BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa Rumah3 Cara Menghitung Appraisal Rumah Pins
0
0

3 Cara Menghitung Appraisal Rumah Pins

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 22, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Cara menghitung appraisal rumahtop-right-banner

Pernah gak kamu penasaran dengan nilai properti yang kamu miliki? Ternyata, mengetahui estimasi nilai properti kamu punya banyak kegunaan dan sangat penting ketika hendak pasang iklan rumah gratis. Bagaimana cara menghitung appraisal rumah kamu? Cek artikel berikut ini!

Menurut Standar Penilaian Indonesia (SPI) 2015, konsep nilai properti dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu nilai pasar dan nilai selain pasar. Dalam sehari-hari, estimasi nilai properti kebanyakan berasal dari nilai pasar yang dapat didefinisikan sebagai estimasi uang yang akan diterima dari hasil jual beli aset; dalam hal ini adalah properti kamu. Ada beberapa cara menghitung appraisal rumah untuk mengetahui estimasi nilai properti, antara lain:

1. Melalui Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP)

Kantor Jasa Penilai Publik atau KJPP adalah sebuah badan usaha yang sudah memiliki izin dari Kementerian Keuangan untuk memberikan jasa layanan penilaian terhadap aset, seperti properti, mesin pabrik, lahan kosong, dan sebagainya. Dalam melakukan penilaian aset, KJPP akan melakukan beberapa proses, seperti kunjungan langsung, pengumpulan dokumen, analisa, hingga pembuatan laporan.

Laporan penilaian properti oleh KJPP ini dapat dijadikan acuan untuk mengajukan pinjaman di bank atau bahkan untuk menentukan harga jual yang Pins inginkan. Namun memang prosesnya memakan waktu lebih lama serta membutuhkan biaya untuk pengerjaannya.

Baca juga: Nilai Appraisal Rendah? Teliti Dulu Penyebabnya!

2. Menggunakan pendekatan harga pasar

Cara menghitung appraisal rumah yang lebih cepat dengan membandingkan rumah kamu dengan properti lain. Kamu bisa meminta bantuan dari agen properti untuk mencari tahu harga jual minimal 3 properti yang identik dengan yang kamu miliki, misalnya berada di daerah yang sama, jumlah ruangan sama, atau luas bangunan identik. Faktor waktu juga wajib diperhatikan! Misalnya kamu ingin mengetahui kisaran harga rumah di Jakarta pada bulan Februari 2021, maka sebaiknya kamu mencari informasi harga properti-properti di Jakarta yang mirip dengan propertimu, yang terjual selama 6 bulan belakangan.

Setelah terkumpul data harga jual dari 3 properti yang sejenis, kamu bisa menghitung pasaran harga rumah. Misalnya kamu menemukan harga jual properti A adalah Rp96.000.000,-, properti B Rp110.000.000,- dan properti C Rp100.000.000,-. Lalu perkirakan seberapa identik serta bandingkan kekurangan dan kelebihan propertimu dengan yang lain. Dalam contoh ini, misalnya properti A dan C adalah yang paling mirip, jadi kedua properti ini akan mendapat porsi paling besar, yaitu 40%, sedangkan rumah B akan mendapat sisanya, yaitu 20%. Cara menghitung harga jual rumah adalah:

(40% Rp96.000.000,-) + (20% Rp110.000.000,-) + (40% Rp100.000.000) = Rp100.400.000,-

Dari penghitungan cepat di atas, kamu bisa mengetahui kisaran rumah yang kamu miliki adalah Rp100.400.000,-. Tentu hasil ini tidak akan 100% akurat karena ada beberapa faktor yang dapat mengurangi atau menambah nilai properti. Namun dengan metode ini, kamu sudah memiliki bayangan awal tentang harga jual rumah milikmu.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah Paling Ampuh!

3. Menggunakan estimator properti online

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan estimator properti online. Metode ini mungkin adalah yang paling cepat karena kamu tinggal masuk ke mesin pencari. Banyak perusahaan yang sudah memiliki alat estimator properti online dengan membandingkan harga pasaran dari database masing-masing.

Pinhome sendiri juga memiliki estimator properti online instan yang diberi nama Pinvalue. Pinvalue mampu memperkirakan harga jual properti dengan akurat menggunakan beberapa parameter, seperti lokasi dan spesifikasi bangunan serta harga jual properti-properti lain yang berada di area tersebut. Penggunaannya pun mudah, kamu tinggal memasukkan area yang ingin kamu ketahui kisaran harganya, misalnya “kisaran harga rumah di Surabaya”. Pinvalue akan mulai mencari properti dengan spesifikasi identik yang berada di lokasi tersebut dan menentukan kisaran nilai properti sesuai informasi yang Anda berikan.

Baca Juga: 10 Rumah Termahal Di Indonesia, Harga Bikin Telan Ludah

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Shutterstock

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download