Info Area

Sidoarjo

Jawa Timur

Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu wilayah yang menjadi penyangga ekonomi di Jawa Timur. Kawasan ini masuk dalam Gerbangkertasusila atau area metropolitan di provinsi tersebut bersamaan dengan Gresik. Banyak yang tidak tahu, ternyata Bandara Juanda dan Terminal Bus Purabaya yang ada di Waru adalah bagian dari kabupaten ini.

Kabupaten ini memiliki banyak sektor yang mampu mendongkrak perekonomian warganya serta memberi kontribusi dalam ketahanan bisnis di Jawa Timur. Ada banyak sentra industri rumahan, perdagangan, hingga pariwisatanya. Posisinya yang terletak dekat dengan Kota Surabaya, Gresik, Mojokerto, dan Madura juga membuat wilayah ini selalu ramai didatangi oleh para perantau untuk tinggal di sana.

Daerah yang memiliki 18 kecamatan ini juga mengandalkan sumber daya alam laut yang ada di Selat Madura. Beragam ikan, udang, dan kepiting menjadi beberapa komoditas utamanya. Tak heran kalau wilayah ini juga sering disebut sebagai Kota Petis.

Meskipun daerah ini memiliki humidity yang cukup tinggi, kamu yang ingin berbisnis properti tidak akan kehilangan pasar. Kamu bisa berinvestasi untuk membeki tanah untuk dibangun rumah maupun indekos. Kamu juga bisa membeli rumah di dalam perumahan baru yang dijual murah dengan kisaran harga Rp400 jutaan. 

Selain itu, bagi yang warga Sidoarjo yang ingin mendatangi tempat hiburan, ada banyak mall yang bisa disambangi. Bila ingin mendatangi mall yang lebih besar, kamu bisa mendatangi beberapa nama pusat perbelanjaan besar yang ada di Surabaya dan bisa dijangkau dalam waktu singkat.

Berbagai fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, juga ada banyak pilihannya. Sebuah wilayah strategis yang bisa dijadikan sebagai hunian yang ideal, nih.

Populasi2.266.533 jiwa (2019)
Luas Wilayah714,24 km2
Plat kendaraanW

Seputar Sidoarjo

Daftar Kecamatan

Fasilitas Umum di Sidoarjo