BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Jenis Produk Smart Home yang Buat Hidup Lebih Mudah
0
0

10 Jenis Produk Smart Home yang Buat Hidup Lebih Mudah

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jan 7, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Perkembangan teknologi saat ini telah mengenalkan konsep smart home guna mendukung aktivitas sehari-hari di rumah Kamu. Di mana, sebagian besar produk smart home ini sudah dibekali konektivitas internet sehingga mendukung kontrol jarak jauh. Biasanya, penggunanya hanya cukup memakai perangkat pribadi seperti handphone untuk menyesuaikan penggunaan produk smart home sesuai dengan kebutuhan. Pada artikel ini, Pinhome akan memberikan beberapa jenis produk smart home yang dapat membuat hidup Kamu menjadi lebih mudah.

Menariknya, konsep yang satu ini dikenalkan hingga akhirnya sampai di Indonesia. Berbagai perusahaan ternama berlomba-lomba menghasilkan produk smart home terbaik yang telah dibekali teknologi tercanggih.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Jenis Produk Smart Home yang Buat Hidup Lebih Mudah

Rumah pintar, atau smart home, telah menjadi pijakan revolusi teknologi rumah tangga yang merambah ke dalam kehidupan sehari-hari. Produk-produk canggih ini tidak hanya mengubah cara kita berinteraksi dengan rumah, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kenyamanan dan efisiensi. Berikut adalah 10 jenis produk smart home yang tidak hanya membuat hidup lebih mudah, tetapi juga menghadirkan pengalaman rumah yang lebih modern dan terhubung.

1. Smart Speaker

Source : Pixabay

Jenis produk smart home yang pertama yaitu smart speaker. Smart speaker, seperti Amazon Echo atau Google Home, telah merevolusi cara kita berinteraksi dengan lingkungan rumah. Bukan hanya speaker biasa yang digunakan sebagai alat pendengar musik saja. Smart speaker adalah asisten pintar yang dapat diandalkan. Dengan suara Kamu, Kamu bisa memainkan musik, mendapatkan informasi cuaca, mendengarkan berita terbaru, dan bahkan mengatur pengaturan lainnya di rumah Kamu, seperti lampu, thermostat, atau perangkat lainnya yang terhubung.

2. Thermostat Pintar

Jenis produk smart home yang berikutnya yaitu thermostat pintar. Thermostat pintar seperti Nest Learning Thermostat telah mengubah cara kita mengatur suhu di rumah. Mereka belajar dari pola penggunaan Kamu dan secara otomatis menyesuaikan suhu agar sesuai dengan preferensi kita. Hal ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan, tetapi juga membantu menghemat energi, mengurangi tagihan listrik, dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

3. Pengunci Pintu Otomatis

Source : If Designs

Jenis produk smart home yang selanjutnya smart door lock. Sistem pengunci pintu otomatis memungkinkan akses ke rumah Kamu dari jarak jauh melalui smartphone Kamu. Ini memberi Kamu kendali lebih atas keamanan rumah, memungkinkan Kamu memberikan akses kepada tamu atau layanan pengiriman, bahkan ketika Kamu tidak berada di rumah. Kemampuan untuk mengunci atau membuka pintu dengan sekali sentuhan di ponsel Kamu memberikan rasa aman dan kenyamanan tambahan.

4. Kamera Keamanan Pintar

Kamera keamanan pintar menawarkan pemantauan 24/7 atas rumah Kamu. Mereka dilengkapi dengan sensor gerak dan dapat memberi notifikasi langsung ke perangkat pintar Kamu saat mendeteksi aktivitas mencurigakan. Ini tidak hanya memberikan keamanan tambahan tetapi juga memberi Kamu ketenangan pikiran ketika Kamu sedang tidak berada di rumah.

5. Lampu Pintar

Lampu pintar memberikan kontrol penuh atas pencahayaan di rumah Kamu. Dari menyesuaikan intensitas cahaya hingga mengubah warna, semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi atau perintah suara. Fitur jadwal juga memungkinkan Kamu membuat suasana yang diinginkan, mempertimbangkan suasana di ruangan.

6. Alat Masak Pintar

Alat masak pintar seperti oven atau panci cerdas memanfaatkan teknologi untuk mengatur suhu, waktu, atau metode memasak secara otomatis. Dengan mengandalkan sensor dan konektivitas, Kamu dapat mengendalikan proses memasak dari jarak jauh, memastikan hidangan yang lebih konsisten dan membebaskan waktu Kamu.

7. Smart Sensor

Konsep smart home juga menghasilkan produk berbasis sensor. Di mana, smart sensor bisa mendeteksi otomatis pada saat terdapat reaksi ataupun gesture yang dihasilkan. Biasanya produk yang satu ini akan mengirimkan notifikasi ke perangkat pribadi penggunanya setelah melakukan pendektesian. Smart sensor menawarkan beberapa jenis produk berupa light detection sensor, motion sensor, dan juga door window sensor.

8. Penyedot Debu Otomatis

Source : Family Handyman

Robot penyedot debu pintar seperti Roomba adalah solusi ideal untuk membersihkan lantai tanpa usaha fisik. Dengan jadwal yang dapat diprogram, mereka bekerja secara otomatis, membersihkan rumah Kamu sesuai waktu yang Kamu tentukan, mengurangi beban kerja rumah tangga.

9. Smart Plug

Produk smart home yang satu ini sangat cocok bagi Kamu yang terbiasa mengisi daya perangkat dalam waktu yang berlebih. Smart plug telah dibekali dengan teknologi WiFi yang dapat menghubungkannya dengan aplikasi pendukung. Dengan ini, Kamu bisa mengontrol segala jenis peralatan elektronik dari kejauhan. Kamu juga dapat menjadwalkan waktu aktif perangkat lewat aplikasi tersebut agar bisa menghemat pengeluaran listrik bulanan.

10. Purifier atau humidifier

Source : Amazon

Jenis produk smart home yang terakhir yaitu Purifier atau humidifier. Purifier atau humidifier pintar membantu menjaga kualitas udara di dalam rumah Kamu. Mereka dapat diatur untuk menjaga kelembapan yang optimal dan membersihkan udara dari polutan, mendukung kesehatan pernapasan keluarga Kamu.

Itu dia beberapa produk smart home yang dapat mempermudah hidup Kamu. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download