Pinhome

Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 19 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Atap alderon merupakan salah satu pilihan jenis atap rumah yang mempunyai ciri khas tampilan yang bergelombang. Terbuat dari bahan UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) yang di dalamnya terbuat dari beberapa kandungan berkualitas membuat atap jenis alderon masuk dalam pilihan teratas jenis atap hunian. Sebelum Pins menggunakannya, kenali terlebih dahulu yuk kelebihan dan kekurangan atap alderon.

Baca Juga: Tips Mencegah Atap Rumah Bocor

Penggunaan Atap Alderon Pada Hunian

kekurangan atap alderon
(Unsplash/brianbabb)

Jenis-jenis atap pada hunian memang kini kian beragam. Apalagi untuk penggunaan pada hunian bergaya modern. Pilihannya makin bervariasi dengan warna dan bahan berkualitas yang bisa dipilih.

Atap alderon sendiri pada mulanya sering dipakai sebagai material atap kanopi rumah. Baik diletakan sebagai penutup garasi rumah maupun kanopi rooftop membuat bahan ini dipercaya mampu ditempatkan pada suhu ekstrem dengan manfaatnya yang cukup banyak.

Material atap alderon terkenal sebagai material atap yang ringan dan juga mudah dalam pengaplikasian. Itulah mengapa kini banyak pula hunian bergaya modern memanfaatkan atap alderon sebagai material atap yang digunakan pada bangunan utama.

Desainnya minimalis dengan tampilan bergelombang yang sangat khas. Untuk melindungi rumah dari panasnya terik sinar matahari maupun musim hujan pun, atap alderon sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Baca Juga: 7 Desain Atap Limas Serta Kelebihannya

Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon

kekurangan atap alderon
(Unsplash/RyunosukeKikuno)

Nah, bagaimana Pins apa kini kamu mulai tertarik menggunakan atap alderon pada hunian? Bila kamu masih kurang yakin, intip langsung yuk kelebihan dan kekurangan atap alderon berikut.

Baca Juga: 7 Kelebihan Dan Kelemahan Atap Onduline Untuk Sebuah Rumah

Kelebihan Atap Alderon

Atap alderon merupakan salah satu jenis atap premium. Bahan yang cenderung ringan dan kandungan UPVC di dalamnya membuat atap satu ini memiliki banyak kelebihan. Kira-kira apa saja kelebihannya?

Kuat dan Tahan Lama

Untuk kekuatan atap alderon kamu tidak perlu khawatir lagi, selain dibuat dari bahan yang berkualitas atap satu ini mempunyai struktur rongga yang padat. Sehingga membuatnya kokoh dan tahan lama. 

Mengandung Material Peredam Panas yang Baik

Untuk kesejukannya sendiri, atap alderon memiliki kandungan peredam panas yang cukup baik. Hal ini membuat penghuni rumah tidak akan merasakan hawa panas akibat adanya serapan panas dari atap rumah. Hunian akan dipastikan sejuk dan nyaman. Rongga udara yang memang terdapat pada material atap ini mampu meredam panas dan membuat ruang di bawahnya semakin sejuk. Hal ini pula dapat membuat temperatur ruang di bawahnya menyesuaikan.

Kedap Suara dan Anti Bising

Kini kamu pun tidak perlu khawatir akan bisingnya suara hujan yang menerpa bagian atap rumahmu. Dikarenakan bahannya yang kedap suara dan anti bising, kamu dan keluarga akan tetap nyaman walaupun saat hujan deras. Dikutip dari Alderon.co.id, di dalam tes laboratorium yang dilakukan pun atap satu ini mampu mengurangi suara yang masuk hingga 27% (ASTM E90).

Tidak Berkarat dan Tahan Terhadap Bahan Kimia

Kelebihan atap alderon lainnya adalah atap satu ini anti karat, sehingga membuatnya tidak mudah rapuh. Selain itu dengan kandungan dari kekebalan reaksi dari berbagai bahan kimia, atap bergelombang ini mampu bertahan dari pengaruh zat-zat yang membahayakan. Salah satunya polusi udara.

Ramah Lingkungan

Nah, yang menarik lagi dari kelebihan atap alderon adalah atap ini masuk dalam kategori atap yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Atap satu ini dapat di daur ulang sehingga atap satu ini memiliki tingkat kelenturan yang baik. Kamu bisa memotong dan membentuknya dengan mudah.

Tidak Merambatkan Api

Selain baik untuk ekosistem lingkungan, atap alderon juga minim akan bahaya kebakaran. Atap satu ini tidak mudah terbakar karena dibuat dari bahan yang tidak merambatkan api. Api yang sudah terlanjur mengenai bahan ini akan mati dengan sendirinya setelah sumber api dijauhkan dari atap.

Baca Juga: 7 Desain Rumah Knock Down

Kekurangan Atap Alderon

Walaupun atap satu ini banyak kelebihannya, namun saat memakainya pun kamu harus mengetahui kekurangan atap alderon. Hal ini akan menjadi pelajaran dan mencari solusi terbaik atas kekurangannya. Lihat yuk!

Harga yang Ditawarkan Cenderung Mahal

Untuk kekurangan satu ini, sebenarnya dapat dilihat dari sisi yang lebih luas. Dengan kualitas dari bahan yang premium, tidak heran harganya tentu akan menyesuaikan. Atap alderon memiliki harga lebih tinggi dari jenis atap rumah lainnya.

Warna Kurang Bervariasi

Tidak seperti genteng metal pasir yang memiliki warna yang cukup beragam. Atap alderon memiliki pilihan warna yang kurang bervariasi dan cenderung terbatas. Kamu akan menemukan dua warna dari atap alderon, yaitu warna putih dan biru muda. Inilah mengapa atap satu ini cukup selaras disandingkan dengan hunian modern bergaya minimalis dengan warna cat tembok putih maupun netral.

Itulah beberapa penjelasan mengenai atap alderon. Baik kelebihan dan kekurangan atap alderon bisa menjadi pertimbangan dalam pemilihan jenis atap pada hunian. Semoga artikel di atas bermanfaat!

Baca Juga: 8 Jenis Atap Rumah Multiroof Dan Keunggulannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Kumpulan Ucapan Selamat Imlek yang Penuh Harapan

Tahun Baru Imlek jadi salah satu momen yang ditunggu oleh keluarga Tionghoa. Pada waktu ini, mereka

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Kombinasi Cat Ruang Tamu 2 Warna yang Serasi

Desain warna untuk tampilan ruang tamu memang sebagian besar berwarna senada. Namun, apa jadinya bi

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Kasur King Koil Terbaru

Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebagai investasi kenyamanan seseorang. Salah satunya adalah da

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

Masih saja bingung, menata ruang tamu menjadi ruangan yang menarik dan nyaman? Desain ruang tamu mo

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Desain Rumah Pintu 2 Dari Klasik Hingga Modern

Desain rumah pintu 2 bisa jadi pilihan untuk membuat interior ruangan semakin unik. Desain pintu se

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia