Sejarah Sepak Bola, Teknik Dan Peraturannya

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ October 12, 2022 ∙ 15 menit membaca

Sama seperti bola basket, sepak bola juga punya sejarah yang panjang. Pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi, sepak bola pertama kali dimulai di negara Cina. Tepatnya saat kerajaan dinasti han berkuasa. Kala itu sepak bola disebut dengan Tsu Chu, dimana masyarakat menendang bola yang terbuat dari kulit ke gawang. Untuk melatih fisik tentara di kerajaan tersebut maka permainan sepak bola adalah salah satunya yang diperuntukan untuk ulang tahun kaisar.

Selain di Cina juga terdapat permainan sama yang disebut dengan Kemari di Jepang. Pada awal abad ke-21, kurang lebih 250 juta orang dari 200 negara telah memainkan sepak bola. Inilah yang menjadikan sepakbola sebagai olahraga terpopuler di dunia.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai sejarah sepak bola, teknik dan peraturannya.

Baca Juga: Sejarah Berdiri Olahraga Sepak Takraw

Sejarah Sepak Bola di Dunia

Sejarah sepak bola di dunia
(Unsplash)

Sejarah sepakbola dimulai dari China dan Jepang. Setelah itu, permainan ini muncul di salah satu negara di Eropa tepatnya Italia. Dimana masyarakat Italia senang menggiring dan menendang bola sejak abad ke-16.

Kemudian sejak ditetapkannya dasar peraturan-peraturan di Inggris, permainan sepak bola terus berkembang dan menjadi permainan olahraga internasional.

Pada tahun 1365 Raja Edward III memutuskan untuk melarang permainan sepak bola dikarenakan banyak menimbulkan kekerasan. Dengan adanya larangan ini maka Raja James dari Skotlandia juga mendukung pelarangan tersebut.

Baca Juga: Sejarah Berdiri Stadion Estedio Camp Nou (Barcelona)

Sejarah Singkat Terbentuknya FIFA

sejarah fifa
(Wikipedia)

Pada tahun 1815, terjadilah perkembangan besar pada sepak bola dengan masuknya olahraga ini ke lingkungan sekolah dan universitas. Bahkan ada sekolah sepak bola yang dikhususkan bagi orang yang benar-benar ingin menjadi pemain sepak bola.

Pada tahun 1863 di Freemasons Tavern lahir sepak bola modern. Dimana saat sekolah dan klub berkumpul, mereka membuat rumusan peraturan baku khusus untuk sepak bola yang dipatenkan. Bersamaan dengan kejadian tersebut, terbuatlah pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dan sepak bola.

Pada tahun 1869, mulai tidak diperbolehkan menggunakan tangan dalam bermain sepak bola. Selama tahun 1800-an, sepak bola disebarluaskan oleh tentara Inggris, para pelaut, dan pedagang ke belahan dunia.

Pada tahun 1904, FIFA atau asosiasi tertinggi sepak bola dibentuk. Kemudian di setiap negara diselenggarakan berbagai pertandingan.

Sejarah Sepak Bola Asia

Sejarah sepak bola Asia
(Wikipedia)

China adalah tempat kelahiran sepak bola kuno. Dimasa dinasti Han inilah sejarah sepak bola kuno lahir. Dimana sepak bola ini diperuntukan untuk ulang tahun kaisar. kurang lebih pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi ada.

Pada zaman itu, permainan sepak bola menggunakan bola kulit, dan sangat sulit untuk memasukan bola ke dalam gawang. Karena gawang yang dibuat ketika itu terbuat dari jaring kecil.

Orang-orang pada masa itu dihadirkan untuk menyaksikan permainan sepak bola yang dimainkan oleh tentara China agar melatih fisik mereka. Sekaligus dijadikan sebuah hiburan untuk masyarakat dan untuk merayakan ulang tahun kaisar. Sepak bola yang sering dimainkan ini disebut sepak bola tsu chu.

Masih dalam sejarah sepak bola kuno, selanjutnya selain sepak bola ini terkenal di negeri China.

Ternyata sepak bola ini juga terkenal di negara Jepang dengan nama Kemari. Bahkan permainan ini adalah permainan favorit yang bagi warga Jepang.

Sejarah Sepak Bola Eropa

Sejarah sepak bola Eropa
(Goal)

Selain di dua negara Asia tersebut, permainan ini lalu muncul di negara-negara lain seperti Meksiko, Romawi, Amerika Tengah, Inggris. Bahkan sepakbola dimainkan sampai ke Mesir Kuno dimana bola yang dipakai oleh mereka sudah terbuat dari karet.

Sepak bola kuno juga memiliki sejarah yang menarik yaitu ketika masa raja Edward di inggris.

Dimana permainan sepak bola pernah dilarang olehnya. Alasannya cukup sederhana, yaitu banyak yang melakukan kekerasan yang membuat setiap orang menjadi brutal. Sehingga permainan menjadi tidak kondusif dan tidak memiliki aturan yang paten.

Dan puncak pelarangan ini terjadi pada tahun 1369 saat Raja Edward III. Beliau mencabut pelarangan tentang sepak bola sehingga olahraga ini bisa dimainkan lagi.

Karena terjadi kekerasan kembali, lambat laun sepak bola ini mendapat larangan kembali oleh ratu Elizabeth pada tahun 1572.

Pelarangan ini tidak ada kompromi sedikitpun, barang siapa yang memainkan sepak bola maka akan diberikan sanksi. Bahkan sanksi yang diberikan tergolong sangat keras, yaitu berupa penjara.

Pada tahun 1680-an, akhirnya datang kabar baik kepada masyarakat mengenai olahraga sepak bola. Dimana pada saat Raja Charles II menjadi raja, dia mencabut kembali larangan permainan ini. Bahkan memberikan perlindungan kepada siapa saja yang akan memainkan sepak bola di Inggris.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah sepak bola modern bermula di inggris. Pada sepak bola modern ini telah berdiri organisasi asosiasi sepak bola yang diadakan di Freemasons Tavern.

Dimana memiliki 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang ada di Football Association Freemasons Tavern (London – Inggris).

Baca Juga: Sejarah Olahraga Bulu Tangkis (Badminton)

Hasil Pertemuan Freemason’s Tavern

Hasil dari pertemuan ini sepak bola ditetapkan seri peraturan tunggal. Kemudian, asosiasi sepak bola wales, Irlandia, Skotlandia mengikuti peraturan ini.

Dengan adanya empat negara ini akhirnya mereka membentuk International Football Association Board [IFAB] agar sepak bola dunia dapat dikoordinasi dengan peraturan.

Seiringnya perkembangan dan kemajuan sepak bola dunia, maka Federation International de Football Association [ FIFA ] didirikan di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904.

Dua tokoh sepak bola dunia yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet yang menggagas pertemuan FIFA. Dimana dihadiri oleh tujuh negara yaitu Swedia, Belgia, Denmark, Swiss, Spanyol, Prancis, dan Belanja.

Ketua pertama FIFA yaitu Robert Guerin yang berasal dari perancis menyebutkan bahwa negara-negara di atas ditetapkan sebagai anggota FIFA.

Ruang lingkup kejuaran sepak bola ketika itu masih tergolong olimpiade, namun anggota FIFA semakin bertambah.

Sejarah Sepak Bola Berdasarkan Tahun

NoTahunMoment
11863Asosiasi Sepakbola Inggris Terbentuk
21885Pertandingan Amerika vs Kanada
31886Rapat Pembentukan FIFA
41888Penetapan Aturan Wasit
51904Terbentuknya FIFA
61904Hadirnya Slogan “For The Game, For The World”
Tabel sejarah sepak bola dunia

Mengenal Tugas FIFA

Tugas FIFA
(Unsplash)

Pusat Markas FIFA berada di Zurich, Swiss. Tempat tersebut dijadikan tempat untuk menyaksikan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh FIFA.

Kegiatan-kegiatan tersebut seperti pemberian gelar terbaik, pengundian Liga Champion, dan lain-lain. Adapun tugas FIFA adalah sebagai berikut;

  • Melakukan transfer pemain dari satu tim ke tim yang lainnya
  • Memutuskan gelar terbaik dunia, mempromosikan sepak bola
  • Mempublikasikan hasil peringkat atau daftar peringkat dunia pada setiap bulan.

Kemajuan sepak bola dunia terus berkembang dan berlanjut, hingga pada tahun 1908 para pemain sepak bola dimasukkan dalam Olimpiade.

Selanjutnya setelah itu mengadakan kegiatan yang besar yaitu mengadakan kejuaraan dunia pertama. Kejuaran untuk sepak bola pertama skala dunia dihelat di Uruguay pada tahun 1930-an.

Baca juga: Sejarah Awal Olahraga Lompat Jauh

Badan Asosiasi Sepak Bola Regional Pertama

Badan asosiasi regional pertama
(Unsplash)

Diluar teknik permainan sepak bola ada hal unik yang harus dicatat, yaitu BBC telah berhasil menyiarkan di stasiun TV. Hal tersebut tentang kejuaraan sepak bola dunia pada tahun 1938. Kemudian pada tahun 1966 di siaran televisi digunakan untuk fitur replay dalam setiap gol.

Sepanjang sejarah, permainan sepak bola memang hiburan yang paling menarik yang banyak disukai oleh banyak orang dari belahan dunia.

Hal inilah yang membuat FIFA menyebarluaskan dan melebarkan sayapnya dengan membentuk badan asosiasi regional. Diantara badan asosiasi regional yang berdiri dari beberapa negara sebagai berikut ;

  • CONCACAF [ Confederación Sudamericana de Fútbol ] adalah badan asosiasi regional ini dihuni negara-negara di Benua Amerika. Merupakan sebuah kelompok sepak bola dengan dihuni oleh negara-negara yang ada di Karibia, Amerika Utara dan Amerika Tengah.
  • UEFA [ Union of European Football Associations ] yang dimana badan asosiasi regional ini merupakan sebuah kelompok yang dipenuhi oleh negara-negara Eropa.
  • CAF [ Confederation of African Football ] yang dimana asosiasi regional yang menaungi negara-negara di Benua Afrika.
  • OFC [ Oceania Football Confederation ] yang dimana asosiasi regional ini merupakan sebuah kelompok yang dihuni oleh negara-negara yang berada di Oceania.
  • CONMEBOL [ Confederation Sudamericana De Futbol] yang dimana asosiasi regional dihuni oleh negara-negara di Asia.

Tentu saja asosiasi-asosiasi tersebut berganti nama seiring perkembangannya. Sebagai contoh untuk asosiasi sepak bola Asia menjadi AFC saat ini.

Baca Juga: Sejarah Aqua Pelopor Industri Air Minum

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sejarah sepak bola Indonesia
(Unsplash)

Salah satu peran bangsa tidak bisa dijauhkan dari sejarah sepak bola dari peran bangsa lain. Sebab negara-negara tersebut telah melakukan perdagangan atau penjajahan ke Indonesia.

Yang memperkenalkan pertama kali tentang sepak bola dan tercatat dalam sejarah, bahwa Cinalah. Dimana mereka memperkenalkan sepak bola kepada masyarakat Indonesia untuk menunjukan bahwa Negeri tirai bambu atau Cina juga tidak ketinggalan. Khususnya dalam mempromosikan olahraga ini di bandingkan negara-negara lain yang berada di Eropa seperti Belanda.

Sehingga selain tujuan nya dagang, Cina juga memberikan sejarah penting tentang sepak bola ke negeri Indonesia.

Pada tahun 1915 telah tercatat bahwa banyak perkumpulan atau Club sepak bola yang berdiri di Indonesia yang didirikan oleh warga Cina atau Tionghoa, bahkan muncul Club terhebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda [indonesia tempo dulu] seperti UMS Jakarta dan Surabaya.

Kehebatan klub Indonesia ketika waktu itu telah mengantarkan ke kancah piala dunia yang menjadi sejarah tak terlupakan pada tahun 1938.

Baca juga: Sejarah Olahraga Tenis Meja Atau Ping Pong

Sejarah Berdirinya PSSI

Sejarah PSSI
(Fimela)

Dalam perjalanan sejarah sepak bola indonesia, ada beberapa peristiwa yang tak terlupakan dan perlu di catat.

Salah satunya asosiasi sepak bola indonesia berdiri untuk ditugaskan untuk menaungi klub sepak bola yang berada di wilayah Indonesia.

PSSI [ Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ] ialah asosiasi yang berada di Indonesia. Berdiri pada tanggal 19 april 1930 di Yogyakarta.

Sebelum keikutsertaan Indonesia pada piala dunia tahun 1938 di Prancis bahwa PSSI sudah didirikan, sehingga bisa mengikuti piala dunia tersebut.

Pada perjalanan sejarah sepak bola Indonesia yang perlu dicatat juga adalah terjadinya perselisihan. Perselisihan yang terjadi antara NIVU dan PSSI untuk memutuskan siapa yang boleh ikut pada kejuaraan piala dunia di Perancis.

Sebelum mengikuti kejuaraan, Soeratin Sosrosoegondo pada waktu itu mengusulkan pertandingan NIVU dengan PSSI. Akan tetapi FIFA telah mengakui salah satu asosiasi yaitu NIVU dan PSSI.

Sehingga akhirnya dua asosiasi ini di bawa ke Perancis. Akan tetapi bukan nama Indonesia yang di bawa kesana, melainkan Hindia Belanda.

Sosok Penting Dalam Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sosok penting di Indonesia
(Liputan6)

Terdapat tokoh yang menjadi sejarah sepak bola Indonesia di balik pentingnya PSSI, yakni Soeratin Sosrosoegondo. Pendidikannya telah diakui di luar negeri yaitu di Sekolah Teknik Tinggi Mecklenburg, Jerman.

Soeratin Sosrosoegondo juga telah mewujudkan Sumpah Pemuda yang sampai saat ini dikenang.

Dimana sumpah ini terjadi pada tanggal 28 oktober 1928. Untuk meningkatkan semangat rasa nasionalis, menurut beliau sepak bola adalah cara yang tepat. Agar pemuda semangat dalam melawan penjajahan Belanda.

Saat kongres yang diadakan di Solo pada tahun 1938 Soeratin Sosrosoegondo memutuskan hubungan dengan NIVU secara sepihak. Karena beliau kesal kepada NIVU, dimana setiap tim sepak bola ikut serta dalam pertandingan selalu memakai bendera NIVU atau Belanda.

PSSI Masa Penjajahan Belanda

PSSI masa belanda
(PSSI)

PSSI menjadi pasif saat Jepang menjajah Indonesia. Kala itu Jepang mengambil alih PSSI dan kemudian menjadikannya bagian dari Tai Iku Kai. yaitu badar keolahragaan buatan Jepang.

Kemudian PSSI masuk ke dalam bagian dari GELORA dan baru bisa lepas otonom saat kembali dalam kongres POSI III di Yogyakarta.

Tim sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan di saat Soeratin Sosrosoegondo meninggal dunia. Karena tidak adanya sosok motivasi dan tidak imbangnya dalam pengembangan kompetisi dan organisasi.

Sebelum era 1970-an, ada beberapa pemain Indonesia yang dapat bersaing dengan pemain lain di kanca Internasional. Pemain tersebut diantaranya Sucipto Suntoso, Ramang, Tan Liong Houw dan Ronny Pattinasarani.

Baca juga: Sejarah Awal Mula Perusahaan NIKON

Sejarah Sepak Bola Modern di Indonesia

Dalam perkembangannya, PSSI telah memajukan dan memperluas bola dalam negeri. dengan mendirikan Divisi Utama, Divisi Satu, Divisi Dua, Divisi Tiga, hingga Liga Super Indonesia.

Selain itu, PSSI juga aktif dalam kompetisi umur tertentu [ U-15, U-17, U-19, dan U-23 ] dan mengembangkan kompetisi sepak bola wanita.

Sayangnya walaupun Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang, tapi ini semua masih belum merubah prestasi sepak bola Indonesia di daftar Internasional.

Butuh tekad dan manajemen yang lebih baik untuk dapat merubah wajah sepak bola Indonesia menjadi lebih indah dan lebih berkualitas.

Baca juga: Sejarah Olahraga Renang Di Dunia

Peraturan Permainan Sepak Bola

Setiap olahraga tentu memiliki aturan tersendiri agar permainan bisa berjalan secara fair. Berikut ini beberapa peraturan dasar dalam sepak bola yang wajib Pins ketahui :

Posisi pemain sepak bola
(Unsplash)

Posisi Pemain Sepak Bola

Dalam satu tim sepak bola terdiri dari 1 (satu) orang penjaga gawang, 2 – 4 pemain bertahan, 2 – 5 orang pemain tengah, serta 1 – 3 pemain penyerang.

Pemain yang paling bebas dalam mengolah bola adalah penjaga gawang, karena penjaga gawang (kiper) merupakan satu – satunya pemain yang diperbolehkan untuk menggunakan tangan untuk menghalangi bola yang menuju ke gawang dari serangan tim lawan.

Disamping itu, penjaga gawang juga menggunakan jersey yang berbeda dengan pemain yang lainnya.

Pemain Bertahan atau yang biasa disebut dengan Back, memiliki tugas utama untuk menutup dan menghalangi pergerakan tim lawan, terutama pergerakan dari penyerang lawan.

Seorang gelandang atau pemain tengah umumnya terdiri dari pemain tengah serang yang bermain di dekat penyerang dan pemain tengah bertahan yang posisinya berdekatan dengan pemain bertahan.

Tugas dari pemain bertahan adalah mengatur tempo permainan serta menjadi penyokong striker dan bek tim. Pada posisi tersebut juga ada posisi Sayap (Winger) yang memiliki bertugas di sisi kiri dan sisi kanan lapangan.

Sedangkan seorang penyerang atau yang biasa disebut dengan stiker, memiliki tugas untuk mencetak gol ke gawan lawan.

Kapten tim merupakan seseorang yang terpilih di antara para pemain yang ada pada tim, kapten tim memiliki tugas untuk mempin serta mengoordinasi para pemain supaya bermain secara kompad di lapangan pertandingan.

Kapten tim ditandai dengan menggunakan atribut ban (armband) yang melingkar pada lengan atas.

Pada sebuah pertandingan yang resmi, kapten dari kedua tim menjadi pemain yang keluar terlebih dahulu saat memasuki area pertandingan, setelah itu diikuti kiper dan para pemain lainnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar bentuk – bentuk formasi permaianan sepak bola yang ada, di antaranya adalah :

  • Formasi 4-2-4
  • Formasi 4-4-2
  • Formasi 4-5-1
  • Formasi 5-3-2
  • Formasi 5-4-1
  • Formasi 3-6-1
  • Formasi 3-5-2
  • Formasi 3-4-3
  • Formasi 4-1-4-1
  • Formasi 4-2-3-1
  • Formasi 4-3-3
  • Formasi 4-3-1-2
  • Formasi 4-3-2-1
  • Formasi 4-4-1-1
  • Formasi 4-2-2-2
ukuran gawang
(Unsplash)

Ukuran Gawang dan Lawang Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola umum, panjang lapangan memiliki ukuran panjang ± 90 -120 meter dan lebar ± 45 – 90 meter.

Sedangkan untuk pertandingan internasional, dengan berkategori dewasa umumnya menggunakan lapangan panjang 100 – 120 m dan lebar 65 – 75 meter.

Pada sisi lapangan juga menggunakan garis batas lapangan sepak bola yang memiliki tebal 12 cm dengan tinggi tiang bendera tiap pojok lapangan adalah 1.5 m. Sementara untuk gawang memiliki ukuran lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter.

Pada area gawang memiliki area pinalti yang memiliki panjang 16.5 meter dari gawang, area itu juga digunakan untuk batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan serta menentukan kapan pelanggaran mendapatkan hadiah pinalti atau tidak.

Waktu di sepak bola
(Unsplash)

Waktu Permainan Sepak Bola

Lama pertandingan sepak bola normalnya adalah 2 x 45 menit (2 duababak) dimana di antara babak tersebut memiliki waktu istirahat 15 menit.

Jika kedudukan kedua tim seimbang maka akan diadakan perpanjangan waktu selama 2 x 15 menit, sehingga bisa didapatkan pemenang, namun jika masih sama kuat maka akan diadakan adu pinalti.

Wasit bisa menentukan panjangnya waktu tanbahan di setiap akhir babak sebagai pengganti daari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, bola keluar, serta penghentian waktu lainnya. Waktu tersebut lebih dikenal dengan sebutan injury time.

Wasit di sepak bola
(Unsplash)

Wasit dan Petugas Pertandingan Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola profesional, ada 4 petugas yang mempin jalannya pertandingan, yang terdiri dari wasit, 2 (dua) hakim garis, serta seorang petugas di pinggir lapangan dan juga wasit gawang yang berada pada pinggir gawang.

Seorang wasit memiliki peluit yang berguna untuk memberhentikan dan memulai pertandingan, wasit juga memiliki tugas untuk memberikan hukuman serta peringatan atas pelanggaran yang terjadi sewaktu pertandingan berlangsung dan berada pada lapangan.

Sedangkan hakim garis memiliki tugas untuk mengawasi setengah bagian dari lapangan, hakim garis memegang bender yang berguna untuk menandakan adanya pelanggaran, offside atau bola keluar.

Petugas yang terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti delama pertandingan berlangsung dan memberikan informasi mengenai tambahan waktu di setiap akhir babak.

Petugas ini juga mempunyai tugas untuk memriksa pergantian pemain serta menjadi penghubung antara wasit dengan manajer tim.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Ada beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola, di antaranya adalah menendang, menggiring, menghentikan, serta menyundul bola. Berikut ini adalah penjelasan dari teknik dasar di atas :

teknik dalam sepak bola
(Unsplash)

Teknik Menendang Bola

Teknik yang satu ini merupakan teknik untuk menyepak bola, teknik ini merupakan faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Ada beberapa teknik dalam menendang bola, di antaranya adalah :

  • Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.
  • Menendang bola menggunakan kaki bagian luar.
  • Menendang  bola menggunakan kaki bagian punggung.

Teknik Menggiring Bola

Teknik ini memiliki tujuan untuk membawa bola ke arah tertentu sambil berlari, sehingga bola bergelir di tanah dan bisa dikuasi oleh pemain yang menggiring bola tersebut. Ada beberapa cara dasar untuk menggiring bola, di antaranya adalah :

  • Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar
  • Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki
  • Menggiring bola dengan menggunakan kedua kaki secara bergantian

Teknik Menghentikan Bola

Teknik sepak bola yang satu ini memiliki tujuan untuk menghentikan bola, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menhentikan bola, di antaranya adalah :

  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki paha
  • Menghentikan bola dengan menggunakan perut atau dada
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian telapak
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki punggung
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian luar

Teknik Menyundul Bola

Tekni yang yang satu ini merupakkan tekni gerakan mendorong bola menggunakan kepala yang bisa dilakukan saat bola melayang di udara. Teknik ini memiliki tujuan untuk mendorong bola ke arah tertentu yang di inginkan si pemain.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Sepak Bola, mulai dari Sejarah, Peraturan dan Teknik Bermain Sepak Bola.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengerjakan tugas dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu mengenai dunia sepak bola. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia