BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiApa itu Rumah MBR? Serta Cara Mendapatkanya
0
0

Apa itu Rumah MBR? Serta Cara Mendapatkanya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jan 16, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pada era urbanisasi yang pesat, masalah perumahan menjadi tantangan serius di banyak negara. Banyak orang yang masih belum memiliki akses ke perumahan layak, terutama di perkotaan. Salah satu solusi yang muncul untuk mengatasi masalah ini adalah program Rumah MBR atau Rumah Murah Berkualitas. Dalam artikel ini, Pinhome akan membahas apa itu Rumah MBR, mengapa program ini penting, dan bagaimana cara mendapatkannya.

Layanan Pengajuan KPR yang dimilikinya membantumu mewujudkan rumah impianmu. Kamu bisa mendapatkan informasi rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate. Terdapat pula informasi properti dekat Sarinah Jakarta hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Baca juga:

Apa Itu Rumah MBR?

Source : Pixabay

Rumah MBR adalah program perumahan yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang kesulitan memenuhi kebutuhan perumahan. Program ini biasanya diluncurkan oleh pemerintah atau lembaga swasta dengan tujuan memberikan akses kepada mereka yang memiliki keterbatasan finansial untuk memiliki rumah sendiri. Rumah MBR ini dirancang sedemikian rupa agar tetap berkualitas tinggi meskipun dengan harga yang terjangkau.

Kriteria untuk memenuhi syarat sebagai penerima Rumah MBR dapat bervariasi antara negara atau wilayah. Namun, umumnya, penerima program ini adalah keluarga dengan penghasilan rendah yang belum memiliki rumah sendiri. Pada umumnya, program Rumah MBR juga memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan desain rumah yang ramah lingkungan.

Mengapa Rumah MBR Penting?

Berikut alasan mengapa rumah MBR penting:

1. Mengatasi Ketidaksetaraan Perumahan

Source : Pixabay

Program Rumah MBR memiliki peran kunci dalam mengatasi ketidaksetaraan akses terhadap perumahan. Dengan memberikan peluang kepada mereka yang kurang mampu untuk memiliki rumah, program ini membantu mengurangi kesenjangan sosial.

2. Meningkatkan Kualitas Hidup

Memiliki rumah sendiri bukan hanya masalah kepemilikan properti, tetapi juga berkaitan dengan kualitas hidup. Rumah MBR memberikan tempat tinggal yang layak bagi mereka yang sebelumnya mungkin tinggal dalam kondisi yang kurang memadai.

3. Mendorong Pembangunan Ekonomi

Program ini juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dengan mendorong aktivitas konstruksi dan sektor properti. Hal ini menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal dan nasional.

4. Stabilitas Sosial

Rumah MBR dapat membantu menciptakan stabilitas sosial. Ketika masyarakat memiliki tempat tinggal yang stabil, hal ini dapat berdampak positif pada kesejahteraan keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Cara Mendapatkan Rumah MBR:

Berikut cara mendapatkan rumah MBR:

1. Pendaftaran

Source : Pixabay

Langkah awal untuk mendapatkan Rumah MBR adalah mendaftar melalui lembaga atau badan yang menangani program tersebut. Biasanya, pemerintah setempat atau pengembang properti yang berpartisipasi dalam program ini akan membuka pendaftaran untuk calon penerima.

2. Verifikasi Kelayakan

Setelah mendaftar, calon penerima akan menjalani proses verifikasi kelayakan. Hal ini melibatkan pengecekan terhadap penghasilan dan kondisi keuangan mereka untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat sebagai penerima Rumah MBR.

3. Seleksi

Jika terdapat lebih banyak pendaftar daripada unit rumah yang tersedia, biasanya dilakukan proses seleksi. Kriteria seleksi dapat bervariasi, tetapi biasanya memprioritaskan mereka yang memiliki kebutuhan perumahan mendesak.

4. Pemilihan Lokasi dan Unit

Setelah lulus seleksi, calon penerima akan memilih lokasi dan unit rumah yang sesuai dengan preferensi mereka. Pemilihan ini dilakukan sesuai dengan ketersediaan dan alokasi yang telah ditentukan.

5. Pembiayaan

Source : Pixabay

Program Rumah MBR seringkali melibatkan skema pembiayaan khusus dengan suku bunga yang lebih rendah dan persyaratan pembayaran yang dapat dijangkau. Ini bertujuan untuk memudahkan calon penerima dalam membayar cicilan perumahan.

6. Proses Konstruksi

Setelah semua tahap administratif selesai, rumah akan mulai dibangun. Calon penerima akan terlibat dalam proses pemantauan dan inspeksi untuk memastikan rumah dibangun sesuai standar.

7. Pemindahan dan Pendampingan

Setelah konstruksi selesai, calon penerima akan melakukan proses pemindahan ke rumah baru mereka. Program Rumah MBR seringkali juga menyertakan pendampingan untuk membantu mereka mengelola pembiayaan dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Harga Rumah MBR

Source : Pixabay

Sama seperti beberapa tahun sebelumnya, hampir tidak terdapat perubahan pada harga rumah untuk MBR ataupun rumah subsidi pada tahun 2022. Berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 995/KPTS/M/2021, kisaran harganya adalah sebagai berikut:

1. Jawa (kecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangeran, Bekasi) dan Sumatera (kecuali Kepri, Bangka Belitung, Kepualauan Mentawai): Rp150.500.000

2. Kalimantan (kecuali Kab. Murung Raya dan Mahakan Ulu): Rp164.500.000

3. Sulawesi, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai dan Kepri (kecuali kepulauan Anambas):Rp156.500.000.

4. Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, Bali, Jabodetabek, Kepulauan Anambas, Kabupaten Mahakam Ulu, Dan Kabupaten Murung Raya: Rp168.000.000

5. Papua dan Papua Barat: Rp219.000.000

Persyaratan Untuk Mendapatkan Rumah MBR

Mempunyai rumah MBR cukup menguntungkan karena tidak perlu dikenakan pajak, plus mempunyai bunga yang rendah dengan tenor yang panjang. Akan tetapi, Kamu perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang diwajibkan seperti:

  • WNI berusia 21 tahun atau telah menikah usia pemohon tidak melebihi 65 tahun pada saat kredit jatuh tempo.
  • Khusus peserta ASABRI yang mendapatkan rekomendasi dari YKPP, usia pemohon sampai 80 tahun pada saat kredit jatuh tempo.
  • Pemohon ataupun pasangan (suami/istri) tidak mempunyai rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah. Dikecualikan 2 kali untuk TNI/Polri/PNS yang pindah tugas.
  • Gaji/penghasilan pokok tidak melebihi Rp8 juta untuk Rumah Sejahtera Tapak dan untuk Rumah Sejahtera Susun
  • Memiliki e-KTP dan terdaftar di Dukcapil
  • Mempunyai NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

Berikut dokumen yang diperlukan:

  • Fotokopi Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Pegawai Tetap atau Surat Keterangan Kerja (bagi pemohon pegawai)
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Keterangan Domisili serta Laporan Keuangan 3 bulan terakhir (bagi pemohon wiraswasta)
  • Fotokopi izin praktek (bagi pemohon profesional)
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir
  • Surat pernyataan belum memiliki rumah dari pemohon dan pasangan
  • Surat pernyataan belum pernah menerima subsidi untuk pemilikan rumah dari pemerintah yang dibuat pemohon dan pasangan.
  • Form aplikasi kredit dilengkapi dengan pasfoto terbaru pemohon dan pasangan
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemohon dan Pasangan
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotocopy Surat Nikah/Cerai Slip Gaji Terakhir atau Surat Keterangan Penghasilan

Itu dia penjelasan mengenai rumah MBR dan cara mendapatkannya. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download