BlogPemilik PropertiFinansialApa Itu Surat Keterangan Usaha? Ini Pengertian dan Contoh Lengkapnya!
0
0

Apa Itu Surat Keterangan Usaha? Ini Pengertian dan Contoh Lengkapnya!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 11, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
surat keterangan usahatop-right-banner

Apakah Pins sedang berencana untuk membuat usaha atau melegalkan brand usaha? Kamu tentunya akan membutuhkan Surat Keterangan Usaha yang resmi agar bentuk usaha apapun menjadi legal. Cara membuat surat keterangan usaha juga cukup mudah, kamu bisa mengurusnya dalam waktu singkat.

Pins mungkin masih bingung apa fungsi sebenarnya dari surat keterangan ini dan bagaimana cara membuatnya? Tenang saja, kamu bisa melihat contoh surat keterangan usaha berikut ini, termasuk fungsi dan cara membuatnya.

Baca juga:

Apa Itu Surat Keterangan Usaha?

Source : The National Trial Lawyers

Pengertian Surat Keterangan Usaha (SKU) dan cara membuatnya sebenarnya tidak sulit untuk dipahami. kepemilikan SKU tersebut merupakan bukti dari legal nya suatu usaha. Berkas dan dokumen tersebut berguna sebagai bahan pertimbangan pengajuan kredit usaha. Jika tidak ada SKU, akan sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan pinjaman modal.

Terlebih lagi perusahaan tersebut adalah sebuah rintisan yang baru berjalan dan sedang dalam masa bertahan. Pada umumnya pihak bank akan menolak permohonan pinjaman yang diajukan oleh perusahaan tanpa ada SKU. Kebutuhan akan modal yang mendesak, mengharuskan pemilik usaha untuk membuat surat keterangan usaha tersebut.

Fungsi Surat Keterangan Usaha

Source : iPleaders

Penjelasan sederhananya SKU merupakan surat yang berisi tentang kebenaran bahwa suatu usaha tersebut memang benar ada. Surat tersebut dibuat dan dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan bukan sembarang orang. Proses yang terdapat di dalamnya pun tidak dipungut biaya. Berikut fungsi yang dimilikinya yaitu:

Mempermudah Proses Pinjaman Bank.

Sebelum mengetahui bentuk Surat Keterangan Usaha dari desa atau instansi lainnya, mengetahui fungsi SKU sangat penting. Hal yang tidak bisa dihindari dalam menjalankan sebuah usaha yaitu kebutuhan yang besar akan dana. Terlebih lagi jika usaha yang sedang dijalankan merupakan sebuah rintisan yang baru berkembang. Adanya SKU dapat mempermudah pelaku usaha dalam mendapatkan pinjaman dana.

Untuk Pengajuan Surat NPWP

Setiap badan usaha memang sudah seharusnya mendaftarkan diri untuk mempunyai kewajiban pajak, jika usahanya sudah memenuhi syarat. Keperluannya bukan hanya sekedar untuk individu, tetapi juga badan usaha juga harus mempunyai NPWP. Nah, disinilah SKU berperan penting untuk memperoleh NPWP tersebut.

Syarat yang termasuk ke dalamnya untuk dapat memiliki NPWP yaitu dengan melampirkan SKU. Jika syarat dan ketentuan lainnya telah terpenuhi, maka pihak kantor pajak pun akan mengeluarkannya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurusnya pun tidak terlalu lama.

Memperoleh BLT UMKM

Sebuah usaha yang telah mengantongi SKU bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan sejumlah bantuan dana BLT UMKM. Saat ini pemerintah mendukung berbagai pelaku usaha yang tengah menjalankan usahanya di bidang apa pun itu. Jadi sangat menguntungkan apabila telah mempunyai SKU.

SKU menjadi salah satu syarat yang telah ditetapkan dan ditentukan pemerintah kepada pelaku usaha yang ingin mendapatkan bantuan tersebut. Jika belum memilikinya, segeralah untuk mengurusnya pada lembaga wewenang yang mengeluarkan SKU tersebut.

Bukti Legalitas Usaha

Bentuk dari suatu usaha yang resmi dan telah disahkan oleh pemerintah yaitu dengan mempunyai SKU. Dokumen tersebut bisa menjadi bukti fisik yang menerangkan bahwa usaha yang dimiliki memang telah terdaftar secara resmi sebagai usaha yang aman dan telah disetujui.

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

Source : SegevLPP

Surat Keterangan Usaha dari RT atau instansi lainnya perlu dikeluarkan melalui proses tertentu. Bagi para pelaku usaha yang menginginkan SKU atas izin usaha yang telah didirikannya perlu untuk mengurusnya terlebih dahulu. Beberapa lampiran surat atau dokumen penting lainnya pun diperlukan. Apalagi jika kamu ingin mendapatkan Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan. Berikut cara membuat surat SKU di antaranya yaitu:

Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Hal pertama yang perlu disiapkan untuk bisa membuat SKU yaitu dengan mempersiapkan dokumen pribadi terlebih dahulu. Beberapa dokumen pribadi tersebut yaitu KTP, KK, yang dilengkapi dengan salinannya dan surat permohonan SKU. Pembuatan SKU sendiri tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Jadi, jika terdapat oknum yang meminta uang, maka berhati-hatilah.

Mendapatkan Surat Pengantar RT dan RW

Berikutnya setelah semua dokumen pribadi sudah lengkap dan siap, maka hal yang harus dimiliki selanjutnya yaitu surat pengantar. Surat pengantar RT dan RW dapat diminta dengan mengunjungi rumah RT dan RW di daerah tempat tinggal. Jangan lupa untuk membawa dokumen pendukung, selanjutnya RT dan RW akan memberikan surat sesuai kebutuhan.

Mengurus di Kantor Kelurahan

Jika pengantar telah selesai ditandatangani dan disahkan, pengguna dapat melanjutkan proses berikutnya yaitu di kantor kelurahan. Jelaskan maksud dan tujuan ketika berada di kantor kelurahan. Berikutnya petugas akan memberikan formulir yang berisi pengajuan SKU. Isi semua data keterangan yang diminta di dalamnya dengan benar dan lampirkan beberapa dokumen yang diminta.

Menyelesaikan SKU di Kantor Kecamatan

Tahap terakhir yaitu dengan menyelesaikan proses pembuatan SKU di Kantor Kecamatan. Pihak kecamatan akan memberikan pengesahan SKU yang telah ditandatangani dan diberikan cap stempel. Di dalamnya akan tertera nomor surat pengesahan, jangka waktu dari SKU setelah dikeluarkan yaitu 1 tahun lamanya.

Baca juga:

Contoh Surat Keterangan Usaha

Setelah mengetahui proses tentang cara membuat SKU, kamu mungkin membutuhkan beberapa contoh SKU yang dikeluarkan oleh beberapa instansi. Termasuk untuk berbagai jenis usaha yang mungkin bentuknya akan berbeda-beda bergantung pada surat izin usahanya. Berikut beberapa contohnya!

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk membuat SKU, Pins akan melewati berbagai proses pengajuan. Untuk proses awalnya, kamu harus mengajukan SKU ke RT/RW, kemudian Desa. Contoh SKU yang diterbitkan oleh desa bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Source : Kumparan

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan

Untuk Pins yang ingin menerbitkan SKU dari kantor kelurahan dan ingin tahu bagaimana bentuk suratnya, bisa melihat contoh surat berikut ini. Kurang lebih seperti ini bentuk suratnya:

Source : SlideShare

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Kecamatan

Setelah Pins Mendapatkan Keterangan Usaha dari RT/RW, desa, dan kelurahan, kamu bisa mengajukan SKU di Kantor Kecamatan. Untuk bentuk surat yang dikeluarkan adalah seperti berikut ini:

Source : Scribd

Contoh Surat Keterangan Usaha Konveksi

Jika Pins membuka usaha konveksi dan ingin melegalkan usaha yang dibangun, bisa menggunakan contoh SKU berikut ini:

Source : Contohsurat.co

Contoh Surat Keterangan Usaha Warung Makan

Jenis usaha warung makan tidak ada salahnya jika ditingkatkan legalitasnya dengan SKU. Selain dapat meningkatkan modal usaha, Pins juga bisa mendapatkan hak paten untuk usaha kedepannya. Berikut contohnya:

Source : Scribd

Contoh Surat Keterangan Usaha Dagang

Pins memiliki usaha dagang? Jangan sungkan untuk membuat SKU agar usaha menjadi lebih berkembang. Berikut contohnya:

Source : Scribd

Contoh Surat Keterangan Usaha Agribisnis

Jenis usaha apapun perlu memiliki legalitas yang sah agar bisnis dapat semakin berkembang. Untuk usaha di bidang agribisnis, berikut contoh SKU-nya:

Source : Scribd

Contoh Surat Keterangan Usaha Warung Sembako

Di era saat ini, pinjaman modal usaha merupakan suatu hal yang sangat penting khususnya bagi pelaku UMKM. Untuk pemilik warung sembako misalnya, sangat penting untuk memiliki SKU agar usahanya menjadi lebih legal dan terpercaya. Berikut contohnya:

Source : Pinterest

Itulah penjelasan lengkap tentang Surat Keterangan Usaha (SKU) yang bisa Pins jadikan sebagai acuan untuk melegalkan usaha atau bisnis yang sedang dibangun. Bagaimana Pins, membuat SKU itu cukup mudah kan? Apalagi mengingat surat tersebut sangat penting untuk mengembangkan usaha. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured image source: Kemenkopukm.go.id


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download