Pinhome

Finansial

Tips Membeli Rumah Untuk Pekerja Freelance

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mempunyai sebuah rumah merupakan impian semua orang. Tentunya untuk mendapatkan impian tersebut tidaklah mudah. Rumah saat ini mempunyai harga yang cukup mahal. Kebanyakan orang saat ini memilih untuk mengajukan kredit kepada bank saat melakukan pembelian rumah, tentunya persyaratan yang diajukan sangatlah rumit dan tidak mudah.

Salah satu persyaratan yang diberikan oleh bank ialah memiliki penghasilan tetap. Tentunya bagi seorang pegawai kantor dan pengusaha tidak akan mengalami kesulitan. Perlu diketahui juga bahwa jika anda seorang pekerja freelancer ternyata juga dapat membeli rumah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membeli rumah bagi pekerja freelancer.

rumah untuk pekerja freelance

Mengajukan kredit kepada bank yang sedang mengadakan promo

Carilah bank yang sedang mengadakan promo pengkreditan rumah. Bank yang sedang mengadakan promo biasanya akan memberikan jangka waktu pencicilan sampai 15 tahun. Dalam pengajuan pengkreditan ini, tentunya Anda harus secara detail dan aktif untuk mencari informasi tesebut.

Tabunglah minimal 30 % dari pendapatan anda

Asumsi penghasilan yang mencapai 5 juta lebih dapat ditabung setidaknya 30% setiap bulan. Tabungan tersebut akan mencapai 40 jutaan lebih dalam jangka waktu 2 tahun. Uang tersebut dapat digunakan sebagai DP dalam pengajuan kredit rumah.

Sisihkan uang anda setiap bulannya

Menyisihkan uang untuk biaya lain-lain wajib dilakukan. Setidaknya minimal sebanyak 10 % dari tabungan Anda harus disisihkan untuk biaya lain-lain. Jika Anda rutin untuk melakukan hal tersebut, maka dalam jangka waktu 2 tahun sudah mengantongi  lebih dari 10 juta. Uang inilah yang akan berfungsi untuk membayar biaya lainnya selain DP rumah.

Cailah alternatif selain KPR

Pembelian rumah tidak hanya dapat dilakukan dengan pengajuan KPR. Cara lain yang dapat dilakukan ialah dengan memanfaatkan sistem kredit in house. Sistem ini akan mempertemukan pembeli langsung kepada developer. Orang tersebut akan berperan seperti bank pada umumnya. Biasanya mereka akan memberikan jangka waktu kredit tidak terlalu panjang.

Melakukan kesepakatan dengan developer langsung akan lebih  mudah daripada harus mengajukan KPR kepada bank. Persyaratan yang diminta oleh developer juga tidak akan serumit persyaratan yang diminta oleh bank.  Ajukanlah tawar menawar kepada developer mengenai cicilan rumah serta jangka waktu yang diminta olehnya. Ketika Anda sudah mendapatkan jangka waktu dan biaya cicilan yang sesuai dengan keinginan maka segeralah ajukan kesepakatan yang sah dengannya.

Itulah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk membeli rumah sebagai pekerja freelancer. Aktiflah dalam mencari harga rumah idaman yang Anda inginkan. Selain cara di atas, Anda juga dapat mencari dana dari saudara maupun orang tua untuk keperluan membeli rumah. Rutinlah dalam menyisihkan sedikit pendapatan Anda setiap bulannya, karena hal ini dapat membantu untuk mengatasi masalah ekonomi Anda selain pembelian rumah.

Tags :

Bagikan Artikel