BlogPemilik PropertiDesain HunianKenapa Rumah Amerika Tidak Ada Pagar? Ini Alasannya!
0
0

Kenapa Rumah Amerika Tidak Ada Pagar? Ini Alasannya!

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Kenapa Rumah Amerika Tidak Ada Pagartop-right-banner

Bagi yang suka menonton film Hollywood bertema keluarga, kamu pasti bisa membayangkan seperti apa rumah-rumah di Amerika. Salah satu yang mencolok adalah deretan rumah tanpa pagar di depan. Kenapa rumah Amerika tidak ada pagar?

Memang, Hollywood seringkali mendramatisir sesuatu saat membuat film. Namun dalam perkara rumah tanpa pagar ini mereka tidak mengada-ada. Ya, rumah-rumah di Amerika memang tidak memiliki pagar di depan dan itu memiliki alasan yang kuat. 

Sebelum lanjut, kamu bisa memilih salah satu rumah di perumahan di Bekasi seperti Cluster Rosella dan Casa Alaia Residence. Buat kamu yang ingin tahu harga rumah bekas di Kec Tangerang bisa memanfaatkan fitur PinValue dari Pinhome. 

Baca juga: Fasad Rumah Minimalis dan Cara Menentukan Desain yang Tepat

Kenapa Rumah Amerika Tidak Ada Pagar?

Kenapa Rumah Amerika Tidak Ada Pagar
Source : Pixabay

Amerika Serikat adalah negara nomor 1 di dunia secara perekonomian dan militer. Hal ini membuat mereka menjadi negara maju dengan kedisiplinan tingkat tinggi, termasuk soal perumahan. 

Sudah menjadi rahasia bahwa Amerika Serikat membagi kota-kota mereka berdasarkan konsentrasi masing-masing, seperti kota pemerintahan, kota industri, kota pusat keuangan, hingga kota hiburan dan sebagainya. Namun ternyata mereka juga membagi area berdasarkan kekayaan penduduknya. 

Melansir Forum Daily, di dalam satu area, masyarakat akan hidup dengan pendapatan yang kurang lebih sama per keluarga. Sehingga yang kaya akan bersosialisasi dengan yang kaya, yang menengah dengan sejenisnya, dan seterusnya. 

Sebenarnya, konsep ini terjadi secara alami. Awalnya ada seseorang memiliki tanah yang cukup luas lalu membangun kompleks perumahan dengan desain rumah-rumah yang sama. Setelah jadi, perumahan inipun dijual dengan harga yang relatif sama. Sehingga orang yang membeli dan menempati perumahan memiliki kekayaan yang hampir setara. 

Praktik seperti ini terus berulang dan terjadi di banyak titik. Ada orang yang membangun kompleks perumahan mewah untuk orang-orang kaya, ada yang membangun perumahan menengah, dan ada yang membangun perumahan sederhana. Akhirnya, masing-masing area terkonsentrasi berdasarkan pendapatan dan kekayaan masyarakatnya. 

Dengan begitu, sebuah area perumahan dihuni oleh orang-orang yang sama secara pendapatan. Hal ini pada akhirnya meminimalisir tindakan kriminal yang mungkin dilakukan oleh sesama penghuni. Maka rumah-rumah itupun dibiarkan tanpa ada pagar. 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Fasad Rumah Industrial

Alasan Rumah Amerika Tidak Ada Pagar

Kenapa Rumah Amerika Tidak Ada Pagar
Source : iStock Photo

Selain penjelasan di atas, ada beberapa alasan yang membuat kenapa rumah Amerika tidak ada pagar. Alasan-alasan itu mencakup faktor keamanan, kepentingan utilitas, estetika, dan kenyamanan. Berikut ulasan masing-masing alasan tersebut.

1. Alasan Keamanan

Di banyak negara bagian, memasang pagar di pintu masuk rumah adalah tindakan ilegal. Pasalnya, adanya pagar dianggap sebagai penghalang bagi mobil pemadam kebakaran untuk masuk jika terjadi kebakaran.

Faktanya, rumah-rumah indah Amerika paling sering terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Fasad rumahnya terbuat dari kayu, dan dindingnya terbuat dari eternit.

Akibatnya jika terjadi kebakaran, seluruh area mudah terbakar karena api akan menjalar dari rumah ke rumah. Jadi sangat penting untuk segera melokalisasi api. Untuk melakukan ini, pemadam kebakaran harus bisa berkendara hingga dekat dengan rumah.

Selain itu, layanan darurat lainnya, seperti polisi, juga harus punya akses ke rumah tersebut. Hal ini terutama ketika dalam kondisi darurat yang mengharuskan polisi bisa mendekat sedekat mungkin dengan rumah.

2. Kepentingan Utilitas

Alasan kenapa rumah Amerika tidak ada pagar berikutnya berkaitan dengan kepentingan utilitas. Amerika sama seperti Indonesia dan negara lain, yaitu adanya petugas utilitas yang datang ke rumah untuk melakukan pemeriksaan berkala seperti memeriksa meteran listrik

Peralatan yang diperiksa secara berkala memang berada di luar rumah untuk memudahkan petugas. Maka dengan tidak adanya pagar, petugas bisa semakin mudah lagi saat melakukan pemeriksaan karena tidak perlu menggedor pagar atau membunyikan bel. 

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Ala Villa Bali Yang Nyaman Dan Asri

3. Kenyamanan

Rumah amerika tidak ada pagar
Source : iStock Photo

Masyarakat Amerika biasanya memiliki garasi mobil di rumah mereka. Dengan begitu, mereka perlu mencari cara untuk dapat keluar dan masuk rumah dengan nyaman menggunakan mobil. Maka pagar pun dihilangkan sehingga tidak perlu membuka dan menutup pintu ketika keluar atau masuk. 

Kenyamanan ini tentunya tidak hanya untuk pemilik rumah, tapi untuk masyarakat yang tinggal atau melintas di sekitarnya. Biasanya, membuka dan menutup pagar untuk mobil masuk bisa menimbulkan antrean kendaraan di belakangnya.

4. Alasan Estetika

Pagar memang berdampak negatif terhadap penampilan seluruh jalan. Oleh karena itu, di daerah yang layak, pagar yang besar adalah perilaku yang buruk. Meskipun orang Amerika masih memiliki pagar, namun pagar tersebut terletak di sisi lain rumah.

Pagar di Amerika Serikat sering ditemukan di halaman belakang, sehingga orang tua bisa membiarkan anak mereka bermain dengan aman dan tidak khawatir mereka akan pergi terlalu jauh. Atau ada juga pagar di rumah hook yang memiliki beberapa sisi untuk masuk.

Itulah beberapa alasan kenapa rumah Amerika tidak ada pagar. Sepertinya, beberapa perumahan di Indonesia juga sudah menerapkan hal ini, yaitu pengelompokan area berdasarkan pendapatan dan kekayaan penghuninya. Kamu juga sudah bisa melihat rumah tanpa pagar di beberapa area di Indonesia. 

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Bali Resort Tangerang dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download