Pinhome

Jumlah Pemain Sepak Bola

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 16 July 2021 ∙ 7 menit membaca

Jumlah pemain sepak bola – Sepak bola merupakan olahraga yang paling terpopuler di seluruh belahan dunia. Permainan sepak bola yang biasa dimainkan dalam jumlah 11 pemain tim inti dan beberapa pemain cadangan.

Dari masing-masing pemain berbeda posisi dan berbeda tugasnya. Sepak bola yang menjadi permaina terbesar se-dunia di bandingkan permainan lainya.

Dalam dunia sepak bola negara yang kini menjadi pusat perhatian oleh seluruh masyarakat dunia ada berada di benua Eropa dengan berbagai klub-klub ternama.

Contoh seperti klub raksasa yang terkenal di mata dunia diantaranya, Real Madrid, Barcelona, Juventus, Manchester United dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Dari situlah sudah dapat membuktikan bahwa permaian olahraga sepak bola memang banyak digemari oleh masyarakat dunia.

Apa Itu Sepak Bola?

Sepak bola adalah sebuah permainan yang familiar dimata dunia, sehingga sepak bola dijadikan sebagai salah satu permainan olahraga yang bergengsi di seluruh dunia.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sepak bola memiliki nilai dan arti yang sangat tinggi oleh sebab itu banyak orang yang mengatakan bahwa sepak bola adalah sebuah permainan yang dapat menyatukan negara.

Hal ini dapat kita lihat dari ajang piala dunia yang menyatukan dari negara satu hingga ke negara lain. Mereka saling sama-sama menampilkan permaian yang apik demi kejayaan dan persahabat antar sesama negara.

Pengertian Sepak Bola

Pengertian dari sepak bolah adalah sebuah permainan yang biasa dimainkan dengan jumlah 11 orang serta lengkap dengan wasit yang posisinya sebagai pemimpin dari jalanya permainan.

Sepak bola biasanya dimainkan di liga tertentu seperti liga klasemen, liga Asean Games, liga Euro, dan Piala Dunia. Selain itu sepak bola sendiri sudah dijadikan salah satu permainan yang berkelas oleh dunia.

Jumlah Pemain Sepak Bola

Mengenai Berapa Jumlah Pemain Sepak Bola?

Jadi berapa jumlah pemain sepakbola? Perlu kita ketahui bahwa jumlah pemain sepak bola dalam pertandingan terdiri dari 11 pemain inti dan ditamabah beberapa pemain cadangan yang setiap pemainya berbeda-beda posisi dan berbeda pula tugas dari masing-masing pemain.

Untuk pemain cadangan biasanya berjumlah 6 pemain atau bisa lebih, namun dalam sebuah pertandingan kelas internasional seperti Piala dunia atau piala Eropa biasanya untuk pemian cadangan di batesi menjadi 12 pemain.

Pada umumnya ada 4 posisi dalam sepakbola yaitu:

  1. Kiper (Goalkeeper)
  2. Pemain Bertahan (Defender)
  3. Pemain Tengah (Midfielder)
  4. Pemain Depan (Forward)

Jadi, Jumlah Pemain Sepak Bola ada 11 Pemain dari sebelas pemain tersebut setiap pemain mempunyai tugas dan posisi yang berbeda-beda. Masing-masing tugas dan posisi pemain sepak bola tersebut sebagai berikut:


Baca Juga Info Mengenai Ukuran Lapangan Bola Voli


1. Kiper (Penjaga Gawang)

Penjaga gawang atau disebut juga sebagai kiper dan dalam bahasa inggrisnya adalah Goalkeeper yang sering disingkat menjadi GK.

Sebagaimana mestinya posisinya dari seorang penjaga gawang, tentu berada di bawah mistar gawang. Dan tugas utama dari seorang kiper adalah menjaga dan mengamankan gawang dari musuh agar tidak kebobolan atau kemasukan Gool.

2. Bek (Barisan Belakang)

Barisan belakang atau yang sering disebut dengan bek atau defender. Karena posisi seorang bek sendiri merupakan pemain belakang, yang tentu posisinya berada di bagian belakang tepat di depan penjaga gawang.

Posisi seorang bek sendiri mempunyai beberapa tempat atau pos yang di tepati masing-masing dari bek itu sendiri sesuai dengan strategi atau formasi yang dipakai oleh tim dalam melakukan sebuah serangan dan pertahanan guna untuk melumpuhkan lawan dalam pertandingan.

Sebutan bek sendiri ada beberapa istilah yang berbeda pada setiap posisinya. Ada sebutan bek sentral, yang artinya menempati pos yang persis di depan penjaga gawang.

Untuk posisi ini sering kita lihat terdapat dua orang yang menempatinya. Sedangkan dua posisi di belakang lainnya disebut dengan wing back atau bek sayap. Keduanya bertugas untuk membantu pertahanan sekaligus membantu dalam menyerang.

Untuk lebih jelas lagi bahwa Bek dibagi menjadi 4 posisi, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Bek Tengah

Memiliki posisi dibagian tengah pas dengan garis pertahanan belakang, dan memiliki tugas utama mematahkan serangan di arah tengah.

  • Fullback Bek Sayap

Memiliki posisi di bagian belakang sisi kiri dan kanan atau lebih tepatnya bek sayap yang tugas utamanya melindungi dan menyerang dari bagian sisi kiri dan kanan. Namun posisi Fullback juga harus dapat membantu pertahan tengah.

3. Gelandang (Barisan Tengah)

Pemain barisan tengah yang biasa dikenal dengan gelandang atau midfielder. Apabila formasi menggunakan 4-4-2 seorang midfielder akan ditempati oleh dua pemain.

Dua pemain sisa sering disebut dengan pemain sayap. Gelandang bertahan yang ditunjuk bermain untuk membantu tugas seorang bek yang menjaga wilayahnya dari serangan lawan.

Sedangkan pemain sayap bertugas memberikan umpan yang manis kepada penyerang guna untuk menyarangkan dan memasukan bola ke gawang lawan.

Selain memberikan umpan, penyerang juga bertugas untuk membantu wing back dalam bertahan saat kondisi timnya sedang diserang oleh lawan.

4. Penyerang (Stricker )

Pemain dalam posisi sebagi penyerang atau yang kita kenal dengan Striker. Tugas utama dari Striker sendiri adalah menjebloskan bola ke dalam gawang lawan.

Posisi ini ada di barisan paling terdepan, setelah kita mengetahui jumlah keseluruhan dari pemain sepak bola, kini kita berlanjut membahas tentang peraturan sepak bola.

Untuk lebih jelasnya penyerang sendiri terbagi menjadi beberapa bagian sesuai taktik formasi permainan bola, adapun lebih detailnya adalah sebagai berikut ini:

  • Penyerang Tengah

Dalam permianan sepak bola penyurang tengah biasanya memiliki tugas utama yakni Fokus untuk mencetak gol.

  • Striker

Striker, memiliki peran sebagai menyerang utama untuk mencetal gol Striker ini berposisi paling depan dan paling dekat dengan penjaga gawang.

  • Penyerang Kedua

Penyerangan kedua atau lapisan kedua ini memiliki tugas untuk melindungi dan membantu dalam menyerangan hingga dari rekan 1 team dapat menciptakan gol.


Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasan


Peraturan Sepak Bola

Kesimpulan Teknik Dasar Sepak Bola
merdeka.com

Dalam pertandingan tentu ada yang namanya peraturannya. Jika tidak ada peraturan di dalamnya terus bagaimana seorang pemain mengetahui batasan-batasan yang dilarang dan yang diperbolehkan.

Tujuan dari peraturan ini agar tidak timbul konflik antar pemain maupun antar penonoton. Dan peraturan ini dibuat agar jalanya permaina dapat mendukung aman, dan jauh dari kesalah fahaman atau kekerasan karena tidak adanya peraturan.

1. Waktu Yang Digunakan

Setiap perlombaan pastinya mempunyai batas waktu untuk mengakhiri pertandingan. Tidak terkecuali juga pada pertandingan sepak bola.

Adapun peraturan sepak bola pada segi waktu yang digunakan yaitu selama 90 menit yang dibagi dua atau 45 dalam babak satu dan babak kedua.

Alasan kenapa dibagi menjadi dua? Karena dalam pertandingan sepak bola memiliki aturan dua babak.

Setiap babak atau waktu diberi waktu selama 45 menit untuk menyelesaikan pertandingan secara normal. Adapun pertambahan waktu diberikan oleh wasit sekitar 1 menit hingga 5 menit.

Pertambahan waktu tersebut diilihat dari seberapa banyak pelanggaran yang terjadi dalam sebuah pertandingan.

2. Bola Keluar Lapangan

Bola keluar lapangan kondisi ini dimana bola mengarah keluar lapangan. Lapangan sepak bola sendiri mempunyai aturan yang panjangnya mencapai 100 – 110 m dan lebar 64 – 75 m.

Apabila bola keluar lapangan, maka peraturannya adalah pemain yang membuat bola keluar maka pemain lawan lah yang wajib melempar bola masuk lagi ke lapangan.

3. Posisi Offsite

Posisi offsite adalah posisi dimana seorang penyerang berada di depan bek lawan. Namun posisi tersebut belum terjadi pelanggaran.

Pelanggaran akan diberikan jika posisi tersebut belum berubah dan seorang penyerang mendapatkan umpan dari teman satu tim.

4. Tendangan Pojok

Tendangan pojok dimana ganjaran yang akan diberikan ketika sebuah bola keluar yang disebabkan oleh tim sendiri di bagian garis belakang lapangan atau garis yang sejajar dengan gawang.

5. Pinalti

Pinalty yaitu hukuman yang akan diberikan oleh wasit kepada lawan karena pemain dari tim kita melanggar peraturan. Seperti menjatuhkan lawan atau melakukan handsball tepat dibagian kotak sebelas meter atau kotak garis putih dapan gawang.

Jumlah Wasit Sepak Bola

Jumlah Wasit Sepak Bola
soccer.com

Dalam pertandingan sepak bola terdapat pengadil yang berjumlah tiga orang. Satu sebagai wasit utama di dalam lapangan dan dua lainnya bertugas di pinggir lapangan atau sering disebut sebagai asisten wasit.

Wasit utama menentukan jalannya pertandingan mulai dari waktu yang ditempuh, pelanggaran yang terjadi hingga memberikan penalti ke sebuah kesebelasan.

Sedangkan asisten wasit bertugas untuk memastikan apakah bola masih berada didalam lapangan atau sudah berada di luar garis lapangan.

Tugas kedua dari asisten wasit yaitu menentukan ada atau tidaknya pemain dalam posisi offside ataupun sebaliknya (onside).


Selengkapnya: Peraturan Dalam Permainan Bola Voli


Induk Organisasi Sepak Bola Dunia


 Induk organisasi sepak bola dunia ialah FIFA ( Federation Internasional football association ) yang mana FIFA ini merupakan induk organisasi yang membawahi seluruh induk organisasi sepak bola di suatu negara.

FIFA ( Federation Internasional football association ) sendiri di dirikan pada tanggal 21 mei 1904 di perancis.


Nah, mungkin itu dia informasi singkat dari kami mengenai jumlah pemain sepak bola yang tentunya harus kita ketahui bersama. Sekian semoga informasi ini dapat bermanfaat khususnya bagi kita semua, saya ucapkan Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel