Pinhome

3 Cara Plamir Tembok dengan Mudah Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 14 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Pernahkah mendengar istilah plamir tembok? Istilah satu ini merupakan tahapan pelapisan tembok sebelum dilakukan pengecatan. Permukaan tembok yang cenderung bertekstur atau tidak rata sebaiknya dibuat mulus sebelum dicat. Istilah dalam bangunan tersebut pun membuat tembok lebih kuat dan tentunya tidak mudah rontok. 

Pinhome – Metode pelapisan tembok sebelum dicat ini menggunakan cairan yang didalamnya terkandung lem, air dan kalsium. Tujuannya sama selain lebih tahan lama, proses pengecatan warna pada tembok pun lebih bagus dan seragam.

Bagi Pins yang memang sedang dalam tahapan pembangunan hunian maupun renovasi, intip yuk 3 cara plamir tembok di bawah ini. Dijamin mudah apalagi untuk para pemula dalam dunian bangunan.

Baca juga: Penyebab Tembok Rumah Retak

Persiapan Bahan Plamir Tembok

plamir tembok
(pexels)

Perkembangan teknologi yang kian pesat berdampak pula dalam dunian bangunan. Inilah yang membuat bahan plamir tembok kini dapat ditemukan secara instan. Plamir tembok instan yang dijual di pasaran dapat Pins gunakan hanya dengan mencampur dengan takaran air yang dinformasikan dalam kemasan.

Walaupun bisa dibuat sendiri dengan percampuran kalsium, lem dan air dengan skala perbandingan tertentu, namun pembelian plamir tembok instan dirasa lebih mudah dan tentunya mengemat waktu.

Material Utama

Selain plamir, kamu perlu menyiapkan wadah, amplas halus dan kape (alat kerik cat dengan permukaan besi berbentuk segitiga). Namun, bila Pins masih penasaran ingin membuat secara mandiri, kamu bisa membuatnya dengan tahapan sebagai berikut:

  • Pengeras semen 1,5 kg dicampurkan dengan air sebanyak 20 liter.
  • Aduk hingga tercampur merata.
  • Selanjutnya tambahkan semen putih sebanyak 1 kg dengan 1 kg lem dan 2 kg kalsium.
  • Aduk hati-hati sampai merata, dan plamir siap digunakan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Cat Tembok Anti Bocor Terbaik

Pembersihan Tembok

Setelah material utama disiapkan, kini Pins dapat mulai dari tahapan pertama yaitu pembersihan tembok. Kotoran yang menempel di tembok dapat berakibat pada ketahanan daya rekat dari plamir itu sendiri. Tidak hanya sampai disitu, debu pun dapat membuat tembok tidak rata.

Satu hal lagi nih Pins! Bila kamu sudah melakukan pengecatan pada tembok, sebaiknya kelupas terlebih dahulu cat lama hingga benar-benar bersih. Dengan begitu cara plamir tembok akan lebih mudah dan tentunya memberi hasil yang maksimal.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding

Pengaplikasian Plamir Tembok

plamir tembok
(pexels)

Masuk ke cara selanjutnya yaitu tahapan inti dalam pengaplikasian plamir tembok instan. Tuangkan bubuk plamir pada wadah yang telah disiapkan dan tambahkan air sesuai takaran. Aduk rata hingga benar-benar menyatu dan adonan siap digunakan.

Aplikasikan dengan menggunakan kape pada adonan, agar adonan tersebut merata ke seluruh bagian dinding yang telah dipersiapkan sebelumnya. Jangan lupa pastikan kembali apakah seluruh bagian tembok sudah tertutup sempurna tanpa adanya pori-pori yang terlihat.

Usahakan untuk mengaplikasikan cairan dengan cara plamir tembok dari bagian atas menuju bagian bawah tembok. Ini akan membuat hasil akhir lebih rapi dan tentunya merata.

Finishing

Setelah pengaplikasian plamir tembok instan sudah selesai. Kini saatnya Pins untuk masuk dalam tahapan terakhir pengeringan dan pengaplikasian cat tembok. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan:

Pengeringan

Untuk pengeringan, biasanya memakan waktu 1×24 jam setelah pengaplikasian bahan plamir tembok. Hal tersebut untuk memastikan cairan menyerap sempurna dan menempel dengan baik. Pins dapat melakukan pengecekan kedua kalinya untuk memastian permukaan mulus dan muncul warna solid dari plamir. 

Pengamplasan Tembok

Setelah Pins menunggu kurang lebih 1×24 jam, kini Pins masuk dalam tahapan pengamplasan. Gunakan amplas dengan permukaan halus untuk menghindari adanya tembok yang rontok akibat amplas yang terlalu kasar.

Tujuan tahapan ini adalah membuat permukaan tembok lebih halus lagi dan tentunya lebih merata. Pada tahap pengamplasan tembok, sebaiknya lakukan secara perlahan dengan kesabaran penuh. 

Jangan lupa untuk memastikann seluruh permukaan sudah teramplas dengan baik agar pengecatan tembok lebih mudah dan menghasilkan permukaan yang baik. Bila pengamplasan tembok dirasa sudah maksimal, lakukan pengecekan terakhir keseluruhan permukaan. 

Apa benar plamir sudah halus dan teraplikasikan dengan benar atau tidak. Bila memang ada beberapa bagian masih perlu pengaplikasian plamir, maka ulangi cara dari awal untuk beberapa bagian yang kurang maksimal.

Baca juga: Simak 5 Tembok Kamar Unik Ini dan Cara Mengecatnya!

Pengecatan Tembok

plamir tembok
(unsplash)

Nah, kini saat nya bahan plamir tembok disingkirkan dan mulai untuk mempersiapkan kebutuhan cat tembok. Mulai dari kuas, hingga cat dengan warna yang telah ditentukan. Kamu akan merasakan perbedaan sendiri saat sedang mengecat.

Pastinya Pins akan dengan mudah melakukan pengecatan pada tembok yang sebelumnya sudah dilapisi bahan plamir. Tidak hanya sampai disitu, warna yang keluar pun akan lebih terang dan tentunya menarik.

Baca juga: 9 Contoh Perpaduan Warna Cat Tembok Hijau Tosca yang Elegan

Manfaat Plamir Tembok

plamir tembok
(pexels)

Tata cara tahapan sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya. Kini untuk membuat Pins lebih yakin, Pinhome akan coba merangkum beberapa manfaat baik pemakaian plamir sebelum melakukan pengecatan, antara lain sebagai berikut:

  • Warna cat lebih terlihat bagus dan tentunya tampilan warna muncul lebih baik.
  • Cat dinding lebih awet dan tahan lama dengan minim resiko cat mengelupas.
  • Hasil pengecatan akan lebih merata dan tentunya bertekstur halus.
  • Sebagai cara penutup pori atau celah tembok terbaik.
  • Menghilangkan warna asli dari tembok.
  • Kualitas tembok akan jauh lebih baik dibandingkan tanpa proses plamir di dalamnya.

Bagaimana sudah mulai paham dengan cara demi cara pengaplikasian plamir pada tembok? Kamu tidak perlu khawatir gagal bila Pins telah mengikuti semua tahapan dengan baik dan benar. Selamat mencoba di rumah!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia