BlogLifestyleHobi5 Latihan Fisik Sepak Bola yang Bisa Kamu Lakukan
0
0

5 Latihan Fisik Sepak Bola yang Bisa Kamu Lakukan

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
latihan fisik sepak bolatop-right-banner

Salah satu cabang olahraga nomor satu di dunia yang banyak digemari masyarakat adalah sepak bola. Untuk menjadi seorang pemain sepak bola profesional tidak hanya wajib memahami peraturan permainan sepak bola, formasi sepak bola, ukuran lapangan, dan hal teknis lainnya. Pins juga harus memahami dan melakukan latihan fisik sepak bola.

Hal tersebut dilakukan karena memang olahraga ini banyak membutuhkan tenaga dan ketahanan fisik yang baik. Lalu, apa saja latihan fisik yang dapat Pins lakukan? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini:

Baca juga: 13+ Teknik Dasar Sepak Bola yang Bisa Kamu Kuasai

Apa Saja Latihan Fisik Sepak Bola?

latihan fisik sepak bola
Source : iStock

Terdapat beberapa bentuk latihan fisik sepak bola yang harus Pins lakukan sehingga tubuh kita menjadi kuat. Selain menjadi kuat juga, latihan fisik ini bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sehingga dalam permainan sepak bola bisa bermain maksimal. Inilah dia program-program latihan fisik para pemain sepak bola profesional yang harus Pins kuasai:

Latihan Daya Tahan Tubuh sebagai Latihan Fisik Sepak Bola

latihan fisik sepak bola
Source : Soccer Suplement

Latihan jogging atau gerakan-gerakan yang berhubungan dengan nilai aerobik adalah latihan untuk memberikan daya tahan jantung dan darah (kardiovaskuler). Latihan ini harus dilakukan setiap hari agar daya tahan jantung dan darah kita benar-benar baik. Biasakanlah latihan jogging sekitar 40 sampai 60 menit dengan berbagai macam variasi kecepatan yang bisa digabungkan atau dikombinasikan.

Tujuan latihan ini adalah untuk daya tahan kardiovaskuler dan menambah daya tahan otot tubuh. Artinya, Pins dituntut untuk lari dan bergerak dalam durasi yang tidak sebentar tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Menambah kecepatana adalah tindak lanjut dari latihan ini, kualitas geras dan intensitas, agar stamina kamu di lapangan berpengaruh dalam jangka waktu yang panjang. Sampai akhirnya dalam waktu yang lama kamu dapat melakukan gerakan cepat, konsisten dan stabil.

Baca juga: Peraturan Permainan Sepak Bola

Latihan Kekuatan sebagai Latihan Fisik Sepak Bola

latihan kekuatan sepak bola
Source : Rocksprint

Untuk meningkatkan kekuatan sepak bola, latihan beban sangat efektif untuk dilakukan. Beberapa latihan yang dapat dilakukan yaitu:

  • Gerakan pull up
  • Back up
  • Push up
  • Squat jump
  • Squatrush

Supaya terhindar cedera di bagian tulang kering dan tungkai, maka sebaiknya tidak loncat-loncat di dalam ruangan atau dalam permukaan keras. Hal ini merupakan penyebab cedera bagian tulang yang sering terjadi.

Latihan Kecepatan

latihan kecepatan permainan sepak bola
Source : Stack

Dalam dunia olahraga, khususnya dalam permainan sepak bola, salah satu hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh pemain profesional sepak bola adalah kecepatan. Setiap pemain diharuskan bisa bergerak dengan cepat tanpa kehilangan keseimbangan atau tetap stabil.

Lari bolak balik dengan jarak 6 kilometer atau shuttle run adalah salah satu bentuk latihan yang bisa dilakukan pemain sepak bola dalam melatih kecepatan. Latih juga kecepatanmu dengan menambahkan rintangan dan beban, agar kecepatannya naik.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Latihan Kelenturan

latihan kelenturan sepak bola
Source : Playo

Sebagai pemain sepak bola yang handal, tentu dituntut untuk bisa lebih fleksibel agar dapat bermain dengan lincah dan gesit untuk berbalik badan dan mengubah arah saat bermain sepak bola. Selain lincah dan gesit, latihan fisik juga berpengariuh dalam mencegah terjadinya cedera biasa atau parah atau bahkan patah di bagian otot dan persendian.

Melakukan peregangan dengan benar adalah program latihan kelenturan fleksibilitas yang dapat kamu lakukan. Seperti contohnya sikap lilin, membuka kaki, mencium lutut, memegang kaki, memutarkan kaki, memutarkan kepala, dan lain-lain.

Menjaga Asupan Gizi

Source : Help Guide

Tentunya, yang paling penting dari berbagai bentuk latihan fisik yang sudah Pins lakukan yaitu menjaga pola hidup sehat. Biasakan untuk memakan makanan yang mengandung gizi atau menjaga asupan gizi.

Hal ini sangat penting agar Pins bisa mengoptimalkan energi dalam permainan sepak bla. Selain asupan gizi, menyesuaikan kebutuhan tubuh dan porsi makan juga penting. Umumnya, setiap pemain sepak bola profesional selalu mengkonsumsi karbohidrat yang banyak dalam makanAnya, hal tersebut akan memberikan stamina yang baik.

Baca juga: Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Bagian-Bagiannya

Itulah tadi lima latihan fisik yang harus kamu lakukan, agar tubuhmu benar-benar siap memiliki stamina yang baik dan kuat saat bermain sepak bola.

Memang menjadi pemain sepak bola profesional tidak semudah yang Pins pikirkan, akan tetapi percayalah, bahwa setiap apa yang kamu cita-citakan selama Pins berusaha baik pasti dapat terwujud.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download