BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia Standar Ukuran Garasi Mobil yang Ideal
0
0

Ini Dia Standar Ukuran Garasi Mobil yang Ideal

Dipublikasikan oleh Linda Juliawanti dan Diperbarui oleh Linda Juliawanti

Mei 16, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
standar ukuran garasi mobiltop-right-banner

Mengetahui standar ukuran garasi mobil sangatlah penting agar memudahkanmu dalam memarkirkan kendaraan. Terlebih sejumlah aturan pemerintah daerah, seperti Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Depok melarang pemilik kendaraan untuk memarkir mobil sembarangan, terutama di bahu jalan, di jalan pemukiman, atau di lokasi yang mengganggu kenyamanan warganya. 

Jika melanggar, Pins akan dikenakan denda sebesar Rp2 juta. Jadi, Pins sebaiknya mengatur garasi dengan baik, termasuk menentukan ukuran garasi yang sesuai dengan mobil yang kamu miliki agar lebih nyaman dah tidak perlu parkir di luar rumah. 

Untuk memudahkanmu, berikut ini panduan standar ukuran garasi mobil yang ideal:

Detail Standar Ukuran Garasi Mobil yang Ideal

detail ukuran standar garasi mobil
Source : Pinterest

Ukuran garasi sebenarnya dapat disesuaikan dengan jenis mobil yang berbeda. Secara umum, ada tiga standar ukuran garasi mobil, dengan rincian sebagai berikut:

  • Ukuran minimal garasi mobil minimalis: panjang 4,3 – 4,9 meter, lebar 1,5 – 1,8 meter, dan tinggi antara 1,2-1,5 meter. Pins dapat memilih ukuran ini jika mobilmu berjenis LCGC sedan, hatchback, dan MPV, seperti Toyota Avanza, Xenia, Yaris, Honda Jazz, dan Suzuki Ertiga. 
  • Ukuran garasi sedang: panjang 4,8 – 5,5 meter, lebar 1,7 – 1,9 meter, dan tinggi 1,4 – 1,8 meter. Ukuran dapat memuat mobil sedan, MPV dan juga SUV berukuran medium, seperti Pajero, Terios, dan Rush. 
  • Ukuran garasi besar: panjang 4,9 – 6 meter, lebar 1,8 – 2,2 meter, dan tinggi 1,5-1,8 meter. Standar ukuran ini cocok untuk memarkirkan SUV atau MPV besar, pick up double cabin seperti Nissan Grand Livina dan Kijang LGX, dan Innova.

Baca juga: 14 Model Garasi Mobil Tertutup Terbaik

Cara Menghitung Ukuran Garasi Mobil

cara-menghitung-ukuran-garasi-mobil
Source : Unsplash

Bagi kamu yang membeli kendaraan roda empat, memiliki garasi menjadi suatu keharusan. Sayangnya, tidak semua rumah memiliki lahan yang dapat digunakan sebagai garasi. Tetapi sebaiknya Pins tidak memaksakan memarkirkan mobil di tepi jalan karena pada akhirnya akan merusak body mobil lebih cepat.

Untuk itulah, demi kenyamanan dan keamanan mobilmu, maka Pins sebaiknya mulai menyiapkan tempat memarkirkan kendaraan di rumahmu dengan ukuran yang tepat dan ideal. 

Cara mengukur garasi mobil tidak hanya menyesuaikan dengan dimensi mobil saja, Pins harus mempertimbangkan faktor lain seperti ukuran pintu garasi mobil, serta akses saat mobil masuk dan keluar agar tidak sempit. 

Berikut langkah-langkah menghitung garasi mobil:

  • Ketahui dimensi mobil. Misalnya untuk mengetahui ukuran garasi mobil Avanza, Pins bisa menyesuaikan dengan dimensi mobil tersebut, yakni panjang 4,14 – 4,2 meter, lebar 1,660,  serta tinggi 1,685 – 1,695 meter.
  • Kemudian tambahkan 100 – 200 cm sebagai uang antara mobil dengan pintu garasi atau dinding.
  • Lalu, tambahkan 100 cm dari lebar garasi, di mana lebar 80 cm berfungsi sebagai ruang gerak saat berlalu lalang, dan sisa 20 cm sebagai jarak antara dinding samping dengan mobilmu. 
  • Untuk tinggi garasi tambahkan minimal 100 cm dari atap mobil. Namun, jika ingin ruang garasi bakal terlihat lebih luas sebaiknya tinggi garasi dibuat semakin luas.  

Dengan ketentuan tersebut, standar ukuran garasi mobil Toyota Avanza minimal 4,2 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 1,7 meter. 

Baca juga: 10 Desain Garasi Mobil Unik dan Beda dari yang Lain

Ukuran Garasi untuk 2 Mobil

standar ukuran garasi 2 mobil
Source : Unsplash

Lalu bagaimana jika kamu memiliki mobil lebih dari 1? Sederhananya tinggal kamu kalikan 2 dari ukuran standar untuk 1 mobil. Tetapi selain itu, ada beberapa detail lain yang harus diperhatikan untuk ukuran garasi 2 mobil, yaitu:

  • Sesuaikan dengan desain garasi untuk 2 mobil pilihanmu. Biasanya, garasi yang dapat menampung 2 mobil berbentuk persegi empat dengan panjang dan lebar yang sama.
  • Tambahkan jarak sekitar 80 cm dari dinding ke spion mobil pertama.
  • Tambahkan jarak 80 cm untuk spion mobil pertama ke spion mobil kedua. 
  • Tambahkan jarak 80 cm pada spion mobil kedua ke dinding di sisinya. 

Penambahan jarak 80 cm ini bertujuan agar pintu mobil tidak akan saling bertabrakan saat mobil diparkir bersamaan. 

Hal yang Perlu Diperlukan dalam Menentukan Ukuran Garasi Mobil

ukuran garasi mobil
Source : Sion Construction

Nah, Pins setelah mengetahui standar ukuran yang tepat untuk garasi rumah milikmu, Pins juga perlu tahu beberapa hal yang harus diperhatikan agar memakirkan kendaraan semakin nyaman. Berikut ini beberapa diantaranya: 

  • Gunakan lantai dengan pori-pori kecil seperti keramik atau granit dengan teksturnya agak kasar agar lantai tidak licin. 
  • Pertimbangkan sirkulasi udara garasi untuk menghindari polusi udara dari knalpot mobil masuk ke dalam ruangan.
  • Pastikan pencahayaan garasi juga dalam keadaan baik untuk memudahkan saat kamu hendak memarkirkan kendaraan. 
  • Agar garasi semakin aman dan nyaman, pasanglah pintu garasi, atap kanopi, hingga perangkat keamanan lainnya seperti kamera CCTV.

Demikian penjelasan mengenai ukuran garasi mobil yang dapat Pinhome sampaikan. Pastikan garasi rumahmu memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi yang sesuai agar nyaman dan aman. 

Semoga artikel ini dapat menginspirasimu dalam menata garasi rumahmu, ya!

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download