BlogPemilik PropertiFinansial8 Tips Merdeka secara Finansial, Pensiun Lebih Nyaman
0
0

8 Tips Merdeka secara Finansial, Pensiun Lebih Nyaman

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 15, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
merdeka secara finansialtop-right-banner

Merdeka secara finansial adalah tujuan penting bagi banyak orang, terutama di usia muda. Pasalnya, hal ini membantu membangun pondasi yang kuat bagi masa depan. Bahkan, kamu bisa mencapai financial freedom ketika mencicil KPR di Vasa Jagakarsa maupun rumah lain di Jakarta Selatan

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencapai finansial freedom? Simak tips-tips lengkapnya di sini!

Tips merdeka secara finansial di usia muda

Mengelola keuangan dengan baik sejak dini tentu bisa menciptakan stabilitas ekonomi dan memberikan fleksibilitas dalam mengambil keputusan finansial. Ini juga bertujuan mencapai tujuan hidup jangka panjang, seperti pensiun dini atau menjalani gaya hidup yang diimpikan. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu mulai untuk mencapai merdeka secara finansial di usia muda. 

Baca juga: Merdeka Finansial Secara Syariah? Tentu Bisa!

1. Buat rencana keuangan

Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan finansial jangka pendek dan panjang, seperti membeli properti atau investasi. Selanjutnya, buat anggaran bulanan yang realistis dan disiplin dalam mengelola pengeluaran. 

Sisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan darurat, investasi, dan pembayaran utang. Selalu evaluasi dan sesuaikan rencana keuangan sesuai perkembangan keuangan dan tujuan hidup.

2. Mulai menabung sejak dini

Pins juga bisa mulai menabung sejak dini untuk menggapai financial freedom di usia muda. Kamu dapat membuka rekening tabungan khusus dan secara otomatis memindahkan sebagian pendapatan setiap bulan ke rekening tersebut. 

Tetapkan tujuan tabungan yang spesifik, seperti dana darurat atau investasi jangka panjang. Disiplinlah dalam mengalokasikan sebagian penghasilan untuk menabung sebelum menghabiskannya untuk pengeluaran lain. 

3. Kurangi utang

surat perjanjian pembayaran hutang
Unsplash

Jika ingin mengurangi utang, Pins bisa mulai membuat daftar utang yang dimiliki. Setelah itu, evaluasi tingkat bunga serta tenor masing-masing pinjaman, mulai dari cicilan KPR atau sekadar cicilan kartu kredit. 

Pins bisa mulai memprioritaskan melunasi utang dengan bunga tinggi terlebih dulu sambil tetap membayar jumlah minimum pada utang lainnya. Buat rencana pembayaran yang konsisten dan disiplin dengan mengalokasikan sebagian pendapatan ekstra. 

Hindari menambah utang baru dan pertimbangkan pertimbangkan strategi, seperti take over KPR atau negosiasi dengan kreditor. 

4. Berinvestasi dengan cerdas

Cara berinvestasi dengan cerdas melibatkan langkah-langkah seperti melakukan riset mendalam tentang instrumen investasi yang ingin diambil, memahami risiko yang terkait, dan diversifikasi portofolio untuk mengurangi potensi kerugian. Selain itu, memiliki tujuan investasi yang jelas dan rencana jangka panjang membantu kamu tetap fokus dan konsisten dalam mengelola investasi.

Baca juga: 7 Tahap Mencapai Kebebasan Finansial untuk Setiap Individu

5. Kembangkan kemampuan

Pins dapat meningkatkan peluang mendapatkan pendapatan lebih besar dengan terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan. Pins bisa melakuannya melalui pendidikan formal, pelatihan, dan pengalaman praktis.

Berinvestasi dalam kursus, seminar, dan sumber belajar online yang relevan dengan bidang kamu. Ini dapat membantu Pins mengasah keterampilan yang dicari di pasar kerja. 

Selain itu, tetap mengikuti tren dan perkembangan industri, membaca buku, mengikuti webinar, serta terlibat dalam komunitas profesional. 

6. Buat darurat keuangan

Tips lainnya untuk merdeka secara finansial di usia muda adalah membuat rencana keuangan darurat dengan beberapa langkah ini: 

  • Identifikasi jumlah dana darurat yang ingin dimiliki, misalnya 3-6 bulan biaya hidup. 
  • Buatlah anggaran untuk mengalokasikan dana secara konsisten ke tabungan darurat. 
  • Pilih akun yang mudah diakses tetapi tidak mudah diambil secara impulsif. 
  • Gunakan asuransi yang relevan, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. 

7. Bijak dalam pengeluaran

Untuk tetap bijak dalam pengeluaran, pertama, buatlah anggaran yang jelas dan disiplin dalam mengikutinya. Identifikasi kebutuhan utama dan prioritaskan pengeluaran tersebut sebelum mempertimbangkan pengeluaran yang lebih kecil atau hiburan. 

Pertimbangkanlah belanja dengan bijak, mencari diskon atau penawaran khusus, serta hindari impulsive buying. Selalu beri diri waktu untuk memikirkan sebelum membuat pembelian besar. 

Itu tadi beragam cara yang bisa Pins lakukan untuk mencapai financial freedom di usia muda. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk tetap hidup nyaman meskipun sudah tidak aktif bekerja, ya!

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Inflasi dengan Benar dan Bijak


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download