BlogLifestyleHobiUkuran Gawang Sepak bola Standar Internasional
0
0

Ukuran Gawang Sepak bola Standar Internasional

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 6, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran tiang gawang sepakbolatop-right-banner

Sepakbola adalah salah satu olahraga yang diminati oleh banyak orang, olahraga ini memiliki sejarah cukup panjang hingga dikenal luas oleh banyak orang di seluruh dunia. Peraturan permainan sepakbola memang cukup banyak, namun terdapat satu komponen penting yang tidak dapat dihilangkan dalam setiap permainan yaitu ukuran gawang sepak bola.

Ketika bermain sepak bola, maka dibutuhkan dua gawang. Gawang tersebut berfungsi untuk menahan bola ketika pemain mencetak gol. Bentuk fisik dari gawang adalah persegi panjang, terbuat dari besi serta memiliki jaringan yang berfungsi untuk menahan bola apabila ada lawan yang dapat memasukan bola ke gawang tersebut.

Namun, yang akan dibahasa saat ini bukanlah gawang sepakbola biasa yang hanya disimpan di ujung tengah lapangan. Akan tetapi, gawang yang dimaksud disini adalah ukuran gawang sepak bola berstandar internasional yang telah disepakati oleh dunia. Biasanya aturan yang disepakati meliputi.

  • Ukuran gawang
  • bentuk gawang
  • kekuatan gawang

Oleh karena berikut informasi lebih detailnya tentang ukuran gawang sepak bola yang berstandar internasional.

Ukuran Gawang Sepakbola Standar Internasional

Ukuran gawang sepak bola
Source : Pexels

Berdasarkan standar FIFA yang merupakan organisasi internasional sepak bola. Ukuran gawang sepak bola memiliki panjang 7,23 meter dengan tinggi 2,44 meter. Untuk mengukur panjang dan tinggi sebuah tiang dihitung dari sisi dalam tiang sebuah gawang dan mistar di atasnya.

Pada setiap gawang terdapat jaring untuk menahan bola ketika gol tercipta. Ukuran lubang yang ada di jaring adalah 10 cm. Ukuran tersebut sudah diukur cukup untuk menahan bola agar tidak melaju jauh keluar lintasan lapangan.

Bentuk Gawang Sepak Bola Standar Internasional

Ukuran gawang sepak bola
Source : Pexels

Gawang sepak bola berbentuk persegi panjang yang posisinya ada pada kedua ujung lapangan. Setiap gawang juga diletakan pada bagian tengah sisi lapangan agar penonton bisa nyaman melihat. Karena posisinya pas, sehingga gawang tidak terlalu ke kiri ataupun terlalu ke kanan.

Agar terlihat jelas oleh pemain, khususnya penjaga gawang, maka warna diberi putih dan bentuknya elips. Selain bentuk dan warna, juga ketahanannya dimana gawang tersebut tidak boleh bergeser ketika permainan sedang berlangsung.

Baca juga: 10 Contoh Permainan Bola Besar Paling Populer

Ketahanan Gawang Standar Internasional

Ukuran gawang sepak bola
Source : Pexels

Setiap gawang sepak bola bisa bertahan sangat lama. Awalnya gawang sepak bola dibuat menggunakan bahan kayu. Kemudian pada tahun 1980 bahan kayu mulai ditinggalkan dan beralih ke gawang yang menggunakan bahan besi dan alumunium.

Barulah pada tahun 1990-an, FA yang merupakan organisasi sepak bola Inggris membuat inisiasi dengan membuat aturan keamanan baru untuk gawang sepak bola. Sampai saat ini, FIFA menetapkan standar bahan gawang terbuat dari besi yang aman untuk para pemain.

Gawang juga harus ditancapkan dengan kuat pada tanah agar gawang kokoh dan tidak membahayakan para pemain. Sampai saat ini juga FIFA menerapkan aturan gawang non permanen. Sehingga gawang juga mudah untuk dirawat dan aman.

Entah bagaimanapun caranya, mau gawang di atas tanah lapangan atau di tanam di dalam lapangan, intinya saat bermain gawang tersebut harus kuat. Artinya tidak boleh bergeser atau jadi miring karena terkena tembakan bola.

Selain ketahanan gawang, juga jaring yang di pasang di gawang tersebut harus melekat kuat dan tidak mudah copot apalagi ketika bermain. Baru satu kali tendangan tiba-tiaba jaringannya copot, maka ini menjadi gawang yang gagal.

Jadi jaring yang di pasang di gawang tersebut harus melekat dan tidak boleh mengganggu penjaga gawang saat ia menjaga gawang tersebut.

Baca juga: Yuk Hafalkan Pelanggaran dalam Bola Basket

Penutup

Begitulah pemaparan tentang ukuran gawang sepak bola. Tidak bisa terlalu panjang, karena memang yang kita bahas hanya ukuran gawang, bukan ukuran lapangan sepak bola. Walaupun seperti itu, tetap tidak bisa menyepelekan salah satu unsur penting dalam keberlangsungan olahraga sepak bola, khususnya dalam bidang ukuran dan ketahanan gawang, karena akan berpengaruh dalam permainan sepak bola.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download