BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa RumahCara Menghitung Appraisal Rumah
0
0

Cara Menghitung Appraisal Rumah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jul 12, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
Cara menghitung appraisal rumahtop-right-banner

Pernahkah kamu penasaran dengan nilai properti yang kamu miliki? Estimasi nilai propertimu punya banyak kegunaan dan sangat penting ketika hendak melakukan peminjaman kredit kepada bank. Proses appraisal ini akan mempengaruhi jumlah yang dicairkan oleh bank kepada para peminjam kredit seperti KPR dan kredit multiguna. Dengan mengetahui hitungan appraisal rumah, pinjaman dari bank tidak akan jauh dari harga pasaran. Simak artikel ini untuk mengetahui cara menghitung appraisal rumah!

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah Paling Ampuh!

Cara Menghitung Appraisal Rumah Pins

Source : Pexels

Menurut Standar Penilaian Indonesia (SPI) 2015, konsep nilai properti dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu nilai pasar dan nilai selain pasar. Dalam sehari-hari, estimasi nilai properti kebanyakan berasal dari nilai pasar yang dapat didefinisikan sebagai estimasi uang yang akan diterima dari hasil jual beli aset; dalam hal ini adalah properti kamu.

Appraisal rumah akan dilakukan oleh bank ketika Pins mengajukan peminjaman kredit ke bank, baik untuk pembelian rumah maupun untuk keperluan lainnya. Rumah termasuk salah satu objek agunan kredit yang bernilai tinggi. Bank akan melakukan perhitungan appraisal rumah, dengan cara pendekatan harga pasar dan pendekatan nilai taksir hunian.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut terkait kedua cara tersebut dalam bank melakukan menghitung appraisal rumah:

1. Menggunakan Pendekatan Harga Pasar

Pada cara menghitung appraisal rumah menggunakan pendekatan harga pasar, bank akan membandingkan objek rumah dengan tiga sampel rumah lainnya yang memiliki spesifikasi sama sebagai bahan perbandingan. Tiga sampel rumah ini tentunya berada di lingkup wilayah yang sama agar NJOPnya tidak jauh berbeda.

Bank akan menilai objek rumah dengan spesifikasi:

  • Luas Tanah,
  • Luas Bangunan,
  • Kualitas Bangunan,
  • Kualitas Lantai,
  • Prospek Lokasi.

Setelah menilai objek rumah dengan spesifikasi tersebut, selanjutnya pihak bank akan menghitung appraisal rumah Pins. Pins dapat mengira-ngira jumlahnya seperti ini, misalnya Pins menjaminkan rumah di lokasi strategis dengan luas tanah 112 m2 dan luas bangunan 100 m2.

Lalu, di lokasi rumah tersebut harga pasarannya sekitar 2 miliar. Maka hitungan appraisal akan dihitung mematok pada 70% – 80% dari harga pasaran yang ada.

Baca juga: Wajib Tahu! Proses Appraisal Bank Rumah Second Berapa Lama

2. Pendekatan Nilai Taksir Hunian

Cara kedua yang dilakukan bank untuk menghitung appraisal rumah Pins adalah dengan pendekatan nilai taksir hunian. Pendekatan ini dikenal juga dengan pendekatan biaya. Bank akan menghitung appraisal bank dengan rumah yang paling sering digunakan oleh pihak perbankan.

Cara yang dilakukan ini akan mendapatkan harga agunan objek jaminan yang paling sesuai dibandingkan dengan cara pendekatan harga pasar. Bank akan langsung melakukan survei ke lokasi rumah yang Pins jaminkan.

Kedatangan pihak bank tidak hanya melihat-lihat rumah saja, tetapi juga bertanya kepada tetangga bahkan ketua RT/ RW terkait kisaran harga tanah di daerah tersebut. Terdapat perhitungan dalam pendekatan nilai taksir hunian ini, berikut ini perhitungan tersebut:

Kita dapat mengasumsikan informasi yang didapatkan bank berupa total harga tanah objek tersebut berkisar 300 juta dan harga tanah berkisar 150 juta. Maka cara menghitungnya seperti berikut ini:

Nilai taksir rumah= 300 juta + 150 juta= 450 juta.

Dengan begitu dapat diketahui hasil appraisal rumah milikmu Pins!

Tips untuk Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah

Setelah Pins mengetahui cara menghitung appraisal rumah yang akan dilakukan oleh bank, berikut ini Pins perlu mengetahui tips untuk meningkatkan nilai appraisal rumah. Dengan tujuan agar rumah yang Pins agunkan dapat dihargakan tinggi oleh pihak bank.

Berikut ini beberapa tips tersebut:

1. Merenovasi Bagian Rumah yang Usang

Source : Pexels

Tips pertama untuk meningkatkan nilai appraisal rumah adalah dengan merenovasi bagian-bagian rumah yang telah usang. Hal ini perlu diperhatikan, karena proses appraisal rumah merupakan proses pihak bank dalam menilai kualitas objek rumah. Pins dapat memerhatikan bagian-bagian rumah yang perlu dibenahi.

Jika tampilan rumah baik dari dalam maupun luar memiliki tampilan yang baik dan terawat, maka pihak bank akan menilai kualitas bangunan milik pins dalam kondisi yang sangat baik.

Baca juga: Nilai Appraisal Rendah? Teliti Dulu Penyebabnya!

2. Memiliki Riwayat Kredit yang Lancar

Source : Pexels

Tips selanjutnya untuk meningkatkan nilai appraisal rumah adalah dengan memiliki riwayat kredit yang lancar. Pihak bank akan melakukan survey dan pengecekan data terkait riwayat Pins dalam membayar kredit. Riwayat kredit atau BI Checking ini dinilai karena berhubungan dengan ketepatan Pins dalam membayar cicilan kredit.

Jika data riwayat kredit yang didapatkan pihak bank menjelaskan bahwa Pins pernah terlibat hutang-piutang dengan suatu bank, maka hal ini akan memengaruhi penilaian pihak bank dalam memberikan perhitungan appraisal yang tinggi bahkan belum tentu diterima.

Kemudian, Pins perlu menyiapkan rekening koran atau fotokopi rekening tabungan untuk meningkatkan kepercayaan pihak bank.

3. Jadilah Proaktif dan Kooperatif

Source : Pexels

Tips ketiga meningkatkan nilai appraisal rumah adalah dengan menjadi peminjam yang proaktif dan kooperatif. Pins dapat bersikap dengan cara mengajukan beberapa data pembanding yang telah kita kumpulkan untuk menambah pertimbangan penilaian pihak bank.

Data tersebut dapat menjadi bukti lanjutan bahwa rumah Pins layak untuk diberi appraisal yang tinggi. Cara ini dapat memperlihatkan keseriusanmu sebagia calon kreditur.

Baca juga: Simak! Konsekuensi Pembatalan KPR oleh Konsumen Sebelum Akad Kredit

4. Penuhi Syarat-Syarat yang Berlaku

Source : Pexels

Tips terakhir untuk meningkatkan nilai appraisal rumah adalah dengan cara Pins memenuhi segala syarat-syarat yang berlaku dalam pemberian pinjaman tersebut. Berikut ini beberapa syarat yang perlu dipersiapkan:

  • Fotokopi identitas (KTP, SIM dan sejenisnya),
  • Fotokopi akta nikah (jika Pins sudah menikah),
  • Fotokopi kartu keluarga (KK),
  • Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir,
  • Fotokopi buku tabungan atau rekening koran,
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP),
  • Rekening listrik dan telepon terakhir,
  • Sertifikat kepemilikan rumah.

Jangan lupa untuk membawa persyaratan tersebut ketika Pins mengajukan pinjaman kredit kepada bank. Persiapkan diri dan berikan jawaban terhadap pertanyaan dari bank secara jelas dan dapat dipercaya.

Itulah bagaimana cara menghitung appraisal rumah dan beberapa tips untuk Pins meningkatkan nilai appraisal rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download