BlogLifestyleHobi15 Kata Kata Bijak Bahasa Bugis
0
0

15 Kata Kata Bijak Bahasa Bugis

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Okt 3, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bugis adalah sebuah suku yang mendiami Pulau Sulawesi, khususnya daerah Makassar dan sekitarnya. Mereka memiliki ragam budaya yang begitu unik, salah satunya adalah kata kata bijak bahasa Bugis atau yang mungkin dikenal sebagai kata mutiara. Setiap kata-kata bijak bahasa Bugis ini memiliki makna yang mendalam akan kehidupan seperti untuk menghibur rasa sedih ataupun yang sifatnya romantis untuk mesra-mesraan.

Sebelum memahami kata-kata bahasa bugis dan artinya, mungkin kebetulan kamu sedang mencari Rumah Ekslusif. Segera unduh Pinhome untuk memperoleh informasi rumah second di Kota Mojokerto ataupun perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Mutiara Gading City.

Tradisi Suku Bugis

kata kata bijak bahasa bugis
Source : jurnalmetropol

Pada perkembangannya, suku Bugis menyebar ke seluruh penjuru tanah air termasuk kota Jakarta Pusat dan sekitarnya. Bahkan suku yang satu ini juga tersebar hingga ke negeri tetangga seperti Malaysia namun, tradisi dan budayanya masih sangat terlihat di tanah air. Sebelum mengenal kata-kata bahasa bugis dan artinya, Pins perlu mengetahui beberapa tradisi unik yang dimiliki oleh Suku Bugis diantaranya:

  1. Tradisi sigajang laleng lipa, dilakukan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi oleh lelaki. Hal ini dapat diambil ketika menemui jalan buntu. Kedua lelaki yang memiliki masalah tersebut akan bertarung di dalam sarung.
  2. Tradisi pindah rumah, yang menjadi unik dalam tradisi ini ialah memindahkan rumah semi permanen dengan cara tidak dibongkar.
  3. Tradisi masallo kawali, sebuah atraksi pertunjukan dengan menggunakan badik.
  4. Tarian maggiri atau mabissu, sebuah pertunjukan yang dibawakan oleh seorang waria.
  5. Tradisi anggaru, sebuah ikrar kesetiaan kepada pemimpin.

Baca juga: Filosofi Orang Jawa

Kata Kata Bijak Bahasa Bugis Tentang Kehidupan

kata kata bijak bahasa bugis
Source : Pinterest

Kata-kata mutiara dalam bahasa Bugis juga sangat beragam dan memiliki makna yang berbeda. Setiap kata-kata Bugis yang disajikan disini dilengkapi artinya, serta ditambahkan pemaknaannya. Berikut ini adalah kata bijak bahasa Bugis tentang kehidupan sebagai makhluk sosial, hidup bersama dan menjalani berbagai aktivitas dengan orang lain:

1. Menghargai dan Menghormati

Pada sitarongekki’ siri, iyaregga ripada, jagai siri’ta

Artinya: Sebagai saudara setanah air, kita harus saling menghargai, menghormati dan menjaga diri supaya tidak saling menyakiti apalagi saling membicarakan aib.

Menjalani kehidupan artinya kita hidup bersama dengan orang lain, mulai dari keluarga, tetangga, kerabat, teman hingga lingkungan, inilah yang disebut sebagai kehidupan sosial. Artinya kita pasti akan melakukan interaksi satu sama lain. Dalam hal ini banyak yang akan terjadi, mulai gesekan, perbedaan pendapat, dan bukan tidak mungkin terjadi gap. Dengan sikap saling menghargai, menghormati serta menjaga akan meminimalisir hal-hal demikian.

Baca juga: Kumpulan Kata Kata Tentang Pernikahan yang Bagus dan Menarik

2. Sikap Serakah

Aja ‘muangoai onrong, aja’to muacinnai tanre tudangeng, nasaba detumulley padecengi tana, risappapo muompo, rijello’po muakkengau

Artinya: Jangan serakah dengan kedudukan, janganlah terlalu berlebihan menginginkan posisi atau jabatan yang tinggi, karena negara saja tidak mampu memperbaikinya.

Semua orang sepakat bahwa serakah merupakan hal yang buruk dan tidak baik untuk orang lain ataupun diri sendiri. Termasuk serakah dengan kedudukan, jabatan atau posisi yang tinggi. Ada banyak orang yang merebutkan kedudukan karena keserakahannya. Tak jarang orang yang telah memiliki segalanya membutuhkan sebuah pengakuan yang didapatkan melalui jabatan.

3. Kebenaran dan Tipu Daya

Pala urage, tebakke tongengnge, teccau maegae, tessiewa situla’

Artinya: Tipu daya untuk berhasil sifatnya hanya sementara saja, sedang kebenaran tidak dapat dihancurkan.

Kebenaran akan senantiasa hidup dan bersinar dalam kehidupan manusia. Kebenaran tidaklah memiliki tandingan, ia sifatnya kekal, tidak dapat dimanipulasi oleh siapapun. Sumbernya sendiri dari Tuhan yang tidak mungkin padam.

Lawan dari kebenaran adalah ketidakbenaran, atau tipu daya dan apapun itu namanya yang menentang dari kebenaran itu sendiri. Tidak sedikit orang di muka bumi ini menentang yang namanya kebenaran padahal mereka telah mengetahui tentang kebenaran itu. Pada akhirnya yang mereka dapatkan adalah kehinaan, kekecewaan dan ketidakmampuan. Jangan sekali-kali kita menentang yang namanya kebenaran sebab tidak mungkin kita dapat menang.

4. Pengalaman

Iyyapa nari isseng lamunna salo’e na loanna, rekko purai ri atengngai

Artinya: Luas dan kedalaman sebuah sungai dapat diketahui ketika telah menyeberanginya.

Kata-kata bijak bahasa Bugis ini seolah ingin berbicara kepada kita semua untuk terlebih dahulu mencoba sebelum menyimpulkan. Dalam menjalani kehidupan, rasanya terlalu banyak orang ragu dengan apa yang akan mereka kerjakan, entah itu dalam urusan karir ataupun lainnya.

Akan tetapi sebelum kita mencoba tentu tidak dapat diukur juga seberapa jauh kemampuan dan kapasitas yang dimiliki. Hal terpenting yang dapat kita lakukan ialah mencoba dulu, berani dulu, soal mampu dan tidak mampu itu urusan nanti.

5. Kecerdasan dan Akhlak

Mauni buwaja bulu’ nalise’ ampeloi teyawa’ nalureng

Artinya: Biarpun seorang yang dianggap cerdas, namun tidak memiliki sopan santun dan akhlak, maka tidak ada satupun orang yang akan mempercayainya.

Kita sudah sangat sering mendengar bahwa akhlak di atas ilmu. Percuma seorang pintar dan menguasai berbagai ilmu apabila akhlaknya tidak baik. Apabila kita ibaratkan sebuah pohon maka akhlak itu sama halnya dengan buah yang dapat kita nikmati. Maka jadilah orang berilmu dan memiliki akhlak yang indah niscaya kita akan menjadi orang mulia dunia akhirat.

6. Menjadi Pemimpin

Aju maluruemi riala parewa bola

Artinya: hanyalah kayu yang lurus dijadikan ramuan rumah

Rumah dalam pepatah tersebut diibaratkan sebagai seorang pemimpin. Sedangkan kayu merupakan perilaku, sikap, serta pendirian dari orang tersebut. Kayu yang lurus memiliki kualitas bagus begitu juga dengan seorang pemimpin yang lurus.

7. Sikap Jujur

Naiya tau malempuk-é manguruk manak-i tau sugi-é

Artinya: orang yang jujur sewarisan dengan orang kaya

Maksudnya adalah orang yang jujur akan dipercayai banyak orang termasuk orang kaya. Dimanapun kita berada sebaiknya berkata jujur sehingga kekayaan senantiasa mengikuti kita.

Baca juga: Fungsi Bahasa Daerah

Kata Kata Bijak Bahasa Bugis Tentang Cinta Romantis

kata kata bijak bahasa bugis
Source : Pinterest

Setelah pada bagian sebelumnya menyimak quotes Bugis tentang kehidupan, pada bagian ini kita akan membahas quotes Bugis tentang cinta. Pepatah ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk kalian yang sedang menjalin hubungan asmara.

8. Mencapai Kesepakatan Bersama

Tapada malani lalass nasseddingie atitta Tosilolongeng

Artinya: Mari kita tempuh jalan yang dapat menyatukan hati kita supaya dapat mencapai sebuah kesepakatan.

Salah satu cara untuk menyatukan hati yaitu dengan cara membuat sebuah kesepakatan bersama. Hal ini tidak hanya berlaku dalam urusan cinta atau asmara saja. Apabila ingin menyatukan hati tidak ada pilihan lain kecuali membuat kesepakatan.

9. Hubungan Mesra

Melleki tapada melle; tapada mamminanga; tasiyallabuang

Artinya: Mari kita saling menjalin hubungan mesra supaya cita-cita segera menjadi kenyataan.

Hubungan mesra menjadi kunci kesuksesan dalam melakukan kerja sama. Hal ini tidak selalu harus dikaitkan dengan kekasih. Hubungan mesrapun dapat dijalin dengan siapapun, termasuk rekan kerja, orang tua, kerabat dan client. Kata-kata bijak Bugis ini menyuruh kita untuk menjalin hubungan yang mesra agar cita-cita menjadi cepat menjadi kenyataan.

Apa hubungannya cita-cita dengan kemesraan? Tatkala kita mampu menjalin hubungan yang baik dengan siapapun termasuk dengan pasangan. Artinya tujuannya pun telah menjadi satu, dengan demikian cita-cita akan semakin mudah untuk diraih. Hal ini akan berbeda ceritanya apabila tidak mampu menjalin hubungan yang baik, cita-cita barangkali akan sulit untuk diwujudkan.

Baca juga: Kata Kata Kartini

10. Mengenang Malam

Senge’ka rimula wenni Kubali sen’tokko Rigiling tinroku

Artinya: Kenanglah aku ketika malam mulai gelap. Niscaya akan ku kenang pula dirimu ketika aku terjaga di pertengahan malam.

Kata-kata mutiara ini berpesan kepada seorang yang dicintainya agar senantiasa mengenangnya. Ketika pasangan mengenangnya maka ia pun akan melakukan hal yang serupa untuk kekasihnya tersebut. Tentu saja sudah sepantasnya, sepasang kekasih untuk saling mengenang kebaikan, tujuannya agar cintanya semakin erat satu sama lain. Mengenang mungkin sesuatu yang sederhana akan tetapi memiliki dampak yang sangat besar untuk sebuah hubungan yang sedang dijalani.

11. Ridho Tuhan

Mamasepi dewata-e, nalolang sitalleyang tosipominasa

Artinya: Menantikan ridho Tuhan semoga kita dipertemukan.

Pepatah ini membahas seorang yang sedang menantikan ridho Tuhan agar dipertemukan atau dijodohkan. Banyak sekali bukti bahwa jodoh adalah rahasia Tuhan. Ada yang hanya sekali bertemu kemudian langsung menikah, ada juga yang bertahun-tahun menjalin hubungan akan tetapi tidak menikah.

12. Cinta, Rindu dan Kenangan

Tellu ronna sitinro‘, cinna-e udaani-e, napassengereng

Artinya: Tidak dapat dipisahkan antara cinta, rasa rindu dan kenangan indah.

Cinta merupakan kemulian dan anugerah yang begitu besar dimana dalam cinta tersebut terselip sebuah kerinduan dan kenangan. Tak heran apabila cinta tidak dapat dipisahkan dengan rindu dan kenangan.

Baca juga: Kata Kata Anak Rantau

Kata Kata Bijak Bahasa Bugis Tentang Finansial

Source : Pexels

Pepatah Bugis ada pula yang berkaitan dengan finansial. Kamu bisa menyimak beberapa quote istimewanya dalam poin-poin berikut:

13. Semua Harus Setimpal

Inrang kana bayarak kana, inrang cerak bayarak cerak

Artinya utang kata dibayar dengan kata, utang darah dibayar dengan darah pula

Kebiasaan kita sehari-hari mempengaruhi bagaimana mengatur uang termasuk utang. Saat meminjam uang kepada siapapun wajib untuk dikembalikan sebelum ditagih.

14. Bijak Mengelola Uang

Balanca manemmui waramparammu, abbeneng anemmui, iakia aja’ mupalaowi moodala’mu enrenngé bagelabamu

Artinya: boleh kamu belanjakan harta bendamu, dan pakai untuk berbini, namun janganlah sampai kamu menghabiskan modal dan labamu

Pepatah peringatan ini mengingatkan kita agar bijak mengelola harga benda yang berlebihan. Kata bijak ini diperuntukan kepada para pengusaha dalam membelanjakan uangnya agar tidak habis modal berdagangnya.

15. Jangan Mengambil Hal Orang Lain

Ajak mapoloi olona tauwe

Artinya: Jangan mengambil hak orang lain

Setiap orang punya hak masing-masing dalam hidupnya untuk memperjuangkan keinginannya tersebut. Walaupun begitu jangan mengambil hak orang lain demi memenuhi keinginanmu.

Demikian kata-kata bijak bahasa Bugis yang dapat diterapkan dalam kehidupanmu. Maknanya begitu dalam, baik soal kehidupan ataupun cinta romantis dan kasih sayang bahkan terkait finansial. Quote diatas juga bisa jadi solusimu dalam menghadapi masalah saat ini.

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download