BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Meniru Uniknya Rumah Gaya Belanda di Indonesia
0
0

5 Tips Meniru Uniknya Rumah Gaya Belanda di Indonesia

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Sep 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
rumah gaya belanda di indonesiatop-right-banner

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan sejarah yang beragam, yang tercermin dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk arsitektur. Salah satu warisan arsitektural yang menarik adalah rumah gaya Belanda di Indonesia 

Rumah-rumah ini adalah bukti penting dari masa kolonial Belanda yang panjang di Indonesia dan memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari jenis rumah lainnnya.

Buat Pins yang mau memiliki rumah idaman yang ekslusif,Pins bisa cek lewat Rumah Ekslusif dengan mudah dan praktis. Pinhome juga bisa memilih rumah eksklusif lainnya seperti yang ada di Bali Resort Tangerang dan perumahan di Tanggerang Selatan lainnya. Ada juga beberapa rekomendasi hunian second yang bisa Pins pilih di rumah second di Kota Tangerang.

Sejarah Rumah Gaya Belanda

Source : Unsplash

Rumah gaya Belanda di Indonesia pertama kali muncul di Indonesia selama masa penjajahan Belanda, yang berlangsung dari abad ke-17 hingga abad ke-20. 

Selama periode ini, Belanda mendirikan kekuasaan kolonialnya di berbagai pulau di Indonesia, dan arsitektur menjadi salah satu alat untuk mengekspresikan dominasi mereka. Rumah-rumah ini dibangun dengan pengaruh arsitektur Belanda yang khas, tetapi juga menggabungkan unsur-unsur lokal.

Baca juga: 8 Desain Rumah Limasan Bergaya Modern

Tips Meniru Rumah Gaya Belanda

Source : iStock

Berikut ini beberapa tips yang Pins lakukan untuk membuat rumah bergaya Belanda:

1. Menggunakan Atap Tumpang Tindih

Salah satu ciri khas yang mencolok dari rumah arsitektur Belanda di Indonesia adalah penggunaan atap tumpang tindih yang sangat menonjol.  Atap ini terdiri dari genteng-genteng tradisional yang saling tumpang tindih dan biasanya memiliki dua tingkat atau lebih. 

Lebih dari sekadar elemen estetika, atap ini memiliki fungsi praktis yang penting. Salah satunya memberikan sirkulasi udara yang optimal di dalam rumah dan melindungi penghuni dari hujan tropis yang sering turun di Indonesia.

2. Memilin Veranda atau Serambi

Rumah arsitektur belanda di indonesia sering memiliki serambi luas di depan atau di sekitar rumah. Serambi yang luas ini, yang dapat ditemukan di banyak rumah gaya Belanda di Indonesia.

Menciptakan tempat yang sangat nyaman untuk bersantai dan menikmati keindahan pemandangan sekitar.  Dengan kursi-kursi yang nyaman dan perabotan yang serasi, serambi ini seringkali menjadi tempat yang ideal untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Namun, serambi ini memiliki fungsi yang lebih dalam. Di tengah iklim tropis Indonesia yang sering kali panas dan lembap. Serambi adalah ruang terbuka yang sangat diperlukan untuk mengatasi perubahan cuaca yang mendadak

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah dengan Halaman Luas Agar Tidak Mubazir

3. Jendela Besar

Source : Depositphotos

Rumah gaya Belanda di Indonesia ini memiliki jendela besar yang tinggi dengan daun pintu yang terbuat dari kayu atau kaca yang berjajar. Jendela besar ini adalah gerbang utama bagi cahaya alami untuk memasuki ruang di dalam rumah. 

Mereka memaksimalkan pemanfaatan sinar matahari, menciptakan atmosfer yang cerah dan memungkinkan tampilan indah dari luar.  Selain memberikan penerangan alami yang menyegarkan, sinar matahari juga membawa kehangatan ke dalam rumah, menciptakan suasana yang nyaman dan menghemat energi.

4. Material Lokal

Meskipun rumah-rumah ini memiliki pengaruh Belanda yang kuat, mereka juga memanfaatkan bahan-bahan lokal seperti kayu, bambu, dan batu alam. Kayu, dengan keragaman jenisnya, sering digunakan untuk menghadirkan kehangatan dan karakter alami pada interior rumah, 

Sementara bambu dengan seratnya yang kuat menjadi bahan unggulan untuk pembuatan perabotan dan elemen dekoratif yang menghadirkan nuansa tropis. Batu alam lokal sebagai bahan konstruksi atau dekoratif juga menambahkan dimensi tersendiri pada arsitektur Belanda di Indonesia. 

Batu alam yang digunakan dalam bangunan memberikan tekstur alami serta menambahkan daya tahan dan ketahanan terhadap cuaca tropis. Hal ini menciptakan perpaduan yang menarik antara arsitektur Belanda dan budaya Indonesia.

Baca juga: 9 Fakta Material Bahan HPL Beserta Kelebihan dan Kekurangnya dalam Desain Ruangan

5. Kolam Renang

Sejumlah rumah dengan gaya arsitektur Belanda di Indonesia yang memiliki ukuran yang lebih besar memiliki kolam renang pribadi. Kolam renang ini tidak hanya menjadi elemen penting dalam penampilan luar rumah. 

Tetapi juga menjadi tempat rekreasi yang sangat diminati, terutama dalam iklim tropis yang panas dan lembap di Indonesia. Kolam renang pribadi dalam rumah Belanda di Indonesia adalah salah satu fasilitas mewah yang menambah nilai dan daya tarik rumah tersebut.

Dalam esensi, kolam renang ini mencerminkan keistimewaan dan kemewahan rumah-rumah Belanda di Indonesia, menambahkan sentuhan modern pada keanggunan klasik mereka.

Warisan dan Preservasi

Source : Pinterest

Rumah gaya Belanda di Indonesia adalah bagian penting dari warisan arsitektural negara ini.  Meskipun banyak dari mereka telah mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, beberapa telah dipertahankan dan dipugar untuk tujuan sejarah. 

Beberapa bahkan diubah menjadi hotel atau tempat penginapan yang unik, memungkinkan wisatawan untuk merasakan suasana masa kolonial. Dalam upaya menjaga warisan ini, langkah-langkah untuk melindungi dan merawat rumah gaya Belanda perlu terus dilakukan. 

Ini adalah jendela ke masa lalu yang berharga dan sekaligus merupakan contoh bagaimana pengaruh budaya dapat bersatu dengan unsur lokal dalam arsitektur yang indah dan bersejarah.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Ruang TV Sederhana Tanpa Sofa

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Crown Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download