BlogLifestyleKesehatan8 Manfaat Makan Bunga Kantil yang Baik untuk Tubuh
0
0

8 Manfaat Makan Bunga Kantil yang Baik untuk Tubuh

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Agu 6, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Bunga kantil dikenal dengan mitosnya.top-right-banner

Bunga kantil selama ini dikenal sebagai tumbuhan mistis. Namun ternyata terdapat banyak manfaat makan bunga kantil bagi kesehatan, termasuk untuk kecantikan.

Bunga yang satu ini memang unik dan ada aroma tersendiri. Lalu apa manfaat makan bunga kantil yang perlu diketahui?

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang bunga kantil, bagi Kamu yang sedang mencari info terkait perumahan di Depok atau rumah bekas di Tangerang Selatan, Kamu dapat mengunjungi PinValue.

Melalui Pinhome.id, Kamu juga bisa mendapatkan berbagai kebutuhan dalam mencari Rumah Ekslusif seperti di Bali Resort Tangerang.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Bunga Geranium Pengusir Nyamuk dan Lainnya

Sekilas Tentang Bunga Kantil

Ada banyak manfaat makan bunga kantil.
Source : Freepik

Bunga kantil dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia, karena dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan iklim tropis. Dengan panjang sekitar 2 hingga 4,5 cm, bunga berwarna putih ini memiliki aroma yang khas dan diyakini memiliki banyak manfaat.

Menurut informasi yang tertera di Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, bunga kantil memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, antimikroba, antidiabetik, dan analgesik. Tumbuhan ini juga mengandung berbagai zat bermanfaat seperti alkaloid, saponin, asam palmitat, asam oleat, asam karbonil, dan lain-lain.

Dengan banyaknya kandungan positif ini, tidak mengherankan jika bunga kantil sering digunakan sebagai bahan dalam ramuan herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Namun banyak sumber yang menyebutkan manfaat bunga ini sebagai berikut:

1. Ritual Tradisional

Bunga kantil umumnya dipakai untuk menghias rambut yang diikat atau hiasan pada senjata warisan nenek moyang seperti keris dalam berbagai upacara adat pernikahan di masyarakat Jawa dan Bali.

2. Digunakan untuk Menguji Keperawanan

Terdengar aneh memang, tetapi begitulah mitosnya. Menurut cerita rakyat Jawa kuno, bunga ini dapat memberikan petunjuk apakah seorang wanita masih perawan atau tidak.

Caranya cukup sederhana. Cukup pasangkan bunga ini pada mempelai wanita. Jika aromanya tidak muncul dan bunga tidak mekar, maka artinya mempelai wanita tersebut tidak perawan.

Namun, jika kuncup bunga terbuka dan aromanya masih kuat, maka wanita tersebut masih perawan.

3. Pengusir Gangguan Gaib

Gangguan gaib atau yang sering disebut sebagai “sawan” adalah fenomena aneh yang umumnya dialami oleh bayi dan anak kecil. Anak yang mengalami serangan sawan biasanya akan menangis tanpa henti.

Suhu tubuhnya juga bisa naik tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Kejadian ini sering dihubungkan dengan kedatangan makhluk gaib yang menghinggapi anak tersebut.

Makhluk gaib ini sering kali terikat pada anak setelah anak tersebut mengunjungi tempat tertentu, seperti makam atau rumah orang yang baru saja meninggal dunia.

Bunga kantil diyakini dapat menghindarkan serangan sawan. Oleh karena itu, bunga ini sering ditanam di sekitar tempat pemakaman dan ditaburkan di makam orang yang baru meninggal.

Dengan demikian, diharapkan makhluk gaib tidak ikut pulang bersama jenazah.

Baca juga: 15 manfaat bunga lawang untuk kesehatan

8 Manfaat Makan Bunga Kantil untuk Tubuh

Salah satu manfaat makan bunga kantil untuk kesehatan.
Source : Freepik

Berikut ini adalah berbagai manfaat makan bunga kantil yang mungkin jarang diketahui:

1. Meredakan Gejala Flu

Bunga kantil memiliki keajaiban dalam meredakan demam dan hidung tersumbat akibat flu. Untuk mengaplikasikannya, langkah pertama adalah mengeringkan bunga kantil dengan seksama.

Setelah kering, seduh bunga kantil dengan air hangat sehingga menjadi minuman herbal yang menyegarkan.

2. Menyembuhkan Perut Kembung dan Mual

Bukan hanya itu, bunga kantil juga bermanfaat dalam mengatasi perut yang kram, kembung, dan mual. Caranya adalah dengan mencuci bersih 5 kuntum bunga kantil putih, 5 gram kulit keruk keprok, 3 butir kapulaga, 15 gram jahe, dan 700 cc air.

Kemudian, rebuslah semua bahan hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi sekitar 300 cc. Ramuan herbal ini dapat diminum saat masih hangat untuk meredakan masalah sakit perut akibat menstruasi atau menopause.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bunga kantil juga memiliki khasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Proses pengolahannya melibatkan pengeringan bunga kantil di tempat yang teduh, kemudian dicampur dengan madu.

Ramuan ini sebaiknya diminum setiap pagi untuk menjaga tubuh tetap kuat dan bugar.

4. Merawat Kesehatan Mata

Bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, masalah mata lelah dan berair mungkin kerap terjadi. Solusi alami untuk mempertajam penglihatan dan menjaga kesehatan mata adalah mengonsumsi ramuan bunga kantil.

Caranya cukup mudah, rebus beberapa kuntum bunga kantil, dan untuk menambah cita rasa, Kamu bisa menambahkan sedikit gula aren. Minuman herbal ini bisa diminum setiap hari guna mendapatkan penglihatan yang tajam dan mata yang sehat.

5. Penangkal Masalah Kemih

Bunga kantil ternyata juga memiliki manfaat dalam mengatasi masalah pada sistem kemih, seperti iritasi kandung kemih atau masalah kencing lainnya. Kamu bisa merebus bunga kantil dan mengonsumsinya pada pagi dan sore hari.

Mengonsumsi bunga kantil secara rutin dapat membantu meredakan nyeri saat buang air kecil dan memperlancar aliran urin.

6. Menyembuhkan Masalah Lambung

Iritasi pada lapisan lambung atau kerongkongan pun dapat diatasi dengan bantuan bunga kantil. Ekstrak bunga kantil dapat diolah menjadi minuman herbal yang efektif dalam meredakan beragam masalah lambung.

7. Penyembuh Masalah Kulit

Berbagai manfaat makan bunga kantil.
Source : Freepik

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, bunga kantil juga memiliki potensi dalam merawat kecantikan kulit. Bunga kantil bisa dimanfaatkan untuk mengobati gangguan kulit seperti kusta, bisul, dan masalah kulit lainnya.

Oleskan ekstrak bunga atau pohon kantil pada area kulit yang bermasalah, biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

8. Mengatasi Vertigo

Bagi penderita vertigo, pusing berkepanjangan bisa sangat mengganggu. Untuk meredakannya, rupanya bunga kantil putih dapat menjadi solusi yang efektif.

Caranya, rebuslah 5-7 kuntum bunga kering dengan 500 mililiter air bersih. Rebus hingga air tersisa separuh. Setelah matang, minumlah air rebusan tersebut selagi masih hangat.

Itulah 8 manfaat makan bunga kantil bagi kesehatan. Walaupun bunga ini diyakini memiliki manfaat yang baik, tetaplah hati-hati dan jangan sembarangan dalam mengonsumsinya.

Terutama jika Kamu mengalami masalah kesehatan, lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang dokter.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download