Pinhome

Sejarah Bulu Tangkis

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 19 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang paling populer dalam olimpiade. Tapi, apakah Anda tahu bagaimana sejarah bulu tangkis itu sendiri?

Bisa dibilang, Indonesia merupakan negara yang kerap meraih juara dalam cabang bulu tangkis atau badminton. Bahkan, para atlet kita sudah sering bersaing dengan negara-negara besar seperti Jepang, Tiongkok, Korea dan negara-negara lainnya.

Gak heran jika olahraga ini begitu banyak digemari oleh berbagai kalangan muda-mudi di Indonesia. Nah, kalo Anda termasuk penggemar bulu tangkis, yuk cari tahu bagaimana sejarah bulu tangkis di dunia maupun di Indonesia berikut ini.

Baca juga: Peraturan Permainan Bulu Tangkis yang Lengkap

Sejarah Bulu Tangkis di Dunia & Indonesia

sejarah bulu tangkis
Sumber: kompas.com

1. Sejarah Bulu Tangkis Dunia

Banyak versi yang mengatakan tentang kemunculan permainan bulu tangkis. Pendapat pertama menyebutkan bahwa permainan ini berasal dari Mesir 2000 tahun silam di zaman kuno.

Ada juga yang menyebutkan bahwa permainan bulu tangkis lahir di daerah India dan republik rakyat China. Dua versi ini sampai sekarang belum menemukan titik temunya.

Kalau kita lihat sebuah sejarah Tiongkok, maka di sana kita menemukan permainan yang bernama jianzi. Jianzi ini adalah sebuah permainan yang menggunakan kok, tetapi tanpa menggunakan raket sebagai alat pemukulnya.

Permainan Jianzi ternyata pertama kali dimainkan oleh anak-anak di Tiongkok, bukan menggunakan raket. Permainan ini bisa dikatakan menang apabila ia bisa mempertahankan kok tersebut di atas tanah.

2. Penemu Bulu Tangkis

Pada abad ke-19 olahraga kompetitif bulu tangkis ini diciptakan oleh salah seorang tentara atau petugas tentara britania di daerah Pune, India. Petugas tentara ini menambahkan jaring sebagai pembatas antara pemain satu dan pemain kedua.

Pada zaman dulu, permainan ini dinamai Poona. Setelah permainan ini populer di daerah Pune, selanjutnya tentara Britania membawa kembali permainan ini ke negaranya, Inggris. Tentara Britania pun kembali membawa permainan bulu tangkis pada tahun1850-an.

Baca juga: Ukuran lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional

3. Nama Resmi Bulu Tangkis

Kemudian permainan yang terkenal ketika itu dengan nama Battledores mendapatkan nama resmi pada tahun 1960 oleh Isaac Spratt. Nama tersebut telah di cetak dalam sebuah pamflet.

Isaac Spratt adalah seorang penyalur mainan Inggris yang memberikan nama pada olahraga ini dengan nama ‘Badminton Battledore – a new game ‘.

Nama tersebut diambil oleh Isaac karena permainan itu dimainkan di sebuah gedung badminton atau Badminton House.

Badminton House berada di estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris. Kemudian rancangan peraturan badminton pertama kali di tulis pada tahun 1877 oleh Klub Badminton Bath.

Setelah beres merancang peraturan olahraga ini, mereka kemudian membentuk sebuah asosiasi. Pada tahun 1983 asosiasi bulu tangkis Inggris pun dibentuk. Lalu olahraga ini akhirnya bisa mengadakan kejuaraan internasional untuk pertama kalinya.

Kejuaraan Internasional pertama kalinya diadakan pada tahun 1899 di Inggris dengan nama Kejuaraan All England.

4. Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

Olahraga bulu tangkis pertama kali muncul pada tahun 1930, berawal dari sebuah perkumpulan atau organisasi yang disebut Ikatan Sport Indonesia [ISI].

Akan tetapi, permainan dan ikatan yang sudah di bentuk tersebut sempat hilang karena ketika itu Indonesia sedang menghadapi perang.

Hingga akhirnya Indonesia menyatakan kemerdekaannya, olahraga bulu tangkis kembali berkembang di Indonesia pada tahun 1947.

Lalu di tahun 1948 perkembangan Bulu Tangkis di Indonesia semakin pesat. Apalagi semenjak Presiden Soekarno mengkampanyekan olahraga ini dengan nama ‘Nation Building’.

Di saat itu pula, Presiden Soekarno berjanji akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain yang sukses di kancah internasional. Hingga akhirnya Indonesia dapat meraih prestasi pertamaya di tahun 1958 melalui kompetisi Thomas Cup di Singapura.

Baca juga: Klub Bulu Tangkis Indonesia Terbaik, Mana Saja?

Induk Organisasi Bulu Tangkis Dunia

bwf
Sumber: thejakartapost.com

Setiap olahraga yang sudah terkenal di dunia pasti memiliki induk organisasi dunianya. Begitupun dengan permainan bulu tangkis. Olahraga ini juga  memiliki induk organisasi yang bernama Internasional Badminton Federation [IBF].

Organisasi tersebut berdiri pada tahun 1934 yang di pelopori oleh 9 negara yang ada di dunia. Negara-negara tersebut diantaranya Denmark, Inggris, Kanada, Selandia Baru, Skotlandia, Belanda, Perancis, Wales dan Irlandia.

Organisasi semakin berkembang di dunia setelah mereka mengadakan kejuaraan bergensi yang membuat negara lain tertarik dengan kejuaraan tersebut.

Karena organisasi ini terus berkembang dan berkembang. Maka sekarang organisasi IBF memiliki anggota di seluruh dunia sebanyak 186 negara.

IBF memiliki 5 tingkatan kepengurusan yang diantaranya Executive Board, BWF Council, BWF Commissions, BWF Committees, dan Management Team.

NoNamaTahun
1George Alan Thomas1934 – 1955
2J. Plunkett-Dillon1955 – 1957
3R. Bruce Hay1957 – 1959
4A. C. J. van Vossen1959 – 1961
5J. D. M. McCallum1961 – 1963
6N. P. Kristensen1963 – 1965
7D. L. Bloomer1965 – 1969
8H. F. Chilton1969 – 1971
9Ferry A. Sonneville1971 – 1974
10S. Wyatt1974 – 1976
11S. Mohlin1976 – 1981
12C. C. Reedie1981 – 1984
13P. E. Nielsen1984 – 1986
14I. D. Palmer1986 – 1990
15A. E. Jones1990 – 1993
16Lu Shengrong1993 – 2001
17Korn Dabbaransi2001 – 2005
18Kang Young Joong2005 – 2013
19Poul-Erik Høyer Larsen2013 –
Tabel Presiden BWF

Organisasi Bulu Tangkis Indonesia

PBSI
Sumber: indosport.com

PORI [ Persatuan Olahraga Republik Indonesia ] adalah organisasi pertama kali di Indonesia untuk Bulu Tangkis. Organisasi tersebut berdiri pada tanggal 20 Januari 1948. Kemudian organisasi tersebut di rubah pada tahun 1951.

Nama organisasi tersebut menjadi PBSI [Persatuan Bulu Tangkis Indonesia] yang dimana nama tersebut sampai sekarang di gunakan.

Artikel Terkait:

Nah itulah sejarah bulu tangkis yang bisa kami sajikan dalam artikel ini. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda mengenai cabang olahraga bulu tangkis. Salam olahraga!

Source feature image: ligaolahraga.com

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia