BlogLifestyleYuk, Pahami Apa Manfaat Pasar Modal!
0
0

Yuk, Pahami Apa Manfaat Pasar Modal!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
apa manfaat pasar modaltop-right-banner

Mengetahui apa manfaat pasar modal tentunya menjadi hal penting, khususnya bagi pelaku perekonomian. Pasar modal mempunyai manfaat yang besar pada perekonomian suatu negara atas dasar suatu kebijakan pemerintah. Pasar modal aktif, mempunyai volume, juga nilai transaksi tinggi menandakan perekonomian negara itu mengalami pertumbuhan. 

Artinya, banyak perusahaan yang memerlukan tambahan modal untuk mengembangkan usaha. Banyak juga pemilik modal yang melakukan investasi atau penanaman modal dalam bentuk surat berharga, seperti saham, reksa dana, obligasi, dan lainnya. Yuk simak lebih detail apa manfaat adanya pasar modal di suatu negara!

Baca juga: Apakah Trading Menguntungkan? Ini Dia Untung Ruginya

Apa Manfaat Pasar Modal bagi Perekonomian?

Source : Freepik

Secara garis besar melalui pasar modal, Pemerintah dapat menawarkan SUN atau Surat Utang Negara yang kemudian dipakai untuk pembangunan dan juga mempercepat pertumbuhan ekonomi. Selain itu, pasar modal juga bisa menarik minat investor yang ada di luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia. 

Investasi bisa menjadi salah satu faktor penambah PDB atau Pendapatan Domestik Bruto sebuah negara. Oleh sebab itu, investasi yang tinggi, baik dari pihak domestik atau asing, dapat memicu pertumbuhan ekonomi sebuah negara.

Pasar modal pun berada di bawah pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, maka aktivitas investasi dan permodalan juga bisa dipantau pihak Pemerintah. Sehingga bila ada transaksi mencurigakan, pemerintah bisa segera mengetahuinya dan melakukan tindakan yang sesuai. Pemerintah bersama masyarakat bisa berkolaborasi dalam melakukan pengawasan terhadap pasar modal dalam membentuk iklim investasi yang sehat. Mari kita ulas satu per satu manfaatnya!

Baca juga: Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar Modal Sebagai Sumber Pendapatan Negara

Manfaat pasar modal untuk negara yang pertama yaitu menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Pendapatan negara yang diraih dari pasar modal adalah berupa pajak. Setiap pajak yang dikenakan pada transaksi pasar modal dapat masuk kas negara dan dicatat menjadi pemasukkan.

Pasar Modal Menarik Investor Asing

Pasar modal pun bisa menarik investor asing untuk melakukan investasi di dalam negeri. Bila pasar modal dikelola secara baik, maka investor asing tertarik menanamkan modalnya di Indonesia. Dengan adanya investor asing, perusahaan dapat mengembangkan bisnis jadi lebih besar lagi.

Pasar Modal Membantu Menjalankan Roda Ekonomi

Manfaat pasar modal untuk pemerintahan selanjutnya adalah membantu dalam menjalankan roda pemerintahan. Artinya dengan bertambahnya investor yang membeli saham perusahaan yang ada di pasar modal maka perusahaan itu mempunyai pendapatan ketika ingin melakukan ekspansi bisnis yang lebih luas. 

Semakin tambah besar perusahaan, berbanding lurus dengan majunya ekonomi negara. Bukan hanya itu, jika perusahaan semakin besar bisnisnya dan banyak jumlahnya, tenaga kerja yang diperlukan juga meningkat. Hal ini bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Baca juga: Apa itu Pips dalam Forex? Cara Menghitung dan Nilai Tukarnya

Manfaat Adanya Pasar Modal untuk Masyarakat

apa manfaat pasar modal
Source : Freepik

Masyarakat sebagai investor pada hal ini menjadi pemodal yang menginvestasikan dananya dengan membeli berbagai instrumen pasar modal. Siapapun masyarakat bisa menjadi investor pada pasar modal. Ada beberapa manfaat pasar modal yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

Pasar Modal Sebagai Alternatif Investasi Masyarakat

Manfaat pasar modal untuk masyarakat yang pertama yaitu bertambahnya alternatif berinvestasi. Bila investasi dilakukan pada bidang properti, misalnya tanah atau rumah pada umumnya memerlukan modal besar. Kini masyarakat juga dapat melakukan investasi di pasar modal tanpa harus menyetorkan modal besar. 

Salah satunya seperti investasi reksa dana, calon investor dapat melakukan investasi dengan modal awal hanya 500 ribu Rupiah. Begitu pula dengan investasi pada sektor saham.

Mendapatkan Keuntungan dari Pasar Modal

Manfaat pasar modal untuk investor yaitu mendapat keuntungan. Sudah semestinya tujuan investasi adalah keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah dividen dari investasi pasar modal yang berupa saham. Bila saham yang kamu investasikan nilainya terus naik di pasar modal, bisa menjadi keuntungan sangat besar.

Baca juga: 5 Pola Trading Candlestick yang Berpotensi Cuan

Instrumen Investasi Pada Pasar Modal

apa manfaat pasar modal
Source : Freepik

Sesudah mengetahui apa manfaat pasar modal bagi perekonomian, ada baiknya kamu juga mengetahui apa saja instrumen dalam investasi pasar modal. Ada empat instrumen dalam pasar modal yang ada di Indonesia yaitu reksa dana, saham, obligasi, dan derivatif. Empat instrumen ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dalam berinvestasi.

Pasar Modal Saham

Saham adalah instrumen pasar modal yang sangat populer. Mengetahui apa manfaat adanya pasar modal, salah satunya berupa dividen yang didapat dari investasi saham. Sederhananya, saham merupakan surat tanda bukti kepemilikan pada sebuah perusahaan. Hal ini berarti bila kamu membeli saham sebuah perusahaan yang diperdagangkan pada pasar modal maka kamu membeli hak milik dari perusahaan itu.

Pasar Modal Reksa Dana

Bukan hanya saham, instrumen favorit lainnya yaitu reksa dana. Tidak sama dengan saham, pada reksa dana, uang kamu dipercayakan ke manajer investasi untuk melakukan investasi di pasar modal. Pastinya manajer investasi yang menjadi pilihan kamu wajib telah terdaftar resmi di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sehingga terpercaya.

Pasar Modal Obligasi

Obligasi merupakan surat hutang. Sederhananya, obligasi adalah surat pernyataan hutang dari penerbit obligasi pada pemegang obligasi. Keuntungan yang didapat melalui investasi obligasi berupa kupon yang dibagi dari kupon floating dan fixed.

Pasar Modal Derivatif

Derivatif merupakan surat berharga yang menjadi turunan dari saham dan obligasi. Dibandingkan ketiga instrumen pasar modal di atas, derivatif masih kurang populer di masyarakat.

Kemudahan Investasi Pasar Modal

Nah, kini Kamu tertarik untuk investasi di pasar modal? Sekarang kamu dapat melakukannya dengan lebih mudah. Bila masih bingung dalam menentukan instrumen dalam memulai investasi pasar modal, sebaiknya kamu melakukan investasi di reksa dana dan mendapat berbagai manfaat pasar modal. Dengan investasi di reksa dana artinya kamu mempercayakan manajer investasi dalam mengelola uang investasi ke berbagai portofolio efek.

Selanjutnya, bila kamu telah memahami strategi investasi, kamu bisa melakukan langsung secara mandiri ke berbagai emiten saham melalui jasa sekuritas. Sekuritas saat ini juga sangat mudah diakses karena kemajuan teknologi. Kesimpulannya, tidak ada ruginya memahami apa manfaat pasar modal, sehingga kamu bisa berkontribusi dalam perekonomian dan mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Yuk, Mengenal Trading Mata Uang Asing!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Muse Alesha Pool Villa BSD City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download