Pinhome

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 19 August 2021 ∙ 9 menit membaca

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis – Salah satu olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat adalah Bulu Tangkis atau Badminton. Permainan ini sangat terekenal di Indonesia.

Permainan ini bisa dimainkan oleh anak kecil sampai orang dewasa. Permainan bulu tangkis juga adalah salah satu olahraga yang masuk dalam pendidikan sekolah.

Oleh karena itu, tidak heran kalau olahraga ini adalah olahraga yang harus kita ketahui.

Bukti Bahwa bulu tangkis terkenal dan banyak orang yang memainkannya adalah dengan diadakannya perlombaan nasional bahkan sampai internasional.

Perlombaan tersebut bisa berupa olimpiade, Asian Games, Asean Games, Superliga dan lain-lain.

Selain terkenal dan populer juga, permainan ini ternyata menjadi salah satu permainan yang memberikan manfaat kepada tubuh kita.

Banyaknya kita bermain badminton atau bulu tangkis akan membuat tubuh kita sehat dan kuat. Oleh karena itu, mari kita sama-sama belajar tentang permainan bulu tangkis.

Salah satu pelajaran yang harus kita ketahui dalam permainan bulu tangkis adalah Ukuran Lapangan Bulu Tangkis.

Untuk menjadi pemain badminton profesional, maka mengetahui ukuran lapangan adalah salah satu hal utama yang harus kita ketahui.

Mengetahui ukuran lapangan itu akan membantu kita dalam berhati-hati ketika bermain agar tidak out atau tidak terjadi pelanggaran.

Inilah dia ukuran lapangan bulu tangkis yang harus kita ketahui.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Nasional

ukuran lapangan bulu tangkis

Salah satu organisasi yang mengatur ukuran lapangan bulu tangkis tingkat nasional adalah PBSI [ Persatuan Bulu Tangkis Indonesia ].

PBSI adalah organisasi yang menaungi permainan bulu tangkis di Indonesia. Organisasi ini adalah organisasi yang mengatur segala peraturan, permainan dan juga lapangan bulu tangkis yang ada di Indonesia.

PBSI adalah organisasi yang mengatur ukuran lapangan badminton agar lapangan tersebut sesuai dengan Standar Internasional.

Pada intinya, lapangan yang digunakan untuk permainan bulu tangkis itu sama. Baik untuk tunggal putri/putra atau untuk ganda putri atau ganda putra, atau untuk ganda campuran.

Semuanya memiliki lapangan yang sama. Hanya saja garis yang digunakan di lapangan untuk setiap kategori berbeda-beda.

Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

Untuk lebih detailnya tentang ukuran lapangan dan garisnya dalam permainan bulu tangkis bisa anda baca di bawah ini. karena di bawah ini saya akan menjelaskan secara rinci.

#1. Permukaan Lapangan Bulu Tangkis atau Badminton

Sebelum kita membahas lebih detail tentang ukuran lapangan bulu tangkis standar nasional. Hal utama yang harus kita ketahui adalah permukaan lapangan bulu tangkis.

Kita harus mengetahui permukaan lapangan badminton atau bulu tangkis terbuat dari apa. Kenapa kita harus mengetahuinya? Karena permukaan lapangan badminton atau bulu tangkis juga sudah diatur oleh standar internasional.

Tujuan diaturnya permukaan lapangan bulu tangkis adalah agar pemain yang sedang bermain di lapangan merasa nyaman dan tidak terjadi kecelakaan ketika permainan sedang berlangsung.

Kalau kita lihat permukaan bulu tangkis, maka kita akan mengetahui bahwa garis-garis yang digunakan di lapangan bulu tangkis berwarna putih.

Garis-garis tersebut membentuk persegi panjang dengan warna yang sangat kontras. Selain warna putih cerah yang digunakan di lapangan, ada juga lapangan badminton yang menggunakan warna kuning.

Permukaan lapangan bulu tangkis biasanya menggunakan bahan sintetis yang lunak atau bisa menggunakan bahan kayu.

Permukaan lapangan badminton tidak dianjurkan menggunakan bahan beton atau bahan sintetis yang keras. Karena bisa saja bahan tersebut membuat pemain tidak nyaman dan juga rawan akan kecelakaan.

Oleh karena itu bahan yang digunakan ketika di lapangan harus benar-benar diperhatikan agar pemain benar-benar bisa fokus pada permainannya.

#2. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Putri dan Putra

Sebagaimana artikel sebelumnya bahwa saya telah membahas mengenai permainan bulu tangkis. Dalam permainan tersebut, kita tahu bahwa di dalamnya terdapat pemain tunggal dan juga pemain ganda.

Lapangan yang digunakan pada dua kategori itu sama. Hanya saja pada lebar dan panjang kedua kategori tersebut berbeda.

Agar kita benar-benar paham perbedaan ukuran lapangan bulu tangkis. Bisa anda baca di bawah ini tentang ukuran lapangan badminton atau bulu tangkis tunggal.

  • Lebar bidang lapangan permainan bulu tangkis adalah 5,18 meter
  • Panjang bidang lapangan permainan bulu tangkis adalah 13,4 meter
  • Lebar bidang penerima servis bulu tangkis adalah 2,59 meter
  • Dan panjang bidang lapangan penerima servis bulu tangkis adalah 4,77 meter.

Nah ukuran diatas adalah ukuran lapangan badminton atau bulu tangkis yang khusus untuk pemain tunggal putri atau putra.

#3. Ukuran Lapangan  Bulu Tangkis Ganda Campuran atau Satu Jenis

Setelah kita membahas tentang ukuran lapangan badminton atau bulu tangkis khusus untuk tunggal. Maka sekarang kita akan membahas mengenai ukuran lapanga  bulu tangkis atau badminton untuk ganda.

Ukuran lapangan untuk pemain ganda jauh lebih luas di bandingkan dengan ukuran lapangan pemain tunggal.

Pada permainan bulu tangkis, ukuran lapangan yang digunakan khusus pemain ganda menggunakan garis bagian terluar yang ada pada lapangan.

Untuk mengetahaui ukuran lapangan badminton yang lebih detail dan lengkapnya bisa baca di bawah ini.

  • Lebar bidang lapangan permainan bulu tangkis adalah 6,10 meter
  • Panjang bidang lapangan permainan bulu tangkis adalah 13, 4 meter
  • Lebar bidang lapanagan servis permainan bulu tangkis adalah 3,05 meter
  • Panjang bidang lapangan servis permainan bulu tangkis adalah 3,96 meter

Kalau kia lihat ukuran lapangan bulu tangkis khusus pemain ganda di atas. Sudah nampak jelas yah. Bahwa ukuran lapangannya jauh lebibh panjang dan lebar.

Ukuran lapangan bulu tangkis pemain ganda jauh lebih lebar karena garis yang digunakan pada permainan ini adalah garis terluar dari lapangan.

Sehingga dengan menggunakan garis terluar itulah membuat ukuran lapangannya jauh lebih lebar dan panjang.

Walaupun memiliki ukuran lapangan yang jauh lebih panjang dan lebar. Akan tetapi untuk keseluruhan panjang lapangan bulu tangkis tetap aja sama, yaitu 13,4 meter.

Yang membedakan lebar dan panjang pada lapangan bulu tangkis di antara tunggal dan ganda adalah panjang dan lebar servis lapangan.

Perbedaan tersebut akan saya bahas lebih rinci lagi di bawah ini.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional

dimensi lapangan bulu tangkis

Setelah kita selesai membahas lapangan Nasional. Sekarang kita akan membahas ukuran lapangan Internasional.

Karena ukuran lapangan Internasional dengan Nasional ada sedikit perbedaan. Walaupun di pembahas di atas bahwa standar nasional mengacu pada standar Internasional.

Untuk menandakan bidang permainan pada olahraga badminton, maka adan dua garis yang perlu kita ketahui pada ukuran lapangan bulu tangkis.

Ukuran garis yang dalam itu sekitar panjangnya 11,76 meter  dan lebarnya 5,18 meter. Sedangkan untuk garis lapangan bagian luarnya memiliki panjang 13,4 meter dan lebar lapangan tersebut adalah 6,1 meter.

Agar kita bisa lebih paham dalam masalah ukuran lapangan bulu tangkis atau badminton standar Internasional, bisa anda baca di bawah ini.

  • Lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 meter
  • Panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,4 meter
  • Jarak garis tengah servis dengan garis samping adalah 3,05 meter
  • Jarak antara garis servis dengan garis net adalah 1,98 meter
  • Jarak garis samping permainan bulu tangkis untuk tunggal dengan garis pinggir adalah 0,46
  • Jarak garis servis belakang untuk pemain ganda dengan garis belakang adalah 0,76 meter

Itulah dia ukuran lapangan bulu tangkis yang sering digunakan oleh Internasional. Ukuran lapangan standar Internasional di atur oleg IBF [ International Badminton Federation ].

Namun nama organisasi tersebut berubah setelah diadakannya pertemuan dan dihadiri oleh oleh 206 delegasi di Madrid pada bulan september 2006.

Nama organisasi yang mengatur segala permainan bulu tangkis menjadi BWF [ Badminton World Federation ] setelah diadakannya pertemuan diatas.

Sebagaimana telah saya sebutkan bahwa yang mengatur ukuran lapangan bulu tangkis adalah Oganisasi Internasional. maka ukuran yang saya sebutkan diatas juga berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh BWF.

Ukuran Net Bulu Tangkis

ukuran net bulu tangkis

Setelah kita mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis baik itu secara nasional atuapun internasional.

Maka sekarang saya akan membahas ukuran net bulu tangkis. Ukuran net ini juga tidak boleh lupa, karena penting sekali dalam permainan bulu tangkis.

Ukuran net bulu tangkis adalah salah satu ukuran lapangan bulu tangkis yang harus detail kita mengetahuinya.

Sebagaimana ukuran lapangan nasional dan juga internasonal telah diatur ukuran lapangannya berdasarkan organisasi yang telah di dirikan.

Maka ukuran net bulu tangkis juga telah diatur oleh standar internasional dan kita wajib mengikuti aturan tersebut.

Selain dari ukuran net bulu tangkis yang telah ditentukan, ada juga warna net yang telah telah atur juga oleh organisasi internasional.

Untuk mengetahui ukuran net secara detailnya bisa di baca di bawah ini.

  • Lebar net bulu tangkis adalah 0,75 meter
  • Panjang net bulu tangkis adalah 6,10 meter
  • Tinggi tiang untuk memasang net adalah 1,5 meter
  • Ketebalan net bulu tangkis adalah 75 milimeter
  • Dan untuk warna net bulu tangkis adalah warna yang harus gelap.
  • Bagian bibir jaring net harus berwarna putih.

Nah itu adalah ukuran net bulu tangkis yang sesuai dengan standar internasional. dan juga warna yang telah disebutkan di atas telah di sesuaikan dengan standar internasional.

Garis Lapangan Bulu Tangkis

lapangan bulu tangkis

Setelah panjang lebar membahas ukuran lapangan dan ukuran net bulu tangkis. Maka sekarang kita akan memperdalam pembahasan teang garis lapangan bulu tangkis.

Garis lapangan bulu tangkis juga telah diatur oleh organisasi nasional bahkan internasional. untuk mengetahui lebih detailnya bisa baca di bawah ini.

#1. Tebal Garis Lapangan Badminton

Bukan hanya ukuran lapangna badminton yang memiliki peraturan khusus sesuai standari internasional. akan tetapi untuk ketebalan garis lapangan juga telah diatur oleh induk organisasi internasional.

Ketebalan garis lapangan diukur bertujuan untuk tidak mengganggu pemain saat bermain di lapangan dan juga untuk tidak merubah ukuran lapangan bulu tangkis.

Kalau garis yang di gunakan dalam lapangan terlalu tebal, maka bisa jadi akan menggagu ukuran lapangan. Dan juga dengan adanya ketebalan tersebut bisa menggangu pemain yang sedang fokus bermain di lapangan tersebut.

Begitupun dengan garis yang terlalu tipis akan membuat pemain tidak bisa memperhatikan garis tersebut. dan kalau garis itu tidak terlihat, bisa saja menyusahkan wasit untuk menentukan bola tersebut masuk atau tidak.

Oleh karena itu, garisl lapangan juga ada peraturan ketebalannya agar dua hal di atas tidak menjadi alasan untuk pemain ketika kalah dalam permainan.

Dan juga tidak menjadikan alasan untuk wasit berbuat curang dalam mengontrol permainan di lapangan.

Untuk ketebalag garis lapangan badminton yang sesuai dengan standar internasional adalah 40 mm.

Warna yang digunakan untuk garis lapangan tersebut adalah warna kontras yang terlihat jelas baik oleh wasit, pemain, bahkan penonton.

#2. Garis lapangan Badminton Area Servis

Setelah membahas mengenai ketebalan garis lapangan badminton. Maka sekarang kita beralih pada garis lapangan bulu tangkis area servis.

Pembahasan garis lapangan sangatlah penting untuk pertandingan tunggal maupun ganda. Oleh karena itu, pembahasan ini juga harus tuntas di bahas dalam artikel ini. agar kamu benar-benar paham tentang semua peraturan lapangan.

Sebagaimana pembahasan sebelumnya, bahwa ukuran area servis yang digunakan untuk pemain tunggal dan pemain ganda itu berbeda.

Kalau dalam permainan ganda, ukuran area servis yang digunakan adalah garis samping bagian dalam dan garis belakang bagian luara dengan memiliki ukuran panjang 11,88 meter dan lebarnya adalah 6.10 meter.

Sedangkan dalam permainan tunggal, ukuran area servis yang di gunakan adalah garis samping bagian dalam dan garis belakang bagian luar. Sehingga ukuran area tersebut adalan panjangnya 13,4 meter dan lebarnya adalah 5,18 meter.

Mengetahui ukuran bidang area servis sangat penting bagi kita semua. Karean ukuran ini akan berhubungan dengan poin saat kita bermain di lapangan.

Kalau salah mengarahkan bola shuttlecock yang awalnya mengejar poin bagian samping.

Ternyata bola tersebut malah menjadi bumerang bagi kita. Dan kita malah memberikan poin kepada musuh dikarenakan ketidak tahuan kita dalam ukuran servis ini.

Artikel Terkait:

Nah itulah dia pembahasan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis. Apabila ada kesalah dalam penulisan atau data yang di tulis di atas. Maka anda bisa komen di bawah ini.

Salam Olahraga

Tags :

Bagikan Artikel