Mengusir Kelelawar di Rumah dengan Cepat
cara mengusir kelelawar di rumah
Kebersihan Rumah

8 Cara Mengusir Kelelawar di Rumah dengan Cepat

  • 28 Nov, 2021 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 6 menit membaca

Sebenarnya salah satu cara ampuh mengusir kelelawar di rumah adalah memanfaatkan katak. Pasalnya, kelelawar benci suara nyari dari katak. Namun, membiarkan katak masuk ke dalam rumah tentu membuat kamu harus membersihkan rumah dua kali.

Untungnya, ada sederet cara mengusir kelelwar yang praktis. Simak panduannya di sini, yuk!

Baca Juga:

Cara Ampuh Mengusir Kelelawar di Rumah

Pins tahu tidak kalau kelelawar yang masuk ke rumah berisiko mengigit kamu. Sementara itu, gigitan kelelawar tergolong beracun hingga bisa memicu rabies dan virus.

Maka dari itu, Pins perlu menerapkan cara mengusir kelelawar agar segera keluar dari rumah. Guna memudahkan kamu, berikut kami rangkum sederet cara yang bisa dicoba di rumah.

Usir Memakai Terasi

Salah satu cara mengusir kelelawar di rumah dapat memanfaatkan bau terasi. Terasi merupakan bumbu dapur yang terbuat dari rebon atau ikan yang difermentasikan.

Bumbu dapur ini berwarna hitam kecoklatan dan terkadang ada yang berwarna merah karena diberi pewarna. Pins mungkin sudah tidak asing dengan bau terasi yang tajam menyengat. Bau ini memang dibenci oleh kelelawar dan kamu bisa membelinya dengan murah.

Cara pengaplikasiannya mudah cukup dengan memotong terasi menjadi beberapa potongan. Letakkan potongan ini di ruangan yang dicurigai sebagai sarang kelelawar.

Wanginya yang menyengat akan membuat kelelawar keluar dengan sendirinya. Ketika meletakkan terasi, jangan lupa untuk membuka ventilasi. Tujuannya agar kelelawar mudah keluar dari hunian.

Semprotkan Fenol/Minyak Kayu putih

Fenol merupakan senyawa kimia yang biasa dipakai untuk antiseptik dan pereda nyeri. Zat ini juga berfungsi mengawetkan makanan dan kosmetik. Selain itu, kamu bisa menggunakan fenol untuk mengusir kelelawar dan menyamarkan bau kotorannya.

Kamu bisa membeli fenol putih dan semprotkan ke seluruh tempat. Bila tidak ada, coba pakai minyak kayu putih. Walau baunya tidak setajam fenol, minyak yang biasa dipakai untuk pijat ini ampuh mengusir kelelawar.

Campurkan kayu putih dengan air hangat agar aromanya lekas keluar. Semprotkan ke titik dimana kelelawar bersembunyi hingga lembab tapi tidak sampai basah.

Tutup Celah Akses

cara mengusir kelelawar di rumah Tutup Celah Akses
(Pexels)

Berdasarkan The National Wildlife Federation, hewan berwarna hitam ini senang bersembunyi di loteng rumah. Nantinya, kelelawar akan membuat lubang dan hinggp di langit-langit atap secara terbalik.

Cara mengusir kelelawar di dalam rumah bisa dengan memasang jaring-jaring. Setelah tertangkap, langsung bebaskan hewan ini ke luar rumah. Jangan lupa gunakan sarung tangan tebal agar tidak tergigit.

Selain itu, tutup semua celah akses yang memungkinkan sebagai jalan masuk kelelawar. Tambal setiap celah masuk dan perbaiki atap yang bocor atau lubang-lubang kecil.

Pakai Kapur Barus

Selain mampu mengurangi kelembaban, ternyata kapur barus ampuh mengusir kelelawar. Kapur barus atau kamper merupakan zat padat dengan aroma khas dan kuat.

Cara menggunakannya mudah, yakni letakan kapur barus ke lokasi dimana kelelawar suka bertengger. Pilih kapur barus berukuran besar sehingga lebih tahan lama digunakan dalam waktu lama.

Area yang mungkin menjadi sarang kelelawar adalah sudut ruangan, atap rumah dan loteng. Ruangan yang gelap juga menjadi lokasi favorit hewan ini.

Baca Juga:

Tingkatkan Penerangan

cara mengusir kelelawar di rumah Tingkatkan Penerangan
(Pexels)

Cara mengusir kelelawar di dalam rumah paling sederhana adalah dengan meningkatkan penerangan. Pasalnya, kelelawar akan ketakutan saat melihat cahaya. 

Bagi kelelawar, tempat gelap memberikan perlindungan dari hewan predator. Terlebih lagi, hewan nokturnal ini lebih aktif saat malam hari, sementara saat siang mereka akan tidur. 

Tambahkan beberapa lampu tambahan di area yang gelap. Menyalakan lampu ketika sudah menjelang malam hari. Selain itu, lekas panen buah yang matang di dekat rumah.

Kelelawar biasanya tertarik datang ke area pemukiman karena mencium bau wangi buah matang. Tak lupa potong ranting dan dahan pohon sehingga tidak dijadikan sarang kelelawar.

Baca Juga:

Gunakan Kayu Manis

cara mengusir kelelawar di rumah Gunakan Kayu Manis
(Pexels)

Menggunakan kayu manis juga sering dipilih sebagai salah satu cara mengusir kelelawar di rumah. Ini karena kayu manis mengandung linalool yang menghasilkan aroma wangi bunga yang sedikit tajam.

Tak hanya kandungan tersebut, ada pula eugenol dan  anethole cinnamyl acetate. Senyawa ini berperan dalam aroma dan rasa kayu manis.

Meskipun baunya bisa jadi pengharum ruangan alami, kayu manis sangat mengganggu bagi kelelawar. Letakkan beberapa kayu manis di tempat yang sering didatangi kelelawar.

Pilih kayu manis yang masih segar aromanya. Kayu manis yang bagus memiliki batang lurus dan warnanya masih kuning kemerahan.

Baca Juga:

Manfaatkan Cermin

(Pexels)

Selain takut akan bau menyengat, nyatanya kelelawar juga tidak nyaman ketika melihat cermin. Ini karena cermin dapat memantulkan cahaya. Alhasil, kelelawar pun akan pergi dari dalam rumah.

Untuk itu, Pins bisa mulai meletakkan cermin yang berhadapan dengan ventilasi, seperti jendela. Ini memungkinkan cahaya yang masuk dari celah jendela memantul lewat kaca. Akibatnya, pantulan menyilaukan ini membuat kelelawar ogah lama-lama di rumah kamu.

Pilih cermin yang besar dan pastikan mampu menangkap pantulan cahaya lampu. Ketika malam hari tentu cahaya lampu akan lebih dominan.

Pakai Suara Bising

Ada alasan kenapa kelelawar sangat menyukai suasana hening. Kelelawar memiliki pendengaran ultrasonik sehingga suara bising dapat mengganggu pendengaran mereka.

Menurut World Birds, kelelawar juga mengandalkan indra pendengarannya untuk menangkap mangsa. Proses ini disebut dengan ekolokasi. 

Suara bising dengan intensitas tinggi dapat mengganggu pendengaran kelelawar. Sebagai contoh, suara katak dikenal nyaring dan memekakan telinga kelelawar. 

Ketika kelelawar masuk ke kamar atau ruangan segera ciptakan suara bising. Pins dapat menyalakan suara katak di ponsel dengan volume maksimal.  Kelelawar yang semula bertengger di atap rumah akan segera keluar dengan sendirinya.

Nah, sekarang Pins sudah menemukan cara mengusir kelelawar di rumah dengan cepat dan tepat. Jadi, jangan panik dan tetap tenang ketika kelelawar masuk rumah.

Baca Juga:

Featured Image Source: Worldclasswildliferemoval.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.