Pengertian dan Sejarah Sepak Takraw, Wajib Tahu!

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ October 20, 2022 ∙ 14 menit membaca

Sepak takraw masuk ke dalam cabang olahraga permainan bola besar. Sepak takraw sendiri masih belum banyak memiliki peminat karena tekniknya yang dinilai cukup sulit. Namun tidak sedikit juga orang yang menjadikan sepak takraw sebagai hobi. Tapi sudah tahukah Pins apa itu pengertian sepak takraw dan sejarah perkembangannya?

Sepak Takraw mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga karena sudah cukup banyak orang yang memainkan olahraga yang satu ini. Untuk lebih mengenal tentang olahraga sepak takraw ini simak penjelasan dibawah.

Pengertian Sepak Takraw

pengertian dan sejarah sepak takraw
(Kompas)

Sepak takraw merupakan salah satu cabang olahraga permainan bola besar yang merupakan gabungan dari beberapa cabang olahraga lain yaitu sepak bola, bola voli dan juga bulutangkis. Permainan ini menggunakan bola yang terbuat dari rotan yang dimainkan di lapangan bulutangkis.

Sepak takraw juga mempunyai aturan khusus saat permainan berlangsung agar bola tidak boleh menyentuh tanah. Permainan sepak takraw ini biasanya dimainkan oleh dua buah tim seperti sepak bola namun masing-masing tim hanya terdiri dari 3 orang pesepak saja.

Sayangnya, permainan olahraga yang satu ini belum begitu digemari oleh masyarakat luas karena dianggap kasar sehingga dianggap memiliki resiko cedera yang lebih parah.

Bukan hanya karena hal itu namun permainan ini memiliki teknik yang terbilang sulit untuk dilakukan sehingga banyak yang kurang berminat. Namun meskipun demikian, olahraga yang satu ini telah banyak dimainkan dalam kejuaraan ataupun olimpiade besar olahraga.

Sejarah Olahraga Sepak Takraw

Setelah mengetahui pengertian sepak takraw, Pins harus mengetahui juga sejarah dan perkembangan olahraga ini. Olahraga Sepak Takraw adalah transformasi dari permainan yang dalam bahasa Malayu disebut Sepak Raga (raga = keranjang), disebut Takraw dalam bahasa Thai, di Filipina disebut Sipa, di Burma disebut Chinlone, di Laos disebut Kator.

Pada permainan Sepak Raga para pemain berdiri membentuk lingkaran dan menggunakan bola yang terbuat dari rotan yang dianyam bulat. Namun bagaimana sebanrnya sejarah dari olahraga sepak takraw? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Catatan Sejarah Olahraga Sepak Takraw di Tanah Melayu

Sejarah awal menunjukkan bahwa permainan sepak takraw ini dimainkan di Kesultanan Malaka abad 15, karena disebutkan dalam teks sejarah Melayu, “Sejarah Melayu”.

Sejarah Melayu menjelaskan dalam rincian insiden Raja Muhammad, seorang putra Sultan Mansur Shah yang sengaja dipukul dengan rotan bola oleh Tun Besar, putra Tun Perak, dalam permainan sepak raga. Bola membentur tutup kepala Raja Muhammad dan mengetuk turun ke tanah.

Dalam kemarahan, Raja Muhammad segera menikam dan membunuh Tun Besar. Bahkan beberapa saudara Tun Besar yang membalas dan ingin membunuh Raja Muhammad.

Namun, Tun Perak berhasil menahan mereka dari semacam pengkhianatan terhadap kerajaan dengan mengatakan bahwa ia tidak akan lagi menerima Raja Muhammad sebagai ahli waris Sultan. Sebagai akibat dari insiden ini, Sultan Mansur Syah memerintahkan putranya keluar dari Malaka dan menyuruhnya sebagai penguasa Pahang.

Catatan Sejarah Olahraga Sepak Takraw di Thailand

Di Bangkok, mural di Wat Phra Kaeo yang dibangun pada 1785, menggambarkan dewa Hindu Hanuman bermain sepak takraw di ring dengan sekawanan monyet. Catatan sejarah lain menyebutkan permainan sebelumnya selama pemerintahan Raja Naresuan (1590-1605) Ayutthaya. Permainan tetap dalam bentuk lingkaran yang selama ratusan tahun, dan versi modern dari sepak takraw mulai mengambil bentuk di Thailand sekitar tahun 1740-an.

Pada tahun 1866 Asosiasi Olahraga Siam menyusun aturan pertama untuk kompetisi takraw. Empat tahun kemudian, asosiasi memperkenalkan takraw yang menggunakan net voli dan diadakan kontes publik pertama. Hanya dalam beberapa tahun, takraw diperkenalkan ke kurikulum di sekolah-sekolah Siam.

Permainan ini menjadi kebiasaan masyarakat setempat dan dihargai sebagai permainan lain dari permainan bola voli gaya takraw dipentaskan untuk merayakan konstitusi pertama kerajaan pada tahun 1933, tahun setelah Thailand menghapuskan monarki absolut.

Olahraga Sepak Takraw Dikenal di Nusantara

Di Nusantara, sepak takraw tersebar dari Malaka terdekat menyeberangi selat Riau Kepulauan dan daerah Riau sekitarnya.

Sepak takraw di Sumatera pada awal abad ke-16, di mana ia juga disebut sebagai Raga Sepak di lidah Melayu lokal, pada waktu itu beberapa wilayah Sumatera merupakan bagian dari Kesultanan Malaka. Dari sana orang-orang Melayu yang tersebar di nusantara dan memperkenalkan permainan kepada orang-orang Bugis di Sulawesi.

Kemudian permainan ini dikembangkan sebagai permainan tradisional Bugis yang disebut “Raga” (pemain disebut “Pa’Raga”). Kata “Raga” asal-usulnya dari Kesultanan Malaka, dan populer di Sulawesi Selatan sejak abad ke 19. Beberapa pemain yang disebut dengan “Raga” berkumpul ke dalam suatu kelompok, bola diteruskan dari satu ke yang lain dan orang yang menendang bola tertinggi adalah pemenangnya.

“Raga” juga dimainkan untuk bersenang-senang dengan menunjukkan beberapa trik, seperti menendang bola dan menaruhnya di atas kepala pemain memegang oleh tengkolok bugis (Bugis kain tutup kepala mirip dengan Melayu Tanjak).

Penyebaran Olahraga Sepak Takraw ke Daerah Lain

pengertian dan sejarah sepak takraw
(Olahraganesia)

Olahraga sepak takraw kemudian terus berkembang dan dikenal di negara-negara lain. Di Filipina olahraga disebut “SIPAdan bersama dengan seni bela diri tradisional selama tiga abad penjajahan Spanyol.

Sepak takraw menjadi olahraga yang populer dimainkan oleh anak-anak di Filipina. Bahkan olahraga ini merupakan olahraga nasional mereka. Sepak takraw termasuk dalam Kurikulum SD dan SMA di Filipina.

Olahraga ini dikenal dengan beberapa nama. Di Myanmar, atau Burma, itu dijuluki “Chinlone“, di Laos “Kator“, “cau dapat” di Vietnam dan di Indonesia “raga” atau “sepak takraw“.

Pada 1829, Asosiasi olahraga di Siam menyusun aturan pertama untuk permainan sepak takraw. Empat tahun kemudian, asosiasi ini memperkenalkan gaya net voli dan diadakan kompetisi publik pertama. Akhirnya hanya dalam beberapa tahun, sepak takraw diperkenalkan ke kurikulum pelatihan fisik di sekolah-sekolah.

Pada tahun 1940, versi baru dari permainan ini telah menyebar ke seluruh Asia Tenggara, dan aturan-aturan formal telah dikenal. Olahraga ini akhirnya resmi dikenal sebagai “sepak takraw”.

Baca juga: Sejarah Awal Olahraga Lompat Jauh

Teknik Dasar Sepak Takraw

Bukan hanya pengertian dan separah sepak takraw, penting bagi Pins untuk mengetahui beberapa teknik dalam olahraga ini. Teknik pada permainan sepak takraw hampir sama dengan permainan sepak bola yaitu menggunakan kaki, dada dan kepala. Namun teknik yang digunakan oleh permainan sepak takraw ini bertujuan agar bola dapat terus memantul dengan baik.

Dalam sepak takraw juga hanya dibolehkan satu kali sentuhan pada bola kecuali jika melakukan blocking. Jika hal itu dilanggar maka akan menjadi sebuah pelanggaran. Nah, jika masih bingung simak uraian teknik sepak takraw dibawah ini:

Sepak Sila

(Olahragapedia)

Ssepak sila merupakan salah satu teknik dalam sepak takraw dengan cara menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam yang berfungsi untuk menerima sekaligus mempertahankan bola, mengumpan dan juga menangkis serangan lawan.

Cara untuk melakukan teknik sepak sila terbilang tidak mudah. Berikut ini cara yang bisa Pins coba lakukan:

  1. Berdiri dengan menggunakan satu kaki.
  2. Kaki yang akan digunakan untuk menendang diangkat setinggi paha dengan lutut yang dibengkokkan ke arah samping.
  3. Bola ditendang dengan menggunakan kaki bagian dalam.
  4. Pada saat menendang, tungkai kaki digerakkan dari arah bawah menuju atas dan dikeraskan.
  5. Pandangan harus fokus ke arah bola dan juga sasaran.

Sepak Kuda (Sepak Kura)

pengertian dan sejarah sepak takraw
(Olahraganesia)

Sepak kuda atau juga disebut dengan sepak kura merupakan teknik sepakan yang menggunakan kuda kaki atau punggung kaki.

Fungsi dari teknik sepak kuda ini adalah untuk mengontrol, memainkan (mempertahankan) bola yang datang terlalu rendah ataupun kencang dan keras, pada saat menggiring atau menguasai bola dalam upaya menyelamatkan bola.

Cara untuk melakukan teknik sepak kuda harus dilkukan dengan cermat. Pins bisa melakukan tahapan berikut ini:

  1. Berdiri dengan menggunakan satu kaki dan dengan sedikit kaki yang menjadi tumpuan di tekuk atau dibengkokkan.
  2. Kaki yang akan digunakan untuk menendang diangkat lurus di depan badan setinggi dengan pinggul.
  3. Bola yang akan ditendang menggunakan punggung kaki.
  4. Pada saat menendang, kaki diluruskan.
  5. Pada saat menendang, punggung kaki diluruskan diikuti dengan gerakan mendorong ke arah depan.

Sepak Cungkil

Berikutnya sepak cungkil, merupakan cara menyepak bola dengan menggunakan kaki lebih tepatnya jari kaki. Teknik ini biasanya digunakan untuk mengambil bola yang jauh, rendah dan juga bola liar hasil pantulan dari blocking.

Menapak

Teknik menapak merupakan salah satu teknik dalam sepak takraw yang menggunakan bagian kaki bawah atau telapak kaki. Menapak biasanya digunakan untuk smash ke pihak lawan, menahan ataupun mem-blocking smash dari kubu lawan dan juga menyelamatkan bola yang mendekati net (jaring).

Cara untuk melakukan teknik menapak mengandalkan kefokusan. Beriku ini adalah caranya:

  1. Berdiri dengan menggunakan satu kaki dan kaki yang lainnya diluruskan ke depan badan dengan telapak kaki yang mengarah ke bola.
  2. Ketika menendang bola, telapak kaki akan mendorong ke arah depan.
  3. Pandangan fokus diarahkan ke arah bola dan juga sasaran.

Sepak Simpuh atau Sepak Badek

Teknik selanjutnya sepak simpuk atau bisa juga disebut sepak badek merupakan teknik dalam permainan sepak takraw untuk menyepak bola dengan kaki bagian luar lebih spesifiknya samping luar.

Teknik ini biasanya digunakan untuk menyelamatkan bola dari pihak lawan serta mengontrol bola dalam upaya penyelamatan.

Main Kepala (Heading)

(Antara)

Teknik selanjutnya pada sepak takraw adalah main kepala (heading), sesuai namanya teknik yang satu ini merupakan teknik dalam takraw untuk memainkan bola dengan menggunakan kepala. Teknik yang satu ini biasanya digunakan untuk menerima bola pertama dari pihak lawan serta meyelamatkan bola dari serangan lawan.

Cara untuk melakukan heading tidak boleh sembarangan dilakukan. Pins harus memerhatikan tahapan berikut ini:

  1. Pertama, berdiri dengan sikap kuda-kuda.
  2. Selanjutnya condongkan badan ke bagian belakang dengan kedua tangan ditaruh di samping badan dengan siku yang bengkok.
  3. Sundul bola dengan menggunakan kepala bagian depan.
  4. Pada saat kita menyundul bola, badan harus digerakkan ke arah depan sembari mengeraskan leher.
  5. Pandangan juga harus fokus menuju ke arah bola dan juga sasaran.

Mendada

Mendada merupakan salah satu teknik dalam sepak takraw yang menggunakan dada dengan cara memainkan bola menggunakan dada, biasanya digunakan untuk mengontrol bola agar dapat dimainkan kemudian.

Memaha

Teknik memaha merupakan salah satu cara dalam memainkan bola dengan menggunakan paha dalam upaya mengontrol bola, biasanya digunakan untuk menahan, menerima dan juga menyelamatkan bola dari serangan lawan.

Membahu

Teknik terakhir adalah teknik membahu merupakan salah satu teknik dalam memainkan bola takraw dengan menggunakan bahu dalam upaya mempertahankan dari serangan pihak lawan yang mendadak. Teknik ini dilakukan saat pihak pertahanan lawan dalam keadaan yang terdesak sehingga berada dalam posisi yang kurang baik.

Baca juga: Pengertian Tolak Peluru

Teknik Menahan Bola

pengertian dan sejarah sepak takraw
(CNN Indonesia)

Setelah mengetahui pengertian, sejarah dan teknik dasar permainan sepak takraw akan lebih maksimal jika Pins mengetahui teknik lain permainan ini. Menahan serangan bola dari lawan adalah salah satu hal yang penting dalam permainan satu ini sehingga diperlukan teknik khusus yaitu teknik menahan bola.

Untuk menahan serangan bola dari lawan tersebut Pins dapat menggunakan bagian dada serta paha. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah:

Menahan Bola dengan Dada

Teknik menahan bola dengan dada ini dilakukan jika bola yang datang setinggi dada. Cara untuk melakukanya adalah sebagai berikut

  • Berdiri dengan sikap kuda-kuda.
  • Badan dicondongkan ke arah bagian belakang semabri membusungkan dada.
  • Pada saat badan menyentuh bola, badan dikeraskan dan kemudian didorong ke depan hingga bola memantul dengan baik.
  • Pandangan fokus diarahkan menuju bola dan juga sasaran.

Menahan Bola dengan Paha

Bola serangan lawan dapat ditahan menggunakan teknik menahan bola dengan paha jika arah datangnya bola setinggi perut atau pinggang. Cara untuk melakukanya adalah sebagai berikut

  • Berdiri dengan menggunakan satu kaki dengan lutut posisinya sedikit ditekuk.
  • Kaki yang lain diangkat dengan diikuti paha yang naik ke atas.
  • Menahan bola dengan menggunakan paha bagian atas.
  • Pandangan fokus ke arah bola dan juga sasaran

Sarana dan Prasarana

Selain pengertian, sejarah, dan teknik sepak takraw, Pins harus mengetahui unsur penting lain dalam permainan ini. Salah satunya adalah sarana dan pra sarana.

Karena sepak takraw merupakan salah satu olahraga yang saat ini sering diikutsertakan dalam kejuaraan besar olahraga maka penting untuk memiliki standar dan peralatan yang memadai. Kira-kira apa saja yang dibutuhkan dalam pertandingan sepak takraw ini? simak penjelasannya dibawah ini.

Lapangan Sepak Takraw

(Bola)

Gambar, ukuran dan juga ketentuan lapangan sepak takraw diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lapangan takraw berbentuk empat persegi panjang yang memiliki ukuran panjang 13,4 meter serta lebar 6,1 meter.

2. Terdapat lingkaran di tengah lapangan yang berguna untuk tempat servis takraw dengan ukuran jari-jari 30 cm.

3. Garis seperempat lingkaran terdapat di setiap penjuru tengah lapangan yang berguna sebagai tempat untuk memberikan umpan servis dan memiliki ukuran jari-jari 90 cm.

4. Jika permainan dilakukan di dalam ruangan, tinggi minimal loteng ruangan tersebut atau atap ialah setinggi 8 meter dari dasar lantai.

5. Empat sisi lapangan harus bebas dari hambatan apapun, sekurang-kurangnya sepanjang 3 meter.

6. Garis pinggir ditandai dengan cat, kapur atau line paper yang memiliki ukuran lebar 4 cm dan diukur dari pinggir sebelah luar, dibawah ini ketentuan khususnya

  • Area bebas ialah area minimal 3 meter dari garis luar lapangan yang harus bebas dari hambatan atau rintangan.
  • Center Line ialah garis tengah yang memiliki lebar 2 cm.
  • Quarter Circle ialah garis yang berupa seperempat lingkaran dipojok garis tengah dengan radius 90 cm bila diukur dari garis sebelah dalam.
  • The Service Circle ialah lingkaran servis yang memiliki radius 30cm dan  berada ditengah lapangan, jarak dari garis belakang sepanjang 2,45 M serta jarak dari titik tengah garis lingkaran kegaris tengah (centre line) sepanjang 4,25 m, jarak titik tengah lingkaran yaitu 3,05 meter dari kiri dan kanan garis pinggir lapangan.

Tiang dan Net

pengertian dan sejarah sepak takraw
(Tirto)

Gambar, ukuran dan juga ketentuan tiang dan net sepak takraw diantaranya adalah sebagai berikut

1. Tinggi net untuk pemain putra 1.55 meter di pinggir dan minimal 1.52 meter di tengah.

2. Tinggi net untuk pemain putri 1.45 meter di pinggir dan minimal 1.42 meter di tengah.

3. Kedudukan tiang berada di ukuran 30 cm dari garis pinggir.

4. Net terbuat dari tali, benang ataupun nilon yang memiliki lubang berukuran 6-8 cm.

5. Panjang net tidak boleh lebih dari 6.11 meter serta lebar 70 cm.

6. Kedua dari ujung net ditandai dengan menggunakan pita berukuran 5 cm, ditarik serta dikaitkan pada tiang.

Bola

(Okezone)

Gambar, ukuran dan juga ketentuan bola sepak takraw diantaranya adalah sebagai berikut

1. Bola memiliki bentuk yang bulat, dan terbuat dari bahan rotan ataupun plastik sintetis (synthetic fibre).

2. Berat bola antara 170-180 gram untuk pemain putra, serta 150-160 gram untuk pemain putri.

3. Lingkaran keliling bola berukuran 42-44 cm untuk pemain putra dan 43-45 untuk pemain putri terdiri dari 9-11 anyaman (strains) serta memiliki 12 lubang.

Pemain

Gambar, susunan dan juga nama pemain dalam permainan sepak takraw adalah sebagai berikut:

1. Dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing dimainkan oleh tiga orang pesepak, yang dilengkapi dengan dua orang cadangan.

2. Satu tim terdiri dari atas tiga regu, jumlah dari pemain dalam satu tim tidak boleh lebih dari 12 orang.

3. Pemain yang berdiri di belakang disebut sebagai tekong serta pemain depan disebut sebagai apit (apit kiri dan kanan).

Aturan Permainan Sepak Takraw

pengertian dan sejarah sepak takraw
(CNN Indonesia)

Setelah mengetahui pengertian, sejarah dan teknik sepak takraw, Pins harus mengetahui aturan mainnya. Sepak takraw juga sama seperti olahraga lainnya yang memiliki peraturan tersendiri seperti yang pernah disebutkan dalam peraturan permainan sepak takraw oleh ISTAF pada tahun 2011 lalu. Peraturan yang dimaksud adalah sebagai berikut

1. Regu yang memilih Sepak Mula pada waktu undian akan memulai permainan pada set pertama, pemenang set pertama akan memulai permainan pada selanjutnya.

2. Pelambung harus segera melambungkan bola begitu wasit menyebut angka. Jika pemain mendahuluinya, maka lambungan harus diulang dan pemain tersebut diberi peringatan.

3. Servis dinyatakan sah jika bola telah melewati net, baik menyentuh ataupun tidak dan jatuh di lapangan lawan.

4. Pelaksanaan servis oleh tekong boleh berbagai cara, asal satu kakinya berada tetap dalam lingkaran.

5. Angka diberi kepada regu yang dapat mematikan bola di daerah lawan.

6. Angka kemenangan untuk satu set adalah 15 angka, apabila terjadi 14 sama maka untuk mencapai kemenangan harus selisih dua angka dan angka terakhir adalah 17, dengan sistem 3 set kemenangan.

7. Servis dilakukan tiga kali berturut-turut oleh tiap regu dan bergantian, apabila terjadi duice (14-14) maka servis dilakukan oleh regu yang mendapatkan point.

8. Dalam pertukaran tempat ( istirahat tiap set masing-masing diberikan waktu untuk istirahat 2 menit).

9. Jika kedua regu memenangkan dua set, maka kemenangan ditentukan oleh hasil tie break, dengan angka 15 angka, apabila terjadi angka 14 sama maka untuk mencapai harus selisih dua angka dan angka terakhir adalah 17.

10. Sebelum set tie break, wasit melakukan undian yang memenangkan undian melakukan servis pertama.

11. Pergantian tempat pada set tie break jika salah satu regu mencapai point angka 8.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian, sejarah dan teknik hingga aturan main olahraga sepak takraw. Semoga dapat menambah wawasan Pins mengenai permainan olahraga yang satu ini. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman

Finansial
Finansial Cicilan DP Rumah Sebaiknya ke Developer atau Bank Ya?

Sekarang, bank bukan lagi menjadi satu-satunya tempat yang menawarkan uang muka tanpa bunga atau ci

Finansial
Finansial Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan untuk KPR BTN

Membeli rumah dengan KPR, misalnya di Bank BTN membuat kamu wajib melakukan pembayaran cicilan seti

Gadget
Gadget 9 Cara Membuat PowerPoint di HP, Lengkap dan Mudah

Membuat presentasi dadakan akan sangat mudah jika dilakukan lewat HP. Hal ini dapat dilakukan tanpa

Finansial
Finansial Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Cara KPR rumah bekas tanpa DP kini jadi incaran karena bisa jadi pilihan tepat untuk mereka yang in

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia