BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa Rumah10 Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku, Lakukan Cara Ini!
0
0

10 Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku, Lakukan Cara Ini!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 21, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins sedang berusaha untuk menjual rumah? Kamu perlu melakukan beberapa cara atau tips jual rumah agar cepat laku dan tidak rugi. Terkadang ketika Pins terburu-buru untuk menjual properti, target harga jual sering kali tidak tercapai. Maka dari itu, diperlukan beberapa langkah khusus untuk menjualnya.

Sebelum itu baiknya instal aplikasi Pinhome karena tersedia fitur pasang iklan properti gratis. Kamu juga bisa menemukan properti lainnya seperti rumah bekas di Kota Mojokerto hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama atau yang ada di sekitar STIP Jakarta.

Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku

Ketika akan menjual rumah juga tidak ada salahnya jika Pins melakukan sedikit renovasi rumah agar tampilan lebih baik saat ditaksir. Bahkan saat ini, kamu bisa memanfaatkan beberapa situs properti untuk menjual rumah. Ingin menjual rumah dengan cepat? Gunakan beberapa tips jual rumah berikut ini agar Pins tidak rugi dan properti cepat terjual!

1. Renovasi Rumah

tips jual rumah agar cepat laku
Source : Entrepreneur

Apa yang akan Pins lakukan jika punya rencana jual​ rumah,​ sementara kondisi rumah sudah tidak layak huni? Tentu langkah pertama adalah melakukan perbaikan (renovasi rumah). Bagian yang direnovasi bisa sebagian atau seluruhnya, tergantung dari tingkat kerusakan rumah yang akan Pins jual.

Renovasi kecil sudah cukup jika tidak banyak bagian rumah yang rusak dan perlu diperbaiki. Namun, jika kerusakan rumah cukup terlihat, apalagi yang rusak adalah bagian tembok atau plafon kamu bisa menggunakan jasa renovasi rumah untuk memperbaikinya.

Baca juga: 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Dinding Retak

2. Siapkan Dokumen Properti

Source : Freepik

Sebelum menjual rumah pastikan kelengkapan legalitasnya seperti SHM, IMB dan sebagainya. Kelengkapan dokumen ini akan mampu meningkatkan nilai properti sekaligus menghindari sengketa di kemudian hari.

3. Memasang Harga Yang Tepat

Dalam hal jual beli, harga termasuk hal yang sangat sensitif, termasuk jual-beli rumah. Untuk itu, Pins harus memasang harga jual yang sesuai dengan kondisi bangunan rumah. Sebelum memasang harga, disarankan agar Pins melakukan survei harga di daerah tersebut. Tujuannya, agar harga yang ditawarkan pas (tidak terlalu mahal atau terlalu murah).

Satu kesalahan yang sering dilakukan orang ketika jual​ rumah adalah memasang harga tinggi-tinggi. Dengan dipatok harga tinggi, mereka berharap harga yang disepakati nantinya tetap diatas rata-rata. Namun, mematok harga tinggi bukan solusi ingin menjual​ rumah dengan cepat.​ Justru sebaliknya, cara ini bisa menjadi boomerang​. 

4. Cek Harga Tanah

tips jual rumah agar cepat laku
Source : Prospeku

Masih berkaitan dengan poin pertama, untuk mendapatkan harga jual​ rumah yang pas, Pins perlu mengecek harga tanah di kawasan sekitar. Coba cek berapa besar Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah di sekitar rumah atau harga beli rumah. Dari dokumen PBB yang diterima setiap tahun, Pins akan mendapatkan banyak informasi.

Termasuk soal NJOP untuk tanah dan bangunan, yang umumnya hanya menentukan nilai minimal penjualan. Patokan harga jual​ rumah bisa mencapai 3 kali lipat di atas NJOP.

Semakin strategis lokasi sebuah rumah maka harga rumah bisa berkali-kali lipat lebih besar dibanding nilai NJOP-nya. Jadi, agar rumah cepat laku, cek harga tanah dan NJOP, baru tentukan harga jual rumah​.​

5. Manfaatkan Internet dan Media Sosial

Internet dan media sosial menjadi media paling efektif untuk mengiklankan suatu produk, termasuk jual​ rumah tentunya. Saat ini, hampir setiap orang terhubung atau memiliki jaringan internet dan media sosial. Jadi, tak ada salahnya, Pins jual rumah​ di sana agar cepat dilirik pembeli.​

Jika Pins punya akun medsos, semisal Facebook atau Youtube, manfaatkan media itu! Di era yang serba computerized,​ masyarakat saat ini sudah sangat familiar​ dengan aneka gadget ​untuk mendukung aktivitas mereka.

6. Manfaatkan Situs Jual Beli

Source : Pinhome

Agar rumah bisa laku cepat dan menguntungkan, Pins bisa memanfaatkan situs jual beli yang saat ini sangat mudah dijumpai di internet. Pins bisa menghubungi situs jual beli yang sudah punya nama, misalnya OLX, Kaskus, atau situs-situs jual beli lainnya yang sudah terjamin kredibilitasnya.

Pasang iklan di situs jual beli butuh foto-foto yang representatif. Umumnya, di situs jual beli, ada fitur advertise yang bisa dimanfaatkan. Jadi, setelah iklan terpasang, manfaatkan fitur iklan itu agar iklan jual​ rumah Pins bisa muncul di halaman pertama.

Namun, untuk bisa menggunakan fitur advertise​ ​, Pins akan dikenakan biaya tambahan. Untuk ujicoba, pasang untuk satu minggu dan lihat seperti apa respons calon pembelinya. Pins juga harus meluangkan waktu jika ada calon pembeli yang hendak bertanya-tanya soal rumah atau ingin cek rumah.

Baca juga: 20 Cara Membangun Rumah Murah yang Bagus

7. Manfaatkan Agen Properti

Jika tidak ingin repot mengiklankan jual​ rumah di media sosial atau situs jual beli, Pins bisa memanfaatkan jasa agen properti seperti Pinhome.id. Situs seperti Pinhome akan memudahkan agen​ properti menemukan konsumen yang sedang membutuhkan rumah dan apartemen. Apalagi, agen properti pastinya lebih paham tentang membangun rumah, jual​ beli rumah,​ termasuk menentukan nilai jual​ rumah Pins.

Sebagai professional marketing, mereka memiliki keahlian dan jaringan untuk jual​ rumah Pins dengan harga terbaik. Untuk itu, cari tahu sebelum memilih agen properti. Pilihlah agen properti yang memiliki reputasi baik agar Anda mendapatkan harga sesuai yang diinginkan.

8. Perhatikan Waktu Menjual Rumah

Source : Riaume

​Jangan salah, sejumlah agen properti ternyata memiliki waktu khusus untuk jual​ rumah.​ Biasanya, mereka menandai waktu khusus untuk melakukan transaksi​ jual beli rumah.​ Ketika kondisi politik dan ekonomi stabil, misalnya, itu merupakan waktu khusus untuk jual beli rumah. Namun, secara umum, agen properti menandai bulan Mei menjadi bulan paling ramai untuk transaksi.

9. Memanfaatkan Tetangga

Jika Pins punya tetangga yang berkecukupan, tidak ada salahnya dia diundang untuk melihat-lihat rumah yang akan dijual. Undang mereka, kemudian beri tahu bahwa rumah yang Pins tempati akan dijual.

Siapa tahu mereka memiliki kerabat dekat atau teman yang tengah membutuhkan rumah tempat tinggal. Rekomendasi tersebut tentu akan lebih memudahkan Pins menawarkan rumah kepada temannya itu.

10. Adakan Open House

Source : Wikipedia

Untuk menawarkan hunian bisa juga dengan mengadakan open house. Dengan begitu pembeli bisa memahami keunggulan hunian dan langsung menilai apakah sesuai dengan kebutuhan rumah yang dicari selama ini atau tidak.

Itulah beberapa tips jual rumah agar cepat laku yang bisa Pins jadikan sebagai acuan agar properti yang dijual cepat terbeli. Perhatikan beberapa hal penting di atas agar tidak rugi ya Pins. Selamat mencoba!

Baca juga: 9 Manfaat Jasa Desain Rumah yang Berpengalaman

Featured Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Holland Village Jakarta dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download