3 Pakaian Adat Banten Lengkap dengan Gambar - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Pakaian Adat Banten Lengkap dengan Gambar

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 24 January 2022 ∙ 7 menit membaca

Pakaian adat Banten – Banten merupakan provinsi yang terletak dibagian barat dekat dengan DKI Jakarta, Banten dulunya merupakan daerah yang masih ikut dengan provinsi Jawa Barat. Namun sejak 2000 benten telah pecah menjadi kota atau provinsi sendiri. Sedangkan untuk sejarah kebudayaan masyarakat adat banten memang dari dulu sudah tercampur oleh budaya sunda dan budaya-budaya lainnya.

Penyebab adanya percampuran budaya adat Banten dikarenakan banyaknya orang luar yang masuk ke daerah Banten melalui Jalur Laut. Salah satu contoh budaya adat Banten yang telah tercampur hingga sekarang sudah menjadi kebanggaan masyarakat adat banten adalah Pakaian adatnya yang merupakan pakaian khas serta memiliki keunikan hingga kini dapat dikenal hingga ke-luar daerah.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas berbagai informasi mengenai pakain-pakian adat Banten yang lengkap beserta penjelasanya. Langsung saja mari simak dengan seksama!

Pakaian Adat Banten

Banten merupakan salah kota yang dekat dengan pelabuahn yang selalu ramai oleh pengunjung atau orang-orang dari luar kota atau negeri tujuanya untuk melakukan perdagangan. Oleh sebab itulah tidak heran jika ada begitu banyak kebudayaan adat Banten yang ada pada daerahnya.

Hal ini dikarenakan adanya pendatang yang berasal dari luar dan setiap orangnya tentunya memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Sehingga dari situlah tercipta berbagi adat kebuyaan Banten salah satunya ada pakaian adat Banten, alat musik tradisional Banten, dan musik khas Banten.

Pakaian Adat Banten Beserta Gambarnya

Berikut adalah pakaian adat Banten:

  • Pakain adat pengantin
  • Pakaian adat pangsi
  • Pakaian adat Baduy yang dibagi menjadi dua macam yakni luat dan dalam

Di bawah ini adalah penjelasanya mengenai berbagai adat Banten yang ada seperti diatas yang pertama.

Baca juga: Pakaian Adat Aceh dan Penjelasannya

Pakaian Adat Pengantin

Pakaian adat yang pertama yakni baju penganten. Ini merupakan pakaian yang biasa digunakan oleh sepasang mempelai yang sedang akan melangsungkan sebuah resepsi pernikahan. Coba kita lihat dari tampilan motif dan modelnya, pada dasarnya pakaian adat Banten memang sangat begitu mirip dengan pakaian pengantin adat Sunda.

Hal ini dikerenakan dulunya pakaian adat Banten juga pernah dipengaruhi oleh adat sunda, jadi tidak heran jika pakaian ini memiliki kemiripan dengan pakaian adat Sunda. Selain itu pakaian adat untuk pria, biasanya memiliki pakaian perlengkapan pengantin tambahan yang digunkanya di antaranya seperti:

  • Baju koko dengan kerah sebagai atasan
  • Kain samping sebagai bawahan
  • Penutup kepala
  • Sabuk atau ikat pinggang dari kain batik dengan motif serupa
  • Selop
  • Keris atau golok

Sedangkan pakaian adat Banten untuk wanita, juga memiliki pakaian perlengkapan pengantin yang biasa digunakan seperti:

  • Baju kebaya untuk bagian atasan
  • Kain samping atau bisa juga batik untuk bawahan
  • Selendang yang diselempangkan ke bahu
  • Penutup kepala biasanya terdiri atas kembang goyang yang berwarna keemasan dan terdapat sebuah susunan bunga melati yang biasa diselipkan di bagian sanggul.

Baca juga: Mengenal Ciri dan Macam-Macam Rumah Adat Jawa Barat

Pakaian Adat Pangsi

Pakaian adat Banten pangsi merupakan pakaian adat yang sangat dikenal di wilayah masyarakat sunda sebagai salah satu pakaian adat Jawa Barat. Namun, pada saat ini masyarakat Banten juga sudah menggunakan pakaian adat pangsi tersebut sebagai baju kesehariannya.

Tidak hanya itu saja. Bahkan ternyata pakaian adat pangsi ini juga sudah sering digunkan dalam sebuah latihan silat tradisional yang biasa sering digelar oleh masyarakat Banten. Selain itu perlu kita ketahui bahwa sebutan pakaian adat pangsi juga merupakan singkatan dari Pangeusi Numpang ka Sisi yang memiliki makna pakaian penutup badan.

Untuk cara pemaikanya baju adat pangsi ini dengan cara dibelitkan dan menumpang seperti ketika kita memakai sarung. Lalu pakaian pangsi ini juga terdiri atas tiga susunan diantaranya ada tangtung, nangtung, dan samping. Untuk pakaian pangsi ini lebih di dikhusuuskan untuk digunakan kaum pria saja.

Baca juga: Pakaian Adat Bengkulu

Pakaian Adat Baduy

Pakaian Adat Baduy

Pakain adat Baduy merupakan salah satu pakaian yang biasa dikenakan oleh masyarakat Banten yang pada dasarnya pakaian adat Baduy ini berasal dari sebuah suku Baduy. Suku Baduy atau yang lebih sering dikenalnya dengan suku asli masyarakat Banten.

Tidak Cuma ini saja, bahkan suku baduy juga dikenal dengan suku yang sifatnya lebih menutup diri dari adanya pengaruh-pengaruh luar seperti dengan adanya kemajuan teknologi dan perkembangan zaman. Selain itu, suku Baduy juga dibedakan menjadi dua macam yakni suku Baduy dalam (yang dimana suku ini tidak ingin menerima dan tidak ingin berinteraksi dengan masyarakat luar).

Sedangkan suku Baduy luar (suku ini masih bisa dan ingin menerima serta ingin berinteraksi dari masyarakat luar, namun dengan batasan-batasan tertentu). Jika dilihat dari kedua jenis suku Baduy ini memang seperti memiliki perbedaan yang mencolok baik dari segi pakaian adatnya dan lainya, nah keterangan lebih jelasanya lihat penjelasanya di bawah ini:

1. Pakaian Adat Baduy Dalam

Pakaian suku adat Baduy dalam merupakan pakaian yang memang lebih cendrung seperti memakai baju dengan berwarna putih polos atau biasa disebutannya dengan Jamang Sangsang. Penamaan jamang sangsang ini sengaja disesuai dengan bagaimana ketika memakai pakaian tersebut. Baju Jamang Sangsang sendiri biasanya dipakai dengan cara digantungkan di badan.

Pakaian jamang sangsang ini memiliki lubang dibagian lengan dan leher tanpa adanya kerah. Selain itu pakaian jamang sangsang ini juga tidak memiliki kancing dan saku. Dalam proses pembuatan baju jamang sangsang ini dijahit dengan menggunakan tangan dan untuk bahan sendiri terbuat dari pintalan kapas asli yang berasal dari hutan.

Sedangkan untuk menutupi badan bagian bawahnya, biasanya masyarakat suku Baduy menggunakan sarung yang berwarna hitam dan biru tua yang diikatkan dipinggang. Lalu ada juga ikat kepala yang terbuat dari kain putih yang biasa digunakan sebagai pembatas rambut.

Dibalik dari sebuah penggunaan warna putih ini pada pakaian adat Baduy dalam, memang memiliki makna bahwa mereka tetap suci dan belum terpengaruhi oleh budaya luar yang katanya lebih cenderung dapat merusak moral.

2. Pakaian Adat Baduy Luar

Pakaian adat Baduy luar merupakan salah satu pakaian adat Banten yang memiliki warna hitam. Dibalik warna hitam ini memilki sebuah makna dari nama baju kampret atau (baju kelelawar). Untuk tampilan baju Baduy luar ini memiliki model yang dinamis dan elegan.

Di masyarakat Baduy luar ini kita bisa menemukan berbagai jahitan mesin, kancing, kantong, selain itu bahan yang digunakanya dapat berupa dari berbagai bahan, intinya tidak harus berupa kapas murni. Selain itu kita juga dapat membedakan orang suku Baduy luar dengan orang seku baduy dalam salah satunya dengan cara melihat dari ikat kepala yang digunakanya.

Biasanya ikat kepala yang digunakan oleh orang suku Baduy luar memilik warna biru tua dan bermoti batik. Sedangkan untuk orang suku Baduy dalam umunya lebih menggunakan ikat kepala dengan warna putih.

Baca juga: Pakaian Adat Dayak Lengkap dengan Gambar

Pakaian Adat Banten Modern

Pakaian Adat Banten Modern

Masyarakat Banten memang memiliki pakaian adat tersendiri yang umunya digunakan untuk acara pernikahan atau pengantinan. Baju pengantin Banten terdiri atas pakaian adat pria dan pakaian adat Banten wanita yang di lengkapi berbagai aksessoris lainya seperti halnya dengan penutup kepala, baju koko, kain samping, ikat pinggang, selop.

Sedangkan pakaian adat Banten untuk wanita ada hiasan-hiasan yang berupa seperti kembang giyang, rangkaian bunga melati, kebaya, selendang, busana bawahan, dan selop. Sedangkan untuk baju adat Banten modern saat ini terdapat tambahan aksessoris-aksessoris lainya yang tujuanya untuk mempercantik tampilan dan modelnya. Namun pada dasarnya bahan dan motifnya tetaplah sama dengan baju adat Banten yang pada sebelumnya.

Nah, itu dia pembahasan kita meneganai pakaian adat Banten yang lengkap dengan penjelasanya, dari situ semoga kita semakin dapat menambah kesadaran kita terhadapat budaya bangsa kita sendiri yang tentunya memiliki makna dan bernilai seni tinggi terutama untuk pakaian adat di nusantara ini.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel