Kumpulan Kata Kata Tentang Pernikahan yang Bagus dan Menarik

Dipublikasikan oleh Kemal Prasetyo ∙ 9 February 2022 ∙ 11 menit membaca

Berbagai kata-kata pernikahan atau kata mutiara pernikahan banyak digunakan sebagai bagian dari momen spesial bagi para calon pengantin tersebut.

Anda bisa menggunakannya sebagai bagian dari desain undangan pernikahan Anda, atau bahkan menjadikannya sebagai bagian dari dekorasi ketika resepsi sudah berlangsung.

Atau, berbagai kata-kata mutiara yang romantis dan bermakna tersebut pun bisa disematkan di dalam souvenir pernikahan.

Penggunaannya bisa dibilang tak terbatas dan sangat bergantung pada kreativitas Anda.

Pada dasarnya, berbagai kata mutiara pernikahan tersebut berisikan rangkaian kata-kata yang menyejukkan, dalam, dan bermakna.

Topiknya tentu tak jauh dari tema cinta, jodoh, dan belahan jiwa, yang sudah ditakdirkan untuk bertemu dan bersatu dalam ikatan pernikahan.

Apalagi, proses menuju pelaminan bukan proses yang pendek. Sebelum memantapkan diri bahwa pasangan Anda memang benar-benar jodoh yang ditakdirkan untuk menghabiskan hidup dengan Anda sampai akhir hayat, Anda pastinya sudah mempertimbangkan banyak hal secara matang.

Belum lagi, bisa jadi ada pengalaman di masa lalu yang sempat membuat Anda ragu untuk meyakini bahwa pasangan Anda saat ini benar-benar adalah The Right One, alias orang yang tepat untuk Anda.

Dan begitu Anda serta pasangan sudah sama-sama mantap untuk melangkah ke jenjang berikutnya, yaitu pernikahan, hal ini menandakan adanya keyakinan antara kedua belah pihak.

Perasaan itulah yang menunjukkan bahwa hubungan Anda dengan pasangan memang benar-benar sudah berada satu langkah lebih jauh.

Sebab, selain rasa saling cinta, Anda dan pasangan juga sudah membuktikan rasa saling percaya yang lebih dalam – bahwa Anda mempercayainya untuk hidup bersama, begitu pula dengan dia.

Kata-Kata Pernikahan Islami, Bijak, dan Romantis

Untuk Anda yang sudah mengalami perasaan yang lebih dalam dari sekadar cinta tersebut, berbagai kata-kata pernikahan dapat digunakan sebagai cara untuk menunjukkan kedalaman perasaan Anda dan pasangan terhadap satu sama lain.

Barangkali, kata mutiara pernikahan terdengar sok romantis atau sok puitis bagi orang lain. Akan tetapi, jika Anda merasa bahwa rangkaian kata tersebut paling pas menggambarkan perasaan dan momen yang tengah Anda jalani bersama pasangan begitu memantapkan diri naik ke pelaminan, maka jelas tak ada salahnya untuk memilih kata mutiara tersebut.

Pilihan kata mutiara untuk pernikahan sendiri seolah tak ada habisnya. Apalagi, ada banyak buku, puisi, atau novel yang selalu lahir dari hari ke hari, dan banyak dari literatur tersebut yang mengungkit tema cinta, belahan jiwa, romansa, dan bahkan pernikahan.

Untuk Anda yang sedang mencari ide atau inspirasi kata-kata pernikahan yang romantis, bermakna, dan mendalam, berikut ini adalah beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat membaca!

Baca Juga: Macam Macam Macam Beserta Contoh Kalimatnya

Kata-Kata Pernikahan Romantis: Pertemuan dan Permulaan

“Kita jatuh cinta bukannya karena menemukan seseorang yang benar-benar sempurna. Akan tetapi, kita jatuh cinta karena melihat kesempurnaan meskipun ia tidaklah sempurna.”

Ketika Anda masih kecil dulu, Anda bisa jadi memimpikan seseorang yang sepenuhnya sempurna, baik secara fisik, perbuatan, dan kepribadian.

Akan tetapi, seiring dengan pendewasaan diri, Anda pun sadar bahwa tidak ada orang yang sempurna di dunia ini – kesempurnaan fisik bisa jadi tidak diikuti dengan kebaikan hati, dan selalu ada kekurangan di dalam diri masing-masing pribadi.

Pun halnya dengan Anda dan pasangan – masing-masing tidak ada yang sempurna.

Akan tetapi, lewat kata-kata pernikahan yang satu ini, Anda ingin menunjukkan bahwa Anda dan pasangan saling meyakini bahwa kalian berdua adalah yang terbaik, terlepas dari kekurangan dan perbedaan pribadi masing-masing.

“Pertemuan merupakan permulaan. Tetap bersama-sama merupakan perkembangan. Bekerja sama merupakan keberhasilan.”

Kata mutiara yang satu ini menggambarkan sebuah proses dari sebuah hubungan, sejak pertemuan sampai akhirnya memutuskan untuk membawa romansa ini ke jenjang yang lebih lanjut.

Bahkan, rangkaian kata mutiara ini juga membuktikan bahwa hubungan antara dua orang bukan hanya soal cinta, tapi bagaimana keduanya saling bekerja sama dan berkompromi untuk melangkah lebih jauh.

Ibaratkan nasihat yang selalu diberi oleh orang-orang, bahwa cinta saja tidak cukup untuk menyelesaikan semua masalah, kata mutiara ini bisa jadi merupakan pilihan yang paling tepat untuk menggambarkan kedalaman ikatan Anda dengan pasangan.

“Cinta merupakan pemberian terbaik, dan cinta merupakan penghargaan terbesar bagi ia yang menerimanya.”

Ketika Anda dan pasangan saling jatuh cinta, Anda dan ia sama-sama saling memberikan hati sebagai wujud dari cinta yang dimiliki satu sama lain.

Kemudian, dengan saling menerima hati dan cinta yang diberikan, Anda dan pasangan pun sama-sama mendapatkan hal yang sangat berharga.

Sebab, ketika Anda dan pasangan berkomitmen untuk menjalin hubungan, bahkan sampai melangkah ke tahap yang serius ini, cinta yang diberi dan diterima menjadi simbol yang lebih mendalam dari sekadar perasaan suka sama suka, tapi juga kesetiaan dan komitmen untuk saling mendukung di waktu susah maupun senang.

“Menikah bukan berarti bisa hidup dengannya, melainkan tidak bisa hidup tanpanya.”

Kata mutiara yang satu ini tanpa harus dijelaskan lebih jauh pun sudah mampu menunjukkan kedalaman maknanya.

Bahwa Anda dan pasangan memutuskan untuk menikah bukan karena bisa dan ingin hidup berdua, tapi karena tidak bisa hidup tanpa satu sama lain – seperti oksigen.

“Ia yang berani adalah yang pertama kali meminta maaf. Ia yang terkuat adalah yang pertama kali memaafkan. Dan ia yang paling bahagia adalah yang pertama kali melupakan.”

Sedangkan kata mutiara ini barangkali tidak berkaitan dengan pertemuan dan permulaan, melainkan bagian lebih lanjut dari awal sebuah hubungan.

Sebab, bertemunya dua manusia yang sama-sama tidak sempurna dan memiliki kekurangannya sendiri-sendiri tentu dapat menimbulkan sebuah gesekan atau konflik.

Apabila konflik tidak diatasi dengan baik, sebuah hubungan pun tak bisa berlanjut lebih jauh.

Nah, lewat rangkaian kata tersebut, Anda dan pasangan dapat menggambarkan pentingnya meminta maaf dan memaafkan dalam sebuah hubungan ketika masalah terjadi.

Apalagi nanti setelah kalian berdua memasuki jenjang pernikahan, di mana konflik yang bisa terjadi lebih luas dan banyak, bahkan menyangkut masa depan rumah tangga dan keluarga setelah adanya momongan kelak.

Baca Juga: Contoh Latar Belakang Makalah yang Baik

Kata-Kata Pernikahan Sederhana: Dua Jiwa

“Mencintai seseorang memberi kekuatan, sementara dicintai oleh seseorang memberi keberanian.”

Dengan mencintai pasangan, Anda pun mendapatkan kekuatan. Sementara itu, dengan dicintai oleh pasangan, Anda pun memiliki keberanian.

Hal yang sama pun dirasakan serta dialami oleh pasangan Anda. Efek timbal balik ini menunjukkan bahwa saling mencintai dengan tulus dan ikhlas berarti sama-sama saling menguatkan satu sama lain.

Barangkali, perasaan cinta yang mendalam inilah yang membuat Anda dan pasangan sama-sama kuat dan berani menghadapi rintangan dalam hubungan kalian, baik di masa lalu, masa kini, maupun di masa depan nanti – termasuk setelah menaiki bahtera rumah tangga.

“Dua jiwa, satu pikiran. Dua hati, satu perasaan.”

Seperti yang sudah Anda ketahui, pernikahan merupakan sebuah profesi yang menyatukan dua manusia – dua jiwa, dua hati.

Meski begitu, pernikahan adalah sebuah entitas tersendiri, yang diwujudkan dengan meleburnya dua insan tersebut menjadi satu pikiran dan satu perasaan.

Hal ini pun berarti bahwa Anda dan pasangan tidak bisa memutuskan segalanya sendirian begitu memasuki jenjang pernikahan.

Sebab, hidup bersama bukan sekadar berarti tinggal di bawah satu atap, tapi menjalani susah-senang bersama-sama.

“Pernikahan tidak bahagia bukan karena kurangnya cinta, tapi karena kurangnya persahabatan.”

Menjalani hubungan dengan pasangan selama ini, Anda barangkali sudah menyadari bahwa resep awetnya hubungan tidak sekadar mengandalkan rasa cinta.

Selain cinta, Anda dan pasangan pun perlu mempertahankan persahabatan, karena hubungan ini pun tak kalah berharganya ketika dibandingkan dengan hubungan asmara.

Sama halnya dengan hubungan dua sahabat yang saling menghargai keberadaan satu sama lain dan tak lelah memberikan dukungan di kala susah dan senang, hubungan pernikahan pun perlu dilakoni dengan cara yang serupa.

Dengan begitu, pernikahan pun bisa berlangsung langgeng dan awet, meskipun masalah pasti datang menerpa.

“Bukan cinta yang menciptakan pernikahan. Tapi, pernikahan yang sadar dan terencana lah yang menciptakan cinta. Hal sama berlaku dalam semua hubungan.”

Meskipun pernikahan dilakukan atas dasar saling cinta, Anda dan pasangan pun perlu menyadari bahwa butuh persiapan lebih jauh untuk bisa memasuki jenjang tersebut, bahkan sampai membawa pernikahan langgeng hingga akhir hayat.

Sebab, mau tak mau Anda dan pasangan perlu menyadari kalau cinta memang bisa membuat diri jadi mengabaikan kekurangan atau kesalahan satu sama lain.

Padahal, adanya dua kepala dalam satu pernikahan adalah untuk saling mengingatkan, memperbaiki, dan membawa satu sama lain menjadi pribadi yang lebih baik dan berkualitas untuk rumah tangga yang langgeng dan bahagia.

“Modal berharga untuk pernikahan bahagia: kenali masalahnya, ketahui risikonya, dan pelajari solusinya.”

Sekadar cinta saja tidak akan mampu menyelesaikan masalah pernikahan dan rumah tangga, yang jauh lebih rumit dan kompleks.

Kata mutiara pernikahan yang satu ini pun sejalan dengan tema dua jiwa, namun memiliki satu pikiran dan hati.

Dengan membahas masalah bersama-sama dan menyelesaikannya bersama-sama, maka masalah tersebut akan terasa jauh lebih ringan karena tidak dihadapi sendirian.

Baca Juga: Kado Valentine Terbaik untuk Orang Terkasih

Kata-Kata Mutiara Pernikahan: Jatuh Cinta Berkali-Kali dengan Orang yang Sama

“Pernikahan merupakan ibadah, dan masing-masing ibadah akan bermuara kepada tujuan akhirnya, yaitu cinta-Nya. Karena itu, sudah sewajarnya jika upaya untuk meraih cinta-Nya dilakukan dengan penuh sukacita.”

Tanpa persetujuan dari Yang Maha Kuasa, sebuah pernikahan tidak akan berkah dan sulit untuk bahagia.

Karena itulah, begitu Anda dan pasangan mantap untuk melangkah ke jenjang berikutnya, persiapkan diri dan segalanya dengan rasa bahagia dan penuh sukacita, dan bukannya menganggap pernikahan sebagai sebuah beban.

Sebab, ketika pernikahan adalah sebuah ibadah, maka Anda perlu melakukannya dengan ikhlas, tulus, dan tanpa ada perasaan terpaksa di dalam hati.

Dengan begitu, Anda dan pasangan pun bisa menjalani hidup berumah tangga sebagai pasangan suami-istri – dan kelak, sebagai orang tua – dengan sama ikhlas dan tulusnya.

Coba bayangkan saja jika Anda dan pasangan menjalani pernikahan secara terpaksa dan tidak siap hatinya.

Yang ada segala kesulitan yang dialami kelak hanya akan menambah beban yang sudah mengganjal sejak awal tersebut. Lebih parahnya lagi, kebahagiaan, besar maupun kecil, jadi tidak terasa karena terlalu fokus pada aspek negatif tersebut.

“Aku mencintaimu; karena itulah aku tak akan pernah berhenti mendoakan keselamatanmu.”

Mencintai seseorang dengan tulus dapat diwujudkan dalam berbagai cara. Selain menunjukkan perhatian di  tengah aktivitas sehari-hari, seseorang yang ikhlas dan sungguh-sungguh mencintai pasangannya pun akan senantiasa mendoakan dan mengharapkan hal yang baik.

“Pernikahan yang sejati adalah jatuh cinta berkali-kali dengan orang yang sama.”

Begitu Anda menikah dengan pasangan nanti, Anda perlu mengingat bahwa hidup seatap berarti Anda akan bertemu dengan pasangan Anda setiap hari.

Hal ini jelas berbeda dengan masa pacaran sebelumnya, di mana Anda dan pasangan barangkali memang bertemu setiap hari, tapi pasti ada batasannya.

Sementara itu, pernikahan membuat Anda dan pasangan lantas membangun kebiasaan dan rutinitas bersama-sama – mulai dari bangun di pagi hari sampai tiba waktunya tidur di malam hari, pasangan Anda lah yang akan Anda lihat.

Kalau tidak dilandasi dengan rasa cinta yang tulus dan keyakinan utuh bahwa pasangan Anda adalah orang yang Anda inginkan untuk mendampingi sampai akhir hayat, bagaimana bisa Anda bertahan tanpa dilanda rasa bosan?

Karena itulah pernikahan yang mampu berlangsung lama sering digambarkan sebagai pengalaman jatuh cinta berkali-kali, namun rasa cinta tersebut dirasakan kepada orang yang sama – pasangan hidup Anda.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Website dengan WordPress

Kata Kata Tentang Pernikahan

Dalam memilih apa kata-kata pernikahan yang ingin Anda dan pasangan pilih, pada dasarnya hanya ada satu faktor saja yang perlu dipertimbangkan: sesuaikan dengan keinginan.

Tidak ada kata mutiara pernikahan yang lebih baik, karena rangkaian kata tersebut idealnya adalah untuk menggambarkan perjalanan cinta dan romansa Anda dengan pasangan Anda selama ini – mulai dari awal bertemu, menjalin hubungan, sampai akhirnya memutuskan untuk melangkah ke pelaminan.

Di samping itu, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada begitu banyak sumber yang bisa ditemukan untuk menemukan kata mutiara untuk pernikahan Anda nantinya.

Mulai dari berbagai literatur seperti buku, novel, dan puisi, sampai lirik lagu dan film. Dan jika Anda dan pasangan sama-sama merupakan peminat sastra, kata-kata pernikahan  yang akan digunakan nanti bahkan bisa dibuat sendiri.

Dengan begitu, bukan hanya pilihannya saja yang kreatif dan original, tapi juga mampu menginspirasi para calon pasangan pengantin lainnya agar semakin termotivasi dan memantapkan diri mengikuti jejak Anda dan pasangan dengan membangun bahtera rumah tangga mereka sendiri.

Sedangkan untuk penggunaan kata-kata mutiara tersebut, Anda bisa menempatkannya ke dalam desain kartu undangan, misal di halaman sampul atau halaman belakang.

Kalau undangan Anda memiliki amplop atau kartu khusus, rangkaian kata tersebut pun bisa digunakan untuk menghiasi ruang yang ada.

Bebaskan kreativitas Anda agar undangan yang diberikan kepada tamu bukan hanya nampak indah, tapi juga semakin berkesan.

Di samping itu, kata-kata tersebut pun bisa digunakan untuk dekorasi di lokasi resepsi.

Anda bisa pesan kartu-kartu kecil bertuliskan kata-kata pernikahan yang menyentuh dan bermakna untuk diberikan kepada para tamu sebagai bagian dari souvenir pernikahan, atau dicetak di atas tisu yang disediakan berdampingan dengan hidangan untuk tamu.

Dengan begitu, tisu tersebut bisa jadi sebuah suvenir tak terduga, yang bahkan membuat para tamu ragu untuk menggunakan tisu tersebut karena desainnya yang terlalu cantik.

Nah, itulah beberapa ide dan inspirasi kata-kata pernikahan yang bisa Anda pilih untuk membuat momen bersatunya Anda dengan pasangan kelak jadi semakin bermakna.

Baca Juga: Sejarah Negara Brazil

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia