Pinhome

Informasi Lengkap Genteng Metal Pasir

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 16 March 2021 ∙ 6 menit membaca

Genteng metal pasir terkenal karena berbagai macam keunggulannya. Genteng jenis ini sangat ramah untuk menjadi atap pelindung rumah. Tidak seperti genteng tanah liat yang mudah retak karena kondisi cuaca, genteng ini mempunyai sifat yang kokoh sehingga lebih tahan cuaca ekstrem.

Pinhome – Pins pernahkah Anda mengalami rumah bocor saat musim hujan? Atau Pins mendapati ada keretakan di beberapa genteng rumah? Ini dapat terjadi karena Pins menggunakan genteng dengan bahan dasar yang tidak tahan cuaca ekstrem. Beda halnya apabila Pins menggunakan genteng metal pasir yang anti bocor.

Seperti yang Pins ketahui, Indonesia adalah negara tropis dengan curah hujan hingga 3000 mm. Angka tersebut lebih tinggi dari negara tetangga yaitu Malaysia 2273 mm dan Singapura 2343 mm.

Hal ini membuat Indonesia mempunyai kondisi yang cukup lembab dan basah saat musim penghujan tiba.

Imbasnya kepada bangunan adalah timbulnya lumut, karat dan kerusakan pada elemen bangunan atau rumah dengan lebih cepat. Maka dari itu, Pins harus mulai memperhatikan elemen pendukung untuk membangun rumah.

Genteng ini menjadi pilihan yang tepat untuk Pins. Selain kokoh ada banyak lagi keunggulan yang akan Pins dapatkan dengan menggunakan genteng ini. Berikut ini keunggulan-keunggulan genteng yang bisa kamu cek.

Bahan Genteng Metal Pasir

(Dekoruma)

Genteng metal pasir adalah genteng metal dengan lapisan yang bertekstur seperti pasir. Bahan – bahan yang digunakan dalam membuat genteng ini adalah baja galvalume az 100, zincalume, zinc phospat dan campuran coraltex.

Baca JugaCara Memasang Plafon Triplek yang Baik dan Benar

Bahan terakhir, campuran coraltex menjadikan lapisan genteng metal ini berpasir. Lapisan seperti pasir tadi sangat berguna dalam menahan panas matahari yang terik agar tidak menembus ruangan atau bangunan.

Keunggulan Genteng Metal Pasir

(99co)

Genteng Metal Pasir tidak Membesarkan Api

Pins, kita tidak akan pernah tahu kapan bencana atau musibah akan menimpa kita atau tetangga. Apabila terjadi kebakaran atau ada percikan api, genteng ini tidak akan menjadi penghantar api yang maksimal.

Beda dengan genteng tanah liat yang mempercepat kobaran api saat terjadi kebakaran, genteng ini sebaliknya.

Selain itu genteng ini juga bisa menjadi peredam sambaran petir saat musim hujan tiba. Genteng ini akan melindungi bagian atap sehingga sambaran petir tidak akan langsung membuat listrik rumah konslet.

Genteng yang Mempunyai Sifat Anti Karat

Karat atau korosi adalah respon logam terhadap suasana lembab dan basah. Oleh karena itu, karat akan melemahkan kekuatan logam sehingga logam menjadi rapuh.

Karat bersifat merusak kualitas suatu benda. Apabila sebuah benda berkarat maka fungsinya tidak lagi maksimal. Apalagi jika benda yang terkena karat ini adalah bagian dari bangunan untuk melindungi manusia seperti atap, maka ini akan sangat berbahaya jika tidak ditangani.

Namun, genteng ini adalah jenis genteng yang anti karat. Artinya genteng ini kokoh dan kuat untuk digunakan di daerah dengan kondisi curah hujan tinggi seperti Indonesia.

Genteng Metal Pasir Mampu Meredam Suara Bising dan Panas

Genteng ini mempunyai bahan yang dapat meredam suara bising. Ini akan sangat berguna bagi Pins yang ingin mempunyai suasana rumah yang tenang walau kondisi lingkungan rumah cukup padat dan ramai.

Tidak hanya mampu untuk meredam suara bising, genteng ini juga mempunyai kelebihan untuk meredam panas karena adanya kandungan baja galvalum.

Genteng metal pasir mampu memantulkan 70% sinar matahari sehingga bagian dalam rumah tidak akan terasa panas walaupun matahari sedang terik menyengat.

Genteng Metal Pasir mempunyai Sistem Interlock

Tidak hanya musim hujan yang harus Pins waspadai, di Indonesia angin kencang pun juga berpotensi merusak.

Angin kencang dapat menerbangkan genteng rumah. Hal ini dapat disebabkan genteng yang tidak terkunci kuat satu sama lain.

Namun berbeda jika Pins menggunakan genteng metal pasir. Sistem interlock yang dimiliki genteng ini akan meminimalisir pergeseran genteng karena angin. Hal ini karena antara satu genteng dan genteng lain terkunci kuat.

Selain itu sistem interlock ini juga akan menghalang pencuri untuk mengintip pemilik rumah dari genteng. Dengan begitu orang pun tak akan mampu mendapatkan celah untuk mengintip karena sistem interlock yang rapat dan kuat.

Kekurangan Genteng Metal Pasir

genteng metal pasir
(Kontraktor Jogja)

Peredaman Panas Rendah

Genteng metal berpasir mempunyai lapisan galvalume yang tinggi. Namun dari kandungan bahan tersebut genteng ini hanya dapat meredam panas hingga 70%. Artinya kemampuannya meredam panas tidak 100%. Namun jangan khawatir karena genteng metal pasir mempunyai berbagai macam ketebalan yang bisa Anda sesuaikan untuk kebutuhan.

Rentan Terhadap Tekanan

Ketebalan genteng metal pasir ada di antara 0,20 hingga 0,40 millimeter. Genteng metal ini menjadi sedikit rawan terhadap tekanan yang berlebih.

Jadi pastikan saat memasang genteng harus hati-hati sekali jangan sampai memberikan tekanan yang terlalu besar saat menginjak genteng.

Warna Mudah Terkelupas

Warna genteng akan memberikan kesan estetik pada rumah. Namun, lapisan warna genteng metal dapat terkelupas. Hal yang bisa Pins lakukan untuk mengantisipasi ini adalah memberikan lapisan pelindung cat untuk mewarnai genteng.

Pada saat pemasangan genteng, Pins membutuhkan ketelitian yang tinggi. Hal ini dilakukan supaya menghindari gesekan – gesekan kasar yang dapat menyebabkan warna terkelupas.

Ukuran dan Harga Genteng Metal Pasir

genteng metal pasir
(Dekoruma)

Genteng metal pasir mempunyai berbagai macam ukuran dan juga harga yang bervariasi. Hal ini akan menjadi keuntungan buat Pins, karena Pins akan mempunyai banyak pilihan. Jadi Pins dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget di kantong Pins.

Baca Juga: Kelebihan Kanopi Baja Ringan Dibanding Besi Hollow Finish Galvalum

Berikut ini daftar ukuran dan harga genteng.

genteng metal pasir
(Rooma)

*Harga genteng dapat berubah sewaktu-waktu. Silakan hubungi toko bangunan terdekat untuk cek harga terbaru.

Tips Pemasangan Genteng Metal Pasir

genteng metal pasir
(Jual Genteng)

Apabila Pins tertarik untuk menggunakan genteng ini sebagai pelindung atap rumah, maka Pins harus memperhatikan beberapa hal berikut saat pemasangan.

  • Salah satu kelemahan genteng ini adalah daya pantul sinar matahari hanya 70%. Hal ini membuat daya tahan panasnya tidak mencapai 100%. Hal yang bisa Pins lakukan adalah memilih ketebalan genteng yang sesuai kebutuhan Pins dan kondisi area tempat tinggal.
  • Bobot genteng cukup ringan sehingga Pins tidak perlu lagi menggunakan rangka atap yang terlalu rapat.
  • Pasanglah secara teliti, rapi, dan hati-hati, agar tidak mudah lepas saat diterjang angin kencang. Ingat, dengan sistem interlock yang dimiliki genteng, ini akan melindungi atap Anda dari angin kencang dan pencuri yang mengintip.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Anda di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel