Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Menghias Pot Bunga Plastik dengan Cat Air

Hobi

Cara Menghias Pot Bunga Plastik dengan Cat Air

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 2 August 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Di masa pandemi seperti saat ini, tentu banyak dari Pins yang mencari kegiatan dan hobi baru yang bisa dilakukan tanpa harus ke luar rumah, salah satunya dengan merawat tanaman hias. Saat berkebun, Anda bisa menggunakan ide dan kreativitas Anda untuk membuat pot yang lebih berbeda dan menarik lho! Selain dapat menjadi aktivitas untuk mengisi kegiatan di rumah, kegiatan ini juga dapat mengasah kreativitas Anda. Bagi Pins yang tertarik, yuk simak cara menghias pot bunga plastik dengan cat air lewat ulasan di bawah ini!

Bersihkan Pot Bunga 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan pot bunga yang terbuat dari plastik. Copot segala stiker yang terdapat pada pot seperti stiker merk ataupun label harga. 

Pastikan tidak terdapat debu atau kotoran yang lain yang dapat mengganggu saat proses menghias pot bunga. Anda bisa menggunakan lap basah atau dicuci menggunakan air dan sabun. Namun perlu diingat untuk mengeringkan pot hingga benar-benar kering setelah mencucinya. 

Pikirkan Konsep Lukisan

(Pinterest)

Jika pot sudah bersih, selanjutnya Anda perlu memikirkan konsep lukisan yang akan dibuat pada pot. Misalnya Anda ingin membuat pot menjadi bermotif strawberry dengan warna dasar merah dan titik-titik hitam di seluruh permukaan luar pot. Ide ini tidak terbatas, jadi Pins bisa berkreasi sesuai dengan keinginan hati Anda.

Siapkan Alat dan Bahan

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam cara menghias pot bunga. Berikut beberapa alat dan bahan yang Anda perlukan, antara lain :

  • Cat acrylic cair atau semprot
  • Kuas
  • Spons busa
  • Selotip atau lakban
  • Gunting

Alat-alat di atas akan digunakan sesuai konsep yang akan Anda buat. Jadi Anda bisa menyesuaikan alat dan bahannya sendiri.

Menempelkan Selotip Pada Pot Plastik

Jika alat dan bahan sudah disiapkan, maka Anda bisa langsung memulai menghias pot bunga. Tempelkan selotip pada bagian-bagian pot yang tidak ingin Anda cat dengan warna yang sama. Pastikan Anda menempelkan selotip dengan lurus dan kuat. Hal ini agar garis yang tidak dicat lurus.

Cat Pot Bunga

(Pinterest)

Jika selotip yang ditempel pada pot bunga plastik sudah lurus, maka Anda dapat mulai melakukan pengecatan pot bunga. Jika Anda menggunakan cat air, sebaiknya siapkan palet atau wadah untuk cat air. Tuangkan setiap warna yang Anda ingin gunakan pada palet atau wadah yang telah disediakan. Beri sedikit air untuk membuat cat air menjadi lebih cair dari tekstur sebelumnya, namun pastikan tidak terlalu cair karena cat bisa tidak menempel pada pot jika terlalu cair. Siapkan juga wadah kecil berisi air untuk mencuci kuas cat setiap ingin mengecat dengan warna yang berbeda. Jangan lupa untuk memberi alas berupa koran atau kain bekas saat mengecat pot agar cat air tidak mengotori lantai rumah.

Jika semua peralatan mengecat sudah siap, Anda bisa mulai mengecat pot bunga dengan hati-hati dan teliti. Usahakan agar tidak ada cat yang keluar dari garis pot yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Buat semua serapi mungkin agar hasil jadinya memuaskan.

Diamkan Hingga Kering

Setelah semua bagian yang ingin diwarnai selesai, Anda perlu mendiamkan pot hingga cat pada pot benar-benar kering. Saat pot bunga plastik sudah kering, Anda bisa mulai membuka selotip yang ditempel sebelumnya pada pot. 

Jika Ada ingin melukis bagian pot yang diselotip sebelumnya, Anda bisa melapisi bagian pot yang telah dicat dengan selotip agar tidak terkena cat air saat melukis bagian pot yang masih kosong. Pins bisa mengulangi cara-cara di atas untuk mengecat bagian-bagian pot yang masih kosong.

Cara Menghias Pot Bunga dengan Spons Busa

Tidak hanya menggunakan kuas cat, Pins bisa menghias pot bunga dengan menggunakan spons busa untuk membuat motif. Bentuk spons busa sesuai dengan motif yang Anda inginkan seperti hati, polkadot, awan dan masih banyak lagi. 

Jika sudah, Anda bisa mencelupkan salah satu sisi busa ke cat air dan menempelkannya pada pot agar pot bunga plastik memiliki motif yang unik.

Namun sebelum menempelkan motif pada pot, sebaiknya Pins mewarna keseluruhan permukaan pot dengan warna lagi agar pot nantinya memiliki warna dasar. Hal ini untuk membuat motif yang ditempelkan pada pot bunga plastik menjadi lebih kontras dan mudah dilihat oleh mata.

Itulah informasi mengenai cara menghias pot bunga yang mudah dilakukan di rumah. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantu Anda mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif. Melakukan kegiatan menghias pot bunga plastik dengan cat bersama anak atau anggota keluarga juga dapat membantu orang-orang tersayang mengasah kreativitas dan mengisi waktu luang di rumah bersama menjadi lebih produktif. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel