17 Makanan Khas Sidoarjo yang Tidak Boleh Dilewatkan

Dipublikasikan oleh Putri Aprilia dan Diperbarui oleh voni ∙ 13 June 2022 ∙ 6 menit membaca

Sidoarjo adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Di kabupaten ini juga menjadi tempat bandara internasional Juanda yang menjadi gerbang penerbangan dari seluruh Indonesia dan internasional menuju Jawa Timur. Jadi, kalau kamu menempuh jalur udara menuju Jawa Timur, kamu akan mendarat di Sidoarjo dulu. 

Nah, buat kamu yang sedang berada di Sidoarjo atau baru menetap di perumahan di Sidoarjo, kamu wajib mencicipi makanan khas Sidoarjo. Supaya nggak bingung, berikut ini daftar rekomendasi makanan khas Sidoarjo yang lezat. Yuk, coba!

Baca juga: 20 Rekomendasi Tempat Makan di Sidoarjo yang Murah dan Enak 

1. Lontong Kupang 

lontong kupang
(food.detik.com) 

Kalau kamu berada di Sidoarjo, kamu wajib banget makan lontong kupang. Makanan ini berupa irisan lontong dengan kuah dan kupang rebus. Kupang sendiri adalah sejenis kerang laut kecil, yang direbus. Lalu berisi potongan lontong dan lentho. Lentho adalah olahan dari kacang tolo dan singkong goreng. kira-kira bagaimana dengan rasanya, ya? 

2. Bandeng Presto 

bandeng presto
(kompas.com) 

Tahukah kamu bahwa Sidoarjo merupakan kabupaten dengan penghasil bandeng terbesar? Nah, sebagai penghasil bandeng terbanyak, di sini kamu bisa menikmati olahan bandeng presto yang lezat dan tentunya murah meriah. Mulai dari Rp 10 ribu-an saja. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai tempat makan ataupun toko oleh-oleh. 

3. Otak-Otak Bandeng 

otak otak bandeng
(inews.id) 

Selain menu bandeng presto, ada juga otak-otak Bandeng. Pada olahan ini, kamu akan menikmati bandeng dengan daging tanpa tulang yang telah dihaluskan dan dicampur berbagai bahan, lalu dimasukkan ke dalam ikan bandeng lagi. Jadi teksturnya akan lebih lembut dan halus. Terdengar lezat, bukan? 

4. Bandeng Asap 

Bandeng asap
(hipwee.com) 

Tak hanya diolah menjadi presto dan otak-otak, olahan bandeng lainnya ada bandeng asap. Makanan khas Sidoarjo yang satu ini akan lebih awet dibanding dua olahan bandeng sebelumnya. Jadi, cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh jarak jauh. Bandeng asap ini cocok dinikmati dengan nasi putih hangat. 

5. Ote-Ote Porong 

Makanan khas Sidoarjo
(kompas.com) 

Ote-ote adalah sebutan bakwan goreng di Jawa Timur. Nah, di Sidoarjo ada makanan khas yang namanya ote-ote Porong, karena lokasinya di Jalan Raya Porong Sidoarjo. Ote-ote sendiri berisi isian sayur dan daging cincang, seperti ayam atau babi. Menu makanan ini cocok untuk camilan dan makin mantap dinikmati dengan cabe rawit. 

6. Petis Udang 

Petis udang merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo yang bisa kamu coba. Sesuai namanya, petis ini menggunakan udang dan ikan rebus yang dicampur gula merah hingga pekat. Rasanya yang gurih ini sangat cocok untuk dijadikan cocolan gorengan. Kamu bisa membeli petis ini untuk oleh-oleh sanak saudara di luar kota. 

7. Telur Asin

Telor Asin Sidoarjo
(detik.com) 

Telur asin mungkin memang sudah tak asing bagi banyak orang. Namun, telor asin khas Sidoarjo ini cukup unik. Di sini, rasa telur asinnya bisa memiliki varian rasa, seperti rasa udang, kepiting, dan salmon. Selain itu, pengolahannya juga cukup unik yaitu dengan proses asap, oven, dan goreng. Penasaran dengan rasanya? Yuk cobain saja. 

8. Kue Lumpur Bakar 

Makanan khas Sidoarjo
(kompas.com) 

Ingin makan jajanan yang manis-manis? Kamu bisa makan Kue Lumpur Bakar. Kue ini merupakan salah satu kue basah dengan rasa manis yang dibakar di atas tungku. Tekstur kue lumpur yang lembut dan meleleh di mulut ini dijamin bikin kamu ketagihan, deh. Makanan khas Sidoarjo ini bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp 2 ribu-an. 

9. Wader Kriuk 

Makanan khas Sidoarjo
(cookpad.com) 

Wader merupakan sejenis ikan sungai yang memiliki rasa lezat. Di Sidoarjo, ada wader goreng garing yang telah dibumbui gurih. Wader kriuk ini biasanya dinikmati dengan cocolan sambal dan dijadikan lauk sepiring nasi hangat yang pulen. 

10. Sop Buntut Sidoarjo 

Sop Buntut Sidoarjo
(tribunnews.com) 

Makanan khas Sidoarjo selanjutnya adalah Sop Buntut Sidoarjo. Sop buntut ini sedikit berbeda dengan sop buntut pada umumnya. Di sini, sop ini memiliki kuah yang bening dan daging yang empuk serta tak amis. Dijamin bikin kamu ketagihan. Kamu bisa menikmati sop ini dengan nasi hangat yang pulen. 

11. Bakso Cak Pitung 

Makanan khas Sidoarjo
(tribunnews.com) 

Siapa di sini pecinta bakso? Kamu wajib banget mencoba Bakso Cak Pitung di Sidoarjo. Salah satu yang khas dari bakso ini adalah isian bakso yang bisa berupa cabe rawit, keju, jamur, atau telur. Untuk kuahnya bening dan gurih. Cocok sekali disantap saat siang hari ditemani dengan segelas es teh manis. 

Kamu bisa mengunjungi Jalan Gajah Magersari, No. 36, Sidoarjo. 

12. Bakso Rindu Malam 

Makanan khas Sidoarjo
(pergikuliner.com) 

Masih seputar bakso di Sidoarjo. Kamu juga bisa mencicipi Bakso Rindu Malam di Sidoarjo. Variasi bakso yang ada di sini, adalah bakso telur puyuh, bakso urat, bakso halus, dan lainnya. Selain bakso, kamu bisa pesan siomay, tahu goreng, dan pelengkap lainnya. Langsung saja, nikmati seporsinya. 

13. Sate Kerang

Makanan khas Sidoarjo
(cookpad.com) 

Rekomendasi makanan khas Sidoarjo selanjutnya adalah Sate Kerang. Sate kerang dilumuri bumbu pedas yang lezat. Lalu dibakar dan diberi bumbu kacang sehingga membuatnya makin lezat. Sate kerang ini juga cocok untuk disantap dengan lontong kupang. 

14. Kerupuk Udang 

Kerupuk Udang
(merdeka.com)

Di Sidoarjo ada banyak penjual kerupuk udang lezat yang biasa dijadikan makanan oleh-oleh, lho. Nah, bila kamu ke Sidoarjo, kamu juga wajib banget mencicipi kerupuk udang yang satu ini. 

15. Rawon 

Rawon
(tribunnews.com) 

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan makanan rawon. Menariknya, di Sidoarjo, rawon di sini disajikan dengan daging empal dan paru goreng yang gurih. Kamu bisa mencicipi kuliner legendari ini untuk menu sarapan, makan siang, atau santap malam. 

16. Rujak Cingur

Rujak Cingur
(kompas.com) 

Mengunjungi Sidoarjo rasanya kurang pas jika belum mencicipi rujak cingur. Rujak cingur ini menggunakan aneka sayur rebus dan potongan cingur yang besar. Kamu bisa membeli rujak cingur ini berbagai tempat makan yang tersedia. 

17. Ceker Lapindo

Ceker Lapindo
(cookpad.com) 

Makanan khas Sidoarjo yang terakhir adalah Ceker Lapindo. Ceker ini dinamakan demikian karena memiliki rasa yang pedas seperti panasnya lumpur panas. Seperti yang diketahui Lapindo merupakan perusahaan pengeboran minyak dan gas. Pada tahun 2006, terjadi semburan lumpur panas saat PT Lapindo sedang melakukan pengeboran. 

Nah, buat kamu yang ingin mencoba, kamu bisa mencicipinya di daerah Sidoarjo. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.