BlogKesehatan12 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
0
0

12 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 7, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat rambutantop-right-banner

Siapa sih yang ga kenal sama buah yang mempunyai bentuk unik satu ini? Rambutan adalah salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Alasannya, tentu karena buah ini hanya bisa tumbuh di daerah tropis saja, dan Indonesia menjadi salah satunya. Ternyata, manfaat buah rambutan banyak loh, Pins!

Menemukan buah yang satu ini tentu saja tidaklah sulit. Karena, tidak hanya di pasar tradisional saja, rambutan mudah di jumpai di kedai toko buah di pinggir jalan, toko buah modern, hingga di penjual keliling sekalipun. 

Beberapa orang tidak mau mengosumsi buah ini karena bentuknya yang terlihat tidak lazim dibandingkan buah-buah lainnya. Karena kulit dari buah rambutan di tumbuhi rambut-rambut.

Walaupun bentuknya yang tidak lazim, namun tahukan kamu bahwa buah rambutan memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kamu. Karena, buah rambutan kaya akan manfaat serat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya. Manfaat buah rambutan sangat beragam, Pins seperti fungsi dari fitur PinValue untuk estimasi harga rumah. Pins bisa menemukan rumah sekunder di kota Bandungan atau rumah baru di kota Depok dengan berbagai infrastruktur dan informasi.

Baca juga:

Rambutan mengandung banyak Vitamin C, tembaga besi, dan beberapa mineral lainnya yang baik untuk kesehatan tulang, rambut, dan juga kulit. Sekitar 100 gram rambutan mengandung 84 kalori. Satu porsi buah yang satu ini mengandung 0,1 gram lemak dan 0,9 gram protein.

Sementara itu, 100 gram buah ini mengandung 40 persen Vitamin C dan sekitar 28 persen zat besi yang sangat berguna untuk kesehatan seseorang pada umumnya.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Dari penjelasan diatas saja kita sudah tahu kalau rambutan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, hal tersebut belum banyak di ketahui oleh banyak orang. 

Nah, kali ini Pinhome akan membahas apa manfaat dari buah rambutan untuk kesehatan tubuh. Simak baik-baik ya penjelasan dibawah ini!

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Rambutan merupakan salah satu buah yang mengandung cukup banyak serat. Kandungan serat ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan proses pengeluaran tinja saat BAB. Dengan mengosumsi rambutan secukupnya, atau dari buah-buahan ataupun sayuran secara rutin akan melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Menjaga Sistem Imun Pada Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, buah rambutan kaya akan Vitamin C yang berguna untuk menyerap zat besi.

Tidak hanya itu, Vitamin C juga mempunyai peran sebagai antioksidan dan dapat menjaga tubuh dari kerusakan sel.

Dengan mengosumsi 5-6 buah rambutan akan memenuhi kebutuhan Vitamin C harian kamu.

Vitamin C juga merupakan salah satu zat yang dapat menjaga imunitas dalam tubuh, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit dan virus.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

manfaat rambutan
(

Manfaat buah rambutan selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa kandungan senyawa fenolik dalam buah rambutan dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Akan tetapi, penelitian itu baru diuji menggunakan tikus bukan manusia. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap hal tersebut.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Sama halnya dengan berbagai jenis buah lainnya yang mengandung kalium, buah rambutan memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang mempunyai peran besar dalam menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam rambutan juga berperan untuk mengurangi peradangan, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

5. Menjaga Kesehatan Mata

(

Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan kamu. Kekurangan Vitamin yang satu ini dapat menyebabkan kerusakan mata atau komplikasi ringan pada mata. Dengan mengonsumsi buah rambutan secara rutin, akan membuat kamu terhindar dari penyakit tersebut. Karena buah rambutan kaya dengan Vitamin A dan Vitamin C yang mempunyai manfaat baik untuk kesehatan mata kamu.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sama seperti buah lainnya, rambutan dapat membantu Pins dalam melakukan program penurunan berat badan. Dalam 100 gram buah rambutan, terkandung 75 gram kalori dan 2 gram serat. 

Nutrition Review mengatakan bahwa kandungan serat yang tinggi pada buah rambutan dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Oleh karena itu, hal tersebut dapat membantu kamu dalam proses penurunan berat badan. Jangan lupa untuk berolahraga saat diet juga ya, Pins!

Hal ini bisa terjadi karena serat larut yang terkandung dalam buah rambutan akan membentuk gel pada usus. Gel ini lah yang membuat efek kenyang lebih lama, karena dapat memperlambat penyerapan nutrisi dalam usus.

7. Membantu Mengatasi Infeksi

Manfaat buah rambutan selanjutnya yaitu berguna untuk mengatasi infeksi pada tubuh.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan Vitamin C yang ada pada rambutan dapat mendorong sel darah putih yang berfungsi untuk meredakan infeksi.

8. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Manfaat buah rambutan selanjutnya yaitu dapat menurunkan risiko batu ginjal.

Dengan mengosumsi kalium yang lebih besar, melalui buah-buahan seperti rambutan, dapat meningkatkan resorpsi kalsium pada ginjal.

Hipotesis ini telah didukung oleh beberapa studi observasi yang menjelaskan asupan kalium yang lebih tinggi dengan tingkat perkembangan batu ginjal yang lebih rendah.

9. Dapat Mencegah Anemia

Anemia adalah masalah yang sangat umum bagi wanita yang sedang mengalami masa menstruasi. Pada kondisi ini, seseorang dapat merasa lemas karena kehilangan eritrosit yang berlebihan. Buah rambutan bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah anemia. Karena di dalam manfaat buah rambutan ini terkandung banyak zat besi yang dapat membantu dalam pembentukan eritrosit.

10. Meningkatkan Kesehatan pada Tulang

(

Pengeroposan pada tulang adalah risiko yang pasti dialami oleh semua orang, seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, hal tersebut dapat dihindari dengan mengganti pola hidup yang lebih sehat dan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Mengonsumsi buah-buah, seperti rambutan, dapat memberikan efek pada kesehatan dan kekuatan pada tulang.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan buah rambutan mengandung kalium, yang dapat menjaga kesehatan pada tulang. Dengan mengurangi eksresi kalium melalui urine, manfaat buah rambutan bisa mencegah terjadinya perombakan tulang dan osteoporosis.

11. Bermanfaat Untuk Kesuburan

Bagi Pins yang sedang berusaha untuk hamil, dapat memberikan manfaat buah rambutan yang baik. Buah rambutan sama seperti buah jeruk yang adalah buah kaya akan Vitamin C dan bagus untuk regenerasi sperma yang sehat.

Risiko kejantanan atau kemandulan dapat dikurangi dengan mengosumsi buah rambutan secara rutin. Karena kaya akan zat besi, rambutan juga menjadi camilan yang luar biasa untuk ibu hamil karena membantu menjaga kadar hemoglobin.

12. Membuat Rambut Lebih Sehat

Buah rambutan mengandung seng dan protein yang berguna untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut yang lebih baik. Mengosumsi buah rambutan secara rutin dapat memberikan hasil yang sama seperti menggunakan krim dan sampo yang mahal. Selain itu merawat rambut dapat dilakukan dengan menggunakan minyak kemiri.

Demikian penjelasan dari buah rambutan yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Nah, mulai sekarang masukan rambutan kedalam menu harian kamu. Agar bisa mendapatkan manfaat seperti yang sudah Pinhome jelaskan diatas. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Grand Sharon Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download