BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Ide Desain Taman Bawah Tangga yang Menenangkan
0
0

15 Ide Desain Taman Bawah Tangga yang Menenangkan

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Jul 31, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins, apakah kamu pernah melihat desain taman bawah tangga di dalam rumah? Sepertinya menarik nih jika kita bahas bersama! 

Bagi kamu yang punya rumah di Bogor, tinggal di Mutiara Gading City, dan Grand Sharon Residence pasti pernah melihat desain taman minimalis di bawah tangga, bukan? Taman kering di bawah tangga ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam menghias hunian kamu. 

Sebelum membahas taman minimalis di bawah tangga lebih dalam, ada baiknya jika kamu mencari tahu informasi soal program KPR dan cara mengajukan KPR, yuk! 

Fungsi Taman Indoor di Bawah Tangga

Pins, taman mempunyai banyak fungsi bagi estetika dan juga kesehatan. Taman tidak hanya bisa dibuat secara outdoor, karena saat ini taman bisa dibuat di dalam rumah atau indoor. Lalu, apa saja ya fungsi sebuah taman? Mari simak penjelasannya!

Membuat Pemandangan Rumah jadi Indah

Pertama, fungsi sebuah rumah lebih menekankan ke aspek estetika. Taman bisa memberikan warna dan keindahan bagi sebuah rumah. Rumah tanpa taman akan terlihat gersang dan tidak bernyawa. Dengan menambahkan taman di sekitar rumah atau di dalam rumah makan hunian akan terasa lebih hidup dengan kehadiran tumbuhan. 

Membuat Lingkungan Rumah Menjadi Segar

Tak hanya memberikan keindahan bagi sebuah hunian, taman juga bisa membuat lingkungan rumah menjadi segar. Ketika kamu membuat taman di dalam rumah atau di luar rumah, hunian akan menjadi lebih segar. Hal ini karena tanaman memproduksi O2 sehingga membuat kondisi sekitar menjadi lebih sejuk. 

Mempercantik Tampilan Rumah

Bunga-bunga berwarna dan daun-daun yang unik bisa mempercantik tampilan rumah. Pilih tanaman yang serasi dengan warna atau gaya hunian kamu. Tujuannya agar warna dari tanaman bisa membuat hunian menjadi lebih menarik. Misalnya rumah kamu minimalis dengan dominasi warna putih atau abu-abu, maka kamu bisa menggunakan tanaman hijau atau bunga-bunga warna pastel seperti mawar pink. 

Media untuk Relaksasi Mata

Tahukah kamu bahwa warna hijau bisa membuat mata lebih rileks? Ya, mata akan lebih terasa santai ketika melihat pemandangan hijau dari tanaman. Ketika kamu sudah lelah dan terlalu lama menatap layar komputer, kamu bisa mengistirahatkan mata dengan menatap daun hijau, Pins. 

Baca juga: 22 Inspirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Tips Membuat Taman Bawah Tangga

Untuk membuat taman bawah tangga, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu pahami. Yuk kita simak informasi selengkapnya Pins!

  • Pertama pastikan kamu mempunyai area kosong di bawah tangga. Tujuannya untuk menjadi area meletakkan tanaman. 
  • Selanjutnya kamu bisa membuat saluran air dari tangga ke luar rumah tujuannya agar air hasil dari siraman bisa terbuang dan tidak terbendung di dalam rumah. 
  • Lalu pilih rumput gajah atau rumput jenis lain yang bisa menjadi alas dari taman. Lalu pilihlah tanaman yang tidak tumbuh terlalu tinggi untuk ditanami di atasnya.
  • Pastikan area bawah tangga kamu dekat jendela tujuannya agar tanaman tetap mendapatkan sinar matahari. 
  • Pilih tanaman yang tidak terlalu memerlukan sinar matahari langsung agar ketika diletakkan di dalam ruangan bisa tetap subur dan tidak layu. 

15 Ide Taman Bawah Tangga

Setelah kamu mengetahui apa saja informasi mengenai keunggulan taman bawah tangga dan tips membuat taman bawah tangga, berikut ini ada beberapa 15 ide taman bawah tangga yang dapat kamu aplikasikan. Yuk simak bersama! 

1. Menggunakan Alas Batu dan Pot Kayu

Source : Harapan Rakyat

Taman bawah tangga pertama yang bisa menjadi rekomendasi kamu adalah seperti di atas. Taman menggunakan bebatuan untuk alas. Konsepnya adalah taman kering, maka penggunaan batu sangat cocok untuk menjadi media alas. Selain batu bisa mencegah banjir di area taman jika terlalu banyak air, batu juga bisa memberikan kesan estetik pada taman kecil bawah tangga. 

Baca juga: 10 Inspirasi Taman Mini Belakang Rumah, Mungil dan Cantik!

2. Menggunakan Tanaman Kaktus

Source : Lingkar Warna

Tanaman kaktus juga bisa digunakan sebagai tanaman untuk taman bawah tangga. Hal ini lantaran kaktus tahan di area kering karena menyimpan cadangan air sendiri. 

3. Menambahkan Tanaman Gantung Artificial

Source : IDN Times

Kamu juga bisa menambahkan tanaman artificial atau tanaman buatan untuk menghias taman bawah tangga, Pins. Taman minimalis di bawah tangga rumah kamu akan terlihat lebih berwarna dan menarik! 

4. Kombinasi Rumput dan Bebatuan

Source : Fimela

Taman kering di bawah tangga juga bisa menggunakan kombinasi rumput dan bebatuan. Apabila kamu tidak terlalu suka bunga dan tumbuhan tinggi, opsi ini bisa kamu jadikan alternatif. Membuat taman minimalis di bawah tangga bisa dengan cara ini! 

Baca juga: 10 Taman di Medan untuk Menghirup Udara Segar

5. Menggunakan Tanaman Berdiri

Source : IDN Times

Lalu membuat taman minimalis di bawah tangga bisa dengan memanfaatkan taman yang tumbuh tinggi. Opsi ini tentu menarik, bukan!? Kamu bisa membuat taman kering di bawah tangga menjadi lebih menarik! 

6. Mempercantik dengan Hiasan Batuan di Bagian Atas

Source : Dekoruma

Batuan memang menjadi salah satu elemen yang cocok dengan alam. Oleh karena itu menggunakan batuan pada taman kering di bawah tangga bisa menjadi alternatif untuk taman di rumah kamu, Pins. 

7. Tanaman Kaktus Tinggi

Source : Artikel Rumah 123

Selain kaktus pendek, kamu juga bisa menggunakan kaktus yang tumbuh tinggi. Hal ini adalah opsi menarik yang bisa kamu lakukan Pins! Kaktus akan tumbuh tinggi dan mempercantik area di bawah tangga. Namun jika kamu ingin meletakkan kaktus di taman minimalis di bawah tangga milikmu, kamu harus memastikan area di dalam rumah luas ya. 

8. Menggunakan Tanaman Tinggi

Source : Pinhome

Selain menggunakan kaktus yang tinggi, kamu juga memanfaatkan tanaman lain yang tumbuh tinggi untuk menghias taman kering di bawah tangga. Kamu bisa memanfaatkan taman minimalis di bawah tangga untuk memperindah hunian Pins! 

9. Pot Besar sebagai Media Tanaman Tumbuh

Source : RCTI Plus

Penggunaan pot besar juga bisa menjadi opsi dalam menghias rumah Pins! Cobalah gunakan taman minimalis di bawah tangga agar rumah kamu semakin menarik dipandang mata. 

10. Memanfaatkan Sudut Ruang Kecil

Source : Shopee

  • taman minimalis di bawah tangga
  • taman kering di bawah tangga

Punya sudut rumah yang sempit? Cobalah manfaatkan sudut di bawah tangga yang kecil tersebut untuk membuat taman minimalis di bawah tangga. Ide ini bisa kamu lakukan untuk menghias rumah agar lebih menarik! 

11. Tanaman Bawah Tangga Konsep Jepang

Source : Tokopedia

Kamu bisa menggunakan konsep jejepangan untuk membuat taman bawah tangga. Kamu hanya perlu menambahkan tanaman ala Jepang untuk mempercantik area di dalam rumah.

12. Memanfaatkan Area Kecil Memanjang di Bawah Tangga

Source : IDN Times

Ruang di bawah tangga sempit? Jangan khawatir Pins! Kamu bisa membuat taman bawah tangga minimalis yang cantik. Pilih tanaman yang tidak terlalu tinggi agar taman kering di bawah tangga tetap teratur dan rapi. 

13. Taman dan Area Baca

Source : Sisi ruang

Memanfaatkan ruang di bawah tangga bisa dengan cara membuat taman bawah tangga dan area baca, Pins. Kamu bisa menggabungkan dua tujuan tersebut untuk memanfaatkan ruang yang tersedia. Menarik sekali bukan? 

14. Memanfaatkan Rak Susun Mini

Source : Tokopedia

Apabila kamu ingin membuat taman yang lebih rapi, kamu bisa menggunakan rak. Rak mini untuk meletakkan tanaman bisa kamu manfaatkan Pins. Rak mini mempunyai undakan yang bisa menampung pot bunga mini. 

15. Membentuk Batu Setapak

Source : Dekoruma

Apabila kamu mempunyai ruang yang lebih luas, kamu bisa menambahkan jalan setapak. Menambahkan batu untuk jalan setapak memberikan kesan bahwa taman kamu dapat diinjak dan membuatnya terlihat lebih luas. 

Pins itu saja informasi mengenai taman bawah tangga. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan inspirasi buat kamu ya!

Baca juga:

Sumber featured image: IDN Times


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download