Sejarah Bulu Tangkis di Dunia dan Indonesia

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ October 18, 2022 ∙ 9 menit membaca

Bisa dibilang, Indonesia merupakan negara yang kerap meraih juara dalam cabang bulu tangkis atau badminton. Bahkan, para atlet kita sudah sering bersaing dengan negara-negara besar seperti Jepang, Tiongkok, Korea dan negara-negara lainnya.

Tidak heran jika olahraga ini begitu banyak digemari oleh berbagai kalangan muda-mudi di Indonesia. Nah, kalo Pins termasuk penggemar bulu tangkis, yuk cari tahu bagaimana sejarah bulu tangkis di dunia maupun di Indonesia berikut ini:

Baca juga: Peraturan Permainan Bulu Tangkis yang Lengkap

Sejarah Bulu Tangkis Dunia

sejarah bulu tangkis
(Kompas)

Banyak versi yang mengatakan tentang kemunculan permainan bulu tangkis. Pendapat pertama menyebutkan bahwa permainan ini berasal dari Mesir 2000 tahun silam di zaman kuno.

Ada juga yang menyebutkan bahwa permainan bulu tangkis lahir di daerah India dan republik rakyat China. Dua versi ini sampai sekarang belum menemukan titik temunya.

Kalau Pins lihat sebuah sejarah Tiongkok, maka di sana Pins menemukan permainan yang bernama jianzi. Jianzi ini adalah sebuah permainan yang menggunakan kok, tetapi tanpa menggunakan raket sebagai alat pemukulnya.

Permainan Jianzi ternyata pertama kali dimainkan oleh anak-anak di Tiongkok, bukan menggunakan raket. Permainan ini bisa dikatakan menang apabila ia bisa mempertahankan kok tersebut di atas tanah.

Penemu Bulu Tangkis

Pada abad ke-19 olahraga kompetitif bulu tangkis ini diciptakan oleh salah seorang tentara atau petugas tentara Britania di daerah Pune, India. Petugas tentara ini menambahkan jaring sebagai pembatas antara pemain satu dan pemain kedua.

Pada zaman dulu, permainan ini dinamai Poona. Setelah permainan ini populer di daerah Pune, selanjutnya tentara Britania membawa kembali permainan ini ke negaranya, Inggris. Tentara Britania pun kembali membawa permainan bulu tangkis pada tahun 1850-an.

Baca juga: Ukuran lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional

Nama Resmi Bulu Tangkis

(Kumparan)

Kemudian permainan yang terkenal ketika itu dengan nama Battledores mendapatkan nama resmi pada tahun 1960 oleh Isaac Spratt. Nama tersebut telah di cetak dalam sebuah pamflet.

Isaac Spratt adalah seorang penyalur mainan Inggris yang memberikan nama pada olahraga ini dengan nama ‘Badminton Battledore–a new game ‘.

Nama tersebut diambil oleh Isaac karena permainan itu dimainkan di sebuah gedung badminton atau Badminton House.

Badminton House berada di estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris. Kemudian rancangan peraturan badminton pertama kali di tulis pada tahun 1877 oleh Klub Badminton Bath.

Setelah beres merancang peraturan olahraga ini, mereka kemudian membentuk sebuah asosiasi. Pada tahun 1983 Asosiasi Bulu Tangkis Inggris pun dibentuk. Lalu olahraga ini akhirnya bisa mengadakan kejuaraan internasional untuk pertama kalinya.

Kejuaraan Internasional pertama kalinya diadakan pada tahun 1899 di Inggris dengan nama Kejuaraan All England.

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

(Kumparan)

Olahraga bulu tangkis pertama kali muncul pada tahun 1930, berawal dari sebuah perkumpulan atau organisasi yang disebut Ikatan Sport Indonesia (ISI).

Akan tetapi, permainan dan ikatan yang sudah di bentuk tersebut sempat hilang karena ketika itu Indonesia sedang menghadapi perang.

Hingga akhirnya Indonesia menyatakan kemerdekaannya, olahraga bulu tangkis kembali berkembang di Indonesia pada tahun 1947.

Lalu di tahun 1948 perkembangan Bulu Tangkis di Indonesia semakin pesat. Apalagi semenjak Presiden Soekarno mengkampanyekan olahraga ini dengan nama “Nation Building“.

Di saat itu pula, Presiden Soekarno berjanji akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain yang sukses di kancah internasional. Hingga akhirnya Indonesia dapat meraih prestasi pertamaya di tahun 1958 melalui kompetisi Thomas Cup di Singapura.

Baca juga: Klub Bulu Tangkis Indonesia Terbaik, Mana Saja?

Aturan Bulu Tangkis

Selama perkembangannya, olahraga badminton memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi selama pertandingan. Berikut ini adalah beberapa aturan main olahraga bulu tangkis:

Lapangan dan Jaring Bulutangkis

(Lamanqu.id)

Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning.

Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain.

Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.

Baca Juga:

Perlengkapan Bulutangkis

sejarah olahraga bulu tangkis
(Justathlete.com)

Raket

Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit).

Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.

Senar

Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.

Kok

(Freepik)

Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik.

Sepatu

Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat; bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.

Permainan Bulutangkis

(Olympics.com)

Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang diperlihatkan pada gambar.

Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan “keluar”. Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin. Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.

Baca Juga:

Service

(Bola)

Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi jaring ke area lawan. Partai tunggal dan ganda memiliki area servis yang berbeda seperti yang diilustrasikan pada gambar. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan “keluar” dan poin untuk penerima servis.

Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Posisi kanan untuk jumlah poin genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol.

Pada set pertama pemain/pasangan yang melakukan servis untuk pertama kali ditentukan dengan undian, sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya.

Untuk partai ganda, beberapa peraturan berbeda diterapkan untuk perhitungan poin menggunakan sistem pindah bola dan sistem reli poin:

Sistem Pindah Bola

  • Sebelum pertandingan dimulai, harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai “orang pertama”. Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan.
  • Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi “orang pertama” saat melakukan servis.
  • Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk tiap pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua.
  • Saat pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh “orang pertama”.

Sistem Reli Poin

  • Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis, tidak ada servis kedua.
  • Servis dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut.
  • Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan.

Baca Juga:

Sistem Perhitungan Poin

(Indoposco)

Sejak Mei 2006, pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3×21 reli poin. Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set.

Induk Organisasi Bulutangkis atau Badminton International Badminton Federation (IBF) didirikan pada tahun 1934 dan membukukan Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis sebagai anggota-anggota pelopornya.

India bergabung sebagai afiliat pada tahun 1936. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid, Spanyol, September 2006, usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir.

Olah raga ini menjadi olah raga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu.

Baca Juga:

Induk Organisasi Bulu Tangkis Dunia

bwf
(Thejakartapost)

Setiap olahraga yang sudah terkenal di dunia pasti memiliki induk organisasi dunianya. Begitupun dengan permainan bulu tangkis. Olahraga ini juga memiliki induk organisasi yang bernama Internasional Badminton Federation (IBF).

Organisasi tersebut berdiri pada tahun 1934 yang di pelopori oleh 9 negara yang ada di dunia. Negara-negara tersebut diantaranya Denmark, Inggris, Kanada, Selandia Baru, Skotlandia, Belanda, Perancis, Wales dan Irlandia.

Organisasi semakin berkembang di dunia setelah mereka mengadakan kejuaraan bergensi yang membuat negara lain tertarik dengan kejuaraan tersebut.

Karena organisasi ini terus berkembang dan berkembang. Maka sekarang organisasi IBF memiliki anggota di seluruh dunia sebanyak 186 negara.

IBF memiliki 5 tingkatan kepengurusan yang diantaranya Executive Board, BWF Council, BWF Commissions, BWF Committees, dan Management Team.

NoNamaTahun
1George Alan Thomas1934 – 1955
2J. Plunkett-Dillon1955 – 1957
3R. Bruce Hay1957 – 1959
4A. C. J. van Vossen1959 – 1961
5J. D. M. McCallum1961 – 1963
6N. P. Kristensen1963 – 1965
7D. L. Bloomer1965 – 1969
8H. F. Chilton1969 – 1971
9Ferry A. Sonneville1971 – 1974
10S. Wyatt1974 – 1976
11S. Mohlin1976 – 1981
12C. C. Reedie1981 – 1984
13P. E. Nielsen1984 – 1986
14I. D. Palmer1986 – 1990
15A. E. Jones1990 – 1993
16Lu Shengrong1993 – 2001
17Korn Dabbaransi2001 – 2005
18Kang Young Joong2005 – 2013
19Poul-Erik Høyer Larsen2013 – …
Tabel Presiden BWF

Organisasi Bulu Tangkis Indonesia

PBSI
(Indosport)

PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) adalah organisasi pertama kali di Indonesia untuk Bulu Tangkis. Organisasi tersebut berdiri pada tanggal 20 Januari 1948. Kemudian organisasi tersebut di rubah pada tahun 1951.

Nama organisasi tersebut menjadi PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Indonesia) yang dimana nama tersebut sampai sekarang digunakan.

Baca juga:

Nah, itulah sejarah bulu tangkis di dunia dan Indonesia. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Pins mengenai cabang olahraga bulu tangkis. Salam olahraga!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: Ligaolahraga

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu MACD? Ini Cara Membaca Indikator MACD

Jika membicarakan saham, terdapat beberapa macam indikator yang bisa kamu gunakan. Indikator ini me

Finansial
Finansial Apa itu Gas Fee dalam Saham? Begini Cara Menggunakannya

Jika kamu adalah seorang pemula dalam investasi saham, mungkin kamu masih bingung dan awam tentang

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Peringatan Kerja dan Surat Teguran

Jika Pins adalah seorang pemilik, petinggi, maupun HRD dari sebuah perusahaan, maka kamu pasti pern

Gadget
Gadget 16 Rekomendasi HP 5 Jutaan, Libas Game Genshin Impact!

Rekomendasi HP 5 jutaan teratas pada tahun 2022 diberikan kepada 16 smartphone yang ditampilkan pad

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia