BlogLifestyleKesehatanTidak Selalu Buruk, Ini 7 Manfaat Minum Sprite dan Minuman Bersoda Lainnya
0
0

Tidak Selalu Buruk, Ini 7 Manfaat Minum Sprite dan Minuman Bersoda Lainnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Manfaat Minum Spritetop-right-banner

Minuman berkarbonasi memang sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus pada saat cuaca sedang panas. Contohnya sprite, minuman yang satu ini menjadi favorit di masyarakat. Akan tetapi, minuman bersoda seperti sprite dianggap dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan karena kandungannya yang rendah akan gizi. Padahal, terdapat juga manfaat minum sprite yang jarang diketahui.

Minuman berkarbonasi adalah air yang disuntikkan dengan gas karbon dioksida. Karbondioksida inilah yang akan memunculkan gelembung-gelembung khas pada air soda. Kamu mungkin pernah berfikir bahwa gelembung pada air berkarbonasi ini tidak punya efek pada tubuh. Faktanya gelembung tersebut dapat memberikan pengaruh untuk kesehatan tubuh kamu lho.

Walaupun jika mengonsumsi minuman bersoda dapat memberikan efek samping yang buruk, akan tetapi minuman bersoda juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Air yang mengandung karbon dioksida ini akan membuat cairan bersoda dan berbuih dan bisa memberikan banyak manfaat seperti minum air putih. Lalu apa saja manfaat dari minum sprite?

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Fasad Roster yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga: 

Manfaat Minum Sprite dan Minuman Bersoda Lainnya

Manfaat Minum Sprite
Source : Pinterest

Seperti yang sudah dijeskan diatas air soda atau carbonated water merupakan air yang terbentuk dari proses karbonasi. Proses ini dapat terjadi secara alami ataupun secara buatan. Pada umumnya soda juga mengandung magnesium, kalsium, kalium, dan natrium. Terdapat beraneka raga mineal inilah yang dipercaya membuat air soda mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat minum bersoda untuk kesehata tubuh!

1. Memberikan Rasa Kenyang dan Menjaga Berat Badan

Source : Pixabay

Manfaat air soda yang pertama adalah dapat memberikan rasa kenyang dan menjaga berat badan. Terdapat riset yang mengatakan bahwa minum air putih atau air soda setidaknya 30 menit sebelum makan dapat membuat tubuh kamu lebih cepat kenyang, oleh karena itu kamu dapat mengurangi porsi makan dan menghindari makan yang berlebihan.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengontrol nafsu makan dan berat badan pun akan lebih mudah untuk dijaga. Akan tetapi, untuk manfaat yang ini, kamu dapat memilih air soda yang tidak mengandung banyak gula.

2. Membantu dalam Mengatasi Gangguan Menelan

Air soda kaya akan gas karbondioksida yang berguna untuk meningkatkan kemampuan menelan pada tenggorokan, apalagi untuk lansia dan penderita disfagia. Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi air berkarbonasi, yaitu air soda, bisa membantu membersihkan tenggorokan dan merangsang kempuan menelan pada tubuh, sehingga dapat membantu orang yang mempunyai masalah susah menelan untuk dapat makan dan minum lebih lancar.

Walaupun begitu, gangguan menelan disfagia belum cukup terbukti dapat diobati dengan air soda. Oleh sebab itu, jika kamu mengalami gangguan menelan seperti disfagia, lebih baik kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

3. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Kulit

Source : Pixabay

Suatu penelitian mengatakan bahwa kandungan gas karbon dioksida, air, dan mineral pada air soda mempunyai manfaat untuk melancarkan aliran darah pada kulit dan juga membersihkan kulit dari kuman dan debu.

Oleh sebab itu, kamu dapat mencoba menggunakan air soda untuk mencuci muka dan mandi, agar kuli kamu tetap sehat dan bersih. Namun, lebih baik kamu berkonsultasi terlebih ke dokter kulit jika pernah atau menderita penyakit kulit tertentu.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Air soda mempunyai kandungan magnesium dan kalsium yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang. Menurut penelitian, air berkarbonasi dengan kandungan kedua mineral ini dikatakan dapat membantu membuat tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

Walaupun demikian, asupan kalsium berasal dari air soda saja tidak cukup, karena kebutuhan kalsium yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat sekitar 1.200 mg per harinya.

Hindari juga mengonsumsi air soda yang mengandung asam fosfat, karena zat ini justru akan dapat mengganggu proses penyerapan kalsium ke tulang ,sehingga tulang akan berisiko mudah untuk keropos dan melemah.

5. Mengatasi Sembelit

Source : Pixabay

Manfaat minum sprite dan minuman bersoda berikutnya yaitu dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mengatasi sembelit.

Hasil dari sebuh studi pada 40 orang dewasa tua yang pernah mengalami stroke, rata-rata mengalami frekuensi buang air besar 2x lipat ketika minum minuman bersoda, salah satunya yaitu sprite. Tidak hanya itu, beberapa responden penelitian melaporkan terdapat penurunan gejala sembelit sebesar 58%.

Ada juga penelitian terkontrol yang melibatkan 21 orang partisipan dengan masalah pencernaan kronis yang mengonsumsi minuman bersoda selama 15 hari berturut-turur.

Hasilnya melihatkan terdapat pengurangan gejala gangguan pencernaa yang signifikan, termasuk sembelit dan pengosongan kantong empedu, Oleh karena itu harus diingat jika manfaat minum sprite atau minuman bersoda yang lain bukanlah cara yang sehat untuk melancarkan pencernaan.

6. Meredekan Sakit Ulu Hati

Mengonsumsi sprite atau minuman bersoda lainnya dapat membantu meredakan nyeri pada bagian ulu hati. Walaupun bersifat asam, air berkarbonasi dapat membantu kamu dalam meredakan nyeri ulu hati karena meningkatknya asam lambung tanpa gangguan organ lambung. Hal ini disebabkan oleh air bersoda dapat meningkatkan aktivitas lambung.

7. Mengobati Keracunan Jengkol

Minum sprite atau air soda lainnya juga dipercaya dapat mengobati keracunan jengkol. Riset mengatakan bahwa konsumsi air soda dapat menyembuhkan kerusakan ginjal akut yang diakibatkan keracunan jengkol.

Hal ini disebabkan karena air soda dapat meningkatkan keasaman (pH) pada daarah, sehingga kadar pH ginjal yang terlalu asam akan kembali seimbang.

Itu dia beberapa manfaat minum sprite dan minuman bersoda lainnya untuk kesehatan tubuh. Walau begitu, kamu tetap harus mengontrol ketika meminum air soda karena jika berlebihan tetap saja akan berbahaya untuk tubuh kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Featured Image Source: Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Mutiara Gading City dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download