Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Kenali Bahan Sintetis yang Dapat Digunakan untuk Membuat Anyaman

Hobi

Kenali Bahan Sintetis yang Dapat Digunakan untuk Membuat Anyaman

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 30 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Salah satu replika nomor satu dari bahan alam yang digunakan untuk perabot rumah tangga adalah bahan sintetis. Bahan sintetis diciptakan memang untuk membuat replika dari bahan alam asli dengan harga yang relatif murah dan memiliki tingkat daya tahan yang lebih lama. Bahan sintetis pun banyak digunakan untuk pembuatan anyaman sederhana maupun rumit. Sebelum melihat hasil dari anyaman dengan bahan sintetis, kenali dulu yuk bahan sintetis anyaman terbaik. Bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman adalah bahan yang mampu awet dan fleksibel saat dibentuk. Hal tersebut akan mempengaruhi kualitas dari perabot maupun aksesoris itu sendiri.

Pinhome – Bahan sintetis bukan merupakan bahan alam asli melainkan buatan manusia. Diproses dengan pencampuran bahan kimia, membuat bahan ini layak diperhitungkan menjadi alternatif bahan perabot rumah maupun aksesoris. Bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman adalah bahan dengan kandungan serat mikro-tekstil komposit, PVC maupun poliuretan.

Baca Juga: Murah Meriah Daftar Harga Lemari Plastik Super Awet

Salah satu contohnya seperti pembuatan anyaman, baik dalam aksesoris maupun furniture di rumah anda. Semua melalui proses untuk membuatnya kuat dan memiliki tingkat kemiripan tinggi dengan bahan aslinya. Bahan-bahan anyaman ini sudah melalui proses panjang hingga sampai ke tangan konsumen. Di bawah ini, Pinhome akan menyajikan informasi mengenai mana bahan sintetis yang tepat beserta contohnya untuk digunakan dalam pembuatan sebuah anyaman. Tidak harus mahal, bahan-bahan anyaman di bawah ini juga dapat anda temukan di rumah.

Baca Juga: Pilihan Model Meja TV Minimalis Untuk Ruang Keluarga

Pita Anyaman

(shopee.co.id)

Bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman yang pertama adalah pita. Pita yang sering kita gunakan sebagai pembungkus hadiah maupun hiasan dalam hampers bisa anda gunakan menjadi aksesoris rumah tangga. Salah satunya adalah sarung bantal. Menarik ya Pins? Lihat hasil dari bahan-bahan anyaman pita di atas? Cocok menghiasi ruang tamu anda yang terlihat monoton.

Baca Juga: Teralis Jendela Minimalis Untuk Pelindung Rumah Anda

Benang

(instagram.com/dewacolectionbali)

Kerajinan tali makrame memang mulai banyak di pasaran sebagai salah satu aksesoris untuk penambah dekorasi ruangan estetik. Tidak heran anda pasti sering melihat para tiktokers yang mempunyai barang ini dalam kamar tidurnya. Dekorasi hits satu ini, menggunakan bahan-bahan anyaman benang pada umumnya seperti benang nylon dan satin yang dibuat oleh tangan manusia. Apa Pins sudah memilikinya?

Sedotan

bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman adalah
(senibudayaku.com)

Selanjutnya untuk bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman adalah sedotan. Barang mungil satu ini ternyata dapat menghasilkan banyak karya menarik untuk aksesoris rumah tangga lho Pins! Seperti tempat remote televisi, tempat menyimpan ragam kunci, tikar dan lain-lain. Maka dari itu sedotan plastik yang sering anda buang, bisa anda manfaatkan sebaik-baiknya menjadi sampah plastik yang dapat di daur ulang, selain anda juga menyelamatkan bumi, barang perintian di rumah kalian pun akan semakin berwarna.

Rotan Sintetis

bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman adalah
(pinterest.com)

Rotan sintetis merupakan bahan replika dari rotan kayu asli yang dipakai untuk aksesoris maupun perabot rumah tangga. Biasanya berbahan PVC dan HDPE, rotan sintetis masuk dalam daftar bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman dengan menggunakan teknologi. Dikarenakan prosesnya yang melalui teknologi yang cukup canggih, maka pola anyamannya pun dapat teruji rapi dibandingkan rotan asli. Berbeda dengan beberapa bahan-bahan anyaman sederhana di atas. Tidak hanya sampai disitu, kualitas bahannya pun tahan lama dengan motif warna beragam yang menarik. Tidak heran jenis perabot satu ini sering anda jumpai di ruangan outdoor yang sering terpapar oleh sinar matahari maupun hujan.

Kertas

bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman adalah
(bahanperekat.com)

Apa anda masih ingat pembelajaran saat sekolah dasar dahulu? Membuat anyaman dari kertas menjadi salah satu bagian penyaluran kreativitas pada bidang pendidikan. Bukan sekedar sampah belaka, bahan-bahan anyaman dari kertas dapat Pins jadikan dekorasi menarik pada ruang dalam hunian. Setelah Pins menganyam, cobalah untuk menambahkan bingkai pada kertas dan pajang lah di tempat yang selalu terlihat. Apa Pins tertarik? Tidak hanya sebagai lukisan, kertas koran pun dapat menjadi anyaman tempat penyimpanan barang yang unik.

Tali Kur

bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman adalah
(pinterest.com)

Terakhir ada bahan sintetis untuk membuat anyaman adalah tali kur. Tali kur biasa digunakan menjadi salah satu bahan pembuat kerajinan tangan seperti tas rajut. Cocok untuk Pins yang menyukai gaya berpakaian simpel tapi tetap unik. Dipadukan dengan kemeja putih dan celana warna khaki, tas berbahan tali kur akan menarik perhatian khalayak.

Ternyata mengenali bahan sintetis yang dapat digunakan untuk membuat anyaman adalah hal yang cukup menyenangkan ya Pins? Jadi apa Pins sudah ingin membuat karya anyaman sendiri di rumah? Ragam bahan sintetis yang digunakan untuk membuat anyaman adalah bahan-bahan yang terkadang suka terlupa dan terbuang. Maka dari itu, mulai sekarang kenali yuk bahan-bahan yang dapat di daur ulang menjadi perabot atau aksesoris yang menarik. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel