Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ December 26, 2022 ∙ 5 menit membaca

Sam halnya dengan sepak bola, bulu tangkis juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai ccabang olahraga yang satu ini. Tidak heran jika sudah banyak orang cukup memahami peraturan permainan bulu tangkis.

Salah satu olahraga yang paling terkenal di Indonesia adalah Bulu Tangkis, atau yang sering kita sebut dengan Badminton. Banyak atlet Indonesia yang telah membangkan tanah airnya di kancah dunia.

Dalam permainan bulu tangkis, ada BWF sebagai induk organisasi yang mengatur segala peraturan dan ketentuan untuk bermain bulu tangkis. Pada kali ini, Pinhome akan membahas mengenai peraturan permainan bulu tangkis sesuai standar BWF.

Baca juga: 10 Formasi Terbaik dalam Sepakbola

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Ganda dan Tunggal

Ada perbedaan aturan antara pertandingan ganda dan tunggal. Berikut ini penjelasannya.

peraturan permainan bulu tangkis
(Unsplash)

Peraturan Permainan Bulu Tangkis untuk Ganda

Setiap permainan bulu tangkis memiliki aturannya, salah satunya adalah peraturan bulu tangkis ganda. Ada beberapa peraturan yang harus anda taati.

  • Ketika melakukan servis kok pertama harus melakukannya dibidang sebelah kanan.
  • Servis pertama telah ditentukan sebelum permainan dimulai. Pemain lawan yang berdiri secara diagonal akan menerima servis dari pemain yang berada di bidang sebelah kanan.
  • Pemain yang hanya boleh menerima kok atau shuttlecock adalah pemain yang berdiri secara diagonal di hadapan pemain yang melakukan servis di daerah lawan.

Apabila, penerima servis bukan orang yang sedang berdiri secara diagonal dan berhadapan dengan pemain servis, maka poin akan di berikan kepada tim yang melakukan servis.

Baca juga: Klub Bulu Tangkis Indonesia

Peraturan Permainan Bulu Tangkis untuk Tunggal

Ada perbedaan peraturan bulu tangkis ganda dengan bulu tangkis tunggal. Apabila poin pemain yang akan melakukan servis genap, maka pemain akan melakukan atau menerima servis pada bidang lapangan sebelah kanan. Pemain akan melakukan servis pada bidang lapangan sebelah kiri apabila nilai pemain yang melakukan servis adalah bilangan ganjil. Contohnya angka 1, 3, 5 dan seterusnya.

Jika mendapatkan poin saat bermain di lapangan, maka kedua pemain akan mengubah posisi dari bidang lapangan. Jika sebelumnya berada di bidang kiri, maka ketika mendapatkan poin, pemain akan berpindah ke sebelah kanan.

Baca juga: 6 Pemain Legendaris Bulu Tangkis di Indonesia

Peraturan Penilaian Poin dan Set

Setiap olahraga memiliki perbedaan dalam penilaian atau angka untuk memenangkan suatu pertandingan. Dalam permainan bulu tangkis memiliki peraturan sendiri.

peraturan permainan bulu tangkis
(Unsplash)

Peraturan Poin

Untuk memenangkan pertandingan, pemain bulu tangkis harus mencetak poin sebanyak 21. Namun jika kedua pemain mendapatkan angka sama 20-20. Pertandingan akan dilanjutkan sampai salah satu pemain mendapatkan poin dengan selisih 2 angka. Contohnya 22-20.

Maksimal angka yang bisa didapatkan dalam satu pertandingan adalah 30. Maka jika kedua pemain sama-sama mendapatkan poin 29. Pemain yang lebih dulu mendapatkan poin ke 30 akan memenangkan pertandingan.

Peraturan Set

Pertandingan bulu tangkis dilakukan sebanyak dua kali atau dua set. Jika salah satu pemain langsung memenangkan dua set secara berturut-turut, maka ia langsung memenangkan pertandingan tersebut.

Akan tetapi jika dalam dua pertandingan setiap pemain memenangkan satu set. Maka pertandingan akan berlanjut pada set ketiga untuk menentukan pemenangnya. Set ketiga ini juga sering disebut rubber games.

Baca juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

Kesalahan Dalam Permainan Bulu Tangkis

Selain memahami aturan permainan dan penilaian poin. Pins juga wajib mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam permainan bulu tangkis.

peraturan permainan bulu tangkis
(Unsplash)

Kesalahan Jatuhnya Bola Saat Servis

Ada cukup banyak pemain yang salah saat melakukan servis, terutama di level amatir. Dalam bulu tangkis, jika pemain melakukan kesalahan dalam servis, maka lawan akan otomatis langsung mendapatkan poin.

Ketika seorang pemain akan melakukan servis, maka posisi shuttlecock harus berada diatas ketinggian pinggang dari pemain yang akan melakukan servis terhadap musuh. Posisi tersebut dilakukan saat shuttlecock di sentuh oleh raket. Atau bisa juga dengan posisi lengan pemain yang memegang raket harus berada lebih tinggi posisinya dari pada lengan pemain yang tidak memegang raket.

Bila peraturan di atas dilanggar oleh salah satu pemain yang berada di lapangan, maka service judge akan meneriakan fouls kepada pemain tersebut. Jadi, lawan mendapatkan poin dari kesalahan pemain tersebut.

Kesalahan yang sering dilakukan saat servis juga ketika shuttlecock jatuh di depan garis servis pendek atau dibelakang garis panjang. Maka lawan berhak mendapatkan poin.

Apalagi shuttlecock jatuh di luar bidang garis samping lapangan. Pemain yang menerima bisa membiarkan shuttlecock tersebut dan mendapatkan poin. Kondisi ini sering disebut dengan out.

Kesalahan Kaki Saat Servis

Peraturan selanjutnya adalah kaki pemain yang akan melakukan servis. Bila kaki pemain yang akan melakukan servis berada di sembarang diagonal lapangan, maka ia telah melakukan pelanggaran saat melakukan servis.

Ketika pemain melakukan servis lalu melakukan gerakan tipuan yang membuat lawan hilang konsentrasi, maka hal tersebut akan dinyatakan salah atau melanggar peraturan.

Nah itulah dia peraturan-peraturan permainan bulu tangkis yang bisa dibahas pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu Pins dan memberikan wawasan baru.

Baca juga: Tips Memperkuat Pukulan Smash Pada Bulu Tangkis


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia