BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Renovasi Dapur dan Estimasi Biayanya
0
0

Tips Renovasi Dapur dan Estimasi Biayanya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
renovasi dapurtop-right-banner

Renovasi dapur terkadang diperlukan untuk membuat tempat memasak itu makin cantik dan tertata rapi. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat akan merenovasi dapur, terutama terkait estimasi biaya agar proses perbaikan tidak menguras tabungan. 

Alasan orang merenovasi ruangan memasak inipun beragam. Ada yang ingin mengubah konsep desainnya, ada yang ingin memindahkannya menjadi dapur di depan rumah, hingga menambah kabinet dan kitchen set agar peralatan dapur bisa tertata dengan rapi. 

Tips renovasi dapur berikut ini bisa kamu terapkan di rumah eksklusif dari Pinhome seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lainnya. Kamu yang beli rumah bekas di Kota Bandung juga bisa merenovasinya agar sesuai dengan keinginanmu.

Baca juga: 8 Pilihan Bahan dan Model Atap Dapur Terang

Tips Renovasi Dapur

renovasi dapur
Source : iStock Photo

Renovasi pada ruang memasak harus dilakukan dengan cermat dan persiapan yang matang. Terlebih area ini merupakan ruangan yang setiap hari digunakan, sehingga pasca renovasi harus membuatnya semakin optimal. 

Dalam hal renovasi, kamu bisa merenovasi minor seperti mengubah tata letak perabot atau mengubah warna cat dapur, atau melakukan renovasi keseluruhan yang mencakup konsep desain. Untuk itu, beberapa tips berikut bisa saja membantumu. 

1. Memilih Desain

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih desain apa yang akan kamu terapkan. Dalam hal ini, kamu bisa memilih desain yang tak lekang oleh waktu dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu pilihannya adalah desain minimalis

Desain minimalis sedang menjadi trend di dunia, baik diterapkan untuk rumah maupun dapur dan ruangan lainnya. Banyak para arsitek berlomba-lomba merancang desain minimalis. Selain memberikan gaya modern, nyatanya desain rumah minimalis seperti ini juga dapat menghemat biaya yang akan dikeluarkan. 

Memilih desain minimalis untuk dapur artinya kamu sedang mengoptimalkan fungsi dari dapur itu sendiri. Salah satu contohnya membuat ruang dapur lebih multifungsi dengan menjadikannya ruang makan sekaligus. 

Baca juga: Inspirasi Desain Beserta Tips Desain Dapur Minimalis Paling Indah dan Mewah

2. Siapkan Anggaran

Setelah mengetahui mau desain yang seperti apa untuk dapur, tips berikutnya tentu saja adalah menyiapkan anggaran. Dengan mengetahui desain yang dipilih, kamu akan bisa lebih terukur dalam menyiapkan dana yang diperlukan. Pasalnya, dana yang diperlukan tentu saja akan menyesuaikan desainnya. 

Dalam menyiapkan anggaran ini, kamu bisa melakukan sendiri atau meminta bantuan profesional. Cari tahu bahan apa saja yang diperlukan dan berapa harganya, jasa tukang dan yang membantunya, dan sebagainya. 

3. Beli Material dan Perabot Berkualitas

Renovasi adalah mengubah suatu bangunan baik interior maupun eksterior atau keduanya, dari kondisi tidak baik menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu, renovasi juga bisa diartikan sebagai investasi karena diharapkan hanya perlu dilakukan sekali untuk jangka waktu yang panjang. 

Untuk itu, dalam memperbaiki dapur, kamu perlu memastikan untuk memilih dan membeli material serta perabot dapur yang berkualitas. Memang harga barang-barang ini bisa saja lebih mahal, namun kualitasnya bisa memberikan daya tahan yang lama. 

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

Estimasi Biaya Renovasi Dapur

renovasi dapur
Source : Pixabay

Setiap proses perbaikan tentu saja memerlukan biaya. Begitu pula dengan perbaikan area dapur, kamu perlu biaya untuk jasa tukang, material, perabotan yang baru, dan sebagainya. Lalu berapa biaya yang diperlukan untuk renovasi?

Berikut adalah rincian kebutuhan biaya untuk renovasi:

  • Jasa tukang: Rp 120.000 per hari, kamu perlu 2 orang jadi Rp 240.000 per hari. Misalkan perbaikan berlangsung selama 5 hari, maka jasa tukang perlu biaya Rp 1.200.000;
  • Kitchen Set: harga kitchen set beserta kabinet bawah mulai dari Rp 1.500.000;
  • Kabinet atas: harga mulai dari Rp 1.500.000;
  • Keramik lantai: harga mulai dari Rp 50.000 per kotak, perlu 5 kotak Rp Rp 250.000;
  • Pasir dan 2 zak semen: perkiraan harga Rp 400.000.

Dari estimasi kebutuhan tersebut, maka merenovasi dapur memerlukan biaya sekitar Rp 4.850.000. Estimasi ini tentu saja bisa berbeda sesuai dengan harga di pasaran tempat kamu tinggal. 

Baca juga: Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Dalam merancang dapur minimalis, inspirasi desain menjadi kunci utama. Sentuhan modern dan fungsionalitas menjadi landasan konsep, menciptakan ruang yang efisien namun tetap estetis. 

Dari pemilihan warna hingga penyusunan perabot, setiap elemen dirancang untuk memberikan keindahan sederhana namun memikat. Inspirasi ini mengarah pada harmoni antara kepraktisan dan kecantikan dalam ruang dapur minimalis.

1. Dapur Ukuran 2×2

renovasi dapur
Source : Pinterest

Dengan ukuran dapur yang sempit, penggunaan kitchen set akan sangat berpengaruh untuk menjadikan ruang dapur terlihat lebih luas . Pins bisa menyimpan peralatan dapur Pins kedalam kitchen set, sehingga area dapur terlihat lebih rapi dan ruang menjadi luas.

2. Dapur Ukuran 2×3

renovasi dapur
Source : Pinterest

Desain dapur minimalis ukuran 2×3 juga cukup populer digunakan pada rumah minimalis. Dengan lahan dapur seluas 2×3 meter, Pins bisa menggunakan tips pencahayaan dan mengatur sirkulasi yang bagus untuk mendapatkan efek ruang dapur yang lebih luas.

Ukuran dapur 2×3 meter persegi bisa terasa lebih lapang apabila Pins mampu menata sirkulasi udara di area dapur dengan baik. Pastikan udara yang masuk dan keluar bisa mengalir dengan lancar.

Oleh karena itu, jendela dan ventilasi harus berfungsi dengan baik agar udara di dalam dapur bisa terus bersirkulasi. Suasana dapur yang berisi udara segar akan meningkatkan efek area dapur yang lebih luas.

3. Dapur Ukuran 3×3

renovasi dapur
Source : Pinterest

Dapur berukuran 3×3 meter persegi bisa digolongkan sebagai dapur yang cukup luas. Agar dapur memiliki efek lebih luas lagi, Pins bisa memanfaatkan perabotan multifungsi untuk dapur Pins. Selain itu usahakan untuk tidak menempatkan semua peralatan di dalam dapur.

Peralatan lain yang sekiranya tidak sering digunakan, bisa dipindahkan ke gudang agar bisa lebih hemat ruang. Opsi lain, jika memang dirasa terlalu besar, maka tidak ada salahnya jika Pins membuat dapur Pins menjadi dapur multifungsi, misalnya dapur menjadi satu dengan ruang makan.

Demikian ulasan lengkap mengenai tips renovasi dapur beserta estimasi biaya yang diperlukan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Pesona Ciputih dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download