BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Kelebihan Atap Alderon Beserta Kekurangannya
0
0

7 Kelebihan Atap Alderon Beserta Kekurangannya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Des 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Atap alderon merupakan salah satu pilihan jenis atap rumah yang mempunyai ciri khas tampilan yang bergelombang. Atap ini terbuat dari bahan UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) dengan kandungan berkualitas yang membuatnya jadi pilihan teratas.

Atap alderon sendiri pada mulanya sering dipakai sebagai material atap kanopi rumah. Baik diletakan sebagai penutup garasi rumah maupun kanopi rooftop membuat bahan ini dipercaya mampu ditempatkan pada suhu ekstrem dengan manfaatnya yang cukup banyak.

Material atap alderon terkenal sebagai material atap yang ringan dan juga mudah dalam pengaplikasian. Itulah mengapa kini banyak pula hunian bergaya modern memanfaatkan atap alderon sebagai material atap yang digunakan pada bangunan utama.

Desainnya minimalis dengan tampilan bergelombang yang sangat khas. Untuk melindungi rumah dari panasnya terik sinar matahari maupun musim hujan pun, atap alderon sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika Pins tertarik menggunakan atap alderon, Pins haru mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga: 7 Desain Atap Limas Serta Kelebihannya

Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon

Jenis atap alderon
Source : Unsplash

Atap alderon merupakan salah satu jenis atap premium. Bahan yang cenderung ringan dan kandungan UPVC di dalamnya membuat atap satu ini memiliki banyak kelebihan. Kira-kira apa saja kelebihannya?

Kuat dan Tahan Lama

Untuk kekuatan atap alderon kamu tidak perlu khawatir lagi, selain dibuat dari bahan yang berkualitas atap satu ini mempunyai struktur rongga yang padat. Sehingga membuatnya kokoh dan tahan lama. 

Mengandung Material Peredam Panas yang Baik

Untuk kesejukannya sendiri, atap alderon memiliki kandungan peredam panas yang cukup baik. Hal ini membuat penghuni rumah tidak akan merasakan hawa panas akibat adanya serapan panas dari atap rumah. Hunian akan dipastikan sejuk dan nyaman. Rongga udara yang memang terdapat pada material atap ini mampu meredam panas dan membuat ruang di bawahnya semakin sejuk. Hal ini pula dapat membuat temperatur ruang di bawahnya menyesuaikan.

Kedap Suara dan Anti Bising

Kini kamu pun tidak perlu khawatir akan bisingnya suara hujan yang menerpa bagian atap rumahmu. Dikarenakan bahannya yang kedap suara dan anti bising, kamu dan keluarga akan tetap nyaman walaupun saat hujan deras. Dikutip dari Alderon.co.id, di dalam tes laboratorium yang dilakukan pun atap satu ini mampu mengurangi suara yang masuk hingga 27% (ASTM E90).

Tidak Berkarat dan Tahan Terhadap Bahan Kimia

Kelebihan atap alderon lainnya adalah atap satu ini anti karat, sehingga membuatnya tidak mudah rapuh. Selain itu dengan kandungan dari kekebalan reaksi dari berbagai bahan kimia, atap bergelombang ini mampu bertahan dari pengaruh zat-zat yang membahayakan. Salah satunya polusi udara.

Ramah Lingkungan

Nah, yang menarik lagi dari kelebihan atap alderon adalah atap ini masuk dalam kategori atap yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Atap satu ini dapat di daur ulang sehingga atap satu ini memiliki tingkat kelenturan yang baik. Kamu bisa memotong dan membentuknya dengan mudah.

Tidak Merambatkan Api

Selain baik untuk ekosistem lingkungan, atap alderon juga minim akan bahaya kebakaran. Atap satu ini tidak mudah terbakar karena dibuat dari bahan yang tidak merambatkan api. Api yang sudah terlanjur mengenai bahan ini akan mati dengan sendirinya setelah sumber api dijauhkan dari atap.

Baca Juga: 7 Desain Rumah Knock Down

Kekurangan Atap Alderon

Kekurangan atap alderon
Source : Jualo

Walaupun atap satu ini banyak kelebihannya, namun saat memakainya pun kamu harus mengetahui kekurangan atap alderon. Hal ini akan menjadi pelajaran dan mencari solusi terbaik atas kekurangannya. Lihat yuk!

Harga yang Ditawarkan Cenderung Mahal

Untuk kekurangan satu ini, sebenarnya dapat dilihat dari sisi yang lebih luas. Dengan kualitas dari bahan yang premium, tidak heran harganya tentu akan menyesuaikan. Atap alderon memiliki harga lebih tinggi dari jenis atap rumah lainnya.

Warna Kurang Bervariasi

Tidak seperti genteng metal pasir yang memiliki warna yang cukup beragam. Atap alderon memiliki pilihan warna yang kurang bervariasi dan cenderung terbatas. Kamu akan menemukan dua warna dari atap alderon, yaitu warna putih dan biru muda. Inilah mengapa atap satu ini cukup selaras disandingkan dengan hunian modern bergaya minimalis dengan warna cat tembok putih maupun netral.

Itulah beberapa penjelasan mengenai atap alderon. Baik kelebihan dan kekurangan atap alderon bisa menjadi pertimbangan dalam pemilihan jenis atap pada hunian. Semoga artikel di atas bermanfaat!

Baca Juga: 8 Jenis Atap Rumah Multiroof Dan Keunggulannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download