BlogLifestyleEdukasiFormat dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko
0
0

Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
surat lamaran pekerjaan guru SMAtop-right-banner

Ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk melamar kerja. Salah satunya adalah desain template surat lamaran kerja. Surat yang tergolong surat resmi ini dibutuhkan untuk melamar pekerjaan apapun, termasuk pula pramuniaga atau karyawan toko. Sebetulnya surat lamaran kerja toko baju atau toko lainnya mirip. Namun, supaya tak bingung, kamu perlu mengetahui beberapa contoh surat lamaran pekerjaan di toko berikut ini.

Sebagai panduan, ketahui lebih jauh surat lamaran kerja di toko, baik dari begi format, cara pembuatan, hingga contoh-contoh. Simak sampai selesai, ya!

Baca Juga:

Format Surat Lamaran Kerja di Toko

bekerja di toko
Source : Pixabay

Sebelum mempelajari contoh surat lamaran kerja karyawan toko, ketahui format penulisannya. Ini penting dilakukan agar penulisan lebih terstruktur dan rapi. Di samping itu, adanya format ini juga mempermudahmu dalam menuliskan isi dan menjelaskan maksud suratnya. Berikut format surat lamaran kerja di toko yang perlu kamu tahu.

Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Sama halnya dengan surat lainnya, pada lamaran kerja pun perlu dicantumkan tempat dan tanggal penulisan surat. Umumnya, ini dituliskan di bagian pojok kanan atas.

Tujuan atau Alamat Toko yang Dilamar

Hal penting lain yang harus diperhatikan yakni penulisan tujuan atau alamat toko yang dilamar. Pada bagian ini, kamu bisa menuliskannya dengan kalimat, seperti,”Yth. Pemilik Toko Jaya Abadi di tempat.”

Jika tahu nama pemilik tokonya, akan lebih baik untuk menuliskannya. Namun, kalau ragu ejaannya, maka cukup tulis ‘pemilik’ atau ‘HRD’.

Salam Pembuka

Untuk menunjukkan kesopanan, kamu wajib menuliskan salam pembuka. Beberapa frasa yang bisa digunakan, seperti Assalamuailakum, salam horam, dengan hormat, dan lain sebagainya.

Pembuka Surat

Nah, mulai masuk ke bagian pentingnya, yaitu pembuka surat. Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan referensi kerja atau di mana kamu menemukan lamaran ini. Lalu, cantumkan juga posisi yang dilamar pada bagian ini.

Data Diri Secara Singkat

Hal krusial lain yang harus ada di surat lamaran kerja di toko yaitu data diri. Umumnya, data diri di surat lamaran berisi nama lengkap, tempat tanggal lahir, domisili, pendidikan terakhir, nomor telepon, dan email. Hal tersebut wajib dicantumkan, supaya penerima surat tahu identitasmu sehingga bisa mempertimbangkannya.

Penutup

Sama halnya dengan surat lainnya, kamu pun perlu menuliskan penutup di lamaran kerja. Pada bagian ini, kamu bisa menjelaskan harapan untuk bisa diterima di toko tersebut. Lalu, ucapkan pula terima kasih, karena telah diberi kesempatan untuk mengikuti proses seleksi. Tak kalah penting, beri salam penutup, nama lengkap, dan tanda tanganmu, ya.

Di luar daripada itu, kamu juga bisa menjelaskan keahlianmu secara singkat di bagian pembuka. Ini bisa menjadi pertimbangan bagi pemilik toko, lho! Misalnya, kamu bisa menjelaskan pengalaman kerja sebelumnya atau keahlian yang dimiliki, seperti akutansi maupun pengoperasian mesin kasir.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Toko

surat lamaran pekerjaan
Source : Freepik

Cara membuat surat lamaran kerja di toko sebetulnya sama dengan lamaran lainnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kamu diterima dan lolos seleksi. Berikut hal tersebut:

Tulis Surat Sesuai Format

Hal utama yang perlu diperhatikan yakni memastikan format surat lamaran sesuai. Kamu bisa mengikuti format surat seperti pada poin sebelumnya. Pastikan untuk menuliskannya dengan jelas, agar mudah dimengerti.

Lampirkan Dokumen Pendukung yang Berkaitan

Untuk menambah nilai, kamu bisa melampirkan beberapa dokumen pendukung sesuai posisi yang dilamar. Misalnya, sertifikat kerja atau keterampilan tertentu. Jangan lupa pula untuk melampirkan data pendukung yang diminta, biasanya berupa CV atau resume terakhir, pas foto, fotocopy KTP, serta fotocopy ijazah.

Periksa Syarat yang Dicantumkan di Lowongan Kerja

Sebelum menuliskan surat lamaran, pastikan untuk membaca lowongan kerja dengan saksama. Ini penting agar kamu bisa menyesuaikan dengan kriteria dan syarat yang diberikan. Jika yakin, cantumkan beberapa hal yang dituliskan di lowongan kerja sebagai keahlian, baik di CV maupun surat lamaran kerjanya. Beberapa kualifikasi yang diminta saat melamar sebagai karyawan toko, yaitu paham dengan produk, ramah, berpenampilan rapi, dan dapat berbahasa asing (untuk toko tertentu).

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Guru TK, SD, SMP, hingga SMA

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

surat lamaran kerja
Source : Pexels

Setelah memahami format dan cara membuatnya, kini saatnya untuk mempelajari lebih lanjut contoh surat lamaran kerja di toko. Berikut contoh surat yang bisa disontek.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Swalayan

Malang, 9 April 2021

Yth,
Kepala Toko Swalayan Sari Makmur

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya baca dari media sosial, Toko Swalayan Sari Makmur sedang membutuhkan pramuniaga. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk mengajukan diri menempati posisi tersebut.

Berikut data diri saya: 
Nama: Isna
Tempat /tanggal Lahir: Malang, 19 Mei 2000

Pendidikan Terakhir : SMK 1 Malang Kota
Domisili: Jalan Rinjani Nomor 5, Malang Kota
No. Telp : 087120121

Saya mempunyai pengalaman di bidang akuntansi dan pernah mengelola online shop. Dengan kemampuan saya dalam menghitung barang dan terkait, saya yakin untuk menjadi pramuniaga di Toko Sari Makmur. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan sejumlah berkas, antara lain:
1. CV
2. Fotokopi Ijazah Terakhir
3. Pas Foto 3×4
4. Sertifikat Keahlian Demikian surat lamaran ini saya sampaikan.

Besar harapan agar saya diberikan kesempatan lebih lanjut untuk mengikuti wawancara. Terima kasih. 

Hormat saya, 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Baju

Yth.
Pimpinan Butik Eddera

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan, Butik Eddera sedang membutuhkan pramuniaga. Untuk itu, saya bermaksud mengajukan lamaran untuk menempati posisi tersebut. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama: Hasna
Tempat, Tanggal Lahir: Madura, 6 Mei 1999
Pendidikan Terakhir:  SMA
No. Telepon: 08123456778
E-mail: hasna.ib@gmail.com
Alamat: Jl. Mayjen Sutoyo No. 98 Madura

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan sejumlah berkas yang dipersyaratkan.

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Pas Photo 3×4
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Demikian surat permohonan kerja ini saya ajukan, besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat meluangkan sedikit waktu untuk membaca dan mempertimbangkan permohonan saya ini.

Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Salam hormat,

Surat Lamaran Kerja di Toko Sebagai Kasir

Bandung, 30 Mei 2021

Yth,
Bagian HRD Toko Senang Gembira

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang saya baca dari Instagram, Toko Senang Gembira sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi kasir. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk mengajukan diri menempati posisi tersebut. Berikut data diri saya: 

Nama: Maya Ahmad
Tempat /Tgl Lahi: Bandung, 14 Mei 1998
Pendidikan Terakhir:  SMKN 190 Bandung
Domisili:  Jl. Mawar Biru No. 90 Bandung
No. Telp: 081119865

Saya merupakan fresh graduate yang ingin menambah pengalaman dengan menjadi kasir toko. Saya mampu bekerja di bawah tekanan dan bekerja dengan tim. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan sejumlah berkas, antara lain:
1. CV
2. Fotokopi Ijazah Terakhir
3. Pas Photo 3×4
4. Transkrip Nilai

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan agar saya diberikan kesempatan lebih lanjut untuk mengikuti wawancara. Terima kasih. 

Hormat saya,

Di atas, bisa pula digunakan sebagai contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan. Nah, karena tulis tangan, pastikan untuk menulisnya dengan rapi dan tidak ada yang keliru, ya.

Nah, demikian ulasan lengkap surat lamaran kerja di toko yang bisa kamu sontek. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download