Jumlah Pemain Sepak Bola dan Posisinya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian ∙ October 12, 2022 ∙ 8 menit membaca

Sepak bola merupakan olahraga yang paling terpopuler di seluruh belahan dunia. Jumlah pemain sepak bola biasanya dimainkan oleh 11 pemain tim inti dan beberapa pemain cadangan. Dari masing-masing pemain berbeda posisi dan berbeda tugasnya. Sepak bola yang menjadi permaina terbesar sedunia di bandingkan permainan lainya.

Dalam dunia sepak bola negara yang kini menjadi pusat perhatian oleh seluruh masyarakat dunia ada berada di benua Eropa dengan berbagai klub-klub ternama. Contohnya seperti klub raksasa yang terkenal di mata dunia diantaranya, Real Madrid, Barcelona, Juventus, Manchester United dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Dari situlah sudah dapat membuktikan bahwa permaian olahraga sepak bola memang banyak digemari oleh masyarakat dunia.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola, Teknik Dan Peraturannya

Apa Itu Sepak Bola?

(Shutterstock)

Sepak bola adalah sebuah permainan yang familiar dimata dunia, sehingga sepak bola dijadikan sebagai salah satu permainan olahraga yang bergengsi di seluruh dunia. Seperti yang sudah Pins ketahui bahwa sepak bola memiliki nilai dan arti yang sangat tinggi oleh sebab itu banyak orang yang mengatakan bahwa sepak bola adalah sebuah permainan yang dapat menyatukan negara.

Hal ini dapat Pins lihat dari ajang Piala Dunia yang menyatukan dari negara satu hingga ke negara lain. Mereka saling sama-sama menampilkan permaian yang apik demi kejayaan dan persahabat antar sesama negara.

Jumlah dan Posisi Pemain Sepak Bola

Jadi berapa jumlah pemain sepakbola? Perlu kita ketahui bahwa jumlah pemain sepak bola dalam pertandingan terdiri dari 11 pemain inti dan ditamabah beberapa pemain cadangan yang setiap pemainya berbeda-beda posisi dan berbeda pula tugas dari masing-masing pemain.

Untuk pemain cadangan biasanya berjumlah 6 pemain atau bisa lebih, namun dalam sebuah pertandingan kelas internasional seperti Piala dunia atau piala Eropa biasanya untuk pemian cadangan di batesi menjadi 12 pemain. Pada umumnya ada 4 posisi dalam sepakbola yaitu:

  1. Kiper (Goalkeeper).
  2. Pemain Bertahan (Defender).
  3. Pemain Tengah (Midfielder).
  4. Pemain Depan (Forward).

Jadi, Jumlah Pemain Sepak Bola ada 11 Pemain dari sebelas pemain tersebut setiap pemain mempunyai tugas dan posisi yang berbeda-beda. Masing-masing tugas dan posisi pemain sepak bola tersebut sebagai berikut:

Baca juga: Ukuran Lapangan Voli dan Semua Hal Detailnya

Kiper (Penjaga Gawang)

jumlah pemain sepak bola
(Shutterstock)

Penjaga gawang atau disebut juga sebagai kiper dan dalam bahasa inggrisnya adalah Goalkeeper yang sering disingkat menjadi GK. Sebagaimana mestinya posisinya dari seorang penjaga gawang, tentu berada di bawah mistar gawang. Dan tugas utama dari seorang kiper adalah menjaga dan mengamankan gawang dari musuh agar tidak kebobolan atau kemasukan Gool.

Bek (Barisan Belakang)

(Shutterstock)

Barisan belakang atau yang sering disebut dengan bek atau defender. Karena posisi seorang bek sendiri merupakan pemain belakang, yang tentu posisinya berada di bagian belakang tepat di depan penjaga gawang.

Posisi seorang bek sendiri mempunyai beberapa tempat atau pos yang di tepati masing-masing dari bek itu sendiri sesuai dengan strategi atau formasi yang dipakai oleh tim dalam melakukan sebuah serangan dan pertahanan guna untuk melumpuhkan lawan dalam pertandingan.

Sebutan bek sendiri ada beberapa istilah yang berbeda pada setiap posisinya. Ada sebutan bek sentral, yang artinya menempati pos yang persis di depan penjaga gawang. Untuk posisi ini sering kita lihat terdapat dua orang yang menempatinya. Sedangkan dua posisi di belakang lainnya disebut dengan wing back atau bek sayap. Keduanya bertugas untuk membantu pertahanan sekaligus membantu dalam menyerang.

Untuk lebih jelas lagi bahwa Bek dibagi menjadi 4 posisi, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Bek Tengah

Memiliki posisi dibagian tengah pas dengan garis pertahanan belakang, dan memiliki tugas utama mematahkan serangan di arah tengah.

Fullback Bek Tengah

Memiliki posisi di bagian belakang sisi kiri dan kanan atau lebih tepatnya bek sayap yang tugas utamanya melindungi dan menyerang dari bagian sisi kiri dan kanan. Namun posisi Fullback juga harus dapat membantu pertahan tengah.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola

Gelandang (Barisan Tengah)

jumlah pemain sepak bola
(Shutterstock)

Pemain barisan tengah yang biasa dikenal dengan gelandang atau midfielder. Apabila formasi menggunakan 4-4-2 seorang midfielder akan ditempati oleh dua pemain. Dua pemain sisa sering disebut dengan pemain sayap. Gelandang bertahan yang ditunjuk bermain untuk membantu tugas seorang bek yang menjaga wilayahnya dari serangan lawan.

Sedangkan pemain sayap bertugas memberikan umpan yang manis kepada penyerang guna untuk menyarangkan dan memasukan bola ke gawang lawan. Selain memberikan umpan, penyerang juga bertugas untuk membantu wing back dalam bertahan saat kondisi timnya sedang diserang oleh lawan.

Penyerang (Stricker)

(Shutterstock)

Pemain dalam posisi sebagi penyerang atau yang kita kenal dengan Striker. Tugas utama dari Striker sendiri adalah menjebloskan bola ke dalam gawang lawan. Posisi ini ada di barisan paling terdepan, setelah kita mengetahui jumlah keseluruhan dari pemain sepak bola, kini kita berlanjut membahas tentang peraturan sepak bola.

Untuk lebih jelasnya penyerang sendiri terbagi menjadi beberapa bagian sesuai taktik formasi permainan bola, adapun lebih detailnya adalah sebagai berikut ini:

Penyerang Tengah

Dalam permianan sepak bola penyurang tengah biasanya memiliki tugas utama yakni Fokus untuk mencetak gol.

Striker

Striker, memiliki peran sebagai menyerang utama untuk mencetal gol Striker ini berposisi paling depan dan paling dekat dengan penjaga gawang.

Penyerang Kedua

Penyerangan kedua atau lapisan kedua ini memiliki tugas untuk melindungi dan membantu dalam menyerangan hingga dari rekan 1 team dapat menciptakan gol.

Baca juga: Peraturan Permainan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola

Kesimpulan Teknik Dasar Sepak Bola
(merdeka.com)

Dalam pertandingan tentu ada yang namanya peraturannya. Jika tidak ada peraturan di dalamnya terus bagaimana seorang pemain mengetahui batasan-batasan yang dilarang dan yang diperbolehkan.

Tujuan dari peraturan ini agar tidak timbul konflik antar pemain maupun antar penonoton. Dan peraturan ini dibuat agar jalanya permaina dapat mendukung aman, dan jauh dari kesalah fahaman atau kekerasan karena tidak adanya peraturan.

Waktu yang Digunakan

Setiap perlombaan pastinya mempunyai batas waktu untuk mengakhiri pertandingan. Tidak terkecuali juga pada pertandingan sepak bola. Adapun peraturan sepak bola pada segi waktu yang digunakan yaitu selama 90 menit yang dibagi dua atau 45 dalam babak satu dan babak kedua.

Alasan kenapa dibagi menjadi dua? Karena dalam pertandingan sepak bola memiliki aturan dua babak. Setiap babak atau waktu diberi waktu selama 45 menit untuk menyelesaikan pertandingan secara normal. Adapun pertambahan waktu diberikan oleh wasit sekitar 1 menit hingga 5 menit. Pertambahan waktu tersebut diilihat dari seberapa banyak pelanggaran yang terjadi dalam sebuah pertandingan.

Bola Keluar Lapangan

jumlah pemain sepak bola
(Shutterstock)

Bola keluar lapangan adalah kondisi ini dimana bola mengarah keluar lapangan. Lapangan sepak bola sendiri mempunyai aturan yang panjangnya mencapai 100 – 110 m dan lebar 64 – 75 m. Apabila bola keluar lapangan, maka peraturannya adalah pemain yang membuat bola keluar maka pemain lawan lah yang wajib melempar bola masuk lagi ke lapangan.

Posisi Offside

jumlah pemain sepak bola
(Shutterstock)

Posisi offside adalah posisi dimana seorang penyerang berada di depan bek lawan. Namun posisi tersebut belum terjadi pelanggaran. Pelanggaran akan diberikan jika posisi tersebut belum berubah dan seorang penyerang mendapatkan umpan dari teman satu tim.

Tendangan Pojok

(Shutterstock)

Tendangan pojok dimana ganjaran yang akan diberikan ketika sebuah bola keluar yang disebabkan oleh tim sendiri di bagian garis belakang lapangan atau garis yang sejajar dengan gawang.

Penalty

Pinalty yaitu hukuman yang akan diberikan oleh wasit kepada lawan karena pemain dari tim kita melanggar peraturan. Seperti menjatuhkan lawan atau melakukan handsball tepat dibagian kotak sebelas meter atau kotak garis putih dapan gawang.

Baca juga: Latihan Fisik Sepak Bola

Jumlah Wasit Sepak Bola

Jumlah Wasit Sepak Bola
(soccer.com)

Dalam pertandingan sepak bola terdapat pengadil yang berjumlah tiga orang. Satu sebagai wasit utama di dalam lapangan dan dua lainnya bertugas di pinggir lapangan atau sering disebut sebagai asisten wasit. Wasit utama menentukan jalannya pertandingan mulai dari waktu yang ditempuh, pelanggaran yang terjadi hingga memberikan penalti ke sebuah kesebelasan.

Sedangkan asisten wasit bertugas untuk memastikan apakah bola masih berada didalam lapangan atau sudah berada di luar garis lapangan. Tugas kedua dari asisten wasit yaitu menentukan ada atau tidaknya pemain dalam posisi offside ataupun sebaliknya (onside).

Baca juga: Pola Permainan Sepak Bola

Induk Organisasi Sepak Bola Dunia

jumlah pemain sepak bola
(Shutterstock)

Induk organisasi sepak bola dunia ialah FIFA (Federation Internasional Football Association) yang membawahi seluruh induk organisasi sepak bola di suatu negara. FIFA sendiri di dirikan pada tanggal 21 Mei 1904 di Perancis.

Nah, mungkin itu tadi informasi singkat mengenai jumlah pemain sepak bola yang tentunya harus kita ketahui bersama. Selain sebelas orang pemain inti, tentunya Pins juga perlu menyiapkan beberapa tim cadangan sebagai pemain pengganti jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia