BlogPemilik PropertiFinansialGampang Banget! Ini 5 Cara Investasi Reksadana, Dijamin Untung!
0
0

Gampang Banget! Ini 5 Cara Investasi Reksadana, Dijamin Untung!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Salah satu cara membangun masa depan dengan manajemen keuangan yang baik yaitu dengan melakukan investasi. Hal ini untuk mencegah kamu menjadi seorang yang konsumtif dengan gaya hidup berlebihan demi status sosial, yang tanpa disadari dapat menguras tabungan. Maka dari itu, sebelum menyesal, sebaiknya perhatikan cara investasi reksadana yang menguntungkan dan mudah.

Investasi reksadana adalah investasi yang sangat cocok diaplikasikan bagi para pemula, karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dikelola manager investasi profesional. Sistem Investasi ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, Pins juga dapat menaruh sejumlah uang untuk membeli reksadana. 

Baca juga: Berniat Investasi? Cek Cara Daftar Reksadana BCA dan Jenis Produknya Ini

Jenis-Jenis Investasi Reksadana

Source : Pexels

Sebelum memahami cara investasi reksadana, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai jenis-jenis investasi reksadana.

Reksadana Pasar Uang

Jenis investasi ini hanya berfokus pada surat utang jangka pendek maupun deposito yang memiliki jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Kelebihan dari investasi reksadana pasar uang yaitu tingkat resiko yang lebih kecil, modal investasi kecil dan mudah dicairkan, hasil imbalan lebih besar dari deposito. Namun hal tersebut bersifat tidak pasti, contoh investasi ini seperti deposito, giro maupun obligasi ritel.

Reksadana Pendapatan Tetap

Jenis reksadana pendapatan tetap ini akan mendapat pembayaran bunga dari penerbit serta adanya surat utang yang dikirimkan secara konsisten. Biasanya bunga tersebut akan diteruskan kepada investor dan diinvestasikan ulang agar menambah nilai reksadana dan meningkatkan harga.

Reksadana Saham

Sedangkan investasi reksadana saham ini lebih difokuskan ke saham, sedikitnya 80% dan sisanya untuk instrumen lain. Jenis investasi ini sangat cocok bagi nasabah yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang, biasanya 5 hingga 10 tahun.

Reksadana Campuran

Jenis reksadana ini menempatkan dana investasi dari beberapa jenis instrumen investasi saham, pasar uang maupun surat utang atau obligasi. Reksadana ini memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi, karena investasi bisa difokuskan pada pasar uang maupun obligasi jika saham sedang tidak berjalan dengan baik. Namun jenis ini juga memiliki tingkat resiko moderat yang tinggi.

Baca juga: Pengertian Reksadana: Jenis, Keuntungan dan Resikonya

Cara Investasi Reksadana

Source : Unsplash

Sebelum kamu memulai untuk melakukan investasi sebaiknya perlu dipahami terlebih dahulu mengenai cara investasi reksadana yang menguntungkan dan mudah agar dapat menemukan tujuan kamu.

Memastikan Produk Reksadana Terdapat Izin OJK

Pastikan untuk memilih produk reksadana yang sudah memiliki perizinan dari OJK maupun manajer investasi. Hal ini untuk mencegah adanya penipuan dengan investasi bodong dan Pins bisa menolak tawaran tersebut, jika dirasa meragukan.

Biasanya investasi yang tidak memiliki izin ini tidak memenuhi standar maupun persyaratan dalam pengelolaan investasi sehat. Selain itu, investasi ini pasti menawarkan keuntungan yang besar, namun justru akan mendapatkan resiko pertanggungjawaban yang besar. 

Menentukan Platform Investasi

Dalam memulai investasi, sebaiknya kamu menentukan platform investasi yang akan digunakan. Pins bisa memilih platform investasi reksadana online yang menjual beragam produk reksadana. Seperti bukalapak, tokopedia, dll. 

Menentukan Jangka Waktu Investasi

Tentukan jangka waktu investasi yang kamu inginkan, karena terdapat berbagai jangka waktu yang akan disesuaikan dengan jenis investasi dana yang akan digunakan. Seperti jangka waktu 1-3 tahun yang akan lebih cocok menggunakan jenis reksadana pendapatan tetap. 

Kemudian jangka waktu 3-5 tahun dapat menggunakan reksadana campuran. Lalu jangka waktu yang paling lama yaitu lebih dari 5 tahun akan lebih cocok menggunakan investasi reksadana saham. Sedangkan jangka waktu kurang dari 1 tahun ini bisa menggunakan reksadana pasar uang. 

Memahami Prospektus Reksadana

Dalam berinvestasi, sangat perlu mempelajari dan memahami isi prospektus dari reksadana yang berupa buku manual dalam berinvestasi. Pemahaman ini sangat penting, menyangkut uang yang akan diinvestasikan.

Sebaiknya kamu juga memilih untuk investasi reksadana online untuk memutakhirkan informasi dan juga mengingatkan untuk membaca prospektus. Sehingga kamu akan lebih bisa memahami setiap detail isi dan tidak mengalami kebingungan saat memulai berinvestasi reksadana.

Memahami Langkah-Langkah Investasi Reksadana

Source : Depostiphotos

Pins bisa memulai investasi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan, jika kamu memiliki pendapatan yang tetap dan memilih keuntungan yang lebih tinggi. Maka akan lebih cocok untuk memilih investasi reksadana campuran dan saham. Namun, Pins juga harus sanggup menerima resiko yang tinggi juga.

Kemudian dalam memilih produk reksadana juga harus disesuaikan dengan jenis reksadana yang sudah ditentukan. Kemudian, cobalah lihat rekam jejak keuntungannya selama 3 tahun terakhir, pastikan keuntungan tersebut konsisten.

Langkah selanjutnya yaitu mencari informasi lebih lanjut mengenai biaya yang akan dibebankan pada jenis reksadana yang diinginkan melalui media internet maupun secara langsung. Informasi tersebut biasanya meliputi biaya pembelian maupun penjualan. Cara investasi reksadana yang menguntungkan dan mudah ini bisa dimulai dengan menyisihkan minimal 20% dari pendapatan tiap bulannya yang akan digunakan untuk investasi reksadana.

Baca juga: Reksadana Riba atau Tidak? Begini Penjelasannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Ndalem Kalegan Ampeldento dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download