Pinhome

Tips Properti

Ilmu Renovasi Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Ilmu renovasi rumah adalah cabang keilmuan yang mempelajari tentang bagaimana merenovasi rumah tinggal, seperti pembongkaran rumah existing, perbaikan bagian rumah yang rusak, pengecatan ulang dan macam-macam jenis pekerjaan lain yang berkaitan dengan penataan ulang hunian. Melakukan renovasi rumah bisa menjadi alternatif pilihan ketika rumah yang ada sudah tidak berfungsi dengan baik atau kurang mendukung perkembangan kebutuhan aktifitas keluarga. Misalnya sebuah rumah yang sebelumnya dirancang untuk sepasang suami istri dengan satu anak ternyata dikemudian hari bertambah keluarga menjadi tiga anak sehingga memerlukan ruang tidur baru agar setiap anak mempunyai tempat tidur masing-masing. Untuk dapat merenovasi dengan baik maka perlu dilakukan perencanaan dan pelaksanaan dengan bagus, disini kita coba uraikan tahapan dalam merenovasi tempat tinggal.

Tujuan renovasi rumah

  • Agar semakin indah, bagus, besar dan nyaman untuk dihuni.
  • Memenuhi kebutuhan keluarga.
  • Ingin menjual rumah sehingga direnovasi dahulu agar bagus dan harga jualnya lebih tinggi.
  • Selera berubah sehingga beberapa bagian bangunan perlu diganti atau ditata ulang menyesuaikan keinginan terbaru.

Urutan renovasi rumah tinggal

  1. Persiapan renovasi rumah, yang termasuk dalam hal ini adalah perencanaan kapan akan melakukan renovasi, berapa biaya yang dianggarkan, dan hal-hal lain yang mendukung kelancaran renovasi rumah.
  2. Pembuatan data existing rumah, jika kita bekerjasama dengan penyedia jasa desain rumah online maka perlu menyiapkan data rumah sekarang meliputi seperti apa denah perletakan ruangan, foto existing dan data lain yang diperlukan untuk membuat desain renovasi rumah.
  3. Perencanaan rumah pasca renovasi, langkah selanjutnya adalah merencanakan seperti apa hunian yang akan kita bangun nantinya.
  4. Pendatangan material dan tenaga kerja ke lokasi pembangunan rumah.
  5. Pelaksanaan renovasi rumah, setelah direncanakan dengan matang maka bisa dilanjutkan dengan proses pelaksanaan dengan berpedoman hasil perencanaan yang telah dilakukan sebelumnya.
  6. Perawatan rumah, setelah direnovasi maka perlu adanya pemeliharaan bangunan agar tetap dapat berfungsi dengan baik, awet serta tetap layak untuk digunakan.

Demikian uraian tentang ilmu renovasi rumah yang diberikan oleh penulis dengan harapan semoga dapat bermanfaat bagi yang kebetulan sedang membutuhkan referensi tentang renovasi rumah tinggal idaman. Selamat merenovasi rumah.

Tags :

Bagikan Artikel