Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Dia Informasi Tentang Bagaimana Susunan Rangkaian Listrik Seri!

Lifestyle

Ini Dia Informasi Tentang Bagaimana Susunan Rangkaian Listrik Seri!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Anda mengenal dua jenis rangkaian listrik yaitu seri dan paralel. Pada praktiknya, rangkaian listrik seri dan paralel ternyata mempunyai perbedaan yang signifikan. Rangkaian seri pada listrik mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh rangkaian paralel. Hal ini pun bisa Anda manfaatkan untuk menentukan susunan rangkaian listrik di rumah. Lalu bagaimana susunan rangkaian listrik seri bisa membantu kehidupan Anda ya? Ini dia penjelasannya!

Pinhome – Menghemat energi listrik tentu menjadi fokus banyak orang. Hal ini karena dengan menghemat pemakaian energi, Anda bisa menghemat keuangan pribadi. Salah satu cara untuk menghemat energi ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan susunan rangkaian listrik seri.

Sebagai penghuni rumah Anda perlu memahami peralatan apa saja yang memanfaatkan arus dan rangkaian listrik seri. Dengan begitu Anda akan bisa mengenali cara perawatan dan juga bagaimana seharusnya Anda memperlakukan peralatan tersebut agar dapat berfungsi dengan baik

Berikut ini ada informasi tentang bagaimana susunan rangkaian listrik seri yang Anda butuhkan. Mari simak bersama-sama!

Mengenal Rangkaian Listrik Seri

bagaimana susunan rangkaian listrik seri
(Saintif)

Rangkaian listrik seri adalah sebuah komponen kelistrikan yang disusun sejalan atau sejalur. Rangkaian seri terdiri dari beberapa beban listrik yang dihubungkan secara sejalur ke catu daya atau power supply. Artinya dalam satu aliran listrik, sebuah sumber listrik akan mengalirkan energinya untuk menghidupi beberapa beban listrik.

Misalnya seperti senter yang menggunakan 1, 2 atau bahkan 3 lampu. Sebuah senter memanfaatkan rangkaian seri, dimana lampu senter menjadi beban listrik dan baterai menjadi power supply yang menyalurkan aliran listrik.

Sifat-sifat dari rangkaian seri diantaranya adalah sebagai berikut, 

  • Arus yang mengalir pada setiap beban listrik jumlahnya sama.
  • Jumlah penurunan tegangan yang akan dialami rangkaian seri bernilai sama, hal ini karena aliran power supply yang searah. Misalnya ketika 3 lampu di rumah Anda menggunakan aliran listrik seri, lalu tegangan listrik turun maka ketiga lampu tersebut akan redup bersamaan atau bahkan malah mati. 
  • Apabila salah satu beban atau bagian dari rangkaian, dalam hal ini lampu rumah, tidak terhubung, maka sudah pasti aliran arus terhenti. 

Keunggulan Rangkaian Seri

bagaimana susunan rangkaian listrik seri
(Aristek Jogja)

Rangkaian listrik seri juga mempunyai beberapa keunggulan yang bisa Anda rasakan. Beberapa keunggulannya adalah,

  • Mudah disusun artinya Anda dapat menyusun rangkaian listrik seri dengan mudah. Anda hanya memerlukan 1 power supply untuk menyalakan beberapa beban listrik.
  • Murah dan tidak boros biaya. Bagi Anda yang ingin lebih hemat dalam pemakaian dan bayar tagihan listrik maka rangkaian seri juga bisa jadi solusi. Anda bisa menggunakan instalasi rangkaian seri untuk memasang lampu di rumah.
  • Tidak memerlukan kabel atau sambungan yang panjang, jadi dari segi instalasi juga lebih murah.

Kekurangan Rangkaian Seri

bagaimana susunan rangkaian listrik seri
(Universitas Medan Area)

Namun, ada juga kekurangan yang akan Anda rasakan dalam menggunakan rangkaian seri diantaranya adalah,

  • Dikarenakan rangkaian ini menggunakan arus yang searah dan mempunyai beban listrik yang berhubungan, maka apabila 1 beban listrik konslet akan berimbas ke seluruh rangkaian. Akibatnya semua lampu akan mati. 
  • Sinar yang dihasilkan oleh lampu dengan rangkaian seri akan menurun apabila semakin banyak beban listrik (lampu) yang terhubung dalam 1 aliran. 

Pemanfaatan Susunan Rangkaian Listrik Seri

(Liputan 6)

Setelah Anda memahami apa itu rangkaian listrik seri dan sifat-sifatnya, mari pahami pemanfaatan rangkaian listrik seri yang bisa Anda manfaatkan di rumah.

  • Lampu taman. Apabila Anda mempunyai taman dan berniat memasang lampu taman, maka Anda bisa menggunakan rangkaian listrik seri. Selain lebih murah daya yang dihasilkan maka secara maintenance juga lebih mudah. 
  • Lampu Tumblr. Lampu ini bisa Anda manfaatkan untuk hiasan pohon natal, hiasan perayaan 17 Agustus, atau bahkan untuk dekorasi tahun baru. Beberapa orang menggunakan lampu jenis ini untuk menghias kamar agar terlihat lebih instagrammable.
  • Lampu Ruang tamu. Beberapa dari Anda mungkin mempunyai lampu untuk ruang tamu yang lebih dari satu dan terpasang di langit-langit rumah. Untuk memastikan tidak boros listrik, maka pemanfaatan rangkaian listrik seri bisa Anda gunakan.

Merawat Peralatan Rumah dengan Rangkaian Listrik Seri

Lalu bagaimana ya cara merawat peralatan rumah dengan rangkaian listrik seri?

Pertama Anda harus memahami kekuatan atau daya dari sumber listrik / power supply yang Anda gunakan. 

Kedua, manfaatkan rangkaian seri hanya untuk peralatan rumah yang memakan daya kecil seperti lampu taman dan lampu ruang tamu.

Ketiga, upayakan dalam 1 rangkaian seri tidak mempunyai beban listrik yang terlalu besar. Khawatirnya jika terjadi konslet maka semua lampu akan mati bersamaan dan dalam proses reparasinya akan sedikit lama. 

Nah itu saja Pins pembahasan informasi tentang bagaimana susunan rangkaian listrik seri. Semoga bermanfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel