BlogLifestyleEdukasi5 Teknik Passing Bola Basket yang Harus Dikuasai
0
0

5 Teknik Passing Bola Basket yang Harus Dikuasai

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
teknik passing dalam bola baskettop-right-banner

Setiap olahraga yang ada di dunia ini pasti memiliki teknik tersendiri untuk menguasai permainan tersebut, begitupun dengan bola basket. Olahraga ini memiliki teknik tersendiri agar seorang pemain bisa menjadi pemain profesional.

Salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain bola basket adalah teknik passing. Teknik ini wajib dikuasai bila ingin menjadi juara dalam pertandingan.

Apa itu Passing Bola Basket?

Pengertian passing bola basket menurut Wikipedia adalah salah satu teknik dalam bola basket. Arti dari passing sendiri adalah mengumpan atau mengoper kepada teman satu timnya. Cara melakukan passing ini bisa dengan kedua tangan kita, atau bisa juga menggunakan satu tangan, tergantung keahlian setiap orang saat di lapangan.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana teknik passing ini dilakukan oleh seorang pemain bola basket? Teknik passing ini pastinya berbeda dengan dribbling bola basket. Yuk, simak beberapa teknik passing yang dapat kamu kuasai!

Baca juga:

Mengenal Teknik Passing Bola dalam Basket

Teknik Passing Bola Basket yang Harus Dikuasai
Source : iStock

Terdapat beberapa jenis passing yang ada dalam permainan bola basket. Semua jenis ini sebaiknya dapat Pins kuasai apabila ingin unggul dalam permainan basket. Beberapa di antaranya adala chest pass, overhead pass, bounce pass, behind the back pass dan baseball pass.

Semua teknik tersebut dapat Pins gunakan sesuai dengan kondisi di lapangan. Nah, untuk lebih jelasnya simak beberapa jenis passing di bawah ini.

Teknik Passing Bola Basket (Chest Pass)

Sebagaimana nama dari teknik ini, teknik passing chest pass berada dekat di dada. Maksudnya adalah posisi bola yang didekatkan di dada Pins.

Jadi, chest pass ialah mengumpan bola atau memberikan bola basket kepada teman dengan cara dilempar tepat di arah depan dada.

Kelebihan menggunakan cara melakukan chest pass adalah keakuratan sampainya bola basket ke teman. Lebih cepat dan lebih kuat untuk mencapai kawan bermain Pins. Cara ini bisa digunakan kepada tim bola basket dengan tipe quick passing.

Baca juga: 10 Pemain Legenda Bola Basket Terbaik di Dunia

Teknik Passing Bola Basket (Overhead Pass)

Overhead Pass
Source : Olahraganesia

Teknik dasar passing pada bola basket selanjutnya adalah overhead pass. Teknik ini lebih mudah dilakukan oleh setiap pemain bola basket.

Overhead artinya di atas kepala. Jadi, overhead pass adalah salah satu teknik passing yang diberikan kepada kawan bermain Pins dengan memegang bola di atas kepala. Setelah posisi bola tepat berada di atas kepala, maka Pins bisa melemparkan atau mengumpan bola tersebut kepada kawan Pins.

Teknik dasar passing ini biasanya digunakan oleh tim bola basket yang tipikal wall center. Maksud dari wall center itu adalah baik itu pemain atau center dengan memiliki badan yang tinggi.

Cara melakukan Overhead Pass:

  • Yang pertama dilakukan oleh pemain adalah memegang bola basket. Cara memegangnya sama dengan lemparan dari depan dada.
  • Hal yang membedakan dari chest pass adalah posisi permulaan bola berada di atas kepada dan sedikit di depan dahi. Lalu setelah itu, siku agak ditekuk.
  • Bola diemparkan atau diumpankan dengan meluruskan tangan dan lekukan pergelangan tangan yang arahnya agak menyerong ke bawah.
  • Untuk melepaskan bola tersebut dari tangan kita, gunakan jentikan ujung jari tangan.

Bounce Pass

Untuk teknik selanjutnya dalam teknik dasar passing bola basket adalah Bounce Pass. Bounce berarti bola yang akan dilemparkan harus memantul. Maka, Bounce Pass basket adalah teknik passing yang memberikan bola kepada kawan kita dengan cara memantulkan bola ke tanah.

Teknik bounce ini bisa dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai dengan titik pantul 2/3 jarak kita ke teman kita atau target kita.

Lantas bagaimana cara memantulkan bola basket yang pass agar bisa diraih oleh teman satu tim kita? Nah, berikut adalah teknik melemparkan bounce pass.

  • Pertama, atur posisi badan dan bola sama dengan operan setinggi dada.
  • Lalu, dorong bola atau lepaskan dari tangan dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan. Jarak yang dilemparkanya kira-kira 2/3 atau 1/3 dari kawan atau penerima.
  • Pandangan mata Pins harus tertuju ke bola yang dipantulkan, lalu beralih menuju rekan yang akan menerimanya.
  • Bila berhadapan dengan lawan Pins, maka yang harus Pins lakukan ialah menyasar pantulan bola tersebut.
  • Sasaran pantulan bola bisa berada di samping kiri atau sampig kanan lawan

Baca juga: Pemain Bola Basket Terbaik Indonesia

Behind The Back Pass

Behind The Back Pass
Source : Jersey Printing

Teknik yang satu ini lebih sulit dari ketiga teknik passing di atas. Mengapa? Hal ini karena cara yang dilakukannya begitu unik.

Jadi, teknik behind the back pass adalah salah satu cara mengoper bola basket lewat belakang tubuh. Saat seorang pemain bola basket melakukan teknik dasar passing ini, maka saat itu bola dipegang menggunakan satu tangan yang berada di belakang punggung.

Lalu, setelah itu bola dilemparkan kepada kawan dengan sangat cepat mengguunakan satu tangan tersebut. Untuk pemain atau kawan yang akan menerima bola ini, hal yang harus diperhatikan adalah kawan tersebut dekat dengan Pins atau kawan itu sudah ahli dalam menerima bola tersebut.

Teknik ini juga harus dilakukan ketika tim lawan atau pemain yang berada di dekat Pins tidak terlalu konsentrasi. Ketika lawan Pins tidak terlalu fokus, maka peluang untuk melakukan behind the back pass akan sangat besar.

Ketika melakukan behind the back pass, juga harus bisa menciptakan koordinasi yang baik bersama tim. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko gagal dalam mengoper. Pemain yang akan melakukan behind the back pass harus memberikan aba-aba kepada teman yang akan menerima bola tersebut.

Baca juga: Cara Melakukan Slam Dunk dalam Permainan Basket

Bassball Pass

Untuk teknik passing terakhir adalah bassball pass. Seperti nama dari teknik ini, pemain yang akan melakukan bassball pass berarti Pins akan melemparkan bola seperti melemparkan bola baseball. Untuk teknik yang harus dikuasai oleh diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Posisi bola dipegang dengan menggunakan satu tangan dan posisi badan siap dengan salah satu kaki berada di depan.
  • Untuk pertama, bola dipegang oleh tangan yang tidak akan digunakan untuk mengoper kepada teman, atau tangan yang satunya lagi.
  • Arahkan bola dengan menggunakan kedua tangan. Posisinya tepat berada di belakang bahu dan pindahkan berat badan ke belakang. Bola yang akan dilempar berada di sisi bahu belakang.
  • Saat melakukan lemparan kepada teman, maka tangan yang akan digunakan untuk melempar bola diayunkan ke depan atas. Lepaskan bola basket saat tangan sudah diposisi lurus ke depan.

Itulah dia 5 dasar passing yang harus dikuasai oleh pemain bola basket. Bila Pins sering berlatih bersama tim menggunakan teknik ini, kerjasama dan koordinasi tim juga akan semakin maksimal. Ini tentu akan membantu memperbesar peluang meraih kemenangan saat bertanding.

Selain menguasai teknik passing, kalian juga perlu menguasai teknik dasar basket seperti shooting dan blocking. Pemain yang menguasai teknik dasar akan sangat membantu selama permain. Nah, selamat berlatih ya Pins. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download