Pinhome

Pengertian Solder & Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 28 October 2021 ∙ 8 menit membaca

Pengertian solder – solder merupakan jenis alat bantu kerja yang  berfungsi untuk menyambungkan sebuah komponen pada peralatan elektronik.

Cara kerja solder yaitu dengan memanaskan atau melelehkan timah dengan tujuan untuk proses memudahkan dalam menyambungkan sebuah komponen.

Dalam dunia teknik permesinan biasanya kita mengenalnya dengan teknik penyambungan logam dengan menggunakan las atau welding.

Sebenarnya cara kerja ini hamper mirip dengan cara kerja solder, yakni dengan melelehkan bahan komponen dan timah agar mudah untuk disambungkan kembali.

Pengertian Solder

Solder merupakan jens alat pemanas yang berguna untuk melelehkan timah sehingga nantinya akan mudah menempel pada komponen atau kaki-kaki transistor elektronika.

Sehingga dengan demikian komponen dan kaki transistor tersebut akan dapat menyatu dengan jalur pada pcb (printed circuit board).

“Keterampilan dasar yang diperlukan dalam merakit suatu kompenen dan memperbaiki suatu perangkat elektronik adalah teknik menyolder”.

Macam-macam Solder

Macam-macam Solder
bukalapak.com

1. Solder Jenis Biasa

Jenis solder biasa merupakan jenis solder yang paling mudah ditemukan dipasaran dan harga jual solder tersebut relatif lebih murah.

Selain itu solder jenis biasa juga sangat mudah untuk digunakan tanpa harus membutuhkan kemampuan khusus. Meskipun harganya murah solder ini juga mampu menyambungkan berbagai komponen.

2. Solder Uap

Sebelum manggunakan solder uap, penting untuk mengetahui pengaturan dasarnya yaitu pertama pengaturan mengenai tingkat panas yang dihasilkan melalui mata solder.

Serta yang kedua adalah tekanan udara yang akan dikeluarkan. Kedua pengaturan ini saling berhubungan satu sama lain.

Jenis solder uap terdapat beberapa kelebihan diantaranya yaitu :

  1. Dapat digunakan untuk proses solder-dioldering komponen Surface Mount Technology
  2. Suhunya dapat diatur, mulai dari 100 derajat celcius hingga 500 derajat celcius.
  3. Mampu melindungi kerusakan komponen yang disebabkan listrik yang tidak stabil.

Perlu anda diketahui, sesuai dengan kelebihanya bahwa harga jual solder uap cenderung lebih mahal dibanding harga solder biasa, karena proses penggunaannya juga sedikit berbeda ketimbang solder biasa.

3. Solder yang dilengkapi pengontrol suhu

Jenis solder lainnya yaitu, solder dengan pengontrol suhu. Jenis solder ini mempunyai kelebihan yakni suhu akan tetap stabil meski sudah dihidupkan dalam waktu yang lama.

Dan meskipun tegangan naik turun, namun hal tersebut tidak mempengaruhi suhu kestabilan solder tersebut. Kestabilan suhu inilah mampu menjaga keawetan dari solder itu sendiri, solder akan mampu bertahan lama.

Catata: cukup pilihlah solder sesuai dengan kebutuhan anda saja, selain itu jangan lupa perhatikan besaran tegangannya.

Spesifikasi yang terdapat pada solder jenis ini :

  • Heating Element adalah Ceramic Heater
  • Temperature Range adalah 200 ~ 480 °C
  • Temperature Stability adalah ± 1 °C (no load)
  • Tip to Ground Resistance adalah di bawah 2Ω
  • Tip to Ground Potential adalah di bawah 2m

Pengertian Listrik Secara Umum

Bagian Solder Listrik

Bagian Solder Listrik
aliexpress.com

1. Elemen Panas

Solder merupakan jenis alat panas yang mengubah energi listrik menjadi energi panas (kalor). Bagian utama dari alat solder adalah elemen solder atau elemen pemanas yang berfungsi sebagai penentuk tinggi rendahnya suhu.

Jika pada solder terdapat tegangan yang besar, maka untuk suhu yang dihasilkan pun akan semakin tinggi. Pada elemen pemanas solder mempunyai daya tertentu yang penggunaanya dipilih sesuai dengan kebutuhannya.

Contoh anda ingin merangkai Integrateed Circuit (IC) pada papan PCB, maka gunakanlah solder dengan elemen pemanas kurang dari 30 watt, sebab jika lebih dari itu bisa-bisa dapat meyebabkan kerusakan pada komponen IC.

2. Besi Solder dan Mata Solder

Tip atau besi solder merupakan bagian solder listrik berikutnya yang berfungsi untuk mengalirkan energi panas yang sebelumnya dihasilkan oleh elemen pemanas.

Oleh karena berfungsi sebagai konduktor, maka bagian ini harus terbuat dari bahan yang mampu menghantarkan panas dengan baik.

Lalu, panas yang ada dalam solder ada pada bagian ujungnya atau mata solder tersebut, sehingga dengan demikian solder tersebut dapat digunakan untuk patri timah ketika kita sedang merangkai komponen elektronika.

Selain itu untuk mata solder yang bagus memiliki ujung yang lancip yang terbuat dari bahan penghantar panas yang baik. Oleh sebab itulah mengapa ujung solder terbuat dari tembaga.

Baca =>> Contoh Benda Konduktor Dan Isolator

3. Gagang Solder

Agar aman dan nyaman digunakanya, maka alat solder listrik dilengkapi dengan gagang. Ada yang berbentuk tembakan dan ada juga yang berbentuk batang.

Bahan yang digunakan untuk membuat gagang solder adalah plastic yang dicampur dengan bahan tertentu sehingga tetap aman dan tidak meleleh ketika solder dipanaskan.

Catatan: solder yang bagus, maka akan menggunakan gagang yang berbahan khusus yakni tahan terhadap panas.

Sedangkan untuk solder dengan kualitas kurang baik, maka biasanya tidak terdapat gagang yang tahan terhadap panas. Jadi, ketika digunakanya suhu panasnya masih terasa.

Teknik Penyolderan

Teknik Penyolderan
banggod.com

Peralatan yang dibutuhkan pada waktu menyolder, dia antaranya :

  • Timah solder tau tinol yang cirinya memiliki titik cair yang rendah, sehingga akan mudah untuk mencair.
  • Multitester atau multimeter (digunakan untuk memeriksa komponen sebelum disolder).
  • Penghisap solder berfungsi sebagai pembersih. Tinol yang baik biasanya ada pada PCB atau ada pada komponen, yang digunakan dalam mempermudah ketika pencabutan komponen dari PCB).
  • Dudukan solder berfungsi untuk menyimpan solder yang masih panas.

Persiapan Penyolderan

Untuk menyolder komponen pada elektronika, sebaiknya gunakan solder yang berkekuatan 30 watt, supaya agar tidak terlalu panas, yang dapat berakibat dapat merusak komponen.

Selanjutnya periksa terlebih dahulu PCB dan komponen elektronika yang akan di solder. Pastikan komponen-komponen PCB tersebut dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkanya.

Proses Penyolderan

  • Pastikan bersihkan PCB dari kotoran atau minyak teerlebih dahulu, dengan menggunakan kain dan thinner dapat juga dengan alat pembersih yang lainya.
  • Selanjutnya bersihkan komponen elektronika, terutama pada bagian yang akan di solder baik itu kaki-kaki komponen maupun lainya dengan menggunakan kain atau amplas.

Panaskan solder sampai solder tersebut mampu mencairkan tinol

  1. Pasang komponen pada PCB kemudian lakukan penyolderan.
  2. Pasanglah satu persatu, jangan bersamaan.
  3. Dahulukan menyolderan pada komponen yang paling tahan terhadap panas.
  4. Pada komponen IC, himbauan jangan menyolder secara langsung ke PCB karena panas dari penyolderan, akan dapat merusak IC atau PCB, tetapi gunakanlah socket atau dudukan untuk memasangnya.

Catatan : Socket berfungsi untuk menjaga supaya IC, agar supaya tidak terkena panas ketika sedang malakukan menyolderan, selain itu dapat mempermudah pada penggantian, ketika IC-nya mengalami kerusakan karena penyebab IC termasuk komponen yang sering mengalami kerusakan.

Fungsi Solder Tembak

Fungsi Solder Tembak
moedah.com

Solder tembak memiliki switch pemindah kapasitas daya. Kapasitas daya mempengaruhi kondisi panas solder. Solder tembak terdiri atas 2 kapasitas daya, contoh 20W dan 75W

Fungsi solder tembak untuk memanaskan timah serta menyambung bagian kabel yang putus atau bagian-bagian yang rusak”. 

Fungsi Timah Solder

Fungsi timah solder adalah sebagai alat yang untuk menyambungkan antara dua buah komponen yaitu komponen perekat elektronika dan papan pbc.

Fungsi Pasta Solder

Untuk menghilangkan oksidasi, ketika melakukan penyorderan.

Tujuan Penyolderan

  1. Penyambungan elektrikal.
  2. Menghubungkan logam untuk mendapatkan aliran listrik.
  3. Penyambungan mekanikal.
  4. Menghubungkan 2 logam,untuk memantapkan posisi kedua bagian.
  5. Efektifitas perlindungan.
  6. Mencegah bagian tersebut dari kebocoran atau masuknya air,udara,minyak pada hasil penyolderan.
  7. Mencegah karat dengan melapisi permukaan logam dengan penyolderan.

Jenis-jenis Timah Solder

Karakteristik timah solder terdapat dua faktor utama, yaitu komposisi campuran logam dan jenis flux yang terkandung dalam timah solder tersebut.

  • Timah Solder Flux
  • Timah RoHS

Cara Menggunakan Solder

Cara Menggunakan Solder
wikihow.com

1. Pertama

Hal pertama dalam menggunakan solder adalah menghidupkan solder dengan cara menyambung solder ke sumber listrik. Selanjutnya tunggu higga 5 menit agar mata solder menjadi panas.

2. Kedua

Siapkan tempat atau wadah solder.

3. Ketiga

Siapkan alat pembersih mata solder, hal ini bertujuan agar mata solder tetap optimal, meski sudah selesai dalam penggunaan.

Karena biasanya setelah kita menyolder komponen, biasanya sisa timah yang menempel pada solder akan dapat mengganggu kinerja solder.

Biasanya pembersih solder ini berupa serabut pembersih cucian yang terbuat dari almunium, dan untuk penambahnya kita gunakan clean gell yang bisa kita dapatkan ditoko elektronik terdekat.

4. Keempat

Setelah poin ketiga diatas telah kita siapkan barulah kita bisa memulai menyolder komponen, siapkan timah untuk paduan saat kita menggunakan solder, timah bisa dapatkan ditoko elektronik terdekat.

Cara menggunakan solder agar komponen dapat menyatu dengan papan PCB, kita tempelkan timah yang telah kita siapkan ke solder.

Selanjutnya timah akan meleleh seperti cairan, setelah itu letakan cairan timah tersebut ke komponen yang akan kita satukan ke papan PCB.

5. Kelima

Berhati-hatilah saat menyatukan komponen menggunakan solder karena kita perlu latihan agar dapat menghasilkan solderan yang bagus.

Baca =>> Contoh Induksi Elektromagnetik

Proses Penyolderan

Proses Penyolderan
ilmuteknisi.com
  1. Sebelum melulai menyolder, bersihkan terlebih dahulu PCB yang akan digunakan.
  2. Siapkan komponen yang ankan disolder, jangan lupa periksa dulu komponen yang akan disolder dan bisa juga dibersihkan.
  3. Siapkan solder yang telah dipanaskan.
  4. Selanjutnya pasang komponen ke PCB, ingat ketika kita menyolder komponen, lebih baik pasang satu-persatu jangan sekaligus semua komponen kita pasang ke PCB.
  5. Ketika memasang komponen ke PCB bengkokkan kaki komponen hingga kira-kira kita mudah untuk menyolder komponen tersebut.
  6. Pastikan komponen yang akan disolder itu benar, jangan sampai salah komponen.
  7. Jika kita ingin melepas hasil solderan kita, gunakanlah sedot timah. Caranya sangat mudah cukup panaskan kembali solderan yang telah mengeras dengan menggunkan solder tersebut, kemudihan lanjutkan sedot timah tersebut dengan alat sedot timah.

Demikianlah ulasan artikel ini, mengenai pengertian solder, cara penggunaanya, jenis-jenis solder yang baik beserta manfaat solder. Sekian, semoga informasi-informasi diatas dapat bermanfaat, Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel